"BEBERAPA NAMA YAKOBUS DLM ALKITAB"

Ada beberapa nama Yakobus dalam Alkitab yg kadang membingungkan,
ayo kita telusuri satu persatu:

b[/b] Yakobus anak Zebedeus, kakak Yohanes (Matius 4:21)
Ia bersama Yohanes digelari oleh Yesus : “Boanerges”, anak2 guruh (Markus 3:17).

b[/b] Yakobus anak Alfeus (Matius 10:3)
yang biasa disebut sbg Yakobus muda, anak Maria (markus 15:40),
ia mempunyai perawakan yg lbh kecil dibandingkan temannya yg mempunyai nama yg sama.

b[/b] Yakobus adik Yesus, dlm Matius 13:55 disebut bersama adiknya yg lain: Yusuf, Simon dan Yudas.
Dia tdk mengakui otoritas Yesus, sampai Yesus menampakkan diri kpd-Nya setelah kebangkitan-Nya (I Kor. 15:7).
Ia kemudian menjadi pemimpin gereja kristen Yahudi pertama di Yerusalem (Galatia 1:9; KPR 12:17).
Ia adalah penulis surat Yakobus, yg menyatakan dirinya sbg : Hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus ( yak. 1:1).

b[/b] Yakobus ayah dari Yudas ( yg bukan Iskariot, Lukas 6:16).
GBU all.

Menurut sumber yang pernah kubaca, nama Yakobus memang salah satu nama yang umum dipakai di antara orang Yahudi, seperti halnya nama Yusuf

Kalau mengacu pd ayat di atas,
Matius 13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?

dan juga ayat2 berikut:
Matius 1:24-25
1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,
1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Maka dpt dipastikan bahwa Yakobus dlm Matius 13:55 adalah anak kandung Maria dan Yusuf.
GBU all

Kalo nurutin yg di atas ini (roderick),
ujung2nya Maria tetap perawan, krn Yusuf ketika menikahi Maria sdh TOP (Tua Ompong Peot)
dan sdh membawa beberapa org anak laki2 dan perempuan,
supaya klop skenarionya :slight_smile: . . . . . . ;D

Kalau tidak salah sih, ada beberapa ayat di Kisah Para Rasul dan Surat2 Rasul Palus di Galatia (sy lupa ayat yg mana, tolong cari tahu sendiri ya…) yg mengatakan bahwa Yakobus saudara Tuhan bro… dan ingat bro yg mengatakan hal tsb adl Rasul Paulus sendiri… :smiley:

tapi biar begitu, anda pasti tidak akan setuju jika mengartikan kata “saudara” pd ayat tsb adalah saudara kandung kan…?? hihihihi :char11:

Yakobus = Yakub ?

kalau memang kata aslinya = Yakub, tentu nama itu merupakan nama umum diantara orang Israel, bahkan sampai sekarang

Ya moso Yusuf adalah seorg yg sdh TOP? ;D
kasian bener Maria kalo gitu :slight_smile:
padahal mereka tetap pasangan yg punya hasrat biologis,
akan tetapi tetap menahannya sampai YESUS lahir, coba saja liat ayat2 ini:
Matius 1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,
1:25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia YESUS > Alkitabiah kan?

Masa kalau Yusuf itu seorg yg sdh TOP, Alkitab menuliskan spt ayat di atas itu?
Rasional dikit lah, jangan mau dicekoki doktrin demi tujuan ttt.
GBU Bro

ya iya toh
gimana sih sampean ini :slight_smile:
Buktinya ada tiga saudara laki2 dan seorg perempuan,
anak yusuf dan Maria setelah Yesus lahir

mereka gak Ge Er spt kamu
biar Alkitab yg menerangkan siapa mereka sebenarnya
kalo ada yg tetap gak percaya, ya biarin aja
Tuhan tdk pernah memaksa siapapun utk percaya Firman-Nya :afro:

masa mereka hrs bilang aku ini adik kandungnya Yesus lho
halo . . .halo. . . . ojo lali yo . . . ojo lali
itu kan kebiasaan org kristen masa kini
sok gembar gembor gak ada isine :slight_smile:

tapi nurutku sih spt ini lho mas,

GBU

yg tdk ditulis di Alkitab itu: Maria tdk memiliki anak lain selain Yesus,
Maria tetap perawan abadi,
Yusuf itu sdh TOP ketika menikah dgn Maria :slight_smile:

Lho kan ditulis disini mas:
Matius 13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
Cuma sampean yg menyanggah tulisan itu kan?

mana ada ayat2 tt ini?

yang ada ini lho:

kok bisa ngeramal ya ??

wah . . . . gimana sampaen ini,
kan udh dijelasin di awal Trit:

yg harus dibuktikan itu ini lho, Alkitab sama sekali tdk bicara tt ini:
1.Maria tdk memiliki anak lain selain Yesus,
2. Maria tetap perawan abadi,
3. Yusuf itu sdh TOP ketika menikah dgn Maria

Gal 1:19 But other of the apostles saw I none, save James the Lord’s brother.

Tertulis Brother bukan Brethren… see.

Salam.

Buktinya ya Matius 13:55, masa ybs hrs menerangkan dirinya sendiri?sombong buanget?
yg OOT siapa? kan sejak awal bahasnya:

intinya adalah, klo maria punya anak lagi berarti dia gak per. . . . . . :cheesy:
padahal maria melahirkan Yesus normal, sebagai seorang ibu / wanita melahirkan bayi. . .
atau ada cara lainnya ketika kelahiran Yesus dari kandungan maria ??

kalau ybs tdk mau menerangkan ya gak usah maksa,
kan sdh ada ayat lain yg sdh dgn jelas menerangkannya:
Matius 13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
kalau anda gak mau percaya itu, dan menganggap Yakobus bukan adik kandung Yesus,
yang lahir dari Maria, ya boleh2 saja, gak usah ngotot
gak ada ruginya kok anda gak percaya,
silakan saja pakai versi yg anda percayai :slight_smile:
GBU

Lho malah kemana2,
yg ditanyakan oleh:

apakah Maria melahirkan Yesus dgn cara caesar?