Batasan-Batasan Pacaran yang Kudus

Meskipun tidak semua orang bisa berbagi tentang ini saya bangga saya mampu berbagi :afro:
Begitu banyak cara pacaran yang gak sehat didunai yang modern ini. Buat saudara seiman, saya mau bertanya beberapa hal. Tapi sebelumnya saya memberikan info sedikit :afro: Nama saya Afridho *uda ada dinick ;D saya sekarang kelas 3 SMA sebentar lagi mau kuliah, doain ya saudara-saudaraku :smiley:
Yang ingin saya tanyakan :

  1. Bolahkan saya berpacaran ?
  2. Batasan-batasan apa yang dituntut dalam pacaran yang kudus ?
  3. Ada gak tips yang membuat hubungan itu membangun ?

heheh makasi sebelumnya saudara-saudaraku Opung, Inang, tante, om, nantulang, kakak, abang ;D

Ditunggu sarannya ya :afro:
Syallom.

  1. Boleh
  2. Gak tau
  3. Kudus gak kudus, biar hubungan itu ‚Äúmembangun‚ÄĚ ya harus saling pengertian dan menghargai satu sama lain.

Menurut saya ch Batas-batas pacaran Kudus, pacaran yang sewajarnya/dengan baik… tidak melebihi batas yang sewajarnya, menurut Firman Tuhan dan di bimbing oleh Roh Kudus yang telah menerimanya…

  1. Bolahkan saya berpacaran ?
  2. Batasan-batasan apa yang dituntut dalam pacaran yang kudus ?
  3. Ada gak tips yang membuat hubungan itu membangun ?

Hai … Mungkin aku bisa sedikit nambahin, tapi perlu koreksi ya,
Ini dari pengalaman aku sendiri selama berpacaran…

  1. Berpacaran itu merupakan pilihan, jaman sekarang emang ga bisa dipungkiri anak-anak muda banyak yang
    berpacaran, tapi bukan berarti semua , ada juga yang memang punya komitmen kuat untuk tidak pacaran dulu,
    atau langsung nikah aja nanti , tergantung alasan sendiri-sendiri… Soo… Pacaran atau enggak itu Pilihan Kamu
    Yang pasti perlu diingat, Jangan jadikan Pacaran prioritas utama mu, sehingga sekolah dan pelayanan kamu terbengkalai… Jangan kaya Sinetron atau Iklan-iklan lebay jaman sekarang sampe segitunya pacaran…
    Tetap ada waktu dan Tingkatan prioritas nya…

  2. Pacaran yang Kudus, mungkin kalo memang harus kudus berarti harus ekstrim dan ketat. dalam menjaga hati agar tidak sampai menduakan Tuhan , Pikiran agar disaat ketemu, atau komunikasi jarak jauh, tidak muncul pikiran-pikiran yang menjurus hal-hal yang kotor… , Badan juga harus dijaga, bahkan kalau kudus pun ga boleh ciuman lho, apalagi kalo pikirannya sedikit kotor, pegang tangan aja bahaya… Itu Kalau memang Kudus, dan satu lagi, Biar mantap Kudus nya, Kalo Pacaran mendingan jangan dihabisin ke tempat2 yang kurang bermanfaat, lebih baik coba ikut kerja bakti bersama, atau berdoa ke gereja, atau membantu di panti asuhan/ jompo, sering2 membaca alkitab berdua dan saling share… Kamu kan mintanya kudus jadi itu yang menurut aku kudus, Tapi jujur aku sendiri gak semua yang diatas bisa ku lakukan, tapi yang penting selalu ingat jauhi perzinahan karena tubuh kita ini adalah Bait Allah dan Terang Dunia, yang didalamnya bersemayam Roh Kudus…

  3. yang Membuat hubungan itu membangun pastinya, dari pihak keluarga masing-masing tahu kalau kalian berpacaran, apalagi Cowok harus gentle masuk ke rumah pacarnya, ngajak jalan pun harus jemput sampai pintu dan antar pulang tepat waktu , ga kemalaman sampai depan pintu lagi.

-Kalau bisa berpacaran itu saling mendukung dalam berdoa, dan memberi untuk orang lain…

  • Kumpulin tenaga / duit / barang untuk bisa kalian berikan pada orang lain‚Ķ
  • Punya pacar harus rajin, jangan malas-malasan, selalu ingetin kapan waktu PA, Ibadah dan Berdoa‚Ķ

Mungkin cuma itu aja yang aku tahu dari pengalaman sendiri…
Semoga sukses berpacarannya ya… dan jangan jadi PlayBoy apapun alasannya …
Karena kalo sama Pacar aja ga setia, berarti Sama Tuhan bisa Gitu…
Karena berpacaran yang baik mencerminkan Pribadi yang Baik Juga…
Jadilah Pribadi Kristus yang menyenangkan

jangan panggil Om, Or tante ya, aku masih muda hehe :azn: :azn:

pacaran jaman sekarang sudah terpengaruh budaya barat…
hati2 dalam berpacaran…
ada batasan2 mana yg boleh dan tidak boleh dilakukan seperti hubungan intim, kissing, petting , grape2 dsb
masih ada hal indah kelak ketika anda menikah kelak, ttp ketika anda sudah jatuh maka anda akan menyesali ketika menikah kelak

Boleh saja anda pacaran, selama tujuannya jelas untuk menjadi lebih baik didalam pernikahan kudus.

Batasannya sebenarnya tidak terlalu sulit, semua ada didalam Alkitab dan diajarkan di gereja anda, tinggal anda mau taat atau mau menawarnya.

Bagaimana mendapatkan cara terbaik untuk tetap tinggal dalam pacaran yang kudus, adalah dengan bertindak saat kita mendengar kebenaran Firman Tuhan, tanpa menundanya. Firman Tuhan biasanya datang sebagai rhema dalam hidup kita tepat pada saatnya, karena itu didalamnya ada unsur mendesak untuk segera ditaati. FirmanNya bisa datang dari banyak jalan, baik lewat mimbar, membaca Alkitab, membaca buku atau renungan, dari teguran teman, orang tua, bahkan orang ta dikenal, bisa juga lewat perasaan hati atau memory yang dibangkitkan oleh Roh Kudus akan Firman Tuhan. Taati segera anda akan tetap dijalan kudusNya.

  1. Boleh atau tidak boleh itu sangatlah mudah untuk diputuskan.
    Yang menjadi pertanyaannya adalah dari mana dan bagaimana perasaan ‚Äúboleh/tidak boleh‚ÄĚ ini bisa muncul.
    Apakah kamu ragu-ragu pada pendapatmu sendiri? Atau selama ini kamu hanya menjalankan perintah "atasan"mu dan mulai merasa ada yg salah dengan perintah itu?
    Saran saya, carilah dulu apa makna dan tujuan berpacaran sesungguhnya bagi kamu. Kemudian barulah kamu tentukan apakah kamu akan berpacaran atau tidak.

  2. Tidak ada batasan yang cukup wajar yang bisa disetujui semua orang. Semua memiliki batas wilayah kekudusan masing-masing menurut pikiran dan perasaan mereka.
    Saya rasa kurang bermanfaat bila kamu berada di zona abu-abu ini sambil memikirkan batasan-batasan beserta efek dari melanggar batasan itu.
    Lebih baik bila kamu memikirkan apa manfaat dan bagaimana tujuan akhir dari tindakan yang akan kamu lakukan.

  3. Selalu lakukan hal yang positif untuk orang lain. Dan di saat kamu akan melakukan hal yang negatif ke orang lain, pikirkanlah akibatnya dan rasakan apabila seandainya kamu bertukar posisi dengan orang itu.

wow, setelah lama bertapa ternyata jadi lebih wise sudahan…

sontokoyo kon vic… :tongue:

OOT OOT… hhihihihi

sstt… was ada momod…

Cukup Jelas ;D hahaha
iya iya kak :stuck_out_tongue: hehe

:wink:jaga kekudusan aja selagi pacaran,
dan selalu berdoa pada Tuhan untuk hubungan yang dijalanin skrng ini…
Dia pasti buka jalan :afro:

Asik… :azn: ;D
tenang saja ada barisan malaikat Tuhan yang akan menjaga kekudusan pacara kita… :happy0062:
so, remain faithful in prayer :afro: ;D

blh donk.batasan nya yg penting ga langgar agama,adat n hukum.pcrn dlm jln yg lurus aja.menjalani dgn hati ikhlas.

zaman sekarang pacaran udah terpengaruh budaya barat, dan jelas kalau pacaran ala barat udah melewati batas kekudusan. :afro: