Bergumul bersama sebelum pacaran??

Salam kenal temen2… aku baru masuk nih…
aku bingung sekarang ini,
aku sedang bergumul bersama selama 2 tahun kedepan dengan seseorang yang samapai saat ini aku yakini akan menjadi pasangan hidupku kelak.
aku bingung batas2 mana aja yang harus di ikuti selama bergumul bersama sebelum kami masuk ke tahap pacaran? apa memang di kristen itu ada tahap untuk bergumul bersama?

Met gabung di FK yaaa…

Waaaw, bergumul 2 tahun? ckckckc saluuut
lalu cm masih bergumul aja ya, ga pacaran?
menurut ku kalo kalian saling suka ya kenapa ga di lanjutkan pacaran aja
lalu setelah pacaran bergumul lagi berdua utk hubungan kalian
agar bisa ke jenjang yang lebih dari pacar

bergumul sih bagus ya, saling berdoa
tapi masih bingung, bergumul bersama yang dimaksd itu
bergumul berdua, kamu dan gebetan atau kamu dan yang laen?
kalo bergumul dengan calon pasangan, ya udeh pacaran aja dl
lalu setelah pacaran yaa, bergumul lagi utk hubungan kalian, seperti saran saya yg diatas

Waaaw, bergumul 2 tahun? ckckckc saluuut

Iya salut juga, saya kalau “bergumul” palingan 20 menit itu sudah ngos-ngosan…hehe

Dalam Kristen tidak ada aturan-aturan yang kaku, harus begini, musti begitu dalam hal pertemanan dan masa berpacaran…Tuhan bilang kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri, ya diterapkanlah hukum kasih ini dalam setiap hal di kehidupan, termasuk dalam hal pertemanan dan masa pacaran ini. GBU

hahaha… like dizzzz… :cheesy:

================================================
dalam kristen ada tahap bergumul bersama ? heiksss??? gimana caranya tuch? bergumul bersama dalam 2tahun? maksudnya apa ya :ashamed0004:

pergumulan seorang teman atau kekasih? pergumulannya apa? bergumul sebelum pacaran… konteksnya masih teman dunk yaa kojadibinunmodeon

Mungkin bisa lebih dijelaskan maksud bergumulnya bagaimana, krn kl sy membayangkannya jadi melantur , misalnya saling piting2an ;D
Mungkin maksudnya bergumulnya utk mengetahui apakah Gonxha dan calon pacar emang berjodoh bisa pacaran atau tidak…Kenapa gak dicoba aja dulu masuk ke tahap pacaran utk get the feeling. Sambil berdoa minta hikmat dr Tuhan.

saling mendoakan akan lebih baik…
dan jalani dengan takut akan Tuhan… kalo keduanya ‘klik’ dan ortu ‘klik’ juga jalani pacaran kalian… itu salah satu cara Tuhan kasih tanda…

hehehe…
sy yang ngepost sy yang makin binun hahaha… maap2…
ehemm… gini2… di gereja saya… hemph setiap pasangan yang akan pacaran kebanyakan akan “bergumul” dulu sebelum masuk ketahap pacaran. nah saat bergumul ini… hemph, lah elah sy kan tanya cr bergumulnya gmn hehehehe… tapi kalau melihat yang atas2 sih kagak ada yang bener bergumulnya hehe… apa memang di kristen itu kagak ada tahap ini ya? krn kalau ngeliat jawaban teman2 semua sepertinya memang teman2 pun ga mengalami masa ini gitu…
hemph, iya maksudnya bergumul disini aldalah menanyakan kehendak Tuhan apakah He/she the right one? nah pacaran itu jadinya cuma skali langsung merid gt…
hue… klo sekarang pcran, hemph… kami terhalang dengan berbagai macam masalah teman2…

  1. ortu ku yang ga ngijinin dengan alasan yg ehm ya gitu dehh hehe…
  2. Di Greja co ini adalah Ketua Komisi remaja kami, n dia di tuntut untuk menjadi teladan (emang kalau pacaran ga bisa jadi teladan huh) ehehehe
  3. sy n co ini kan “jabatan” di organisasi grj itu agak “tinggi”, takutnya selama 2 tahun masa kepengurusan kami, ehh tiba2 kita berdua berantem hebat… nah akan mengganggu pelayanan kami berdua krn kami berdua selama 2 tahun ini akaan terus berhubungan.
  4. Belum yakin teman… huhu karena selama bbrapa waktu ini dekat, ya ya 5 tahunan sy suka sama dia n dia mulai suka sama saya sekitar 1 tahunan ini, hari2 kami dilalui dengan berantem melulu karena mungkin kesalahan da di kami. kami ga mengandalkan Tuhan dlm hubungan kami krn apa…krn waktu itu belum jelas… sekarang ud jelas sih kalau kami mau berkomitmen kedepannya tapi ttp aja menyatukan dua hati itu susah, n menyatukan kedewwasaan kami sangat2 susah… dia sangat2 dewasa walaupun beda usia kami hanya 1 tahun… tapi dia jauh melebihi aku… n aku harus berusaha mengimbangi nya krn aku anak tunggal yang cukup egois n manja… huhuhuu…

iya nie jadi bingung, huhuhu

nah sepertinya arti dari bergumul itu sudah kamu jelaskan di postingan kamu yg ini. Soalnya yg aku baca postingannya yg pertama emang gak jelas, bergumul itu kaya apa.

jelas aja org yg mau merit pasti bergumul, nanya ama Tuhan apa dia yg terbaik atau bukan. klo udah beriman, pasti gak akan bertanya-tanya lagi

kalo masalah yg aku baca sebenernya gak terlalu berat, hanya perlu toleransi di kehidupan nyata kalian. Pacaran yg kalian jalanin cukup sehat, mungkin kmu harus mengurangi ego kamu dengan mengendalikan diri :slight_smile:

nah sepertinya arti dari bergumul itu sudah kamu jelaskan di postingan kamu yg ini. Soalnya yg aku baca postingannya yg pertama emang gak jelas, bergumul itu kaya apa.

jelas aja org yg mau merit pasti bergumul, nanya ama Tuhan apa dia yg terbaik atau bukan. klo udah beriman, pasti gak akan bertanya-tanya lagi

kalo masalah yg aku baca sebenernya gak terlalu berat, hanya perlu toleransi di kehidupan nyata kalian. Pacaran yg kalian jalanin cukup sehat, mungkin kmu harus mengurangi ego kamu dengan mengendalikan diri :slight_smile:
[/quote]
nah… kita pacaran aje belum serendipity of love,
hemph… ya ga tauu deh… hahaha… ngambang… ga ada jawaban yg pasti :((

Mungkin secara “de facto” Gonxha udah dapat dikatakan “berpacaran” (karena kamu udah menyukai si dia sejak 5 tahun lalu, dan si dia juga sudah suka sama kamu sejak setahunan yang lalu, kalau suka sudah ketemu suka, biarpun belum proklamirkan pacaran, sudah bisa di golongkan sbg pacaran). Nah kalau nanti si dianya itu nembak (menyatakan keinginan untuk jadi pacar), baru secara “de jure” resmi pacaran.

Mungkin yang perlu diperhatikan, pada masa pra-pacaran adalah masalah umur, pacaran buat remaja berbeda dengan pacaran bagi orang dewasa. Pacaran pada remaja lebih bersifat persahabatan, perkenalan akan sifat-sifat lawan jenis dsb, sedangkan pacaran bagi orang dewasa, selain hal-hal tersebut diatas, tentunya masa berpacaran digunakan untuk sebaik-baik mempersiapkan ke jenjang pernikahan. Gonxha ada dimana, apakah umur belum cukup ataukah sudah dewasa…

Kalau dari tulisan Gonxha nampaknya kamu masih remaja, ya kalau masih remaja sedang semangat untuk melayani Tuhan, ya tidak usah pacar-pacaran, berteman dan bersahabat seperti saat ini sudah baik, apalagi dilarang orang tua dsb, karena cuma beda-beda tipis aja antara pacaran dengan ndak pacaran, yang penting rasa suka mu pada dia disalurkan pada hal-hal yang positif, juga dia yang jadi teman baik/calon pacar, menunjukan kasih sayangnya sama kamu. GBU

wew kalo pacaran aja belom, ya susah statusnya

@ Tqla : bantuin acara resepsinya ya … hehehehe…

Pasti lah…nti aq kirimin bantuan 10 botol tqla Jose Cuervo untuk toast km & doi, your fam, dan doi’s fam, plus your friends.

@ TQLA : ah segitu mah kurang… kalau porsinya TQLA mah bantuin urusan gedung… hehehehe… peace…

wah kirimin ke tempat aku aja bro :slight_smile: heehehe