Berhala. Darah apakah symbol pemujaan?

Di kutip dari Alkitab Sabda

1Sam 12:20-21 Ayat: "Jangan takut; memang kamu telah melakukan segala kejahatan ini, tetapi janganlah berhenti mengikuti Tuhan, melainkan beribadahlah kepada Tuhan dengan segenap hatimu. Janganlah menyimpang untuk mengejar dewa kesia- siaan yang tidak berguna dan tidak dapat menolong karena semuanya itu adalah kesia-siaan belaka."

Penyembahan berhala adalah dosa yang berkali-kali timbul dalam sejarah umat Allah. Contoh pertama yang tercatat adalah peristiwa dalam keluarga Yakub (Israel); perhatikan bahwa sesaat sebelum tiba di Betel, Yakub memerintahkan agar dewa-dewa asing dibuang (Kej 35:1-4). Kisah pertama dalam Alkitab ketika seluruh Israel terlibat dalam penyembahan berhala adalah penyembahan anak lembu emas ketika Musa masih berada di Gunung Sinai (Kel 32:1-6). Sepanjang zaman para hakim umat Allah sering kali berbalik untuk menyembah berhala. Sekalipun tidak ada bukti tentang penyembahan berhala sepanjang masa Saul dan Daud, tahun-tahun terakhir dari masa pemerintahan Raja Salomo membuka peluang bagi suatu pola penyembahan berhala yang tetap di Israel (1Raj 11:1-8). Dalam sejarah kerajaan yang terbelah, semua raja dari kerajaan Israel di utara menyembah berhala, sebagaimana juga banyak raja kerajaan Yehuda di selatan. Hanya setelah masa pembuangan maka penyembahan berhala berhenti dilakukan orang Yahudi.

Pertanyaan :

[ol]- Apa hubungan darah yang selalu dikorbankan sebagai persembahan kepada dewa (Berhala:Lihat gambar yang dilingkari, fotonya saya ambil sendiri dengan sebunyi2 :D) Apakah itu symbol ikatan kepada Dewa yang disembah. Kenapa harus darah yang diminta sebagai persembahan?

  • Menurut kepercayaan Kristen apa yang terjadi kalau sampai pemujaan ini terus berulangkali dilakukan. bahkan dilestarikan “bahagia, damai, sukacita, berkat yang melimpah” atau sebaliknya kutukan dari Allah yang menimpa.(Dalam kasus ini yang melakukan ritual / pemujaan tidak mengerti / meyakini apa yang diperbuatnya bertentangan dengan iman Kristen karena ketidaktahuanya, kurang memiliki wawasan yang cukup. keterbatasan pola pikir yang terlalu minim)?

  • Kira2 apa yang Anda perbuat jika kasus ini menimpa salah satu keluarga Anda? Memberikan pengertian kepada yang bersangkutan bahwa yang dilakukannya salah?… Bagaimana kalau semua penjelasan yang Anda berikan disangkalnya?. Keras. Lemah lembut semuanya tidak digubris? Berdoa serahkan semua kepada Tuhan…Adakah tindakan yang konkrit untuk menyikapinya? “Saya mulai alergi dengan apa yang disebut berserah diri penuh”.

  • Apakah ini salah satu cara iblis untuk menyesatkan manusia? Salah satu cara yang teramat licik sekali.

  • Kenapa yang menjadi korban pemujaan semacan ini kebanyakkan yang menjadi target adalah kaum Hawa. Adakah perbedaan disisi Psikologinya (Kerasukan Roh) Mungkin kasusnya beda jika teretorialnya lain?

  • Sedikit pertanyaan lagi :slight_smile: Kira2 bila orang memuja berhala yang berkuasa atas diri Anda? Sangguhkah Anda tunduk dibawah perintahnya sedangkan Anda memiliki iman keyakinan yang berbeda dengannya? Apakah itu mempengaruhi kehidupan Anda sendiri?[/ol]

Salam

wew…
ga kelihatan jelas gambarnya…kwwk

mungkin coba menanggapi dikit :

[ol]- alkitab memberitahukan pada kita, bahwa nyawa itu ada pada darah
jadi dengan memberikan darah, mungkin adalah simbol dari memberikan nyawa

  • ga terlalu tahu kalau orang yang melakukan itu bukan Kristen, tapi kalau dia orang Kristen, dalam arti bukan Kristen KTP yaa… maka dia akan kehilangan keselamatan kekal
  • kalo terjadi dan diingatkan ga bisa, ya mau gimana lagi…kwkw
    dulu pernah membuang bunga yang dari gunung kawi, tapi malah diambil lagi dan marah, hubungannya jadi malah ga bagus n tambah ga bisa diajak bicara masalah gtu
    tetap dicari cara dan waktu yang tepat untuk mengingatkan lagi trus juga berdoa aja memohon, tapi dikabulkan atau tidak itu adalah hak sepenuhnya Allah
  • menyesatkan manusia yang telah menerima keselamatan, mungkin betul
    tapi kalau orang yang belum menerima keselamatan dalam Kristus, rasanya ga juga, mereka hanya sebagai alat untuk menyesatkan orang yang telah menerima keselamatan, karena ga perlu disesatkan mereka juga belum atau bahkan tetap tidak menerima keselamatan, trus ngapain repot-repot disesatkan…wkwkwk
  • klo yang itu ga tau deh…wkwkw
  • selama perintah yang diberikan tidak menyangkut iman kita, ga masalah mestinya sih[/ol]

itu pendapat saya sih… :slight_smile:

Itu gambar apaan sih?

:smiley:

Masih berusaha dicerna…

Bicara soal darah… Alkitab pertama kali mencatat darah dicurahkan pertama kali saat Habil menyembelih domba untuk dipersembahkan kepada Allah dan hal itu diperkenan Tuhan. Tetapi beberapa umat Kristen yang kritis menyatakan darah pertama kali dicurahkan saat Allah mengambil kulit domba untuk dikenakan pada Adam dan Hawa agar mereka tidak telanjang. Dombanya tentu harus disembelih dahulu, menggambarkan kemurahan Tuhan atas manusia dinyatakan dengan penumpahan darah untuk menutup aurat atau keburukannya.

Selanjutnya dari generasi kepada generasi keturunan Set mengajarkan cerita tentang abangnya, Habel yang mempersembahkan korban dengan penumpahan darah dan Allah berkenan. Diteruskan kepada manusia kepada manusia akhirnya manusia menganggap berdamai dengan tuhan atau illah, adalah dengan korban dan penumpahan darah. Awalnya binatang, akhirnya Iblis membujuk manusia yang di sembelih, anaknya entah yang sulung atau yang perawan (suci). Jadilah sebuah ritual berdamai dengan tuhan atau illah segala bangsa, suku dan budaya adalah dengan mempersembahkan korban.

Paskah dikenalkan kemudian, selanjutnya dijabarkan dalam Hukum Taurat, hari ini kita melihat penggenapannya didalam Yeshuah, Mesias yang dijanjikan itu.

DARAH…sudah dijawab oleh salah satu rekan …didalam darah ada Nyawa atau Jiwa

Cuma nambahin :
Kata Alkitab…“Tidak ada pengampunan dosa TANPA penumpahan DARAH”
Jadi sekarang kira2 bisa anda pahami tujuan digunakan DARAH dalam setiap Kebaktian Umat Yahudi dengan Hukum Tauratnya ? Lebih lengkapnya baca di Kitab Imamat !..Gigi ganti gigi, mata ganti mata, nyawa ganti nyawa …> Kata Hukum Taurat!

- Menurut kepercayaan Kristen apa yang terjadi kalau sampai pemujaan ini terus berulangkali dilakukan. bahkan dilestarikan "bahagia, damai, sukacita, berkat yang melimpah" atau sebaliknya kutukan dari Allah yang menimpa.(Dalam kasus ini yang melakukan ritual / pemujaan tidak mengerti / meyakini apa yang diperbuatnya bertentangan dengan iman Kristen karena ketidaktahuanya, kurang memiliki wawasan yang cukup. keterbatasan pola pikir yang terlalu minim)?
KOMENTAR : Bukankah saat Umat Kristen melakukan Ibadah Perjamuan Kudus yg menggantikan DARAH dengan Anggur..........kita malah melakukan Perintah Tuhan......hasilnya malah Berkat dan Anugrah "Keselamatan dan Hidup Kekal" di Rumah Bapa karena namanya tercatat dalam Kitab Kehidupan Anak Domba yg Darah-Nya ditumpahkan bagi kita, Orang2 Percaya ! OK ?
- 1.Kira2 apa yang Anda perbuat jika kasus ini menimpa salah satu keluarga Anda? 2.Memberikan pengertian kepada yang bersangkutan bahwa yang dilakukannya salah?… 3.Bagaimana kalau semua penjelasan yang Anda berikan disangkalnya?. 4.Keras. Lemah lembut semuanya tidak digubris? 5.Berdoa serahkan semua kepada Tuhan… 6.Adakah tindakan yang konkrit untuk menyikapinya? 7.“Saya mulai alergi dengan apa yang disebut berserah diri penuh”.
1. Gunakan Firman Tuhan dalam Alkitab untuk menjelaskan "nya" ! Kira2 Firman Tuhan yg manakah itu ?
  1. Ngomong2 Bro…di Gereja mana sih yg masih melakukan Hukum Taurat bagi Umat Tebusan-Nya itu ? Lalu adakah Perjamuan Kudus dilakukan disana ! Nah si Bro tinggal jelaskan aja deh apa maksud kata2 Tuhan Yesus…Inilah Darah-Ku yg ditumpahkan bagi orang banyak untuk pengampunan Dosa, Darah Perjanjian Baru (bukan Upacara Paskah Hukum Taurat) dan Kekal (gak bakal diganti2 dengan bentuk upacara ibadah lain…karena kalau diganti ITU SESAT namanya )…gimana Bro, kira2 bisa menyampaikan Firman Tuhan-ku itu ?

3,4,5 dan 6. Berarti ada “kuasa gelap” yg masih mengikatnya sampai ia ter SESAT yg dikomandoi oleh “Malaikat Gelap yg menyamar jadi Malaikat Terang” di Gerejanya …yaitu yg meminpin Upacara SESAT itu !
Laporkan saja pada “yg berwajib” ! Kira2 tahukah siapa yg dimaksud dengan “yg berwajib” itu ? Bukan hanya yg pakai “Baju Seragam” saja lho Bro !

  1. Wah kalau sudah mulai Alergi…itu Gejala/Symptome anda mulai terserang Virus TIDAK PEDULI…ada baiknya Bro baca itu Kitab Yeheziel psl 3 , buat orang2 yg mulai ALERGI an…ada Tanggung Jawab yg dituntut Allah yg kita sembah lho disana !
- Apakah ini salah satu cara iblis untuk menyesatkan manusia? Salah satu cara yang teramat licik sekali.
TEPAT Bro, jadi jangan sampai ALERGI ya Bro, malah kalau perlu ambil itu Des Infectans , Anti Septik dan Anti Biotik kuat buat membasmi "virus2 dan kuman2 kegelapan"......yg selalu mengaum aum disekitar Orang2 Percaya menunggu mereka lemah lalu diterkam dan dikoyaknya buat dimasukkan ke Perut Neraka !
- a. Kenapa yang menjadi korban pemujaan semacan ini kebanyakkan yang menjadi target adalah kaum Hawa. b. Adakah perbedaan disisi Psikologinya (Kerasukan Roh) c. Mungkin kasusnya beda jika teretorialnya lain?

a, b & c :
Kan kalau kaum Hawa itu : Emosi > dari Ratio…Alami memang Cetakannya sudah begitu Bro !

Perempua dimanapun…ya tetap aja Perempuan…maka perlu Penyeimbangnya si Kaum Adam yg Rationya > dari Emosinya .
Yang kacau kalau ada Kaum Pria yg ke Perempuan2an dalam Tutur kata dan Tindakannya…misalnya berdiskusi disini !

Bersambung…[/list]

Sambungan…

- Sedikit pertanyaan lagi :) 1.Kira2 bila orang memuja berhala yang berkuasa atas diri Anda? 2.Sangguhkah Anda tunduk dibawah perintahnya sedangkan Anda memiliki iman keyakinan yang berbeda dengannya? 3.Apakah itu mempengaruhi kehidupan Anda sendiri?
1. Apakah BERHALA atau ILAH itu menurut anda ? Itu dulu yg anda harus RUMUS kan dengan baik ! OK ? Uang, Jabatan, Wanita/Pacar, Anak Istri/Suami, Patung, Jimat, Ajaran Sesat.....yg LEBIH anda DAHULU kan dibanding Tuhan Allah dan Firman-Nya......sudah menjadi ILAH dan BERHALA dalam Kehidupan anda. Misalnya, saat anda harus ke Gereja beribadah kepada -Nya yg hanya makan waktu paling lama 1-2 jam.....eh eh demi anak dan istri anda anda KALAHKAN.....padahal Hukum Kasih yg PERTAMA jelas2 mengatakan "Kasihilah Tuhan Allahmu dengan SEPENUH...., SEPENUH......dan SEPENUH......" Makna SEPENUH itu MUTLAK 100% gak boleh TERBAGI atau BERBAGI pada ILAH2 dalam kehidupan anda. Paham ?
  1. Nah pertanyaan anda ini perlu ditanyakan kepada diri kita masing2, pernahkah kita sesekali jatuh pada ILAH yg berbagai macam bentuk itu ?

  2. Yaappp so PASTI ! Beda bukan Hamba yg SETIA dan Patuh dengan Yang Rebelion Tukang Berontak mau bawa caranya sendiri apalagi ditambah Tegar Tengkuk dan Keras Kepala…batu barangkali kepalanya itu !!

Salam
Alekhim Salam/Alekhim Syalom......kata Orang Ibrani !

@liliput

DARAH.....sudah dijawab oleh salah satu rekan ......didalam darah ada Nyawa atau Jiwa

Jadi, kalau kita donor darah, berarti donor jiwa/nyawa kita?
Kalau kita menerima transfusi/tambah darah, berarti kita tambah nyawa/jiwa ?
Kalau ada orang yang cuci-darah/HD berarti ia membersihkan jiwa/nyawanya ya?

He he he he

Ada hal yang jasmani ada hal yang rohani… Kalau dicampur jadi orang fanatik religius, sambung ke ilmu perdukunan.

Apa yang dulu merupakan perlambang (masih terselubung), kalau sudah dibuka oleh KRISTUS, jangan kita hidup lagi dalam alam perjanjian lama. Darah tetap darah… Bukan nyawa atau jiwa mahluk hidup dalam arti sesungguhnya. Darah adalah nyawa adalah perlambang akan diserahkannya nyawa KRISTUS sebagai penghukuman dosa, menerima maut. Tetapi bukan darah itu sendiri adalah nyawa. Darah YESUS menghapus dosa, bukan darah-Nya dalam arti sel darah yang menghapus dosa, lagi pula mana cukup darah beberapa liter untuk menyucikan milyaran manusia. Semua adalah perlambang, agar kita mengerti maksud Allah. Bukan sebuah ritual mistik perdukunan. Jangan mau di dustai Iblis dan dibawa kembali hidup dalam hukum lama. Kita hidup dalam hukum kasih karunia, kita menerima hukum roh bukan jasmani.

nyawa ada pada darah tidak sama dengan darah itu nyawa…wkkwkw

Nyawa ada pada darah, berarti kalau kita cuci darah, nyawa kita ikut dicucikah?

;D ;D

Ya dia kumat lagi” deh !

  1. Emang ada ya pedonor darah langsung MODAR dan Ko’it setelah mendonorkan darahnya ? Si Penerimanya itu bagi orang awam dan orang bahari diistilahkannya dulu “dapat Sambungan Nyawa” bukan Nyawanya jadi rangkap…Kue Pepe ama Kue Lapis kalau yg ber lapis2 itu namanya !

  2. Makin keliatan deh “Allien” nya si Bro ini…sejak kapan :
    Manusia punya Nyawa dobel apa rangkap tiga…gak tahu sih kalau di Planet Allien sono mungkin begitu kali ya Bro ? Adat Istiadat Allien mah gak cocok dipakai di Dunia Manusia yg diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.

  3. Kalau orang di Haemo Dialysis itu mah (yg KUDU dijalankan ama si Bro karena darahnya si Bro udeh ketularan Darah Allien yg menjadi RACUN makanya sering EROR Klepek2 kek penyakit Epilepsi sambil mulutnya ber busa2) cuma DISARING aja darahnya oleh alat HD yg berfungsi seperti Ginjal Manusia.
    Sampai zaman Hi Tech gini sih Dunia Kedokteran belum NEMU yg namanya Alat Cuci Jiwa / Cuci Nyawa cuma Allah Juruselamat-ku, Yesus yg kusembah sebagai Tuhan-ku yg punya CARA mencuci Bersih Jiwa , Tubuh dan Roh-ku malah langsung DIGANTI (Nanti) dengan Tubuh Mulia yg gak bisa SAKIT/TUA/MATI lagi atuh Bro !
    Alat Pacu Cuci nya yg kudapat dari-Nya (nama alatnya itu disebut Roh Kudus) sudah dipasang tuh di Hati-ku…emangnya si Bro belum punya ya ? Kachian amat kalau belum dapat “bagian dan anugerah”-Nya itu :cheesy:
    Pantesan “sering Eror”…belum punya toh ??? Becanda Bro !

Anda sendiri yang nulis dengan sangat LUGU dengan mengatakan ‘Nyawa ada di dalam DARAH’
Ditanyakan lebih lanjut justru ngoceh bak orang imbisil. Tidak bisa mempertanggung jawabkan pernyataannya sendiri.
Ayo, bro, buktikan saja kemampuan nalar anda. Ngga usah ngoceh ngga keruan.

Silahkan buktikan dimana ada nyawa dalam darah.

Stupido.

@liliput

Ayo bro, tunjukan kemampuan nalar anda, saya masih menunggu keterangan akademis anda, dimana dalam darah ada nyawa. Buktikan omong kosong anda !

@liliput

Rupanya kepala anda tidak ada isinya, bro?
Tidak mampu menjawab pertanyaan dari klaim kosong anda sendiri?

Ayo jawab dengan seluruh kemampuan akademis yang anda miliki !

Bersembunyi dan melarikan dirikah anda?
Memalukan, sudah berotak kosong pengecut pula !!!

wkwwkwk

engga lah bro
kalau bukti scientific blum bisa dibuktikan oleh ilmu pengetahuan, karena bahkan para dokter dari agama manapun belum dapat merumuskan tentang nyawa secara spesifik

tapi kalau kita melihat pengertiannya, nyawa ada pada darah, maka darah adalah media di mana nyawa itu bisa tinggal di dalam makhluk hidup

jadi donor darah, cuci darah, dsb itu adalah mendonorkan dan men’cuci’ medianya dan bukan nyawanya

dan sampai sekarang ilmu pengetahuan bisa membuktikan manusia hidup tanpa organ-organ bahkan jantung sekalipun, tapi belum pernah dicoba kalau tanpa darah

mungkin bro bruce mau jadi sukarelawan untuk penelitian ilmiahnya?..wkkwkw

Tidak ada penelitian tentang keberadaan nyawa pada darah, itu bisa saya jamin.

tapi kalau kita melihat pengertiannya, nyawa ada pada darah, maka darah adalah [i]media[/i] di mana nyawa itu bisa tinggal di dalam makhluk hidup

Nyawa tidak berada pada darah, itu pasti. Silahkan ganti seluruh darah dalam tubuh manusia, si manusia itu tetap hidup tanpa berganti nyawa. Darah hanya bagian tubuh untuk mengalirkan oksigen dan makanan sehingga sel dalam tubuh manusia bisa hidup. SEL yang hidup. Jantung, ginjal, paru-paru, dan darah, semua itu adalah bagian tubuh manusia, tidak lebih penting dari yang lain. Bahkan dengan mengganti otak, seorang manusia sudah menjadi manusia yang berbeda.

jadi donor darah, cuci darah, dsb itu adalah mendonorkan medianya dan bukan nyawanya

Karena nyawa memang tidak terletak dalam darah, dan dalam darah tidak terdapat nyawa manusia.

dan sampai sekarang ilmu pengetahuan bisa membuktikan manusia hidup tanpa organ-organ bahkan jantung sekalipun, tapi belum pernah dicoba kalau tanpa darah

mungkin bro bruce mau jadi sukarelawan untuk penelitian ilmiahnya?..wkkwkw

Diskusi tidak usah becanda dan berkhayal. Tolong tunjukan bukti bahwa manusia bisa hidup tanpa jantung (tanpa bantuan mesin!), Tunjukan bahwa manusia bisa hidup tanpa paru-paru (tanpa bantuan mesin), Tunjukan bahwa manusia bisa hidup tanpa otak !

Kalau manusia yang tidak ber’otak’, dan hidup, itu banyak, bahkan di FK inipun bertebaran.

Salam

Diskusi itu dua arah bro

sadarkah bro hanya bertanya dan menuntut jawaban?

jika tanpa bantuan mesin tidak bisa untuk jantung :slight_smile:

kalau tanpa otak, ketika otak mati dan jantung masih bekerja, hal itu sering terjadi di dunia medis, dan secara teknis orang itu masih hidup

orang dinyatakan mati setelah dipastikan jantungnya berhenti berdetak, dalam arti darah orang itu tidak mengalir lagi

secara medis dan ilmu, memang dikatakan bahwa orang itu tidak mendapat asupan oksigen dari aliran darah sehingga matilah dia, tapi apakah dengan demikian kita akan mengatakan bahwa nyawa orang itu pada oksigen? tentunya tidak

nah, sekarang bro yang terangkan balik tentang nyawa dan buktikan kalau nyawa itu tidak ada pada darah
supaya saya juga bisa tahu kalau memang saya salah
:slight_smile:

saya tidak menyangkal kalau diganti darah, bahkan ketika darah orang itu ditransfusi dan berganti darah orang lain semua nyawanya tidak pindah

dari tulisan saya sebelumnya bahwa darah adalah media, tentunya pengertiannya pun sudah jelas
:slight_smile:

saya tidak akan mencampuri pertengkaran bro dengan member lain

tapi karena yang memposting bahwa nyawa ada pada darah pertama di tread ini adalah saya, maka saya pun melakukan diskusi kecuali bro merasa keberatan

:slight_smile:

Apakah anda tahu yang disebut dengan definisi kematian berdasarkan medis?
Silahkan pelajari dulu, bro :

http://plato.stanford.edu/entries/death-definition/

orang dinyatakan mati setelah dipastikan jantungnya berhenti berdetak, dalam arti darah orang itu tidak mengalir lagi

Perndah dengar istilah kematian batang otak? Dimana seseorang sudah dinyatakan mati, walau jantung dan pernafasannya masih bekerja dibantu mesin? Jika belum silahkan baca situs yang saya berikan, atau silahkan mampir ke ICU di RS terdekat, dan lihat orang yang dalam kondisi coma.

secara medis dan ilmu, memang dikatakan bahwa orang itu tidak mendapat asupan oksigen dari aliran darah sehingga matilah dia, tapi apakah dengan demikian kita akan mengatakan bahwa nyawa orang itu pada oksigen? tentunya tidak

Ada yang pernah berpendapat di forum ini, bahwa oksigenlan nyawa/roh yang ditiupkan oleh Allah pada saat Adam dulu, suatu kekonyolan yang lain lagi tentunya.

nah, sekarang bro yang terangkan balik tentang nyawa dan buktikan kalau nyawa itu tidak ada pada darah supaya saya juga bisa tahu kalau memang saya salah :)

Nyawa manusia terdapat pda setiap sel dalam tubuh manusia, dan yang terutama adalah pada otaknya. Anda kelak bisa mengganti apapun organ tubuh manusia, tetapi mengganti otak berarti mengganti sang manusia itu sendiri, hidup, tetapi menjadi orang lain.

Kembali saya minta anda baca situs yang saya berikan di atas, agar kita memahami apa yang disebut dengan nyawa itu sendiri.

Syalom