besaaaar

Ilmuwan berpendapat bahwa alam semesta diciptakan 13 milyar tahun yang lalu dan luas lebih dari 14 milyar tahun cahaya, yang artinya sudah lamaaaaaaa sekali dan sangat luaaaaaaaaaaas sekali.

Seberapa besar ukuran penciptanya?
Tidakkah Tuhan Yesus sangat kecil dan sangat singkat dibandingkan dengan alam semesta ini?

Yang Besaaaaaar dan Luaaaar Biasa dari Tuhan YESUS adalah Kasih-Nya, sbab ALLAH adalah KASIH
I Yohanes 4:8
Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

Pendapat Ilmuwan bahwa Alam semesta diciptakan “Hanya” 13 milyar tahun yang lalu dan luas “Hanya” lebih dari 14 milyar tahun cahaya, Tetapi… Kasih Tidak Berkesudahan
I Korintus 13:8
Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

“Tidakkah Tuhan YESUS sangat kecil dan sangat singkat dibandingkan dengan alam semesta ini?”----
Kalo sangat singkat bisa dipastikan iya
Karena usia bumi menurut bible belum sampai puluhan ribu tahun…

pertanyaannya adalah eksistensi dari manusia ada bro… coba cek… (teori evolusi aja tidak sempurna)
memang Yesus hanya singkat mengajar dengan kasih (3 tahun…) tapi pengaruh-Nya woooowwww 2000 th lebih
ada yang 30 tahun lebih dengan darah dan pedang dan teror… sampai kematiannya yang dibunuh…
(orang ini juah lebih kecil lagi dibanding Yesus… sangat sangat kecil)

1 hari … ;D
(selamaaaaaaaaaaaa dan seluaaaaaaaaaaasssssss apapun)

Tidakkah Tuhan YESUS sangat kecil dan sangat singkat dibandingkan dengan alam semesta ini?
Iyah betul, kecil dan singkat .... kalo saya liat dagingnya ... :)

tapi kayaknya - kalo emang betul esensinya adl Firman spt di Yohanes - maka tiga-tiganya udah ada sejak di Kej 1 ayat 1, 2 dan 3… :slight_smile:

salam.

Ayat berapa yg menulis itu along…?
Penasaran nih

Tuhan Yesus pun tidak tahu kapan alam semesta ini bermula.

Wah… TS nya menggunakan Sistem Perang Gerilya, lempar Bom, kemudian Sembunyi… lalu kemudian komentar lagi yg nggak jelas…

Yohanes 1
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Salam

Kata agan-agan di sini, kita tidak boleh mengartikan ayat lepas dari ayat-ayat yang lain. Maka menurut aye yang bodoh ini, adalah sbb:

Gen 1:3 Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

Gen 1:6 Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.”

Gen 1:9 Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian.

Gen 1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah …dst… Dan jadilah demikian.

Injil Yohanes menuliskan kilas balik apa yang sudah ditulis oleh Kitab Torat, Kejadian pasal 1. Memang segala sesuatu diciptakan oleh ELOHIM melalui berfirman.

Tetapi bedanya, Yohanes menggunakan gaya bahasa Personifikasi. Sedangkan kitab Kejadian tidak menarasikan penciptaan melalui personifikasi Firman. Jadi pada dasarnya di Kitab Kejadian pasal 1, dan Injil Yoh 1:1 adalah suatu kejadian yang sama, diterangkan dengan gaya bahasa yang berbeda.

Dan hal kelahiran YESUS pun dilakukan ELOHIM dengan cara berfirman. Sama seperti biasanya. Sehingga seorang perempuan muda, mengandung seorang anak laki-laki yang dinamai: Imanuel.

Maap kalau salah

Tidak salah kok.
Memang demikian seperti yang Anda sebutkan.
Nah, Firman itu telah menjadi manusia, dan manusia itulah yang disebutkan Rahayu.:slight_smile:

Salam

Yesus sebagai Firman-Nya (Yoh 1:1-4) dan “Allah berfirman” adalah dua hal yang berbeda (Kej 1:3,6,9).

Ngerti?

Wah… saya maklum kamu lulusan pesantren.

Pantess…!

Maapin aye yang bodoh ini ya Om, jika yang aye tulis itu benar :
Therefore, can be concluded that the WORD is not the second Person of ELOHIM, but merely a Personification.

Bukankah begitu, Om?

Kata Om Kahlil benar, bahwa Firman-Nya adalah personifikasi. Suatu gaya bahasa yang menceritakan seolah-olah Firman yang keluar dari mulut ELOHIM adalah pribadi tersendiri.

Seperti halnya juga:

Isa 55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Di Isaiah 55:11 jelas sekali, bahwa Firman seakan-akan adalah suatu pribadi tersendiri, sebenarnya hanyalah personifikasi dari Kalimat ELOHIM.
Cara penyampaiannyalah yang menyebabkan kita kadang-kadang mengira bahwa FIRMAN adalah sesuatu pribadi yang terpisah.

Jangan membuat fitnah.

Ustad kholil mengajar yg seperti ini ngga ?

Yoh 1:1 adalah personifikasi dari Firman. Maka,

the WORD is not a person, but a Personification. Would the WORD in Isiah 55:11 be a Person ?

Makanya abang Cosmic jangan mencla-mencle, nanti Aye yang bodoh ini tambah bingung…

Maap kalau ada salah kata ya bang

Ini contoh lain yang disebut personifikasi biar si cosmic tambah paham:

Teriakannya berjalan menemui penghuni-penghuni kampung itu"

Jadi apa teriakan adalah pribadi ? Jelas bukan…

manusia berfirman = WORDS
Allah berfirman = (ONLY WORDS?)

masa mau disamakan seh? :slight_smile:

Maap ya bang.
Mentang-mentang perkatan Allah tidak sama dengan perkataan manusia, lalu apakah itu menjadikan kita harus punya pendirian/pemahaman mencla-mencle ?

Itu namanya akal-2an lot…
Lha katanya manusia diciptakan secitra dengan allah… Pigimane seeh…

Maafin aye…