Benarkah Henokh dan Elia telah berada di Surga sebelum kedatangan KRISTUS?

Banyak sekali, kaum Protestan yang meyakini bahwa Henokh dan Elia sudah berada di Surga sebelum kedatangan TUHAN!! Namun benarkah demikian?

HENOKH

ELIA

Adanya beberapa pandangan perihal Henokh dan Elia, disebabkan bahwa Kitab Suci tidak secara rinci mengisahkan bagaimana pengangkatan itu jika dikaitkan dengan fakta bahwa Tuhan YESUS yang membuka pintu surga belum turun ke dunia pada saat itu. Sejauh yang saya ketahui, belum ada pengajaran yang sifatnya definitif dari Magisterium Gereja Katolik tentang hal Henokh dan Elia. Namun pada prinsipnya, meskipun dikatakan bahwa Henokh “diangkat” oleh Allah (Kej 5:24), dan Elia “diangkat ke surga” (1 Raj 2:11) namun “surga” di ayat- ayat ini bukan untuk diartikan kondisi persatuan dengan Allah di mana manusia memandang Dia dalam keadaan yang sebenarnya (1 Yoh 3:2)

Mengapa?

Karena Tuhan YESUS sendiri mengatakan demikian:

“Tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.” (Yoh 3:13)

Ayat ini mengatakan ‘tidak ada seorangpun’, berarti tidak juga Henokh ataupun Elia yang telah naik ke surga. Maka ayat ini sejalan dengan ajaran Rasul Paulus yang mengatakan bahwa Tuhan Yesuslah “yang sulung, yang utama dari segala yang diciptakan,…… dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan Diri-Nya…, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib KRISTUS.” (Kol 1 :15-20). Kita ketahui bahwa pada saat Henokh dan Elia “diangkat” tersebut, Tuhan YESUS belum datang ke dunia, dan belum bangkit dari kematiannya di kayu salib, sehingga pintu surga belum terbuka bagi manusia. Bahwa setelah YESUS bangkit dari mati, maka Ia membawa serta semua jiwa orang benar ke surga, maka baru pada saat itulah semua orang beriman dapat bersatu dengan Allah dan memandang Allah dalam keadaan yang sebenarnya (1 Yoh 3:2).


Henokh dan Elia tidak mengalami kematian, tetapi YESUS mengalami kematian

Sedangkan Allah sendiri yang menjelma menjadi manusia dalam rupa YESUS mengalami kematian, apa lebihnya ciptaa-Nya yaitu Henokh dan Elia yang tidak mengalami kematian? Hal ini terkait dengan tugas perutusan ke dua nabi tersebut nantinya pada akhir Zaman.

Bila kita membaca Ibrani 9:27 disitu tertulis, “Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi”. Bila Henokh dan Elia nantinya tidak mati, maka Ibrani 9:27 tersebut menjadi gugur. Padahal kita tahu bahwa Firman Allah itu benar dan kekal, tidak dapat digugurkan oleh apapun juga, apalagi cuma teori buatan manusia. Jadi prinsipnya, semua manusia harus pernah mati, tanpa kecuali. Lalu kapan Henokh dan Elia akan mati?

Silakan baca Wahyu 11. Disitu Tuhan akan mengirimkan dua saksi yang akan meneguhkan Firman Allah. Dan menurut tafsiran saya, dua saksi itu adalah Henokh dan Elia. Kita lihat saja nanti faktanya. Dengan hadirnya kembali Henokh dan Elia menjadi saksi KRISTUS, lalu telah dinubuatkan bahwa mereka akan mati 3,5 hari lamanya dan kemudian dibangkitkan oleh Allah. Dengan demikian genaplah nats Ibrani 9:27 bahwa semua manusia (tanpa kecuali) akan mengalami kematian.

Henokh dan Elia memang dari semula telah dipilih Allah untuk tugas ini (menjadi saksi di akhir jaman), oleh karenanya mereka diangkat hidup2 ke surga bersama tubuh fisik mereka., dan nantinya akan dikirim kembali ke dunia dan akan mengalami kematian fisik.

Salam

Shalom Bro Clay ,
Thanks For Sharing masalah Henokh & Elia yang ke duanya udah Mi’raj alias Diangkat naik … Kalau TUHAN sendiri berbicara di Yoh 3: 13 “Tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.” pastilah benar dan ke 2 orang ini diangkat dengan "Tubuh Jasmani "nya , terus timbul pertanyaan " kalau mereka tidak diangkat ke Sorga lalu kemana ? " Yah paling kita berdoa minta “Hikmat” sang Penolong "yaitu ROH KUDUS dimana gerangan mereka berdua kalau nggak di SORGA ? Apakah bareng dengan Bapa Abraham di Firdaus ?

Mengenai " dugaan " Bro bahwa mereka adalah ke dua saksi Allah di kitab Wahyu 11 :3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.
4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, maka orang itu harus mati secara itu.
6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendakinya.

Kayaknya bukan Henokh dan Elia tapi Musa & Elia … tapi kalau mereka itu baik Henokh / Elia / Musa maka gugur juga bro kena Yoh3: 13 karena di Why 11 ayat 4 mereka ada dihadapan TUHAN semesta alam ( sedangkan TUHAN ada di SORGA )
Kenapa saya lebih condong ke Kuasa Musa & Elia karena di Why 11 ayat 6 nya bicara Kuasa menutup langit ( pernah dilakukan ELIA) dan Air menjadi darah dan memukul bumi dengan segala jenis malapetaka ( pernah dilakukan 10 tulah mesir oleh MUSA ) mungkin ada masukan dari rekan Fker yang lain ? silahkan di lanjut …
Jesus Blessing.

Menarik bro, memang ada beberapa tafsir yang menafsirkan bahwa kedua saksi tadi adalah Elia dan Musa – namun anda menafsirkan Musa dg gantinya Henokh dg alasan bahwa mrk berdua juga harus mengalami kematian.

tapi bagaimana menyelaraskan dg nats ini?

Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; (1Thess 4:16)
sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. (1Thess 4:17)

ayat 16 mengindikasikan mrk tidak akan mengalami kematian

Kalau Elia mungkin ok ya, tetapi bagaimana dg Musa?

Musa sdh mengalami kematian, bila demikian, Musa akan mengalami 2 kali kebangkitan – sedangkan di Wahyu cuma berbicara satu kali kebangkitan saja

Iya yah kalau Musa kan udah mati masa ntar mati lagi terus bangkit naik ke atas ? Tapi Mungkin kalau kita lihat di Wahyu 11: 4 mereka bukanlah Henokh/ Elia / Musa tapi 2 Orang SAKSI NYA yang sekarang ada di hadapan TUHAN ? KUASA yang diberikan pada 2 orang SaksiNYA itulah yang seperti KUASA ELIA & MUSA , jadi 2 pribadi lain … Bukan Musa/Henokh bukan juga Elia … Nah kembali pertanyaannya Henokh & Elia yang jelas2 dibilang DIANGKAT oleh TUHAN sekarang lagi ngapain ? Dimana ? kalau mengacu pada kata henokh hidup bergaul dengan Allah berari Ia karib dengan Allah jadi diangkat tinggal bersama NYA tapi Yoh 3: 13 Tuhan sendiri bilang "Tak ada seorangpun yang telah naik ke SORGA " Gimana kalau dibilang di Firdaus bersama bapa Abraham ? kan TUHAN bisa jalan2 di Firdaus ? Hal "Tubuh Jasmani " kan TUHAN bisa ubahkan mereka dengan "Tubuh Rohani " .
JBU

Bro moe, pernah saya bahas di sini, meskipun tidak detail:

Dan sayang sekali situsnya sudah tidak ada. Tapi sempat saya kutip sedikit. Dapat juga dicari di google dengan keyford “assumption of moses”

Shalom

Mnrt saya,
Yg perlu diubah adalah pmahaman ttg ayat ini :

Yoh 3:13
“Tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.”

Cobalah bandingkan pkataan tsb dengan ini :

Ul 30:11-14
"Sebab perintah ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar bagimu dan tidak pula terlalu jauh.
Tidak di langit tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan naik ke langit untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya?
Juga tidak di seberang laut tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan menyeberang ke seberang laut untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya?
Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.


Apakah Tuhan Yesus ketika bbicara dg Nikodemus, seorang ahli Taurat, sbnarnya sedang bbicara ttg ‘kenaikannya ke sorga pasca kematianNya’ ataukah sdg bbicara ttg hal lainnya dlm bentuk prumpamaan?

Bukankah Henokh dan Elia diangkat?
Bukankah Nikodemus tau persis bhw Henokh dan Elia diangkat ke hadirat Tuhan?

Jangan-jangan yg dmaksud Tuhan Yesus bukanlah ‘kenaikan ke sorga pasca kematianNya’, mlainkan Ia sedang mnggunakan bahasa Musa utk mngenalkan Nikodemus pada siapa DiriNya.

Pertanyaan anda: Bukankah Henokh dan Elia diangkat?
Bukankah Nikodemus tau persis bhw Henokh dan Elia diangkat ke hadirat Tuhan?

Dalam kitab Perjanjian Lama, Henokh dan Elia dikatakan masuk “surga” untuk menggambarkan keadaan terberkati yang mereka peroleh dari Tuhan akibat dari kekudusan mereka (mereka yang taat dan bergaul dengan Allah sepanjang hidup mereka). Keadaan terberkati ini juga yang dialami oleh Abraham, seperti yang disebutkan dalam kitab Luk 16:23, dan oleh para Teolog disebut sebagai tempat penantian bagi orang benar atau “limbo of the just”.

Nah, tempat penantian ini sendiri terdapat dua bagian, yang kita ketahui juga dari kitab suci, yaitu tempat terberkati bagi mereka yang sudah kudus, dan tempat pemurnian, yang di dalamnya terdapat jiwa-jiwa yang masih perlu dimurnikan sebelum masuk ke surga (lih. 2 Mak 12:38-45; 1 Pet 3: 18-20). Sedangkan mereka yang semasa hidupnya memisahkan diri dari Allah, setelah wafat dihukum di neraka, dan kondisi ini tidak berubah dengan kedatangan KRISTUS.

Jadi untuk menjawab pertanyaan apakah Henokh dan Elia diangkat ke “surga” oleh kekudusan/ ketaatan mereka, dan surga di sini adalah untuk menggambarkan keadaan mereka yang terberkati di tempat penantian. Namun mereka baru benar-benar memasuki Surga setelah kedatangan YESUS KRISTUS yang menjemput mereka setelah kebangkitan-Nya dari alam maut.

Sebab…

“Yesuslah yang sulung, yang lebih utama dari segala yang diciptakan…. Ia yang pertama bangkit dari orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu…… ” (Kol 1:15-20)

Dan dalam keutamaan-Nya inilah Tuhan YESUS membuka pintu surga untuk memperdamaikan segala sesuatu dalam Diri-Nya.Ini sesuai dengan Yoh 3:13,Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.” Sorga di sini maksudnya adalah persatuan sempurna antara manusia dengan Allah, di mana manusia dapat memandang Allah di dalam keadaan-Nya yang sebenarnya (1 Yoh 3:2),yang istilah teologisnya adalah beatific vision, seperti yang dijelaskan oleh St. Thomas Aquinas dalam bukunya Summa Theology (ST, Supplement, q. 92). Nah, manusia baru bisa mengenal dan melihat Allah dengan sempurna di dalam KRISTUS YESUS, oleh karena itu maka seseorang dapat sampai ke Sorga ini, hanya setelah KRISTUS membuka pintu Surga setelah kebangkitan-Nya.

Salam

@all

this is my opinion :slight_smile:

Sy coba analisa ttg ELIA.

2 Raja-raja 2:11

Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

As they were walking along and talking together, suddenly a chariot of fire and horses of fire appeared and separated the two of them, and Elijah went up to heaven in a whirlwind. (NIV)

Wayhiy hemah holkiym halowk wdaber. Whineh, rekeb-'esh wcuwcey 'esh wayapriduw beyn shneyhem. Wayaal'Eliyahuw bacarah hashamayim. (transliterasi Ibrani)

Surga = heaven = hashamayim

Dlm konsep Ibrani, hashamayim ini ada 3 tingkat:

  1. Sky (udara/atmosfir dll)
  2. Universe (alam semesta)
  3. Heaven of Heavens (tempat Allah bertahta).

Mnt Fausset Bible Dictionary:
The Greek ouranos and the Hebrew shamayim, are similarly derived.

Rasul Paulus pernah mendapat wahyu ttg tempat ini:
2 Kor 12:2
Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau–entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya–orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga (ouranos) .

Rasul Paulus menulis ttg HEAVEN OF HEAVENS (tempat Allah bertahta).

Jadi kemanakah Elia pergi? Saya rasa dia tidak mungkin ended di SKY atau UNIVERSE (krn keduanya msh alam MATERI). Pastilah dia ended di HEAVEN OF HEAVENS (alam roh, tempat Allah bertahta).

IMO, sesuai analisa kata Shamayim diatas, ELIA tdk berada dlm “keadaan” terberkati, sebab shamayim - Heaven of Heavens adalah TEMPAT dan bukan suatu KEADAAN.
Dia benar2 berada di TEMPAT dimana ALLAH BERTAHTA yaitu Heaven of Heavens.

Mengenai perkataan Tuhan YESUS dlm Yoh 3:13, saya pribadi sependapat dgn penafsiran bro Siip.

IMO, kita harus benar2 cermat memperhatikan konteks suatu ayat dsb.
Misalnya:
“Yesuslah yang sulung, yang lebih utama dari segala yang diciptakan…. Ia yang pertama bangkit dari orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu…… ” (Kol 1:15-20)

Kalimat yg saya beri warna merah tentunya tdk bisa ditafsir literal/harafiah sebab LAZARUS lebih dahulu BANGKIT daripada YESUS.

Silahkan teman2 FK memberikan wawasan2 baru…

Blessings

Lazarus sepertinya DI-bangkitkan (oleh YESUS)

Sedang YESUS itu bangkit (sendiri).

Sepertinya berbeda tuh bro…

ini sama seperti pengajaran St. Thomas Aquinas yang mengajarkan bahwa karena Henokh dan Elia tidak mati, maka di akhir jaman nanti mereka akan kembali ke dunia di jaman Antikristus dan kemudian mereka akan mati. Henokh dan Elia, menurut St. Thomas, kemudian akan dibangkitkan bersama- sama dengan semua orang lain pada masa kebangkitan badan.

jika demikian maka Musa akan mengalami kematian 2X dan Henokh TIDAK PERNAH MATI…!

ini bertentangan dengan Ibrani 9:27 “Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi”

Setuju…! ini lebih jelasnya http://www.newadvent.org/cathen/07170a.htm

Imho, Henokh dan Elia sekarang disurga dan mengalami beatific vision dengan Allah…!

Tetapi…

saya belum menemukan kolerasi yang dimaksud Paulus dalam 2 Kor 12:2 adalah Elia dan Henokh…

kita tau bahwa Surat2 Rasul Paulus ditulis sekitar tahun 45 - 60 AD…!

jika ditafsirkan secara harfiah bisa jadi yang dimaksud paulus ‘Empat Belas Tahun yang Lampau’ adalah Rasul2 yang Wafat sebagai Martir telah diangkat ke Surga…

====

Salam,

Thanks share nya, tetapi Lazarus kemudian tidak kuasa untuk melawan maut dan mati lagi, berbeda dengan kebangkitan TUHAN kita.

Tetapi Alkitab jelas bahwa Yesus harus menjadi orang pertama yang dibangkitkan untuk hidup yang kekal. 1 Korintus 15:20
Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.

yup :afro:

Saya tidak spendapat dg pnafsiran Anda.
Banyak tafsiran lain yg bisa mharmonisasikan bhw Elia dan Henokh diangkat ke surga (bukan ke tempat penantian) skaligus dg firman Tuhan Yesus bhw ‘tidak ada yg naik ke sorga slain Dia yg turun dari sorga’.

Saya tidak jg memaksa anda untuk percayai tulisan saya dan apa yang saya tulis bukanlah tafsiran saya semata, tetapi berdasarkan pengajaran yang saya terima dari gereja saya yaitu GEREJA KATOLIK YANG KUDUS. Jadi jika saya menuliskan topik diatas bukan semata-mata tafsiran saya pribadi.

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus untuk semua.

Keduanya; Elia dan Henokh, diangkat karena mengasihi Allah.
Roh keduanya pada waktu mati, tinggal bersama Roh Allah untuk menantikan waktu kedatangan mereka ke dunia untuk ke dua kalinya; untuk menunjukkan bahwa mereka mengasihi sesama seperti diri sendiri.

Elia sendiri telah kembali ke surga untuk tinggal selamanya disana.
Yesus Kristus telah menyatakan hal itu; ketika Ia sedang dalam penderitaan di atas salib.

Sedangkan Henokh masih belum datang saat ini; akan datang setelah Kristus Yesus tinggal selama-lamanya di surga.

Harus dimengerti dahulu bahwa Roh Allah yang akan membawa manusia ke tempat Allah.

Jadi Henokh ketika mati diangkat untuk tinggal bersama Roh Allah, demikian juga Elia.
Dan setelah itu Elia datang dan mati dan menanti dalam Roh Allah untuk kembali ke surga.
Setelah Kristus Yesus mati dan bangkit, maka Ia bersama-sama Elia kembali ke tempat Allah.
Dan setelah itu Ia tinggal bersama-sama Roh Allah untuk datang kedua kalinya, demikian juga Henokh.

Shalom,
Menurut apa yang tertulis di Alkitab maka Henokh & Elia sudah di SORGA. Mereka mungkin akan datang kembali kebumi bersama dengan Tuhan YESUS pada masa Pemerintahan damai sejahtera 1000 Th. Bahkan bisa jadi mereka adalah salah dua dari 24 Tua-tua yang di kitab Wahyu ?
GBU.

bukan mereka aja,
tetapi dengan semua orang KUDUS
akan memerintah bersama Yesus dalam kerajaan 1000 tahun.

Wahyu 20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.

Ke 24 tua- tua tersebut mungkinkah ke 12 Bapa dari suku Israel ditambah dengan 12 Rasul Yesus? Who Knows, kitap wahyu memang kitap yang tidak mudah ditafsirkan begitu saja!

Siiiiiiiiip :afro: ( biar nggak sama dgn BroSiip , i nya banyakan heehehehe :smiley: )
Yang datang bersama Tuhan YESUS termasuk adalah saya karena saya adalah St. :afro: kasihan bagi orang yang tinggal diluar KUDUS ( pati,jepara, semarang, njetis, Grobogan hehehe :cheesy: ;D )
Thanks CUTz udah ingatin kalau nanti Saya akan memerintah bersama Tuhan YESUS :afro: Semoga Bro CUTZ juga dapat menjaga KeKudusan hingga termasuk orang2 KUDUS , Ok ?! :happy0144: jangan cemarkan hati dengan pertikaian dengan Sdr2 dari Katolik maka engkau KUDUS ! Ingatkan boleh, nggak mau terima ya udah :happy0062: Ojo Mekso ntar jadi pada kaya FPI bin LJ :cheesy:
GBU.