beberapa pertanyaan

saya punya beberapa pertanyaan yang mungkin mendasar

  1. saya ingin tahu tentang karunia Roh Kudus, apakah karunia Roh Kudus di tiap orang berbeda ataukah tiap orang punya semua karunia dan bisa digunakan semua atau tiap orang punya semua karunia tetapi hanya 1 yang menonjol?
  2. tahun lalu gereja saya banyak mengundang orang2 yang ahli “berhadapan” dengan agama lain untuk khotbah. yang satu bilang kita harus punya ilmu tentang agama A dan bagaimana menghadapi pertanyaan2 agama A tentang kekristenan. kemudian yang lain bilang kita harus punya ilmu tentang agama B dan bagaimana menghadapi pertanyaan2 agama B tentang kekristenan. kemudian ada juga yang bilang orang kristen harusnya benar2 paham tentang Tritunggal. apakah kita harus memahami semua isi Alkitab dan juga penjelasan kekristenan kepada agama2 lain? ataukah tiap orang berbeda-beda, misal X paham tentang Tritunggal tapi tidak seberapa paham tentang agama A, sedangkan Y paham tentang agama A tapi kurang paham tentang Tritunggal?
  3. di wahyu 21:8 kenapa orang2 penakut akan masuk ke neraka?
  4. kadang ada pengikut kristus yang salah dan kita tegur, kemudian dia berkata “memangnya kamu sudah benar? jangan menegur orang lain kalau belum sempurna”. benarkah kita harus sempurna dulu baru kita dapat menegur orang lain? kalau iya, apakah ada manusia yang sempurna? kalau jawab “walaupun saya tidak sempurna, tapi saya sempurna didalam Kristus”, kok kesannya jadi sombong ya?
    terima kasih

Tiap org bisa punya satu atau bbrp karunia Roh Kudus, sesuai dgn kebutuhannya, dan Tuhan akan memberikan itu. > I Kor.12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya

Ada baiknya kalau mau berdialog dgn seorg dari Agama A/B kita juga tahu latar blk agama mereka, spy gak tulaltit.
kalau mengenai paham Tritunggal sebenarnya cukup mengerti spt yg Alkitab sampaikan > Aku dan Bapa adalah satu (Yoh. 10:30; 14:9); Yesus adalah Allah (Yoh.1:1); Roh Kudus = Allah. > sehingga tdk bingung ketika berdoa.> paham Tritunggal ini bkn utk berdebat dgn agama lain karena sangat sulit & rumit utk dijelaskan (hindarkan bicara ini ketika berdialog dgn agama lain).

Orang penakut diditu adalah org yg lebih takut kpd ancaman & penolakan manusia > shg tdk berani mentaati Firman Tuhan, tdk berani memberitakan kebenaran FT.

Dalam Injil Lukas dikatakan demikian:
Lukas 6:40 Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya.
Ini artinya selama kita masih di dunia ini maka kita masih menjadi murid Yesus dan belajar pd-Nya, kita baru sempurna kalau Dia sdh panggil kita ke rumah Bapa.
GBU Bro gusgus.

gusgus
saya punya beberapa pertanyaan yang mungkin mendasar

  1. saya ingin tahu tentang karunia ROH KUDUS, apakah karunia ROH KUDUS di tiap orang berbeda ataukah tiap orang punya semua karunia dan bisa digunakan semua atau tiap orang punya semua karunia tetapi hanya 1 yang menonjol?

KOMENTAR :
Sebaiknya ditampilkan dulu ya Gus, apa saja sih Karunia Roh Kudus itu:

1 Korintus 12:

4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.

5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.

6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk “kepentingan bersama”.

*) Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan

*) kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 9

*) Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan

*) kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 10

*) Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan

*) kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan

*) kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh.

*) Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan

*) kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.

11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia “kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya”.

Pertanyaan Gus sudah terjawab di ayat 11, OK ?

  1. tahun lalu gereja saya banyak mengundang orang2 yang ahli “berhadapan” dengan agama lain untuk khotbah.
  • yang satu bilang kita harus punya ilmu tentang agama A dan bagaimana menghadapi pertanyaan2 agama A tentang Kekristenan.

  • kemudian yang lain bilang kita harus punya ilmu tentang agama B dan bagaimana menghadapi pertanyaan2 agama B tentang Kekristenan.

  • kemudian ada juga yang bilang orang Kristen harusnya benar2 paham tentang Tritunggal. apakah kita harus memahami semua isi Alkitab dan juga penjelasan Kekristenan kepada agama2 lain?

  • ataukah tiap orang berbeda-beda, misal X paham tentang Tritunggal tapi tidak seberapa paham tentang agama A, sedangkan Y paham tentang agama A tapi kurang paham tentang Tritunggal?

KOMENTAR :
Gus, Allah tidak menuntut KEPINTARAN dan AKAL BUDI kita (Titel atau ke Sarjanaan) tetapi yg diminta adalah "HATI seorang Hamba, yg selalu berkata :“Siap, saya bersedia!” setiap kali diperintahkan-Nya.
Sebagai seorang Prajurit Kristus, tentunya sangat RISKAN kalau anda tidak membekali diri anda dengan segala senjata rohani, bukan ? Cari ya Gus apa saja yg dimaksud dengan Ketopong Rohani, Pedang Rohani, Baju Zirah Rohani dsbnya.
Anda mau menginjili Orang Sunda tetapi anda tidak tahu Adat Istiadat dan Bahasa Sunda, bukankah lebih READY kalau anda sebelum masuk ke Tanah Sunda mempelajari itu semua.
Anda mau menginjili umat beragama lain, kalau anda tidak paham agama lain, agak susah anda berbaur masuk kelingkungan mereka. Cerdik seperti ular dan Tulus sepeti merpati…jangan diluoakan Pesan Yesus bila kita mau menyampaikan Berita Keselamatan dari Allah kepada mereka.

Anda ingin mengajarkan dan memperkenalkan Allah Tritunggal yg kita sembah tetapi anda tidak siap dan tidak mampu menjawab pertanyaan2 cerdik dari mereka :
Mana mungkin Allah anda itu Esa , bila kitab Injil anda mencatat :

  • Tuhan Yesus duduk disebelah kanan Bapa…berarti ada dua ?
  • Saat Tuhan Yesus yg adalah Allah itu turun ke dunia, maka Sorga tanpa Allah lalu siapa yg ngurusin malaikat?
  • Tuhan Yesus yg adalah Allah berdoa di Taman Getsemani, kepada Allah mana lagi Yesus berdoa…
  • Dll…itulah sebabnya kita harus SIAP menjawab pertanyaan2 cerdik seperti itu, maka saran saya Gus…“Jangan pernah berhenti BELAJAR Firman Tuhan”
    =================================================

[quote author=gusgus
Sambungan :

  1. di wahyu 21:8 kenapa orang2 penakut akan masuk ke neraka?

Sudah DIJAWAB dengan BAIK oleh Rekan seiman disini !

  1. kadang ada pengikut KRISTUS yang salah dan kita tegur, kemudian dia berkata “memangnya kamu sudah benar? jangan menegur orang lain kalau belum sempurna”. benarkah kita harus sempurna dulu baru kita dapat menegur orang lain?
    KOMENTAR :
    Kata Tuhan Yesus, bila anda melihat orang akan terjatuh masuk kedalam Perigi :
    Apakah anda akan diamkan karena takut menegurnya ?
    Bukankah lebih mulia anda dimaki makinya setelah anda menolongnya ? Biarkan sesaat, bila ia SADAR maka ia akan memeluk anda karena kasih anda telah menyelamatkannya. Belajar dari Yesus agar kita selalu SIAP :
    -Menyangkal diri dengan tidak mementingkan diri kita demi menyelamatkan orang lain
  2. Memikul Salib , penderitaan di kata2 kan sok suci, sok baik demi Salib yg Yesus suruh kita pikul dalam menyampaikan Berita Keselamatan pada orang2 yg belum mengetahuinya.

Perlu Gus perhatikan juga “CARA menyampaikan teguran kita harus pada Situasi dan Kondisi” yg TEPAT, OK ?!


kalau iya, apakah ada manusia yang sempurna?

kalau jawab “walaupun saya tidak sempurna, tapi saya sempurna didalam KRISTUS”, kok kesannya jadi sombong ya?
terima kasih

KOMENTAR :
Sempurna apanya, lha masih suka mengeluh, ngambek, tersinggung saat bekerja di Ladang Tuhan!

Pokoknya Gus :

“Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan BESOK harus lebih baik dari hari ini”…itu tandanya kita bertumbuh dalam Iman yg Dewasa !