Berkaca pada 12 murid Yesus

Buat yang merasa bahwa hidupnya selalu menderita, cobalah simak biografi keduabelas murid Jesus ini. Ternyata penderitaan kita bukan apa-apa bila dibandingkan dengan penderitaan mereka. Percayalah bahwa Tuhan bersama kita.

Salam dalam kasih Tuhan kita Jesus Kristus.

Kehidupan Para Rasul
Apakah Anda tahu bahwa Rasul Yohanes ketika di Roma ia pernah digoreng hidup-hidup di dalam minyak mendidih. Apakah ia takut menghadapi ini semua? Tidak! Ternyata tidak satupun dari para rasul yang memilih untuk hidup senang dan tentram dengan bersedia mengingkari dan tidak mengakui Tuhan Yesus.

Sejarah tradisi gereja banyak sekali memberikan informasi mengenai kehidupan sampai dengan bagaimana wafatnya para rasul. Satu penulis sejarah yang bisa dipertanggung jawabkan tulisannya berdasarkan bukti-bukti nyata ialah Eusebius. Ia menulis buku mengenai cara meninggalnya para Rasul di tahun 325 yang berjudul: “Rasul dan murid dari Juruselamat telah menyebarkan dan mengkotbahkan Injil ke seluruh dunia”. Tulisan dari Eusebius telah ditelusuri dan diselidiki ulang oleh penulis sejarah gereja kondang Mr. Schumacher untuk membuktikan akan kebenaran dari tulisan tersebut.

  1. Matius meninggal dunia, karena disiksa dan dibunuh dengan pedang di Etiopia.
  2. Markus meninggal dunia di Alexandria (Mesir), setelah badannya diseret hidup-hidup dengan kuda melalui jalan-jalan yang penuh batu sampai ia menemukan ajalnya.
  3. Lukas mati digantung di Yunani, setelah ia berkhotbah di sana kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan.
  4. Yohanes direbus atau lebih tepatnya digoreng di dalam bak minyak mendidih di Roma, tetapi karena Tuhan masih ingin memakai Yohanes lebih jauh, maka keajaiban terjadi sehingga walaupun ia telah digoreng hidup-hidup ia bisa hidup terus. Tetapi akhirnya ia dibuang dan diasingkan ke pulau Patmos untuk kerja paksa di tambang batubara disana. Pada saat ia berada di sana, ia mendapatkan wahyu sehingga ia bisa menulis Kitab Wahyu. Kemudian ia dibebaskan dan akhirnya kembali dan menjadi Uskup di Edessa (Turki). Ia adalah satu-satunya Rasul yang bisa mencapai usia lanjut dan bisa meninggal dunia dengan tenang.
  5. Petrus telah disalib dengan kepala di bawah. Kayu salib untuk Petrus dipasangnya berbeda, ialah secara huruf X, karena itulah permohonan yang ia ajukan sebelum ia disalib, dimana ia memohon untuk disalib dengan cara demikian. Ia merasa tidak layak untuk mati dan disalib seperti Tuhan Yesus.
  6. Yakobus saudara tiri dari Tuhan Yesus dan pemimpin gereja di Yerusalem, dilempar ke bawah dari puncak bubungan Bait Allah, di tempat yang sama dimana si setan dahulu membawa Tuhan Yesus untuk digoda. Ia meninggal dunia setelah dilempar dari tempat tinggi tersebut.
  7. Yakobus anak Zebedeus adalah seorang nelayan dan ia adalah murid pertama yang dipanggil untuk ikut Tuhan Yesus, ia dipenggal kepalanya di Yerusalem. Pada saat-saat ia disiksapun, ia tidak pernah menyangkal Tuhan Yesus, bahkan ia berusaha untuk berkhotbah terus, bukan hanya kepada para tawanan lainnya saja, bahkan kepada orang yang menghukum dan menyiksa dia dengan kejamnya. Sehingga akhirnya orang Romawi yang menjadi penjaga dan penyiksa dia, bisa turut bertobat. Penjaga Romawi itu mendampingi Yakobus pada saat ia dihukum penggal, bukannya sekedar hanya untuk turut menyaksikannya saja, melainkan juga untuk turut dihukum dan dipenggal bersama dengan Yakobus. Pada saat ia mau menjalani hukuman mati, ia berlutut bersama di samping Yakobus, sambil berdoa, itu adalah doanya yang terakhir, sebelum ia mati dipenggal bersama Yakobus sebagai orang Kristen.
  8. Bartolomeus yang lebih dikenal sebagai natanael ia menjadi misionaris di Asia, antara lain ia memberikan kesaksian di Turki. Ia meninggal dunia di Armenia setelah ia mendapat hukuman pukulan cambuk yang sedemikian kejamnya sehingga semua kulitnya menjadi hancur terlepas kebeset.
  9. Andreas juga disalib seperti Petrus dengan cara X di Yunani. Sebelum ia meninggal, ia disiksa dengan hukum cambuk oleh tujuh tentara dan diikat di salib. Dengan cara demikian mereka bisa memperpanjang masa sakit dan masa siksaannya. Seorang pengikut Andreas yang turut menyaksikan hukuman Andreas menceritakan perkataan yang telah diucapkan oleh Andreas sebelum ia meninggal dunia: “Ternyata keinginan dan cita-cita saya bisa terkabul dimana saya bisa turut merasakan “happy hours” dengan disiksa dan disalib seperti Tuhan Yesus.” Bahkan pada saat ia disiksa pun tiada henti-hentinya ia berkhotbah terus, ia berkotbah terus dua hari sebelum ajalnya tiba. Berkotbah sambil dihukum cambuk."
  10. Rasul Thomas mati ditusuk oleh tombak di India.
  11. Yudas saudaranya dari Tuhan Yesus dihukum mati dengan panah, karena ia tidak bersedia untuk mengingkari Tuhan Yesus.
  12. Matias, rasul pengganti dari Yudas Iscariot mati dihukum rajam dan akhirnya dipenggal kepalanya.
  13. Rasul Paulus disiksa dengan sangat kejam dan akhirnya dipenggal kepalanya oleh Kaiser Nero di Roma pada tahun 67. Rasul Paulus adalah rasul yang paling lama mengalami masa siksaan dipenjara. Kebanyakan surat-surat dari Rasul Paulus dibuat dan dikirim dari pernjara.
  14. Disamping kisah para rasul yang ditulis oleh ahli sejarah Eusebius, ia juga menceritakan tentang seorang penginjil yang matanya dibakar sampai buta dengan catatan bahwa kalau ia buta, maka ia tidak akan bisa membaca Alkitab lagi dengan mana ia tidak akan bisa mengabarkan Injil lagi. Tetapi kenyataannya ia tetap mengambarkan Injil berdasarkan ayat-ayat yang telah dipelajari dan diingat sebelumnya.

(Dikumpulkan dari Berbagai Sumber)

“Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan”. Roma 12:11

Salaam, brembo0

Tulisan yang bagus dan mencerahkan, sekaligus terimakasih telah membuka Mata Farell, hanya barangkali Farell mau sedikit share aja…

dari ke 12 murid Ysus cara kematiannya mungkin dapat Farell ringkas sbb :

  1. Matius meninggal disiksa dan dibunuh
  2. Markus meninggal badannya diseret hidup-hidup dengan kuda
  3. Lukas mati digantung
  4. Yohanes meninggal dunia dengan tenang.
  5. Petrus meninggal disalib dengan kepala di bawah.
  6. Yakobus saudara tiri dari Tuhan meninggal dunia dilempar dari tempat tinggi.
  7. Yakobus dipenggal kepalanya
  8. Bartolomeus meninggal hukuman pukulan cambuk yang sedemikian kejamnya sehingga semua kulitnya menjadi hancur terlepas kebeset.
  9. Andreas disalib dengan cara X dicambuk dan diikat di salib.
  10. Rasul Thomas mati ditusuk oleh tombak
  11. Yudas saudara tiri dari Tuhan Yesus dihukum mati dengan panah
  12. Matias, rasul pengganti dari Yudas Iscariot mati dihukum rajam dan akhirnya dipenggal kepalanya.

dan yg ke 13

  1. Rasul Paulus dipenggal kepalanya oleh Kaisar Nero

dari ke 12 murid hanya Yohanes yg mati dengan cara “diselamatkan Tuhan”, Islam mengenal Yohanes sebagai Nabi Yahya dan dalam keyakinan Islam setiap Nabi dan Rasul Pasti diselamatkan Allah sesuai janji Allah sbb.

Kemudian Kami selamatkan rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman, demikianlah menjadi kewajiban atas Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman. (QS. 10:103)

hal demikian juga berlaku terhadap Nabi Isa Al MAsih yang diselamatkan Allah saat disalibkan sebagaimana tertulis dalam ayat berikut…

“Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ( kematian Dikayu Salib) ini berlalu(lepas)dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:39)
dan tentu saja Isa Almasih sebagai nabi dan Rasulullah… diselamatkan dari Ancaman Kematian itu…sebagaima penjelasan ayat berikut ini

Dalam hidupnya sebagai manusia, dia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, YANG SANGGUP MENYELAMATKANNYA DARI MAUT. Karena kesalehannya dia telah didengar
(Ibrani 5 : 7).
seperti kita tahu bahwa Allah menyelamatkan Isa Almasih dari Ancaman kematian dikayu salib itu.
karena baik Isa dan Yohanes tentu bukanlah Nabi palsu yang termasuk dalam kitab Ulangan sbb
18:20 Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati…!!!

dan kembali di angka 13, jelas yang ini bukanlah Murid Yesus, karena seperti di ketahui bahwa murid yesus hanya 12 orang, apalagi sepanjang hidupnya diketahui pula bahwa Paulus tidak pernah belajar langsung dengan Yesus, Farell kira jika bicara murid yesus yg 12, paulus tidaklah termasuk didalamnya.

tapi dalam hal ini, Farell hanya ingin pencerahan juga atas alasan mengapa Paulus inilah yg justru menjadi ikon berdirinya kristen dan mengapa hanya Paulus yang tulisannya Justru malah mendominasi kitab yg diklaim sebagai Injil tersebut. sementara track record dan jasa-jasa paulus sebagai pembantai murid yesus bisa jadi tidak ada apa2nya jika kita bandingkan dengan jasa-jasa perjuangan Yahya/ Petrus, misalnya…

mohon pencerahan…

salaam
Farell

Apa yg dilakukan Paulus telah mendasari perkembangan gereja di berbagai dunia. Paulus sendiri yg menentang Rasul Simon Petrus yg hanya mengabarkan injil di Israel saja (untuk Yahudi). Dan Petrus pun mengakuinya melalui mimpinya tentang pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung (Kis.Rasul 10:1-48). Sehingga Petrus pun kita tahu menyebarkan Injil di Roma bersama2 Paulus hingga kematiannya.
Kebanyakan Tulisan Paulus yg dimuat di ALKITAB adalah hasil pengabaran Injilnya di berbagai tempat yang merupakan perwujudan semangat penyebaran Injil.

Thanks infonya
GBU

Ampun dah, kayak peribahasa : bagaikan kuda lepas kandang.
Semua trit dikomentari ama om Han :tongue:

GBU

maaf ,
cuma membantu menjualkan memasarkan barang dagangan yang belum/ kurang laku.
juga sekalian mencerahkan dengan Kasih Karunia

GBU

eit, jangan di denger omongannya Dya, :tongue: om

gue orang dukung elo, Om.
abis gini gue juga mau ngekor Om Han ;D

Iya :afro: :tongue:
Habis om Han sebelumnya dikarangkeng di board non trinitarian, gak boleh posting tempat lain. Lalu belakangan ini om Han bikin ID baru, eh jadinya hyper produktif :tongue:

Tapi doktrin mirip marcionisme yaitu ‘torat batal’ masih ada, takutnya kena kurungan lagi. :tongue:

GBU

ooo, gitu, dikerangkeng. tapi mbok ya pakek istilah lain knape, di larang getu loh, lebih alus. :rolleye0019:
:onion-head2:

doktrin marcio - marcio apa? weh, sekolahan banget ya bahasa lo. apa ya artinye? :onion-head33:

Itu istilah yang dulu dipakai om Han waktu ngobrol ama gw. Gw pernah saranin bikin aja ID lain lalu diskusi di board Kristen, tapi om Han waktu itu kagak mau. Tapi rupanya sekarang om Han berubah pikiran :tongue:

Marcionism - http://www.thefreedictionary.com/Marcionism
A Christian heresy of the second and third centuries a.d. that rejected the Old Testament and denied the incarnation of God in Jesus as a human.

GBU

ooo gitu, theng kiu, theng kiu :happy0025: . :onion-head29:
untung gwa dulu pernah sekolah, jadi ngerti inggeris dikit - dikit. :smiley6600: :smiley6600:

Loh sekarang jaman canggih, tinggal pencet tombol langsung jadi bahasa Indonesia .
Ini hasil pencet tobol Bing Microsoft Translator : :tongue: :tongue:

Bidat Kristen abad kedua dan ketiga Masehi yang menolak perjanjian lama dan menyangkal inkarnasi Allah di dalam Yesus sebagai manusia.

GBU

Trima kasih atas dukungannya
Semoga tuhan selalu memberkati
karena anda telah mengasihi sesama manusia

GBU

Hush , ini dia Tukang fitnah orang seenak udel.
padahal loe juga yang nyontoin kan ???
Tau tau udah yang ke sepuluh

GBU

Hush jangan percaya sama omongan sis Dya
kayanya salah orang deh

GBU

STOP … STOP… STOP…
Sesama napi gak boleh saling bongkar
elo sendiri udah sering keluar masuk penjara kan , buktinya udah sampai yang ke sepuluh

STOP ‘’’’’’’’’’’’’’’’’’’'STOP… STOP

Sekarang mulailah belajar Kasih seperti yang diajarkan Yesus

Matius 22
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Matius 22
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

danjangan buka buka lagi taurat yang sudah dibatalkan Yesus

P. Baru: Efesus

2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia(YESUS) telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,

Tuhan yesus memberkati

Han

GBU

Nah loh om, ape gw bilang :

Tapi doktrin mirip marcionisme yaitu ‘torat batal’ masih ada, … :tongue:

GBU

Lha kan , taurat batal bukan ajaran marcionis tapi memang ajaran yesus (dimulai dari membolehlan kerja pada hari sabat
dan pekerjaan Yesus membatalkan taurat selasai pada saat ahir hayatnya Yesus berkata "Sudah selesai “”

Nah siapa yang menghargai darah yesus yang mahal tentu akan menghargai juga hasil pekerjaan yesus membatalkan taurat

Tuhan Yesus memberkati

Han

Keterangan Tambahan:
Aturanperpuluhan adalah termasuk aturan /ketentuan taurat maka:

P. Baru: Efesus

2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia(YESUS) telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan KETENTUANNYA

Nah dengan demikian PERPULUHAN JUGA SUDAH BATAL

yang masih menjalankan berarti tidak menghargai pekerjaan Yesus membatalkan Taurat

Tuhan Yesus memberkati

Han

,

theng kiu, ;D :onion-head55: :smiley6600: