Berapa lama Yesus di kubur ?

Kalau Yesus mati hari Jum’at sore dan bangkit hari minggu, berarti cuma :

8jam + 24jam + 6jam = 38 jam

Padahal Yesus bilang begini :
Mat. 12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

3 hari 3 malam seharusnya = 24jam + 24jam + 24jam= 72 jam

ada yang tau jawabannya ? :slight_smile:

Nah… Klo ini anda harus belajar tradisi Yahudi. Kata HARI dalam Yahudi ialah Yaum. 1 hari dihitung dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Itu dulu yang bisa saya informasikan. Ada di buku saya,cuma saya harus cari dulu. Coba anda baca Mat 20:1-16

Dulu saya pernah didebat habis2an oleh orang muslim mengenai hal ini.

Saya sudah coba jawab mengenai kata 1 hari dalam kebudayaan Yahudi, namun mereka menjawab bahwa :

Kej. 1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

apalagi Yesus benar2 berkata bahwa Dia akan dikubur 3 hari dan 3 malam, bukan cuma 3 hari.

Jawabannya mudah bro. Terang dan gelap itu apakah sama dengan siang dan malam sekarang? Ingat bahwa matahari belum diciptakan. Dan efek malam di bumi adalah rotasi bumi terhadap matahari. Jadi ayat di Kejadian 1:5 tidak bisa digunakan untuk standar waktu sekarang.

Justru dari kejadian 1:5 inilah orang Yahudi menetapkan bahwa yang namanya Satu hari adalah 12 jam petang dan 12 jam siang
dan setiap hari dimulai di jam 6 sore. (karena prinsip Alkitab selalu gelap dulu baru terbitlah terang)

Kalau Yesus tidak menepati 3 hari dan 3 malam seperti yang Dia katakan, maka mereka mengejek bahwa Yesus korupsi waktu dan tidak konsisten.

Ini perhitungan saya – just idea, belum tentu sebuah kebenaran

http://rotihidup.blogspot.com/2007/12/3-hari-3-malam-paskah-YESUS-wafat-hari.html

pernah juga saya copast di forum ini

[namun kayaknya tulisan tersebut menjadi corrupt :slight_smile: ]

situasi yg sempat ‘panas’ bersama sarapan pagi disini :smiley:

http://www.jawaban.com/forum/viewtopic.php?p=149781&sid=966f94f43376832b76722df4f8cb43da

salam

Bro Aslan,seperti kata anda Yaum memiliki arti SEHARI SEMALAM. coba liat kisah pekerja 1 dinar dalam Matius. Mereka yang bekerja dari jam 5,tetap dihitung 1 yaum. Padahal mereka siangnya ga kerja. Jadi tidak masalah apakah Yesus mati sampe Minggu malam atau tidak. Yang penting kebangkitanNYA memenuhi syarat bangkit pada yaum ke 3. Semoga jadi berkat.

Setelah saya riset dari berbagai sumber, ternyata Yesus benar2 mati selama penuh 3 hari dan 3 malam.

Seperti yang sudah dituliskan oleh Moe, betul sekali.

Jadi Tradisi yang mempercayai Yesus mati di hari Jumat adalah tidak benar.

Yesus mati di hari Kamis atau mungkin di hari Rabu, dan bangkit sebelum fajar dihari Minggu.

Banyak orang mengira Yesus mati di Hari Jum’at karena ditulis bahwa Yesus harus dikubur sebelum hari sabat (yaitu 3 jam kemudian tepat pukul 6 sore).
Tapi rupanya hari Sabat yang dimaksud kali ini bukan hari sabat mingguan melainkan hari sabat tahunan yaitu hari Paskah.

Sehingga hari sabat yang ini bukan hari Sabtu.

Saya rasa begitu penjelasannya, dan yang pasti penjelasan ini ditentang oleh Katolik.

Emang ada ya Sabat tahunan? Tolong deh ayatnya dimana? Saya ga menentang,tapi saya juga harus mempelajari kebenarannya. Gbu.

Paskah juga disebut sebagai hari Sabat oleh orang Yahudi.

Bisa di google dengan kata kunci “Annual Sabath”

Waduh… Saya OL pake hape… Tolong deh ayatnya saja. Ga perlu isinya. Memang saya tau Paskah adalah sabat juga buat orang Yahudi. Tapi cuma ingin tau apa dasarnya bahwa tahun kematian Yesus, sabathny disebut tahunan. Mohon bantuannya.

Waduh… Saya OL pake hape… Tolong deh ayatnya saja. Ga perlu isinya. Memang saya tau Paskah adalah sabat juga buat orang Yahudi. Tapi cuma ingin tau apa dasarnya bahwa tahun kematian Yesus, sabathny disebut tahunan. Mohon bantuannya.

Re: Berapa lama YESUS di kubur ?

Jawab: Tidak lama koq :onion-head54:

Nih jawaban gampang banget. ;D

Jadi jawabannya gimana? :huh:
Aku masih bingung (lagi penasaran)

Mrk. 14:1 Hari raya Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi akan mulai dua hari lagi. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mencari jalan untuk menangkap dan membunuh Yesus dengan tipu muslihat

Coba bro Aslan baca Ima 23:4-8. Dari ayat itu terlihat bahwa Paskah PASTI Sabat. Lihat ketentuan hari pertama pada ayat 7 dan ketentuan hari ke 7 pada ayat 8. Itu adalah ketentuan2 sabat pada ayat 3. Menurut saya,Paskah pada saat tahun Yesus mati adalah Sabat yaitu sabtu. Jika ada ayat lain yang bisa menunjukan bahwa ada Paskah selain hari sabat, mohon ditunjukan ayatnya. Gbu.

Markus 15:42 Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat.

Ada banyak sekali Ayat yang menunjukkan bahwa Yesus mati menjelang hari Paskah.

Yoh. 2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem.

Yoh. 13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.

Mrk. 15:6 Telah menjadi kebiasaan untuk membebaskan satu orang hukuman pada tiap-tiap hari raya itu menurut permintaan orang banyak.

Kematian Yesus pada hari PASKAH bukan suatu kebetulan tapi memang sudah menjadi Rencana Allah sejak awal.
Paskah adalah hari dimana orang Yahudi merayakan Pass Over, yaitu ketika rumah mereka yang diberi tanda darah anak domba, tidak mendapat Tulah, atau di Lewati oleh hukuman yang menimpa rakyat Mesir.

Itu adalah gambaran bahwa semua orang yang di tandai oleh Darah Yesus akan di “Paskah/Pass Over” oleh hukuman akibat dosa.

Ya… Saya mengerti tentang arti Paskah. Yang saya tidak tahu ialah Perayaan Paskah Yahudi yang jatuh selain pada hari Sabat. Karena sesuai Imamat, Paskah PASTI jatuh pada hari Sabat. Jadi argumen Yesus mati pada Paskah yang bukan Sabat/Sabtu, menurut saya kurang bisa diterima. Kecuali ada perayaan Paskah Yahudi yang tidak jatuh pada Sabat.

O itu…
Maksud dari ayat Imamat itu adalah setiap hari Paskah merupakan Hari Sabat, bukan berarti hari sabtu, artinya hari yang dikuduskan untuk memuliakan Tuhan.

Sebenarnya saya tidak tahu literatur yang menyebut SABAT = sabtu dalam alkitab. Dan saya juga tidak tahu Sabat yang bukan sabtu. Mungkin teman2 yang tau budaya Yahudi bisa membantu? Thx.