" BENARKAH PEMANGGIL ARWAH BISA MEMANGGIL ARWAH SAMUEL?"

Ketika Roh Tuhan sudah undur dari Raja Saul, makam dia menjadi sangat ketakutan, terlebih2 ketika tentara Filistin itu berkumpul, lalu bergerak maju, dan berkemah dekat Sunem.
Dikisahkan dalam Kitab I samuel 28:5-16 bagaimana kemudian Raja Saul mencoba untuk mencari jawaban lewat seorang pemanggil arwah, padahal dia sendiri yang telah menyingkirkan para pemanggil arwah.
Dari ayat2 dibawah ini, Apakah benar roh Samuel dapat dipanggil oleh pemanggil arwah?, tolong berikan alasan2 nya.
Mari teman2 kita diskusikan dengan tertib dan sopan agar kita tidak terjebak dalam pemahaman yang salah.
GBU all

I SAMUEL 28 : 5-16
5 Ketika Saul melihat tentara Filistin itu, maka takutlah ia dan hatinya sangat gemetar.
6 Dan Saul bertanya kepada TUHAN, tetapi TUHAN tidak menjawab dia, baik dengan mimpi, baik dengan Urim, baik dengan perantaraan para nabi.
7 Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya: “Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; maka aku hendak pergi kepadanya dan meminta petunjuk kepadanya.” Para pegawainya menjawab dia: “Di En-Dor ada seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah.”
8 Lalu menyamarlah Saul, ia mengenakan pakaian lain dan pergilah ia dengan dua orang. Ketika mereka pada waktu malam sampai kepada perempuan itu, berkatalah Saul: “Cobalah engkau menenung bagiku dengan perantaraan arwah, dan panggillah supaya muncul kepadaku orang yang akan kusebut kepadamu.”
9 Tetapi perempuan itu menjawabnya: “Tentu engkau mengetahui apa yang diperbuat Saul, bahwa ia telah melenyapkan dari dalam negeri para pemanggil arwah dan roh peramal. Mengapa engkau memasang jerat terhadap nyawaku untuk membunuh aku?”
10 Lalu bersumpahlah Saul kepadanya demi TUHAN, katanya: “Demi TUHAN yang hidup, tidak akan ada kesalahan tertimpa kepadamu karena perkara ini.”
11 Sesudah itu bertanyalah perempuan itu: “Siapakah yang harus kupanggil supaya muncul kepadamu?” Jawabnya: “Panggillah Samuel supaya muncul kepadaku.”
12 Ketika perempuan itu melihat Samuel, berteriaklah ia dengan suara nyaring. Lalu perempuan itu berkata kepada Saul, demikian: “Mengapa engkau menipu aku? Engkau sendirilah Saul!”
13 Maka berbicaralah raja kepadanya: “Janganlah takut; tetapi apakah yang kaulihat?” Perempuan itu menjawab Saul: “Aku melihat sesuatu yang ilahi muncul dari dalam bumi.”
14 Kemudian bertanyalah ia kepada perempuan itu: “Bagaimana rupanya?” Jawabnya: “Ada seorang tua muncul, berselubungkan jubah.” Maka tahulah Saul, bahwa itulah Samuel, lalu berlututlah ia dengan mukanya sampai ke tanah dan sujud menyembah.
15 Sesudah itu berbicaralah Samuel kepada Saul: “Mengapa engkau mengganggu aku dengan memanggil aku muncul?” Kata Saul: “Aku sangat dalam keadaan terjepit: orang Filistin berperang melawan aku, dan Allah telah undur dari padaku. Ia tidak menjawab aku lagi, baik dengan perantaraan nabi maupun dengan mimpi. Sebab itu aku memanggil engkau, supaya engkau memberitahukan kepadaku, apa yang harus kuperbuat.”
16 Lalu berbicaralah Samuel: "Mengapa engkau bertanya kepadaku, padahal TUHAN telah undur dari padamu dan telah menjadi musuhmu

itu bukan Samuel , tapi iblis yang menyamar … ;D
iblis sangat pandai menyamar …
tidak ada seorangpun yang dapat mengizinkan orang yang sudah meninggal kembali berbicara kecuali TUHAN sendiri yang memberi izin
dalam kasus ini dipastikan tidak ada campur tangan TUHAN di situ

Tks bro wahyufredy01, sdh bergabung
bisa jelaskan jawaban anda?
GBU bro

Pertanyaan apakah perempuan itu benar-benar memiliki kemampuan untuk berbicara dengan roh orang mati, atau apakah ia telah menipu dirinya untuk percaya bahwa ia memiliki kemampuan itu, atau apakah dia hanya seorang penipu, telah dijawab secara berbeda oleh penafsir yang berbeda. Bahwa roh Samuel benar-benar datang merupakan pandangan dari para rabi kuno. Hal ini dibuktikan di dalam terjemahan LXX tentang TB 1Taw 10:13*b-“Dan Samuel sang nabi memberikan jawaban kepadanya”; dan oleh Pengkhotbah 46:20. Pandangan yang sama dianut oleh Yustin Martir, Origenes dan Agustinus. Tertulianus dan Yerome bersikukuh bahwa penampakan Samuel merupakan sebuah tipuan kuasa kegelapan.

sumber: Tafsiran Alkitab Wycliffe

tks bro ladesman,
apakah anda bisa berikan penjelasan jawaban anda lebih spesifik?
Apakah tidak dpt dijelaskan dari kutipan ayat2 di atas sampai harus mengambil sumber lain?(Hal ini dibuktikan di dalam terjemahan LXX tentang TB 1Taw 10:13*b-“Dan Samuel sang nabi memberikan jawaban kepadanya”; dan oleh Pengkhotbah 46:20.)
GBU

lanjutannya…

1Sam 28:15*. Mengganggu aku.

Para penafsir modern yang ortodoks nyaris setuju semua bahwa nabi yang sudah meninggal itu memang benar-benar datang dan memberitakan bahwa Saul dan pasukannya akan hancur. Sekalipun demikian, para penafsir tersebut juga berpandangan bahwa kedatangan Samuel itu bukan disebabkan oleh kemampuan sihir dukun perempuan itu namun sebuah mukjizat yang dikerjakan Allah yang mahakuasa. Ortodoksi yang lebih tua menganggap peristiwa ini hanya sebagai khayalan atau penipuan saja.

Jadi anda percaya itu arwah Samuel yg datang bro? atau bagaimana?
GBU

yang pasti itu memang benar adalah arwah. Inti permasalahannya bukan pada: apakah ini adalah benar-benar arwah Samuel atau bukan, melainkan intinya Saul sedang melakukan pelanggaran. Itu saja kalau menurut saya

ok Bro ladesman,
kesimpulan anda spt itu ya, kita tunggu pendapat teman2 lain dulu ya, biar kita semakin kaya di dlm pemahaman kita.
GBU

dalam satu ruangan ada saul (yg telah ditinggalkan Tuhan) dan seorang pemanggil arwah (yg lebih ditinggalkan Tuhan).
sulit mengatakan kalau dalam situasi ini, hadirat Allah bisa hadir.

piala oscar nominasi The Best Actor goes to … Devil :smiley:

bukannya TUhan bisa hadir di mana saja Ia mau?
;D

tks Bro marosa sdh bergabung,
terus menurut anda jawabannya gimana?
GBU

Bro ladesman,
dlm jawabannya, Bro marosa membedakan antara kehadiran dan hadirat Tuhan, betul demikian Bro marosa?
GBU all

it’s him indeed…

betul,betul,betul…

Tuhan Allah tidak bisa berada ditempat yg tidak kudus.

Apakah anda dpt menjelaskan lbh spesifik dari ayat2 yg ada?
GBU

Bro marosa,
tepatnya mungkin Hadirat Allah tidak akan ada di tempat yg tidak kudus, Hadirat-Nya hanya ada di tempat dimana ada org2 yg memuliakan-Nya/ada org2 yg takut akan Dia.
tapi kehadiran-Nya bisa dimana saja Bro, kan Dia Mahahadir (OMNIPRESENT)
GBU

ga tau, iblis ga ngaku bahwa itu adalah ulahnya… hahahahahahaha (kidding boleh kan).

Allah seringkali bekerja dengan cara2 yg “aneh”. ada ganjalan yg memunculkan pertanyaan.
mengapa Allah tidak menjawab saul (baik oleh nabi,mimpi dll yg biasanya “tokcer”). tapi mengapa ada satu pembaca mimpi yg tersisa meski saul telah memerintahkan untuk “disingkirkan”. ini membuat saya teringat pada kisah daniel (klo ga salah ingat juga sih).
lagipula samuel kan blum lama mangkat juga, masih ada kemungkinan untuk memanggil rohnya.

plz jangan suruh saya mendetail dgn ayat2, hafalan saya parah.

ok tks Bro marosa,
kita tunggu dulu teman2 yg lain ya, kita mau saling asah asih asuh disini,
setelah itu akan dijelaskan semuanya.
GBU