Berhenti mencuri...

Syallom All,

Seperti yang teman-teman bisa baca di title thread, g maw ngangkat masalah pembajakan terutama dikalangan kita sebagai umat kristiani. Kalo u liat banyak juga dari kita yang menggunakan barang-barang bajakan termasuk gereja. Tapi kenapa kita sepertinya agak menutup mata dengan masalah ini? Pembajakan dalam apa pun bentuknya adalah melanggar hukum dan sebuah dosa karena pada intinya kita mencuri sesuatu yang bukan milik kita. Maksud saya dengan pembajakan dalam konteks ini adalah menggunakan illegal mp3 (kita tidak mempunyai cd/kaset aslinya), nonton dvd bajakan (berapa banyak gereja yang muter film the passion of the Christ, facing the giant dsb pake kaset bajakan), gunain software bajakan (Windows, Photoshop, Office). Ok memang tidak semua lagu dan film serta software harus bayar, beberapa lagu rohani dan film-film rohani dapat dicopy tak terbatas karena sudah ada izin dari pemilik hak ciptanya tapi sebagian besar tidak! Apakah dengan menggunakan alasan itu adalah lagu dan film rohani kita dapat membenarkan tindakan pembajakan? Saya juga sering kali mendapati gereja-gereja menggunakan windows dan office bajakan, ok biar saya menggunakan ilustrasi lain. Windows Xp home version = 800rb, Microsoft-office = 1 juta, itu sudah 1,8 juta sedangkan kita membeli hanya dengan 2 cd = 20rb. Sama saja dengan saya bilang gereja merampok 1,780.000 ribu dari seseorang! 
Saya tidak pro dan bukan agen software sama sekali, dan jangan bilang bahwa mereka produsen software sudah sangat kaya sehingga ini tidak akan berpengaruh...walaupun tidak berpengaruh tetapi tetap saja kita salah! Saya juga sering melihat banyak orang kristen membuka usaha dengan software palsu juga, artinya adalah keuntungan yang mereka dapatkan adalah hasil dari perbuatan dosa (apalagi kalo penggunaan software tersebut adalah sumber mata pencaharian – seperti warnet)! Apakah itu berkenan kepada Allah? Mengapa kita hanya memandang dosa dari sisi: Jangan ciuman kalo pacaran, tidak boleh masturbasi, tidak boleh sakit hati jika orang lain mendapatkan yang lebih baik, tidak boleh ini dan itu. Kenapa tidak ada yang memandang bahwa hidup kudus itu adalah sebuah pendekatan holistik dimana seluruh aspek dari kehidupan haruslah kudus! Kenapa saya mendapatkan gambaran bahwa orang kristen (setidaknya teman-teman saya) lebih mengecam ciuman sewaktu pacaran sebagai dosa yang lebih besar (atau setidaknya mereka lebih concern ke arah itu) dari pada menggunakan software bajakan (pencurian). Hidup kudus di hadapan Allah adalah sesuatu yang sulit karena kita cenderung mengikuti keinginan daging akan tetapi manusia bisa tetap mencoba untuk hidup kudus. Tentu saja dengan menggunakan software asli, membeli cd dan dvd asli tidak akan membuat mu menjadi tiba-tiba kudus, ada banyak faktor lainnya tetapi dalam tulisan ini saya mengajak teman-teman semua untuk melihat pembajakan sebagai sesuatu hal yang tidak berkenan kepada Allah. Saya sendiri sedang belajar untuk tidak menggunakan barang bajakan. Saya pikir Windows-xp itu mahal jadi saya tidak menggunakan Windows. Sebisa mungkin saya nonton di bioskop dari pada beli DVD bajakan (ya, walaupun sampai saat ini saya masih beli film bajakan), saya sudah tidak membeli game-game bajakan dan sebisa mungkin saya beli cd aslinya dahulu sebelum menjadikannya mp3. Agak ga enak memang tapi ini salah satu komitmen saya kepada Tuhan untuk hidup benar dan jadi berkat bagi sesama. Pertanyaannya adalah apakah teman-teman juga bersedia mengambil komitmen seperti ini? Semoga jadi berkat buat teman-teman semua. GBU!

PS: kalo ada yang mau tahu lebih lanjut bagaimana beralih dari windows (Anda tidak usah beralih kalo mampu beli secara legal seluruh software yang Anda butuhkan ^^) dan seluruh software bajakan tetapi tetap produktif and fun too, Pm aja saya atau write to [email protected]. Saya sendiri bekerja tanpa menggunakan windows dan tanpa seluruh software komersial (berbayar) tetapi tetap dapat kerja kok. Fact: satu toko kecil dvd bajakan (software and game) berharga lebih dari 30 milyar jika seluruh software yang ada disitu asli.

Amen :smiley:

@TS

  1. apa di komp anda semua aplikasi asli ?
  2. anda pasti tidak memakai windows , bukan ?
  3. apa anda mempunyai MP3 di komp anda?
  4. apa anda tahu politik uang di kalangan software2 indonesia?
  5. apa anda mengenal dealler asli dari software2 tsb ?

tolong di jawab :slight_smile:

kaya polisi aj ne bro arranger’

hahaha… gw pengen tau , karena dia nulis artikel gitu tentang dirinya… mo nanya aja :wink:

bidangmu y nger ya…hahahahhaha maksudnya kana bek nger…stop piracy…

Sip Thanks

  1. Ya, karena saya menggunakan Ubuntu dan semuaaaaaaa software ubuntu gratis. Dan saya tidak bisa install software dari windows karena tidak compability dengan ubuntu jadi ya! saya menggunakan software asli.
  2. Dulu saya sempat pakai sebelum mengerti hal ini ( memakai yang bajakan), sekarang tidak lagi :smiley:
  3. Ya punya, kaya josh groban, Fujjita, dan beberapa JAzz song (saya punya cd aslinya, MP3 diperbolehkan kalau anda punya cd aslinya). Untuk lagu rohani saya setel langsung dari cd ori. Ya saya juga punya beberapa R&B bajakan 3-5 album (seperti rihana).
  4. Tidak. Tolong jelaskan relevansinya dengan pembajakan adalah salah terlepasa dari alasan apapun.
  5. Dealler apa?? saya biasa beli cd asli yah di toko rohani dan ke toko-toko.
    Any comment?

saluutt buat loe,

gmn bro arranger,

any questions??

hehehehehe,

Thanks. Beberapa temen g yang udah g share ini bilang begini : ya u sih mampu beli yang ori kita sih engak. Saya sendiri juga tidak kaya sama sekali bahkan cd asli saya cuma 3 (josh groban, Fujita ama satu jazz dan 2-3 untuk yang rohani), saya juga ga punya dvd asli satu pun. dvd game apa lagi. Tapi hal itu kan tidak menjadi pembenaran bahwa kita boleh beli bajakan…Susah emang…Banget malah! temen udah maen game apa g ga bisa maen…tapi namanya komitemen yah begitu. Tapi dengan begini hidup ga jadi menderita kok…ada lagu2 gratis yang tidak butuh izin copyright, ada game2 yang pure gratis dan tentu aja ada banyak program pengganti word, excel, photoshop, microsoft project, 3d max apa aja u sebut ada pengganti yang gratisnya). cuma masalahnya maw ga u berkomitmen. Eh inget ya g ngomong tentang pembajakan, kalo mereka yang mampu beli windows dan seluruh software yang mereka butuhkan dengan legal yah justru jangan pindah ke opensource (software gratis). ^^.

pertanyaan nya skarang , apa ubuntu yang anda pakai itu semua orang bisa mengerti / nyaman terhadap masyarakat luas ? anda pasti pernah bersekolah,ya kan ? waktu smp - sma - bahkan kuliah… diajarin UBUNTU atau WINDOWS ?
klo anda bilang “saya memakai ubuntu” , wah ini gag menyelesaikan diskusi,karena memakai OS yang berbeda, kecuali anda memakai Windows dan berkomentar “STOP PIRACY” … tu yang gw salutin :rolleye0014:

trus apakah anda masih bisa dinamakan “piracy is the TOP” , atau hanya bermain air disamping kolam, tidak nyebur sekalian … ? :rolleye0014:

ya… gw pernah berdiskusi mengenai hal ini ke IT temen gw… dia bilang, bukan salah warga indonesia yang mendownload program2 komp di internet dan di pasang… karena harga yang di tawarkan 1 ACdsee saja berkisar 2,5juta… WINAMP , bisa sampai 1juta… jika mau beli asli semua… harga komputer kita lebih dari barang mewah kita…

solusi : kenapa pemerintah enggak “peka” terhadap hal ini… harga jangan disamakan dengan harga pasaran luar, karena daya beli mereka tinggi dan pendapatan mereka tinggi. sedangkan pemerintah menjual harga dengan pasaran yang sama kepada warga2 yang notabene nya “bukan seperti anda yang mau langsung hijrah ke LINUX” dan orang2 kelah menengah kebawah… seharusnya jika pemerintah mau indonesia maju dalam hal bidang tehnologi informasi, kenapa tidak “peka” soal ini. apakah pernah di singgung pemerintah ? mereka hanya bisa bilang “stop piracy” tetapi tidak ada jalan keluar yang di tawarkan.

alasan jelas, di komp gw di rumah gw semua bajakan. tetapi di kantor gw , semua asli … karena kantor dah di subsidi sama perusahaan. di rumah ? beli software 3jt (adobe) aja gw bisa mikir 3x :slight_smile:

apakah menurut anda masih gag ada korelasi antara politik/kebijakan dengan piracy ?

oh…ic , gw nanya ini karena lu belum menjelaskan kalo lu pake distro linux yang free…

kesimpulan : gw bukannya mendukung piracy di indonesia… tetapi system daripada pemerintahan mengenai hal ini masih rancu / ngambang / blur / dsb …

apakah harus semua beralih ke linux ? ga semua bro… klo mau beralih, ajarkan sejak dini linux mulai dari SD .

skarang apakah software2 di sekolah itu asli semua ? (wah mulai melebar) - BTT-

intinya… gw tetap memakai software bajakan… gw gag peduli orang bilang apa. gw mau kreatif, dan gw masih merasa enjoy aja memakai software tsb. maybe saat ada suara Tuhan bilang “anakku,pakai asli ya…” , gw bisa beralih ke linux buntu . eh ubuntu maksudnya :azn: :afro: :mad0261:

Thanks Replynya,

  1. Ubuntu mungkin hanya 5% aja yang taw dari seluruh pengguna window. Tidak diajarin emang di sekolah. Tapi sekali lagi apa pun alasanya, tidak bisa dipakai sebagai alasan pembenaran. Kamu pikir saya ini belajar ubuntu udah berapa lama? baru 5 bulan. Pertama kali g udah stress pake ubuntu tapi lama2 g diajar mengerti ama Tuhan bahwa hidup kudus artinya tuh dari segala aspek dan memikul salibnya dan menjadi garam itu bukan jalan2 ditaman! Jadi jangan kita jangan maw nya yang nyaman2 aja. G sendiri ga mampu beli office windows dsb tapi itu ga jadi alasan buat mencuri.
  2. Piracy is TOP??? waduh ga ngerti aku…mohon penjelasan… G ga main ditepi kolam…G berasal dari kolam sekarang lagi bergerak menjauh dari kolam dan kebetulan sekarang ditepinya…beberapa lama lagi g udah 4 meter dari kolam dan seiring waktu bertambah jauh.
  3. Wew nyalahin negara…janganlah mas mari kita lihat ini secara dewasa dan jangan main salah-salahin orang. Harga software diseluruh dunia sama. Emang software itu barang mahal sapa bilang murah. Kalau kita maw komit ada kok program pengganti ACDsee yang gratis. Peka si peka mas menurut saya tapi kalo software maw dimurahin itu kan harus disubsidi kita udah endet2an subsidi yang lain masa maw subsidi ini juga.
  4. Sapa bilang semua harus ke linux? Statement saya jelas menyatakan kalo kita mampu beli yang asli itu ga masalah.

"intinya… gw tetap memakai software bajakan… gw gag peduli orang bilang apa. gw mau kreatif, dan gw masih merasa enjoy aja memakai software tsb. maybe saat ada suara Tuhan bilang “anakku,pakai asli ya…” , gw bisa beralih ke linux buntu . eh ubuntu maksudnya "

Hemm yah terserah mas jg seh ini kan sharing aku, tapi sebaiknya kita jangan jadi batu sandungan buat yang lain dengan statement mas ini. Suara Tuhan " Anakku pakai yang asli ya" kayanya seh udah dari dulu deh di kitab suci cuma bunyinya beda “Jangan mencuri”

Pake ubuntu tuh hal baru juga buat g, tapi g maw sedikit berusaha dan ga maw manja dengan berfikir ah g mah ga pernah belajar, dan waktu g juga ga ada buat belajar linux …yang namanya hidup benar tuh suatu yang sulit…ini mah keputusan kita aja maw komitmen apa engga. Begitu kita maw komitmen, yang namanya tantangan pasti teratasi! karena ga ada yang lebih besar dari kemampuan kita yang akan dilimpahkan keatas kita.

kesimpulan : gw bukannya mendukung piracy di indonesia… tetapi system daripada pemerintahan mengenai hal ini masih rancu / ngambang / blur / dsb
sistem apa mas?? udah jelas kok menggunakan windows bajakan adalah tindak kriminal apanya yang rancu?? ngambang?? apakah setiap negara yang tidak maw mensubsidi masyarakatnya dengan software yang lebih murah bisa kita sebut rancu ngambang blur dsb? mohon elaborasi lebih lanjut mengenai point ini supaya saya tidak salah tanggap.

klo mau beralih, ajarkan sejak dini linux mulai dari SD
Ide bagus, tapi kalo pun tidak bisa jalan ide ini bukan berarti kita ga bisa belajar sendiri kan? Sekolah itu bukan satu-satunya tempat belajar. Coba deh masuk forum ubuntu itu semua kumpulan orang yang bener2 ga bisa pake komputer. banyak banget yang nanya hal hal yang terkesan bodoh seperti gimana cara matiin ubuntu, dimana tombol start atau nanya apakah flashdisk bisa dipake di ubuntu dsb…tapi intinya yang nanya itu maw berusaha bukan hanya menyalahkan keadaan dirinya yang mungkin tidak mendapat pendidikan linux dari sd, smp, universitas.

“intinya… gw tetap memakai software bajakan… gw gag peduli orang bilang apa. gw mau kreatif, dan gw masih merasa enjoy aja memakai software tsb. maybe saat ada suara Tuhan bilang “anakku,pakai asli ya…” , gw bisa beralih ke linux buntu . eh ubuntu maksudnya "
coba saya terjemahin " intinya gw tetep maw mencuri, g ga peduli orang bilang apa, g maw kreatif dan g merasa enjoy dengan barang hasil curian, maybe saat ada suara Tuhan bilang “anakKu, berhenti mencuri ya”, g bisa mencoba untuk menggunakan barang yang tidak harus bayar, eh ubuntu maksudnya”

Kita tetep bahas ini dengan open minded, dewasa dan jangan pake emosi. kita kan lagi dalam proses diskusi dalam pencarian suatu kebenaran. G mengharapkan sebuah diskusi yang menarik dan membawa berkat bagi kita semua. God bless ya. Btw udah ada beberapa orang yang pm g dan mulai tertarik untuk meminimalkan jumlah pembajakan yang mereka pakai…salut buat orang-orang tersebut.

sebelum gw reply… gw bingung sama tulisan lu… koq banyak yang di ulang/ tulisan gw ya tanpa di bold ?
apa di buntut eh ubuntut…eh ubuntu gag ada tombol “quote” ? klo ada…maybe mas bisa coba test dulu di section “corat coret” silahkan … biar gw ga kebingungan baca pernyataan anda

ya siapa tau, ga ada “statement” bahwa anda benar2 belajar selama 5 bulan ? apa ada real life nya ? bisa aja saya juga bilang “saya memakai windows asli semua” di forum. tapi who knows ?
-sori bukan bermaksud menyinggung- cuman statement untuk pernyataan diri sendiri berapa lama dan dimana di forum itu hal yang “rancu” terdengar…
oh berarti orang2 yang tidak memakai UBUNTUt seperti anda itu enggak kudus ya ? weww… keren bro… mari semua kita beralih ke UBUNTUt supaya masuk surga … yieehhaaa :azn: :rolleye0014:

kolam apa nie bro ? lumpur apa air… klo lumpur sih ga tenggelem2 walau udah di tengah :tongue: … karena merasa diri di tengah2 maka bro “merasa” dirinya all out dalam konteks piracy

lah itu lah pemerintah kita. subsidi sana sini, tetapi hal ini gag di perhatikan, apa ada pemerhatian terdengar kabar ? gw gag bicara apa yang gw rasa… tetapi real lapangan. apa anda enggak peka terhadap ini ? apa anda berdiam saja? apa anda merasa semua orang2 yang “harusnya” mampu membeli yang asli tetapi karena harga yang masih mahal/ tidak menyesuaikan dengan kondisi pendapatan bangsa kita, bro bilang itu gag kudus ? sebenarnya ini adalah permasalahan yang harus di selesaikan solusinya oleh pemerintah… apa anda bisa sendiri mengajukan ke software2 developmant untuk menyesuaikan harga di indonesia ? jika anda mampu , silahkan…

lah bagaimana yang enggak mampu… gw gag berbicara tentang orang yang mampu , ya klo pake akal sehat… klo semua orang indonesia mampu… kenapa harus yang bajakan ?

gw berstatement itu adalah sindiran bro…
ga usah jauh2 lah… kalo anda berkomitmen untuk hidup “KUDUS” and no piracy, gw salutin … cuman jangan lah setengah2… kalo masih ada MP3 di komputer anda … itu bagi gw sama aja boong :slight_smile:

ya saya nyatakan anda salah paham… lebih baik bertanya anda salah paham atau tidak, dari pada menyatakan pernyataan yang sok tau :afro:.
maksud saya , system peraturan pemerintah masih rancu . kita tau ada UU PP dan UU yang mengatur tentang dunia cyber… saya masih melihat kinerja dalam membuat UU masih rancu, banyak hal yang masih perlu di pertimbangkan seperti hal nya UU PP… belum bekerja secara maksimal…
sudah mengerti ? atau belum mengerti ?

trus apa beralih ke ubuntu yang notabenenya sangat monoton dan banyak sekali yang tidak kompetible dengan program2 skarang ini ? klo bagi gw enggak buat LINUX… :afro: sangat membosankan… (pernyataan pribadi bos,jangan di sangkut paukan dengan yang lain) :tongue:

sebenarnya bukan mencari kebenaran BOS… mencari solusi,… kita semua pada setuju jika system peraturan/kebijakan pemerintah jelas dan mendukung kondisi masyrakat luas dalam hal piracy.

yang gw bold tsb, salut bos buat jiwa marketing nya… top cerrr… :afro: :azn: mudah2an makin ramai pm nya saya doakan :angel: :azn:

Dear arranger,

Thank you for your reply, but you doesn’t seem to rational with me. i have to say that your statement is rather childish, you’re not looking this situation at greater concept. Well I’m gonna stop here and just let other people do the thinking of what i said and what you said. Let God be our judge. Btw be polite…don’t intentionally misspell Ubuntu…let us respect each other. Have a great life arranger. GBU

Ps: Let me leave you a thought; which is better to you? People who are trying (even tough they are still) not to commit sin with people who actually feel comfortable with the sin they committed (and they even said they want to be creative in sin).

yah elah gackt … gw malah seru debat2an kaya gini…seperti forum sebelah berdebat tentang MP3 itu boleh gag sih… jadi main di forum juga gag rada boring klo enggak ada topik yang bisa di perdebatkan …

why stop bro ?

soalnya jujur aja y… yang vocal terhadap mp3,software itu di berbagai forum … cuman dikit bro… kebanyakan hanya menonton thread saja , padahal dirinya maybe sama kaya bro pake linux or pake windows tetapi enggak mau bergabunk diskusi…

but if you want to stop this topic … allright , up to u bro…

klo mau … kita bisa berdebat di privat message saja ^^

:afro: GBU u too brotha :rolleye0014:

Mohon maaf sebelumnya, masih newbie nih. ;D ;D ;D. Bukannya mau dukung seseorang tapi yg dikatakan pak Gackt tadi di awal postingan sepertinya tidak ada yg salah. Dia cuma mau menyampaikan komitmennya sekalian mengajak orang lain kalau ada yg mau. memang betul memakai software bajakan memang sama dengan mencuri. “Piracy is a crime”.
Saya ingin sekali berkomitment seperti itu, Ya tapi bagaimana lagi pak Gackt. sampai sekarang ekonomi kita lagi krisis(dari dulu juga krisis). Sekarang cukuplah dulu memakai yg non-orisinil. Tapi suatu saat nanti kalau ekonomi kita sudah baik saya akan ikut bapak juga, doakan ya pak!
Bravo buat bapak nampaknya lebih Dewasa dalam kata-kata dan komitment seorang kristen! :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro:

hidup kudus enggak hanya memakai ubuntu saja… :wink:

tetapi bagaimana sikap dan kecondongan hati kita. apa memanfaatkan keadaan or punya motivasi lain…

i think thats the point :rolleye0014:

bro Morathu ga semua yg kelihatan adalah yg sebenarnya trjadi,
mksdnya: bisa aj bro arranger sbnrnya setuju ama pendapat bro gackt.

truss knpa dia seolah ga setuju?

mngkin dia ingin melihat reaksi tmn2 dgn cara memulai debat.
kita bisa liat dari tanggapan dia sebelumnya:

yah elah gackt .. gw malah seru debat2an kaya gini..seperti forum sebelah berdebat tentang MP3 itu boleh gag sih... jadi main di forum juga gag rada boring klo enggak ada topik yang bisa di perdebatkan ...

why stop bro ?

soalnya jujur aja y… yang vocal terhadap mp3,software itu di berbagai forum … cuman dikit bro… kebanyakan hanya menonton thread saja , padahal dirinya maybe sama kaya bro pake linux or pake windows tetapi enggak mau bergabunk diskusi…

saluut 4 bro arranger & bro gackt. :happy0025:

:happy0062:
thx.

ya ampyunn nger…msh d bahas aja soal ubuntu…

waduh2…menarik ya membincangkan masalah beginian…tapi bukan cuma di negara kita aja, orang di negara2 barat juga ada yang kesal dengan para pengembang software2 tersebut.

Kenapa pembajakan ada? Ya karena para developer software tersebut setting price too high! Menurut gw, kalau mau menghilangkan pembajakan sih:

  1. tungguin sampe ada orang pinter yang berbaik hati bikin software bagus dengan license gratis…
  2. untuk developer seperti adobe gitu, gua beli asli dah kalau dia jual Rp 200.000…kan gua make buat belajar^^, harusnya kan mereka kasih harga murah buat pelajar^^ ha3…masa gua dikasih harga layaknya dompet gua dompet presiden^^

ya eyalah…masa misal gua mau beli adobe photoshop, begini skenarionya kali ya

Gue dateng ke toko yang jual adobe photoshop CS4 extended ASLI pisan dari Amrik…
gua petantang petenteng dengan mdoal 1 juta ditangan (gaji 1 bulan gue misalnya), gua dengan PD abis ngelirak lirik ktoak ADOBE yang dipajang di toko tersebut.

Dengan PD gua tanya, berapa harganya (dengan dagu dan kepala agak diangkat ke atas layaknya orang punya duit)

Penjual menjawab: “10juta Pak”
Gua langsung tersenyum kepada si pembeli dan berkata “Saya jual rumah dulu ya pak”
MAHAL GILE BO!!!

2 DVD photoshop master collection = 1 mobil honda estilo bekas :slight_smile: