Beginikah seorang pengusaha Krsiten ?

Beberapa tahun yang lalu saya membeli kios di daerah Jkt Timur Mall G**** C*****, setelah pernah digunakan ternyata tidak banyak pelanggan dan akhirnya saya tutup, -+ dua tahun tidak digunakan, begitu mau digunakan ternyata kios disewakan ke orang lain tanpa sepengetahuan saya, setelah saya complain, ternyata pengelola mau memberikan perhitungan kios yang telah dipakai, ternyata sampai hari ini hampir 1 bulan tidak ada kabar, ditelpon/sms + didatangi oleh saya pihak dari mall tersebut menghilang menghindar, yang saya ketahui pemilik gedung tersebut adalah seorang Kristen dengan gereja yang sama dengan saya, hanya beda tempat, saya ingat didalam kantor pemilik gedung ada Banner bertuliskan " TAHUN 2012 ADALAH TAHUN PERKENANAN TUHAN UNTUK G**** C***** ", dalam doa saya bertanya apakah benar Tuhan memang berkenan dengan cara orang yang mengaku Kristen tetapi mengambil apa yang menjadi hak dan milik orang lain. Tolong bantu doa agar ini dapat selesai, saya stress dan protes pada Tuhan, mengapa saya orang kecil selalu tertindas oleh orang kaya yang Kristen dan mengenalmu juga Tuhan.

Bro, rasanya yang tempat yg anda maksud saya tahu :smiley:
Yg banyak kios HP bukan, dekat supermarket G**nt? Yg di lantai 2 nya flooringnya ada lampu2nya. Saya tahu ownernya juga Mr.A, ibadah dimana juga tahu. Dulu kita pernah kena masalah pembayaran juga. Emang mallnya sepi, karena dia tdk berhasil ngedatengin tenant-tenant besar.

Menurut saya, jangan sampai kita protes atau akhirnya kecewa dgn Tuhan, apalagi owner itu kebetulan cuma anggota jemaat aja alias simpatisan (setau gw). Memang banyak yg bilang (termasuk karyawan2nya) orangnya emang rada antik/aneh, sehingga akhirnya yang kerja disitu pada no motivation, angin-anginan, kaya mayat hidup kasarnya. Sampe gw inget akuntingnya dulu ngasih gw giro bodong kaga ada duitnya, ampun DJ, main sobek & tanda tangan aja.

Jadi mudah-mudahan galaunya Bro jangan sampe ngorbanin iman or Tuhan or atribut Kristen lainnya, karena ngak worth it banget… sungguh…

Tambahan lagi setahu saya GC itu joinan antara ybs dgn pihak angkatan, banyak preman nitip kerja sodaranya di dalem, managementnya pun amburadul, makanya ndak heran kalau kios Bro sampe salah disewain ke orang lain. Kacau juga ya…

Saran praktis gw (seperti yg gw lakuin dulu selama 2 minggu lebih everyday sampe akhirnya pembayaran ane ditransfer), tongkrongin kantornya terus tiap hari, muka badak masuk aja langsung ke dalem, ga usah pake appointment or izin resepsionis. Sampe orang2nya dia pegel ngeliatin Bro dateng terus dan akhirnya difollow up.

Last but not least, pray for your rights & for him as well.

Kristen ya… Kristen KTP=Kristen Tanpa Pertobatan.
Model & gaya demikian itu buanyak… karena kedok Kristen. Ke gereja utk cari pelanggan, cari lowongan, cari orang jadi mangsanya - disantap habis.
Ada juga ngaku Kristen, hasil nipu sumbang uang utk gereja. ada juga kasus spt itu.

Ngutip kutipan dari grup sebelah :

“Kalau mau belajar Kekristenan, ya pelajari Alkitab dan teladani Yesus… kalau belajar dari manusia, pasti ada kekurangannya…”

akihirnya ada pencerahan juga dari anak Tuhan, betul bro ! nama ownernya GC Mr. A K, yang bro katakan sudah saya jalanin hampir satu bulan, hanya kali ini kelihatannya pihak mereka tidak mau mengeluarkan satu peser-pun, rupanya kalau mendengar ini dari bro harus siap mental untuk kehilangan uang, kalau sudah begini saya pasrah dan minta bantuan hanya dari Tuhan, terima kasih bro, akhirnya dapat membuka mata saya, ini pelajaran menyakitkan dalam hidup saya, karena uang hasil kerja keras dan bekerja dengan jujur hilang begitu saja.

Apakah tidak bisa lapor polisi bro.

Urusan sama polisi ? yang pasti keluar duit lagi, betul seperti yang bro Tgunawan katakan “management amburadul” setahu saya pengelola ini adalah pengelola kedua, karena saya kejar terus setiap hari, akhirnya pihak GC bilang saya hutang sebesar 9 jutaan (hutang maintenance fee) padahal selama ini tempat tersebut dia yang pakai, alasan hutang maintenance fee saya anggap trik untuk memeras saya, karena mungkin banyak eks.tenant seperti bro Tgunawan, akhirnya ibu N karyawan Mr. AK menawarkan untuk mengambil alih kios saya dengan hitungan 1 juta/per-tahun (sisa masa hak pakai saya adalah 21 tahun dipotong 9 tahun untuk bayar maintenance fee, mereka yang menetapkan mereka juga yang tidak mau membayar, saya tidak mau keluar uang lagi untuk GC karena saya yakin Tuhan tidak akan berkenan dengan cara orang seperti ini.
Inipun saya yang membeli sudah rugi puluhan juta, disini terlihat akal bulus mereka untuk mengambil hak orang lain.

Apa mau dikata itulah yang terjadi, ini sharing dari saya, kalau ingin berdagang lokasi strategis bukan jaminan, kenyataannya tidak ada pengunjung, modal dapat tersedot habis hanya untuk pengeluaran dll, pengelola tempat hanya mengutamakan keuntungan pribadi, dengan mencari pemasukan maintenance fee/service charge, mau ramai/tidak mereka tidak perduli, pada akhirnya mereka mencari mangsa baru (pedagang pemula dan bermodal pas-pas an) untuk menjadi korban tenant mereka berikutnya.

Esijo ini kesaksian sodara Hansen dari topik yang membahas Roh Kudus, saya copas disini. Bisa sodara terapkan di kasus yang sodara hadapi untuk memenangkan perkara. Benar2 harus bawa doa dan sertakan Roh Kudus agar DIA beracara. Meskipun rasa2nya tidak mungkin, tapi bagi Tuhan tiada yang mustahil bila kita benar2 bersandar pd nya apalagi bila posisi kita sudah tepat pasti perkara tersebut bisa dimenangkan. Sertakan Roh Kudus. Saya jg sudah merasakan dampak dari peranan Roh Kudus ini dalam hidup saya. GBU. :angel:

Sdr. Esijo
Mungkin bisa dibilang, pemilik mall itu arogan yah? Dan cukup kurang ajar. Tapi coba renungkan, apa hubungannya antara pemilik mall itu dgn TUHAN kita YESUS KRISTUS? Sama sekali tidak ada hubungannya kan? TUHAN YESUS juga tidak pernah mengajarkan hal sedemikian itu terhadap kita. Meskipun dia bisa saja menulis itu ini untuk mallnya, tapi itu hanya duniawi sekali, tidak ada hubungannya tentang kehidupan sorgawi. Dan justru dia berbuat seperti itu mempermalukan nama TUHAN.

Banyak sekali orang-orang Kristen menulis/berbicara yang seolah-olah rohani sekali, padahal sebenarnya dalam hatinya nol kosong. Jangankan yang cuma jemaat biasa, bahkan yang ‘ngakunya’ pendeta, pengerja, evangelist dsb, ada yang lebih parah dari itu kok. Dan itu adalah orang-orang yang sgt munafik. Untuk apa kita kecewa pada TUHAN YESUS karena melihat tingkah laku orang-orang munafik yang ga bermutu itu?

Kita rugi 2x akhirnya. Sudah dirugikan secara jasmani oleh penjahat2 itu, pula kita rugi kehilangan kepercayaan kita pada TUHAN YESUS. Dan kita diberkati atau tidak secara jasmani, sama sekali bukan penentu apakah TUHAN di pihak kita ataukah di pihak lawan.

Kesejahtraan kita secara fisik/jasmani sama sekali bukan TANDA / CIRI bahwa kita dikasihi oleh ALLAH. Jadi jangan menghubung2kan hal-hal seperti ini. Karena banyak pengerja gereja kemakmuran menggembar-gemborkan hal salah itu.

Selesaikan saja secara duniawi. Kalau perlu lapor ke pihak yang berwajib, mending dilaporkan saja. Tidak usah dihubung2kan dengan kepercayaan kita thdp TUHAN.

Salam.
:smiley: :azn:

Sertakan ROH KUDUS jalannya sempurna. Mengandalkan akal manusia belum tentu hasilnya memuaskan. Sbg anak Tuhan, kekuatan kita ada pada doa karna itu adalah nafas hidup orang percaya. Bagi yang tidak melakukan tugas sbg anak2 Allah, tidak heran hasil hidupnya juga menuai kedagingan. Dari komen sodara Trans dapat terlihat jelas seperti apa dan bagaimana koneksi sodara dg Tuhan. Salam dan Tuhan Yesus Memberkatimu :slight_smile:

Terimakasih saudara Trans dan teman2 lainnya, saya akan berdoa, andaikan memang itu tidak kembali ke saya berusaha ikhlas, meskipun saat ini sakit hati rasanya diperlakukan seperti ini, untuk melaporkan pihak berwajib, ada yang berusaha seperti itu hasilnya disatu sisi tidak dapat cair uangnya, malah menambah masalah baru.

Saya dulu pernah kerja di prusahaan dan dtugaskan nagih utang ke seorang preman.
Bbagai cara ancaman dan intimidasi pernah saya tempuh, tp pbayaran macet.

Akhirnya suatu hari Tuhan taruh di hati saya utk ‘mberkati’.

Jd tiap hari saya berkati preman itu dalam doa dg jumlah uang yg harus saya tagih.

Bbrp hari kmudian preman itu nyerahkan uang.


Bro,
Kadang ujian datang krn Tuhan mau kita naik kelas.

Bisa saja bro dirugikan orang sjumlah skian, tp jika Bro btindak sesuai jalan Tuhan, maka berkat akan datang dari jalur lain. Itulah mkanisme ujian Tuhan.

Skalipun ga enak rasanya, tp pandanglah ini sbg jalannya Tuhan utk mberkatimu lebih banyak.
Manfaatkan dg pngampunan dan mberkati shg berkat akan ttarik pdmu.

(saya tau ini susah)

Amin, Amin, Amin, terimakasih atas nasehat dan pandangan teman-teman semua, Tuhan Berkati.

Bro, gw dulu bukan tenant, tapi supplier yg dapet kerjaan renovasi lantai 2 n electrical pas dulu masih bangunan kosong. Pada akhirnya ane dibayar full lunas sih, cuma ya musti gigih urat baja.
Apa udah coba calling mr. owner? Karena gw juga dulu ngelibatin ybs terus saat nagihnya.
HP ybs pun ane masih simpen, kalo-kalo bro butuh japri aje.
Building managernya ama finance manager (kalo blom ganti) ane juga masih inget.
Ada kenalan juga toko HP di belakang, pas di bawah eskalator yg ada atm bca nya diatasnya, nama toko lupa tapi namanya abun kalo ga salah, coba ngobrol2 sesama pemilik kios utk galang dukungan.

Tongkrongin sampe owner dateng kantor, udah gitu push hak bro sambil bawa surat-surat kepemilikan lengkap (HGU/P ya?).
Gw rasa seaneh-aneh orangnya, masih kooperatif, cuma emang rada aneh bin ajaib gitu dah orangnya, think positive dulu aja bro.
Dia juga owner 1 lantai HP di Mall Bk Sq, dan bisnisnya masih running disitu.

Kalo bicara ama karyawan bawahan emang pada lepas tanggung jawab n maling semua disitu, orang nagih bisa-bisa ditagih balik (tapi management fee itu emang kewajiban bro sih sebenernya biarpun udah ditinggal 2 thn, cuma ya harusnya urusan kepemilikan yg diberesin dulu baru management fee).

Jadi mendingan bro libatin mr. owner ajak duduk bareng, nanti ketahuan siapa malingnya
Mungkin kios bro secara bawah tangan disewain sama marketingnya, tanpa sepengetahuan owner.
Nah kudu dibikin jelas dulu siapa nih malingnya, duit sewanya bisa jadi masuk kantong si marketing dkk, inget ane udah sebutin banyak preman nitip sodara masuk kerja situ.
Jadi inget kasus rusunawa marunda.

Ntar kalo udah terang benderang siapa premannya, palingan si marketing dkk dipecat, baru bisa itung2an jelas, hak sewa yang udah diterima dari penyewa yg nempatin kios bro harus diitung dari awal milik bro, lalu dideduct dengan management fee sesuai agreement di awal.
Udah gitu, penyewa sekarang kalo mau nerusin silakan tapi duitnya nyetornya ke bro, bukan ke orang lain.
Kalo duitnya udah diabisin ama si oknum n gak bisa dibalikin, yah nasib, suruh potong gaji/sita motor aja atau sedapetnya lah.

Kalau mau nempuh jalur gugat hukum perdata, bahayanya disitu ada orang angkatan bro, beratt… malah tambah tekor.

Cobain dulu bro, pantang menyerah! ciayo ah! :happy0062:
Nah kalo bener dugaan ane kasusnya karyawan korupsi kayak diatas, judul tritnya kan jadi gak relevan lagi bro? :ashamed0004:

apakah ada hitam di atas putih? Surat Perjanjian di awal. Mungkin bisa di mulai dari situ. Untuk beban2 biaya yang tertanggung kalau tidak ada di perjanjian di komplain aja. Usahakan jangan sambil marah2, cuman memperkeruh suasana.
coba baca amsal 16

Sumbang suara,

Emang banyak orang, karyawan atau pengusaha yang percaya Tuhan Yesus, dan suka dengan berkat2nya, tapi kalo bicara jujur dan fair sama orang… apalagi soal duit… beuuuhhhh ga ada bedanya sama bad guy.
semacam ahli taurat deh.

Beberapa taun yang lalu ada seorang profesional yg karirnya udah level direksi. Beliau ini dapat banyak fasilitas dari kantornya, hidup sukses, istrinya juga level direksi. - Dia sukses karena ulet, dan ternyata jebolan sekolah teologia, pandai kotbah pandai nyanyi. Hebat kan!
Setelah beberapa tahun bekerja sebagai direksi ternyata diketahui bahwa orang sukses ini punya “kelainan”, yaitu suka malsuin produk perusahaanya sendiri, dan dia jual ke distributor2, dari perusahaan dia bekerja.

Makanya nanti banyak yang teriak "Tuhan-tuhan… bukan kah kami bernubuat dan mengusir setan demi namaMU?..

Ya kalo di agama saudara sepupu ada tersangka AF, yang diciduk KPK di hotel Le ***** yang katanya jago pengeahuannya soal keagamaan tapi hobinya tau sendiri kan.

Jadi moral of the storynya, jangan sembarangan percaya… banyak yang jual nama Yesus untuk memikat orang biar keliatan bisa dipercaya. ;D

Ikut nambahin ya,

Cuma mo nyemangatin masbro esijo aza. Keep going masbro, jadilah pengusaha kristen yg diberkati untuk memberkati. Abaraham, Ishak, Yakub & Ayub adalah teladan sejati untuk pengusaha-pengusaha kristen seperti masbro yg saat ini sedang diuji kesabarannya. Ane sangat percaya bahwa Tuhan kita tidak tutup mata pada masalah masbro tapi Dia sedang menuntun masbro untuk melewati lembah kesusahan menuju gunung keberhasilan.

@ tgunawan, tadi sore sudah saya email ke ownernya ! Semoga-moga kalau memang ada niatan baik
dari ownernya, masalah ini dapat selesai.
Karyawannya rata-rata orang baru semua, yang lama tinggal satu orang Ibu N saja.
Apakah Mr. AK adalah owner Bk Sq sebagai pengelola seluruh gedung/hanya lantai 1 ?, karena
kalau di GC Mr. AK menguasai seluruh gedung.

@muonshirata, secara surat jual beli saya lengkap memang tercantum ada service
charge/maintenance fee, yang menjadi masalah di surat notaris disebutkan pembayaran
maintenance fee/service charge tidak dikatakan dimulai kapan, yang menjelaskan maintenance
fee/service charge dibayar apabila kios digunakan ada suratnya terpisah dan tidak bermeterai oleh
pengelola sebelumnya, itu salah satu kelemahan saya/jebakan ?

Bro esijo,nya

satu lagi dari kumis. sebaiknya jgn terlalu berharap orang itu baik, dengan melihat aksesoris kekristenannya, yang suka pamer biasanya digunakan untuk menutupi atau mengalihkan perhatian kita dari kebusukannya.

Jangankan pengusaha, ada keluarga pendeta yang ortunya rajin ke carecell dan doa digereja dll, tapi suka “pamer nolong orang” dengan imbalan orang yang “dibantu” harus “sujud sembah” dan menunjukkan rasa terima kasih didepan banyak orang, dan akan terus diungkit2 kalo orang itu utang budi sama keluarga pendeta ini. Padahal kalo nagih utang, anak batita aja dibentak2 sampe nangis dia ga peduli. bahkan utang udah dibayar juga, kalo ngomong ama anaknya tetap aja kasar sekali, minta keluarga itu ingat utang jasa. :mad0261:

Ini fakta, kumis pernah liat lsg pasangan ini ngedatangi rumah seorang tua yg idup sendirian sama anjingnya bawa kayu buat mukuli anjingnya, karena anjingnya ini suka gonggongin dia.
;D. Astagafirullah al azim, amit-amit aujubilah min zalik deh kelakuannya.

Moral story:
Orang yg suka tampil sok baik dengan atribut keagamaannya basanya malah busuk, jadi ati2 ya

@shadowing
AMIN AMIN AMIN

@bro kumis
Terima Kasih bro kumis, saya sekarang berusaha menyembuhkan batin saya dengan mencoba mengikhlaskan (memang rupanya ikhlas itu sulit !), sayapun berdoa pada Tuhan Yesus agar diberi ketentraman dan kedamaian hati, sayapun berpikir sudah hampir satu bulan ini saya berusaha menghubungi mereka tanpa ada sedikitpun hasil positif, yang akhirnya malah mengacaukan pekerjaan yang merupakan mata penghasilan saya.