berita dari Jepang

Kaisar Jepang Turun Langsung Ke Daerah Bencana

Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko untuk pertama kalinya berkunjung ke daerah bencana Jepang. Mereka merupakan sosok yang amat dihormati dan dekat di hati warga. Ini bisa jadi dikarenakan mereka merupakan orang ternama yang rendah hati dan peduli terhadap rakyat. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan yang mereka lakukan ini.

Dengan menggunakan pakaian yang sederhana namun mencerminkan kepedulian yang tinggi, mereka duduk di alas duduk yang berwarna biru sederhana itu dan berbincang secara pribadi dengan para korban. Kunjungan yang mereka lakukan ini adalah daerah Asahi, dimana 13 warganya tewas dan sekitar tiga ribu rumah rusak. Kaisar dan permaisuri terlihat serius dalam kunjungan itu.

Asahi terletak sekitar 85 km di sebelah timur Tokyo. Di wilayah itu, sekitar 140 ribu orang tinggal di tempat penampungan sementara. Kaisar berusia 77 tahun itu aktif berbincang kepada warga dan terus memberikan ketenangan sejak gempa bumi dan tsunami 11 Maret yang lalu. Di tengah-tengah perbincangan itu, ada juga salah satu korban yang mengidap down syndrome dan sulit berbicara, menuliskan kata-kata, “Saya akan tetap berjuang,” tulisnya di sebuah buku. Ia kemudian menunjukkan kepada kaisar dan permaisuri yang terharu melihatnya.

Rakyat Jepang mungkin mendapatkan musibah yang begitu menyedihkan, tapi mereka, mulai dari sikap kaisar sampai kepada rakyat kecil sekalipun, justru mengajarkan kepada rakyat dunia tentang arti hidup manusia yang sesungguhnya. Kedisplinan mereka, tingkah laku yang tetap teratur dan tidak menjarah, perhatian mereka sekalipun mereka sendiri ditimpa bencana, ketidaktamakan akan harta, semangat hidup yang mereka punyai, semuanya menjadi berkat buat kita.

Source : inilah/lh3