bertanya tentang penciptaan

pada alkitab disebutkan, Tuhan menciptakan manusia di hari yang keenam.

lantas, manusia pertama di bumi adalah adam.

terus, bagaimana alkitab bisa menjabarkan kegiatan Allah selama hari 1 - hari 5 ?

bagaimana alkitab bisa menggambarkan dahulu bumi gelap dan kosong, kemudian menciptakan segala sesuatunya secara sekuensial

bagaimana kita menjelaskan hal ini ?

mohon penjelasannya !

oh iya selamat tahun baru FK !

Shalom,

Ada yg diperlukan utk memberi tanggapan atas pertanyaan Bro ini,

yaitu,

apa yg membuat alkitab tdk bisa menjabarkan kegiatan Allah selama hari 1 - hari 5,
krn manusia diciptakan hari keenam?

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

:rolleye0014: jika tidak salah ingat, penulis Kitab Kejadian dipercaya adalah Musa. Musa khan lahirnya jauh setelah peristiwa di Kejadian. Mungkin, Musa mendapatkan vision (penglihatan ilahinya) spt itu. Jadilah Kitab Kejadian ditulis sesuai dengan vision/ penglihatan ilahi yang Musa alami. Mohon saudara-saudariku yang lain untuk mengoreksi.

menurut ane (yang awam), iya, maka pengurutannya adalah

Adam + Hawa ada di bumi. Ia bisa bersaksi kepada keturunannya tentang kain dan habel. kain dan habel bisa bersaksi kepada keturunannya tentang generasi dibawah mereka selanjutnya tentang adam+hawa.

tapi menurut ane (yang awam), adam dan hawa tidak tahu, apa saja peristiwa yang terjadi sebelum mereka ada.

kemerdekaan terjadi sebelum ane lahir, namun kenapa kita bisa tahu ? karena ada yang telah lahir sebelum kemerdekaan, dan dia menceritakan, mendokumentasikan, menuliskan kisah kemerdekaan, dan mengoper kisah itu kepada anak cucunya.

mohon dikoreksi

oh, vision. Wahyu Allah ?

ciyus ni bro…??
topiknya inih?

lho…
kalo imho… gini aja mas…

hendaknya kita beriman secara konsekuen…

  1. kalo emang percaya bahwa adam itu ditiup dari tanah liat & di bedah & dicongkel rusuknya jadi Hawa…
    maka harus percaya juga dong dengan hari 1 - 5 itu wuss… ewes-ewes gitu…

  2. kalo menganggap bahwa kisah penciptaan yg 7 hari itu sbg sebuah simbol…
    maka juga harus konsekuen bahwa hampir pasti adam & hawa itu juga simbol, dan hampir pasti engga ada organisme nya… apalagi malah ngaku-ngaku keturunan Adam segala… hehe…

nah… pilih yg mana…
hehe…

Shalom,

Apakah menurut Bro Alkitab ditulis berdasarkan penuturan manusia?

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

mas jericho pilih yg mana?
yg dibawah ini mas…

lho.. kalo imho.. gini aja mas...

hendaknya kita beriman secara konsekuen…

[b]1. kalo emang percaya bahwa adam itu ditiup dari tanah liat & di bedah & dicongkel rusuknya jadi Hawa…
maka harus percaya juga dong dengan hari 1 - 5 itu wuss… ewes-ewes gitu…

  1. kalo menganggap bahwa kisah penciptaan yg 7 hari itu sbg sebuah simbol…
    maka juga harus konsekuen bahwa hampir pasti adam & hawa itu juga simbol, dan hampir pasti engga ada organisme nya… apalagi malah ngaku-ngaku keturunan Adam segala… hehe…[/b]

nah… pilih yg mana…
hehe…

berdasarkan penuturan manusia sih nggak,

tapi penulisnya, bukankah manusia ?

*brb google siapa penulis old testament

Yang saya dengar, cerita ini turun temurun dari Adam. Tentunya Adam diberi tahu Tuhan. Dan dia sendiri mengalami hidup di taman eden dan istrinya ditipu iblis, jadi dia memang bisa cerita, dan dia hidup sampai seribu tahunaan jadi dia bisa jaga cerita ini sampai pada keturunan yang kesekian.

dengar dari siapa mas?
dari Adam?

dari mas cadang.

wah. berarti salah dengar mas…
hehe…

soalnya saya engga sodaraan dengan Vas Kembang dan kendi tuh mas…
ehehe…

Memang bumi itu langsung jadi begitu??? cling2… menurut ilmu pengetahuan bumi itu dari proses yang lama…

masuk akal kalau alkitab mencatat bahwa bumi belum berbentuk dan kosong. bumi berbentuk disebabakan karena aktariksa / galaksi / susunan antariksa. anak sd sudah belajar.

bagaimana laut dan daratan itu berpisah karena laut membeku dan menjadi gunung2 es dikutub utara dan selatan. kembali ke SD.

Kalau penciptaan manusia itu yang spektakuler… sampai darwin menjadi botak menyamakan dirinya dengan monyet. teorinya tidak membuktikan apa2, yang ketemu adanya spesies2 yang sejenis.

Yup setahu saya musa yang menulis kitab kejadian. Dia dapat penglihatan dari TUHAN. Karena itu tentang penciptaan ditulis dengan simple, garis besar penciptaan saja. Bukan seperti sejarah yang lebih detail.

Apakah bumi cuma diciptakan dlm 6 hari?apakah ada time gap antara kej 1:1 dan kej 1:2??
silahkan diliat di www.kjvbible.org

Kejadian 1:1-5 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.
Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Coba lihat kej 1:1, “pada mulanya” berarti langit dan bumi diciptakan lebih dahulu dari hari pertama. Diciptakan sebelum perhitungan waktu dengan “hari”. Dengan “satu kali siang dan satu kali malam”. Tapi itu adalah bumi yang kosong dan belum berbentuk.

Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.
Jika dipahami lebih dalam… Terang yang ini bukanlah terang yang memancar dari Allah. Tetapi sebuah terang yang diciptakan Allah, yang terpisah dariNya. Terang yang dahsyat dan panas. Yang disebut oleh kaum ilmuwan dengan “Big Bang”. Dengan kata lain Allah menciptakan “proses” dan mempercepat “proses” itu dengan Firman dan Roh Nya.
Wow! Maha besar Allah BAPA, Allah ANAK dan ROH KUDUS.
1 Korintus 1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
1 Korintus 3:18-19 Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia berhikmat.
Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis: “Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya.”

mas poltak…

apakah maksud mas… ALAM SEMESTA yg masih kosong dan belum berbentuk?

Bukan alam semestanya yg masih kosong. Bumi lah yang masih kosong dan belum berbentuk.
Kejadian 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
Tetapi “langit” (the universe) sudah dan sedang terus terisi olehNya.

Gituu kahh…? Sungguh hanya Dia yang tahu.
Yehezkiel 37:3 Lalu Ia berfirman kepadaku: “Hai anak manusia, dapatkah tulang-tulang ini dihidupkan kembali?” Aku menjawab: “Ya Tuhan ALLAH, Engkaulah yang mengetahui!”

ada suatu ilmuwan kristen bilang kalo kej1:1 itu bumi tdk kosong tp udah ada isinya hanya manusia blom ada. Nah sewkt kejatuhan lucifer yg dilempar kebumi makanya bumi hancur, semua mahluk sblm manusia punah makanya ada kej 1:2. Namanya gap theory

psssttt…
mas…
nanti di cap TIDAK ALKITABIAH dan MELAWAN FIRMAN TUHAN lho…

ehehe…