Benarkah jaman sebelum Perjanjian Baru ditulis adalah jaman kegelapan?

Dari beberapa diskusi kadang ada yang menyimpulkan bahwa tanpa Alkitab akan terjadi kesalahan pengajaran, jaman kegelapan, dsb. Pada jaman Yesus sampai kanonisasi Perjanjian Baru, orang kristen tidak memiliki perjanjian baru tertulis yang lengkap kira-kira sampai abad kedua. Perjanjian lama juga masih banyak yang memakai septuaginta yang katanya isinya lebih banyak dari kanon ibrani Yahudi.

Benarkah pada jaman Alkitab PB belum lengkap, kekristenan memasuki jaman kegelapan?

GA juga tuh…
Saya juga gak tau persis apa alasanya

trimakasih bro storm atas tanggapannya. logikanya memang jaman itu termasuk kegelapan sih, karena pengajaran injil hanya berdasarkan lisan+minim tulisan. tapi qta tunggu dulu tanggapan temen-temen lain

trims

tapi maksud bro pakbrengos “jaman Kegelapan” itu sebenernya apa?

Zaman kegelapan secara historis bermaksud abad ke 6 sampe ke 12 (sebelum Reformasi Protetstan). Kalu itu, pertanyaan bro pak salah kronologis.

Dongeng anda itu sebaiknya ditanyakan ke bro Alvezez. Menurut gw, ROH KUDUS tidak pernah henti berkarya tapi ada sebagian orang atau sebagian kelompok gereja (khususnya kelompok2 melenceng/menyimpang) percaya ada waktunya ROH KUDUS berhenti berkarya sehingga apabila muncul zaman pemulihan, restorasi apa ya dimana ROH KUDUS memberitau ke dia atau tokoh kelompok itu bahwa dia telah dipilih secara khusus oleh ROH KUDUS untuk memulihkan kebenaran yg hilang/rusak itu…hehehe, lucu sekali.

iya betul maksud sy jaman kegelapan seperti pertanyaan di atas, banyak kesalahan pengajaran injil, tidak alkitabiah, tidak dalam inspirasi roh kudus, dsb

Kecuali anda percaya kepada SATU GEREJA YANG MAHA SEMPURNA, pertanyaan anda itu tidak ada artinya.

Cosmic Boy : Kecuali anda percaya kepada SATU GEREJA YANG MAHA SEMPURNA, pertanyaan anda itu tidak ada artinya.

apa ada gereja yang sempurna itu, dimanakah? lalu apa kaitannya dengan pertanyaan sy? siapa bro azazel? apakah beliau sering mendalami masalah sejarah jaman kegelapan ini?

@ pakbrengos,

Cosmic Boy : Kecuali anda percaya kepada SATU GEREJA YANG MAHA SEMPURNA, pertanyaan anda itu tidak ada artinya.

apa ada gereja yang sempurna itu, dimanakah? lalu apa kaitannya dengan pertanyaan sy?

Menurut anda:

Zaman gelap ==> pengajaran2 salah

Jadi anda percaya pada satu titik dalam sejarah gereja, ROH KUDUS tidak berkarya/berhenti berkarya (mungkin anda pikir ROH KUDUS pada tidur kaleeee)?

Baca reply saya di # no 5

siapa bro azazel? apakah beliau sering mendalami masalah sejarah jaman kegelapan ini?

Azazel itu domba sembelihan buat korban penghabus dosa, alvazez pula ialah salah seorang netter yg asal nulis! Jadi kalu mau mendengar tentang zaman gelap, cari saja alvazez, sang pembuat dongeng itu.

salam.

Alloha…[email protected] pak brengous…

weehh. BOLEH JUGA NIH…pendapat anda mengenai zaman kegelapan… dan sudah pasti lawannya zaman penerangan dong…!! hehheheh…
Yah sebetulnya pendapat seperti itu kan… pastinya dari hasil diskusi waktu BUBU BUBU SIANG YA…??
Kok aneh dan janggal sekali kesimpulannya…dari kenyataan yang ada berdasrkan historical nya…
iiiHH…RUMPI DEH KAMU deng KONCO KAMU.ya…?? .HEHHEHE… LUCU…LUCU…

Mosok sih rek… ?? pada jaman Alkitab PB belum lengkap, Kekristenan memasuki jaman kegelapan?
Heehehhe…pasti lagi tiduran nihh waktu.si @pak brengos…buat pemikiran seperti ini !!!..??
Yakin tenan aku…hakul yakin…!!!

Haeii [email protected] pak brengos…coba kau baca tulisanku dibawah inni pakai logat batak ya…!!
Kalaou kou sudah sebut sendere bahwa ALKITAB PB…maka sudah pasti pengertiannya adalah sebuah Injil Khabar Baik yang sudah lengkap tentunya broo…!! itu isinya mulai dari Injil Matius s/d Kitab Wahyu.
Cemmana poula lah bisa kou sebut : kekristenan memasuki jaman kegelapan.?? AACCHH. PAYAH KALE LAH KOU BROO…Hoo…
Hemmm…broo…yang namanya Kristen itu atau kekristenan itu berarti sudah masuk keeee…zaman kemenangan…kecerahan…kedamaian…masuk ke zaman yang terang benderang…Artinya mampu melihat dengan jelas ke arah gelap dan kegelapan yang di ciptakan oleh dunia…hehehhehe
itu…sebetulnya anda ngomong seperti itu achh…!!
Mosok mau berdongeng ria lagi neh.dengan apa yang menjadi pandangan anda itoo…??

Pad intinya ,tidak ada salah pengajaran terhadap dunia…tapi kesalahan dunia cara menangkapnya… apa_ apa yang sudah di sampaikan oleh ALkitab…sejak zaman daholo sebelum di kanonkasi sampai sudah dikanonikasi.
Waktu Dulu nya saja nih…setiap KItab Injil memang dikabarkan masih secara terpisah pisah…belum lagi di buat secara lengkap ( mulai dari Injil matius s/d Wahyu)…alias dibuat SATU BUNDEL ALKITAB,
TETAPI BOO…!!! KEWIBAWAAN ISINYA ITU.??? WELEH WELEH WELEH.SUDAH MEMBUAT DUNIA TERCENGANG DAN MERASA TAKLUK DAN GENTAR,…WIIHHHH…COBA ANDA BAYANGKAN SAJA…!!
SELURUH ROMA SAJA…YANG NOTA BENE DULUNYA MEMEGANG PERAN SEBAGAI PENJAJAH YAHUDI DAN DALAM PENYIKSAAN DAN PENYALIBAN TYK…!!! TERNYATA SELURUH ROMA DAN NEGERI NEGERI SEKITARNYA YANG MENJADI JAJAHANNYA…!!! SEMUANYA PERCAYA KEPADA TYK…TITIK.

Kalau anda bisa berpikir apa sebabnya…?? pasti pikiran anda belum bisa mampu membaca alasannya tah.broo…?? Bila anda [email protected] brengos Cari di segala buku sejarah/history yang ada didunia ini sampai ke uzung arab sanapun…pasti ndak bakalan ketemu…
Karena jawabannya sebagai alasannya sudah ada di dalam ALKITAB PB sendiri…
Ezzadi manalah mungkin bahwa kou katakan bahwa ALKITAB PB belum lengkap…?? belum lengkap saZa sudah membuat dunia gentar dan bertekuk lutut…apalagi sudah lengkap…HAH.!!

Makanya kalau belum baca ALKITAB …DI PL MAUPUN PB …MENDINGAN KOU TERUS TIDUR BUBU BUBU SIANG SAZALAH…SAMA TEMAN-TEMAN DISKUSI KOU ITU…TAK USAH BERKOMENTAR.DULO…HEHHEEHEH…
Mengertikah kou apa yang ku bilang ini…BROO…??, pasti kao tidak akan mengerti…karena sebetulnya kou beserta teman temanmu SEMUA merasa haus lapar dahaga mengenai firman Tuhan ALLAH/TYK yang ada di dalam ALKITAB ( PL&PB).THX

SALAM…GBU

@Hannamaya Sunnu
silahkan berarguman saja bro, kalau disebut jaman kegelapan kenapa, kalau tidak kenapa? lebih singkat

mmmmmmmmmmmm bgt ya

yaudah, baca aja ini dulu.

http://www.bible.ca/history/eubanks/

Azazel itu domba sembelihan buat korban penghabus dosa, alvazez pula ialah salah seorang netter yg asal nulis! Jadi kalu mau mendengar tentang zaman gelap, cari saja alvazez, sang pembuat dongeng itu.

salam.

maaf bro cosmic, sy salah tulis jadi azazel. :). ok nanti sy akan tanya ke alvazez sang pembuat cerita yg tentu sangat ahli

untuk link ini

http://www.bible.ca/history/eubanks/

tidak mengatakan bhw jaman sebelum penulisan pb sebagai jaman kegelapan. atau mgkn dongengnya blm dibikin ya? pdhl nyata-nyata jaman itu pengajaran bisa tidak alkitabiah, karena belum banyak tulisan PL beredar di kalangan jemaat seperti sekarang. kmdn juga pb belum ditulis.

begitu

Karena pertanyaan anda salah kronologis…

Baca linksnya, zaman kegelapan ialah antara abad ke 6 hingga ke 12 (600 M hingga 1200 M), PL ditulis sebelum abad pertama (antara 50 M-100M), kanonisasi PB sekitar abad ke 3 (300 M)…lanjutkan bro, mau nanya apa lagi, silakan?

Karena pertanyaan anda salah kronologis...

Baca linksnya, zaman kegelapan ialah antara abad ke 6 hingga ke 12 (600 M hingga 1200 M), PL ditulis sebelum abad pertama (antara 50 M-100M), kanonisasi PB sekitar abad ke 3 (300 M)…lanjutkan bro, mau nanya apa lagi, silakan?

dongeng semacam itu itu mah sudah sering sy dengar bahwa abad 6-15 dituduh jaman kegelapan karena ajaran yang tidak alkitabiah, pdhl sudah ada alkitab.

yg sy tanya adalah 0 - 300M itu dimana tidak/belum ada alkitab. PL juga masih blm lengkap spt sekarang, pb apalagi belum selesai ditulis. bukankah lebih tidak alkitabiah pengajaran-pengajaran yg ada? bukankah lebih gelap lagi jamannya? apalagi juga blm banyak listrik wkwkwkw :slight_smile:

gitu loh

Oke, jadi menurut anda zaman gelap ialah 0-300 M? Hmmmf, belum ada persepakatan dari ahli2 sejarah Kristen mahupun sekular bahwa 0-300 M ialah zaman gelap, bro, zaman kegelapan ada ciri2nya, kalu ciri2 itu terpenuhi maka bisa disebut zaman gelap, kayaknya 0-300 M belum memenuhi ciri2 itu.

0-300 M, sudah ada PL, sudah ada PB cuma belum dikanonkan tapi sudah selesai, bukankah kitab2 PB semuanya ditulis antara 50-100M, ini persepakatan sarjana2 Kristen mahupun sekular/ateis/agnostik kecuali sebagian saja.

@cosmic
sy bukan memastikan bahwa 0-300 adalah jaman keglapan, tp berlogika sj. kalau ada jmn kegelapan di thn 600-1500 yg pd wkt itu sdh ada alkitab. mgkn saja jaman seblm ada alkitab lengkap dan beredar di jemaat itu lbh gelap lagi?.

kalaupun tidak, mari kita bincangkan knp? termasuk kmungkinan krn adanya gereja yg sempurna spt yg anda bincangkan.

mgkn bs dimulai dari ciri2 apa yg membantah bahawa 0-300 adalah jmn kegelapan

sila…

Salam PakBrengos, numpang nimbrung.

Jaman kegelapan? Interesting…

Beberapa waktu lalu Elex media menerbitkan buku tentang kejahatan para Paus (Roma Katholik).
Aku sempat baca sekilas di Gramedia. Ternyata inilah gereja di jaman kegelapan.
Benar-benar sejarah kelam yang terjadi sekalipun itu melibatkan Tahta Suci.
Walau demikian aku tidak punya sumber lain untuk konfirmasi informasi tersebut.

Anda bertanya:
Benarkah pada jaman Alkitab PB belum lengkap, Kekristenan memasuki jaman kegelapan?

Ada dua pengertian yang harus disesuaikan. Ditulis atau dikanon?
Aku mungkin berpikir dikanon, ini yang Anda maksudkan.
Mungkin kita butuh patokan kapan PB lengkap di kanon?
Councils of Carthage tahun 397. Mungkin ada yang berpendapat lain???

Jaman gereja terbaik justru saat jaman para rasul. (sekitar 30-80 AD).

Kejadian kegelapan para paus mungkin justru terjadi setelah kanon PB selesai.
Walau demikian bukan berarti dunia gereja menjadi lebih buruk karena ada PB. Ini lebih dikarenakan sentralisasi monopoli kebenaran hanya oleh paus dan orang awam tidak punya akses untuk membaca firman Tuhan.

Hal berbeda terjadi saat Martin Luther mulai mencoba menterjemahkan Bible dalam bahasa Jerman sehari-hari agar dapat dibaca oleh banyak orang. Ini awal dari pencerahan.

Salam.