Berbohong Untuk Kebaikan, Bolehkah?

Dear All…

Sebenernya berbohong untuk kebaikan itu boleh nggak sih?
Aku tau kalau berbohong itu dosa, dan dosa tetaplah dosa, tapi kalau bohong untuk menyelamatkan orang lain, apakah tidak boleh?

Contoh kasus:
Saudara kita difitnah mencuri, padahal kita tau pasti bahwa dia tidak melakukannya.
Dia dikejar2 oleh orang sekampung dan dia lari ke rumah kita untuk sembunyi.
Orang kampung itu ganas dan mau membakar dia.
Nah… apakah kalian akan bicara jujur dan mengatakan bahwa saudara kalian ada di situ dan membiarkan dia dibakar?
ataukah kalian akan menyelamatkan dia namun harus mengatakan bahwa dia tidak ada di situ?

Ditunggu pendapatnya!

Thanx!
GBU

kalo diliat studi kasusnya nih Ben, kayaknya kita ngga perlu bohong deh, orang kampung yang mo main hakim sendiri itu kan ngga nyari ke rumah kita… :happy0025:

;D ya, tapi kalo tetep kekeuh orang kampungnya nyari ke rumah kita ya aku harus berbohong dengan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  1. ga bisa tuh maen hakim sendiri - harus cari keterangan jelas juga
  2. kebenaran harus ditegakkan - cari pihak setempat yang adil
  3. dia saudara kita

:wink:

yuupp,stuju lg am my sist erzet…
klo boong tetep boong…gak ad yg nama nya boong untuk kebaikan…
klo untuk case kyk gtu…
kita hrs ngomong sejujurnya 'n blg am mreka gak bole maen hakim sendiri 'n nyari ketua RT keQ ato skalian aj k polisi…hehehe… ;D

hemm…menurut gw yg nama nya boong ya tetep dosa.karena ga ada di alkitab yg mengatakan bahwa kita boleh bohong demi kebaikan.bahkan sebalik nya,bahwa yesus sangat serius terhadap dosa.(markus 9:43-47)
jadi ga ada alasan untuk kita berbohong :wink:

berBohong tetap berbohong dan kebaikan tetap kebaikan
kita tidak boleh ragu akan hal itu. Kan sama halnya dengan mengikut Kristus, tidak boleh setengah-setengah.
Untuk kasus seperti itu, ak tetap harus jujur tapi ak jg harus menjaga saudara kita itu agar jgn samapi dihakimi semaunya oleh orang kampung. ak akan kasih penjelasan kepada mereka bahwa main hakim sendiri itu ga boleh.

hmmm gitu ya…
ehm, agak OOT dikit tapi ada hubungannya… bagaimana dengan kasus film Robin Hood
dia adalah pahlawan rakyat miskin, dengan mencuri dari si Kaya kemudian membagikan kepada si Miskin.
tindakan Robin Hood ini dosa atau berbuat baik ???

Sebenarnya ini udah selalu jadi topik legendaris di mana-mana. Saya pikir berbohong itu selalu tidak benar dan patut dihindari. Namun kadang ada situasi dimana kita perlu belajar untuk fleksibel dan bersikap dewasa. Saya pikir Tuhan juga tidak menilai kita berdasarkan pelanggaran maupun dosa kita, melainkan lewat keberhargaan kita di mata-Nya.

kayak kasus mencuri demi kebaikan… robin hood :char15:

gw c dalam situasi tertentu akan berbohong kalau itu demi kebaikan…
bukan niat berbuat jahat, tapi karena ketulusan untuk sesuatu yg lebih baik :rolleye0014:

kalo gini sih balik lagi ke Firman Tuhan guys…

tuluslah seperti merpati dan cerdiklah seperti ular :afro:
di dalam situasi harus berbohong kita ngga perlu melakukan perbuatan bohong lho… ;D

gk boleh lah bo’ong,mendingan kita bawa polisi ke tempat kita,serahin aja ma polisi…
klo ada masalah biar yang bertugas menyelesaikan…

dosa kecil atau dosa besar,sengaja atau tidak,untuk kebaikan ataupun untuk kejahatan,upahnya tetap sama
yaitu maut…

so, mau disenangin TUHAN ato sesama,kita harus beda…
dunia juga bisa berbohong untuk kebaikan,tapi dunia tidak sepenuhnya bisa jujur lho…

GBU

aih aih om maxwell… ada hukum Tuhan yg mengatakan “Jangan Mencuri”

Kecuali mencuri hatinya cewek seh gpp ;D

berbohong untuk kebaikan orang suka nyebutnya dosa putih :happy0062: :happy0062:

tapi dosa tetap dosa kan ya? dosa besar atau dosa kecil , ya tetap dosa.

GBU

sebenarnya apa arti kata BOHONG… ;D ;D

koq bisa ada dalih bla bla bla
cukup aja berbohong,(titik)
gak perlu lagi ada bla bla bla
kalo dah ada bla bla bla
hati2,jebakan dah… :smiley:

betul setuju ma ibu di atas,hati2 dengan pengertian yang salah

ya di atas ya,tidak di atas tidak…

Setuju… ajari caranya donk… :char14:

waduh gue ga expert neh…
track record gue aja parah…
hehehe

yah, namanya juga masih tinggal di dunia dan dalam wujud manusia yang ngga sempurna… pasti masih bikin dosa, tapi kita kan juga dikasih akal dan nurani ma The Creator of us, jadi cerdik2lah kita dalam berkata2 supaya tidak terjerumus dalam hal yang namanya BOHONG… :happy0025: walau itu bagaikan makan buah simalakama

buah simalakama wujudnya kayak apa ya?
want to know aja…

hmm… saya juga ngga tau bentuknya pak… tapi itu bukannya istilah ya? lakukan ini salah, lakukan itu salah… ya gitulah kira2…

ada kok. pernah denger. tp ga tau wujudnya kyak apa xixixi…
btw jangan manggil pak dong bu ;D
manggil mario aja… oke :happy0025: