batas usia supaya bisa menikah dalam kristen ?

mau nanya, kalo di Kristen adakah syarat batas usia baik itu pria maupun wanita jika ingin menikah ?

Terima kasih, GBU

batas umur menikah mengikuti hukum negara

Setelah dewasa tentunya. Tidak secara langsung menyebut usia, tetapi disebutkan setelah dewasa. Dewasa yang dimaksudkan adalah saat ia sudah bisa mandiri lepas dari orang tuanya.

Matius 19:5 berkata, “Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.”

Jika anda ingin mengetahui gambaran usia, dalam Perjanjian Lama dijelaskan tentang usia dewasa adalah dua puluh tahun. Memahaminya anda baca Rut 1:12-13 tentang menunggu setelah dewasa baru bisa menikah. “Pulanglah, anak-anakku, pergilah, sebab sudah terlalu tua aku untuk bersuami. Seandainya pikirku: Ada harapan bagiku, dan sekalipun malam ini aku bersuami, bahkan sekalipun aku masih melahirkan anak laki-laki, masakan kamu menanti sampai mereka dewasa? Masakan karena itu kamu harus menahan diri dan tidak bersuami?” Pengertian “dewasa” menurut arti katanya disana adalah usia yang cukup untuk melakukan hal-hal atas namanya sendiri. Dalam Imamat 27:2-3, tentang nazar pembagian rentang usia anak dan dewasa adalah dua puluh tahun sampai enam puluh tahun untuk dewasa. Demikian juga dalam Bilangan 1:3 disebutkan usia dewasa yang siap untuk berperang dan namanya mulai dicatat dalam silsilah adalah dua puluh tahun. Demikian jika anda mencari usia maka dapat dipakai dua puluh tahun sebagai usia dewasa untuk menikah.