Betulkah dengan cuma modal Percaya, manusia akan diselamatkan ?

Awal mula, sebelum manusia mengenal Alkitab, dia menjadi kristen karena ayat : Yohanes 3: 16.

[b]Yoh. 3; 16.[/b]
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Pertanyaan : Betulkah dengan ayat tsb. diatas, cukup untuk menyelamatkan manusia ??

AYAT nya KUDU ditambahin IMAN atas Firman Tuhan itu, maka PASTI deh si Manusia Percaya itu SELAMAT Dunia dan Achirat dari SERETAN IBLIS yg ingin membawa semua manusia ke NERAKA !
Nih BACA BAIK2 ya Mbah, jangan kebanyakan NGEMONG Cucunda melulu, ya !

Efesus 1 :
1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah, kepada orang-orang kudus di Efesus, orang-orang percaya dalam Kristus Yesus.
2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.
4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat (makanya saat RAPTURE, semua Orang Percaya diberikan TUBUH MULIA agar LAYAK dan PANTAS hadir …) di hadapan-Nya.
5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,
6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita )Orang2 Percaya) di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.
7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, 8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian. …kalau si Mbah gak ber HIKMAT dan gak dikasih Pengertian oleh ROH KUDUS…ya si Mbah namanya IDIOT Hikmah Alkitabiyah ! Makanya KUDU TEKUN memohon diberikan Hikmah Alkitabiyah yg didasari atas Sikap Takut akan Tuhan (Amsal Sulaiman) ! :coolsmiley: :happy0062:
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita (Orang2 Percaya), sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus 10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.
11 Aku katakan “di dalam Kristus”, karena :

*) di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan–kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya-- 12 supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya.
13
*) Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--
*) di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan ROH KUDUS, yang dijanjikan-Nya itu. 14 Dan ROH KUDUS itu adalah jaminan …GARANSI… bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.
Dan satu yg si MBAH KUDU INGAT2 adalah Allah YHWH itu SETIA dan PASTI menggenapi JANJI-Nya itu…Ya dan AMIN Janji-Nya itu gak kek manusia suka plintat plintut gak pegang janji main pindah2 Denominasi … jangan cari denominasi tetapi CARI KEBENARAN Firman Tuhan, Mbah. DENOMINASI gak menyelamatkan tetapi IMAN PERCAYA itu yg menyelamatkan…makanya kata Yohanes 3 itu BETUL lho Mbah… supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.[/i]…Berkat Rohani dari Sorga !!! Paham Mbah ?? :coolsmiley: :happy0062: :happy0025:

Memang benar, yang lebih jelas untuk berkat keselamatan saat ini sementara Allah telah menyisihkan Israel berpindah kepada bangsa bukan Yahudi untuk berkat dimasa kini, tetapi benar juga bahwa setiap pribadi, yang mau datang kepada Kristus entah orang Yahudi atau bukan, dapat diselamatkan dengan datang kepada Kristus. Paulus juga berbicara berbahasa iman seperti apa yang dikatakan Yohanes diatas adalah pesan keselamatan, "Tetapi apakah katanya? ini: Roma 10:8 Tetapi apakah katanya? Ini: “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Itulah firman iman, yang kami beritakan.
10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. 10:11 Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.

Injil tidak hanya terbuka bagi semua orang, tetapi baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi, dapat diselamatkan dengan cara yang sama, “Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya. Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan” (Roma 10:12-13).

Disini ada pengulangan dari kebenaran yang juga diperluaskan dalam Roma 9:33 bahwa setiap pribadi yang percaya kepada Allah, baik Yahudi maupun bukan Yahudi, dapat diselamatkan, oleh karena itu, walaupun Israel sebagai satu bangsa untuk sementara dikesampingkan, dan perkembangan program nubuat yang digariskan dalam Perjanjian Lama sudah berhenti, namun orang Yahudi secara pribadi masih dapat diselamatkan dengan cara yang persis sama dengan orang bukan Yahudi…Oleh karena itu tidak ada perbedaan Yahudi, non Yahudi, Katolik dan non Katolik, sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Sebagaimana orang Yahudi menolak Injil sama juga menolak Kristus maka dijauhkan berkat keselamatan dari mereka dan cara yang sama katolik maupun non katolik menolak INJIL maka tidak dapat menerima keselamatan kekal yang akan datang. Amin…

aku bingung dengan kalimat yg ini, :smiley:

BETUL

Tetapi kata “percaya” bukan seperti gambaran kita saat kita “percaya” bahwa sepatu jika kita lempar keatas akan jatuh kebawah kemudian karena gaya gravitasi bumi. “Percaya” yang dimaksudkan dijelaskansebagai berikut:

Perhatikan penuturan Yakobus berikut ini, “Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setan pun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.” Setan percaya dan mereka gemetar, kita pecaya juga tetapi tidak gemetar, bahkan santai saja berbuat dosa. Ayat diatasnya disebutkan demikian, “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.”

Saat kita percaya adanya gaya gravitasi, kita disuruh melompat dari jurang tentu kita tidak mau, sebab kita percaya akan jatuh kebawah karena gaya gravitasi dan mati. Itu gambaran percaya dan ada perbuatannya. Tetapi iblis juga percaya dan gemetar kepada Allah, tetapi Iblis tidak diselamatkan.

Keselamatan bukan hanya sekedar percaya dan ada perbuatan yang lahir dari apa yang kita percayai, tetapi keselamatan adalah soal anugerah, jika sulit memahami dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (anugerah) coba kita ganti dengan kalimat; keselamatan itu adalah pemberian.

Karena itu dikatakan tiga hal ini,

  1. Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: (Efesus 2:8)

  2. banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya. Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, (Yohanes 2:24)

  3. Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. (Yohanes 6:44 lihat juga ayat 65)

Keselamatan adalah pemberian dari Bapa kepada manusia sesuai dengan kehendakNya, bukan usaha kita untuk mempercayai sesuatu dan bertindak dengan tindakan tertentu yang kita sendiri simpulkan adalah perbuatan orang percaya. Tetapi keselamatan itu adalah pemberian, diberikan kepada orang-orang yang dikehendaki oleh Allah untuk diselamatkan. Memang Allah mengasihi manusia, tetapi tidak semua manusia Ia akan selamatkan. Tidak juga orang-orang munafik, tidak juga orang yang hafal Alkitab, pandai berdebat dan rajin menjaga hari dan upacara suci. Apalagi orang-orang yang hatinya jahat dan memutuskan untuk mengikuti kesesatan dan menyesatkan orang lain.

Ini hanyalah pikiran yang konyol karena sejak PL sudah banyak orang beriman bahkan Abraham adalah Bapa orang beriman.

Shalom

Awal mula, sebelum manusia mengenal Alkitab, dia menjadi Kristen karena ayat : Yohanes 3: 16.
Yoh. 3; 16.
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Misalnya kita akan memberitakan kabar gembira ini kepada orang yang belum mengenal Yesus, jadi mereka belum pernah membaca Alkitab.
Biasanya metode yang kita pakai , pertama-tama ialah menyebutkan ayat Yohanes 3: 16.

Tentu saja kita belum bisa berbicara masalah lahir baru, buah-buah Roh dsb.

hanya masalahnya ketika TUHAN YESUS mengajarkan dan menunjukkan bahwa jalan yang lurus itu ke surga namun manusia2 yang katanya percaya kok malah belok yahhh…??? maksudnya harus dijelaskan lagi arti dari percaya…

Betul, betul sekali.

Percaya adalah sikap hati dan pikiran secara pasip.
Secara pasip, artinya tidak melakukan sesuatu.

Percaya saja tidak cukup, harus dijabarkan dengan melangkah, sesuai petunjuk Tuhan Yesus.

ya begitulah brooo bedanya percaya menurut TUHAN dan percaya menurut manusia… secara logika jika TUHAN menunjukkan jalan yanng lurus pasti ke surga seharusnya ga usah diajarin lagi juga kita mengikuti kan jalan itu agar bisa sama seperti TUHAN YESUS sampe ke surga… hanya manusia tuh suka kreatif dalam berpikir, ini dikarenakan keegoisan masih menguasai diri… jadinya asal percaya TUHAN YESUS juru selamat dah pasti ke surga dahh karena ayat berikut bla… blaa… blaaa… dalih pembenaran diri… sehingga mereka diam dan pasif bahkan perbuatannya sehari2 malah menyimpang dari jalan yang lurus tersebut… untuk itu haruslah dijabarkan lagi apa saja yang harus dilakukan agar tidak belok2 lagi jalannya… namun siap2 aja pasti aja ada yang kreatif lagi…^^ wajarrr2… namanya juga keduniawian… heheheh…

Kalau MENOLAK INJIL…keknya namanya PERLU DIGANTI… menjadi Non Kristen = Orang2 yg akan BINASA !Yg LEBIH REPOT lagi…karena yg DULU pernah tahu IMAN KRISTIANI lalu MURTAD…kata Alkitab…maka TAK ADA LAGI Sarana yg akan memberikan KESELAMATAN kepadanya sebab mereka telah MENOLAK dan MENGHUJAT ROH KUDUS sehingga ROH KUDUS KELUAR dari hati mereka ,…hILANG deh Meterai Legalisasi sebagai anak anak Allah meelainkan beralih jadi anak anak Iblis yg bakalan NGENDON KEKAL di NERAKA ngikutin Bapanya yaitu IBLIS !

tergantung seberapa percaya loe sob…loe percaya gua yakin itu jadi dalam diri loe…alo bimbang ya DL ,xixixixixi

Terkadang Tuhan sulit dimengerti, karna perbuatan Nya tidak dpat dijawab oleh pikiran manusia, namun iman kitalah yg dpat menyelamatkan kita

WOW suatu penafsiran dan pemutar balikkan yg CERDIK untuk membelokkan MAKNA Firman Tuhan dari maksud yg SEBENARNYA…

A. PERCAYA terhadap Ilmu Dunia kek Gravitasi mah beda atuh dengan Percaya yg dimaksud dalam Alkitab yg lebih Populer dengan kata IMAN.
IMAN dalam bahasa se hari2 yg sederhana adalah :

  • Percaya pada sesuatu yg TIDAK KELIHATAN.
  • Buah dari IMAN adalah suatu SAAT NANTI (bukan SEKARANG) , ia akan melihat apa yg dia PERCAYAI itu !
    Kalau Gravitasi mah gak pakai NANTI, sekarang juga bisa elo LIHAT , kok ! Gak Percaya ? Elo LONCAt aja dari Kursi dengan Jidat elo duluan nyungsep kebawah…kalau gak BENJOL itu jidat akibat Gravitasi yg langsung SAAT INI juga elo bisa buktikan…Iris tu Kuping Kodok !

B. Kalau nelihat Ocehan elo diatas…rupanya Elo cuma mengenal Tuhan hanya sebatas Allah yg TIDAK ADIL, sebab Tuhan yg elo Kenal itu cuma MILIH2 sih , siapa2 yg Tuhan akan selamatkan…itu namanya Pemahaman Mr SONTOLOYO, bro !
Tiga HAL yg elo kemukakan diatas…adalah suatu PENYESATAN dari Maksud Allah dalam Firman-Nya…
Point 1 :
Emang betul Keselamatan itu adalah PEMBERIAN yg SEMPURNA “Perfect Gift” dengan maksud… se hebat2 nya manusia gak ada yg bisa lolos dari Kutuk Dosa Asal yg adalah MAUT itu kalau Allahku gak sediakan Maha Karya Penebusan Allah ! Itu maksudnya , Bro ! :mad0261: :coolsmiley: :happy0062:
Bersambung …

muup dikutip…bukan iman kita yg menyelamakan kita tapi KARENA YESUS…cz

Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang
datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Yohanes 14:6

Sambungan …

Point 2 :
Yg Tuhan Yesusku pertanyakan adalah elo orang PERCAYA Yesus, Allah Juruselamatku itu sebagai APA…apa cuma SEBATAS sebagai Pemuka Agama, Nabi, Ahli Filosofi, Tabib ajaib, dll ? Yg diingini Bapaku adalah kita semua harus MUTLAK percaya bahwa Yesusku itu adalah Allah yg turun kedunia untuk menyediakan dan melunasi Janji-Nya sejak di Taman Eden menyediakan Jalan Pulang satu2nya kembali ke Rumah Bapa yaitu Maha Karya Penebusan Allah melaui Pnyaliban Anak Domba Allah (Kejadian 3 : 15 )…PERCAYA bahwa Yesusku itu karena adalah Allah maka Ia adalah TUHAN bukan sekedar percayanya orang2 dunia … percaya tingkat rendahan value mutunya !

Point 3 :
Kalau elo SALAH TAFSIR maka elo secara TIDAK SADAR mengurangi NILAI dari arti Allah itu MAHA ADIL kalau melakukan MILIH2 pada manusia mana yg akan diselamatkan-Nya ! Itu Penafsiran SONTOLOYO, Bro ! Yang Bapaku lakukan adalah bentuknya suatu PERJANJIAN…elo tahu apa dibalik kata PERJANJIAN ? Ada 2 Pihak yg TERLIBAT dan saling me RESPONSE !
Bapaku menyediakan KESELAMATAN itu yg TERIKAT didalam PERJANJIAN yg dibuat-Nya ! Elo mau masuk ke Rumah Bapaku…ya elo IKUTIN dong aturan2 yg dibuat dalam PERJANJIAN-Nya yaitu KUDU mengimani Maha Karya Penebusan-Nya ! Elo ikuti, elo akan dapat Meterai dari Sorga yaitu Roh Kudus, maka elo SAH dan LEGAL jadi anak anak Allah dan Pewaris Kerajaan Allah !
Kalau kek PEMAHAMAN SONTOLOYO yg elo sajikan itu…gak sejalan dengan yg namanya PERJANJIAN (ada 2 Pihak yg berperan aktif) tetapi model kek gitu namaya PENUNJUKKAN (CUKUP 1 Peran OTORITER yg Aktif) …TUHAN yg aku kenal mah gak kek begitu !!! Ia adalah Bapa yg BAIK yg dengan SABAR menantikan anak2-Nya yg HILANG untuk kembali ke Rumah-Nya…elo bisa apa enggak mengartikan apa maksud Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam Yeremia 31 : 31 - 34 ?:cheesy: :mad0261: :coolsmiley:ry ya , sikap gue’ERAS dan
Semoga aja deh elo gak dipakai Iblis lalu tanpa sadar malahan elo jadi MUNAFIk yg …hafal Alkitab, pandai berdebat dan rajin menjaga hari dan upacara suci… TIDAK MEMAHAMI Makna Firman Tuhan malah elo putar balikkan semau elo, Bro ! Sorry ya sikap gue’ KERAS dan TEGAS kalau ada yg mau me NYESAT kan sdr/i se IMAn di FK ini ! :coolsmiley: :happy0062:

emm ane setuju… cuman bisa jelaskan ga percaya mutlak dihadapan TUHAN itu seperti apa??

IMAN yg dituntut dari orang2 yg HIDUP di Zaman PL…gak SETINGGI IMAN kita2 yg HIDUP di Zaman PB…yg TELAH MELIHAT Janji Bapaku itu sudah DIGENAPI tetapi malah MENOLAKNYA ! Nah kewajiban kita, Orang2 Beriman KUDU menjelaskannya… Kita diharapkan mempunyai Kepenuhan dalam pengetahuan mengenal Allah setara dengan pengenalan Tuhan Yesus akan Allah Bapa !

Efesus 1 :
17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.
18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus,
19 dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya,
20 yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga,

Jadi INGAT2 saja…gak ada tuh … Orang Percaya yg GAK di SELAMAT kan…apalagi sudah di ADOPSI jadi anak anak Allah, Pewaris Kerajaan Allah…
Sering banyak Penafsir SESAT tidak memamahami kalau sudah di SAH kan dengan Roh Kudus jadi Warga Kerajaan Allah…ya artinya BUKAN Penghuni Neraka…nah soal kedudukannya di Kerajaan Bapa… ya tergantung aktifitasnya saja di dunia di Ladang Tuhan saat ia masih hidup…sebab IA akan memberikan Reward dan {enghargaan berupa Mahkota2 bagi yg AKTIF mencari Jiwa2 Baru bagi-Nya !

Sebenarnya GAMPANG Bro…kamu baca ISI dari Hukum Kasih yg Pertama dan tampilkan disini, entar aye’ bantu deh apa maksud dari… percaya mutlak dihadapan TUHAN itu seperti apa?? OK, aye tunggu Bro !

emank kasih ada hukumnya ya >>>??? ane gk yau tuh setau ane kasih itu gk ada hukum yg ada hukum taurat cz yg ane tau kasih itu secara dunia ajj gk berbanding lurus dengan hukum broo…jadi maksudnya kalo udah ada kasih berarti gk ada hukuman donk…

btw share dunn dimana tertulis hukum dari kasih…ane mw tau