Bibliolatri a.k.a penyembahan kepada Alkitab

bib·li·ol·a·try n.

  1. Excessive adherence to a literal interpretation of the Bible.
  2. Extreme devotion to or concern with books.

bibliolatry [ˌbɪblɪˈɒlətrɪ] n.

  1. (Christian Religious Writings / Theology) excessive devotion to or reliance on the Bible
  2. extreme fondness for books

-latry

Pronunciation: /lətri/

combining Form

denoting worship of a specified thing: idolatry

Origin: from Greek -latria ‘worship’

wor·ship (wûrshp) n.
1.
a. The reverent love and devotion accorded a deity, an idol, or a sacred object.
b. The ceremonies, prayers, or other religious forms by which this love is expressed.
2. Ardent devotion; adoration.

v.tr.

  1. To honor and love as a deity.
    2. To regard with ardent or adoring esteem or devotion. See Synonyms at revere1.

v.intr.

  1. To participate in religious rites of worship.
  2. To perform an act of worship.

Historic Christianity has never endorsed worship of the Bible itself, as worship is explicitly reserved only for God. That is to say, Christians consider the Bible as a kind of signpost which points to God, rather than considering the Bible, as a book, itself as valuable as God himself. Some Christians believe that biblical authority is derived from God as the inspiration behind the text, not the text itself [5]. So the term is not a reference to an actual belief, but is often used as a pejorative term to negatively label perceived practices of theological opponents. The groups to whom the term is most often applied are Protestants of a fundamentalist and evangelical background who hold to Biblical inerrancy and Scripture as the only divine authority.

Disputes exist as to whether the King James Only movement is or is not a form of bibliolatry.


Kekristenan Historis tidak pernah mendukung penyembahan atas Alkitab itu sendiri, karena penyembahan secara eksplisit hanya ditujukan kepada Tuhan. Artinya, orang Kristen menganggap Alkitab sebagai semacam rambu yang menunjuk kepada Allah, daripada menganggap Alkitab itu sendiri, sebagai sebuah kitab, sama bernilainya seperti Allah. Sebagian orang Kristen percaya bahwa otoritas Alkitab berasal dari Allah sebagai inspirasi di balik teks, bukan teks itu sendiri [5]. Jadi istilah ini tidak merujuk kepada suatu keyakinan yang sebenarnya, tetapi sering dipakai istilah yang merendahkan untuk melabel secara negatif praktek-praktek yang dipahami oleh lawan teologis. Kelompok-kelompok yang paling sering dirujuk melalui istilah ini adalah yang berlatar belakang Protestan fundamentalis dan Injili yang berpegang pada ketidaksalahan Alkitab dan Alkitab sebagai satu-satunya otoritas ilahi.

Apakah gerakan “King James only” bisa dimasukkan kedalam bentuk bibliolatri atau tidak masih menjadi perdebatan hingga kini.

Jika Mamon bisa disembah secara tidak kasat mata, mengapa Alkitab tidak?

Menyembah Alkitab? Sepanjang bisa menuduh Katolik dengan alasan tidak tercatat dalam Alkitab, maka mereka semua menyembah Alkitab!

yg saya bold: seolah-olah buku kitab suci itu hidup dan bisa berbuat apa saja, ber otoritas bagai raja… punya segala kekuatan, (padahal buku yg paling sering diplintir, dan diperkosa itu ya kitabsuci :D)

apakah hanya kurang tepat berbahasa ataukah memang secara tak sadar menjadi bibliotaria? karena tidak ada orang yg secara sadar dan sengaja, bahkan sampai mengaku telah menyembah alkitab.

wah ini lucu banget ;D

ajaran kalau roh ilahi terdapat dalam benda2 relikwi gereja itu ajaran Paus dalam Katolik.

Kalau umat non katolik memandang benda2 dalam gereja termaksud Alkitab tidak seperti yang diajarkan pada umat Katolik.

;D

ada juga yg lebih lucu dari anda ya bro…? ;D

yg ptg benda2 itu tidak bisa menghakimi saya… ;D

Sulit bro, bagi mereka yang sola scripturist, kadang lebih menuhankan Alkitab dibanding Tuhan sendiri. Tuhan berfirman tetapi tidak tertulis di Alkitab pun, tetap dianggap tidak berotoritas.

Itulah kalau terpaku hanya pada sederet tulisan saja.

Syalom

saya tau kamu cuma pura2 tolol atau tolol betulan?

Maksudnya Firman Tuhan tidak bisa menghakimi atau buku Alkitab tidak bisa menghakimi?

Tapi saya bisa ngerti kok keadaan kamu krn ajaran yg anda anut adalah Paus pemegang kunci sorga yang bisa mengampuni dan menyelamatkan manusia.

Tentu maksud ajaran katolik adalah hanya Paus yg bisa menghakimi dan memberi indulgensi kan?

ajaran kalau roh ilahi terdapat dalam benda2 relikwi gereja itu ajaran Paus dalam Katolik.

Kalau umat non katolik memandang benda2 dalam gereja termaksud Alkitab tidak seperti yang diajarkan pada umat Katolik.

Non Katolik tidak menuhankan benda2 seperti buku Alkitab.

Syalom

;D
to*** betulan… bro…!

dan ternyata ada yg lebih To*** dari kamu ya bro? ;D

lho ya dilihat yg saya bold itu…:smiley:

Wahyu 20:12 itu kitab kehidupan, bukan penyembahan pada benda2 jimat bro

Kalau mau lebih pas dari Wahyu 13 dan 14 dibawah ini bro Roderick

Wahyu

13:12 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

14: 8 Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya.”

14:9 Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,

14:10 maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.

14:11 Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya.

(12) Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka(dikenai kata kerja) semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

yg menghakimi kan yang membuka kitab bro? dihakimi menurut apa yg tertulis dalam kitab2 itu.

tetep saja hakimnya bukan kitab… tapi dihakimi menggunakan/menurut kitab2…

makanya saya masih membuka peluang siapa tau hanya salah tulis/berbahasa saja… :smiley:

nah itu sudah tau kan?

Jadi Alkitab sebagai benda/ buku memang tidak bisa menghakimi anda bro, kecuali ada yg melempari anda pake buku Alkitab ;D

Sedang penyembahan benda2 dan ajaran sesuatu yg ilahi hadir pada benda2 jimat atau relikwi adalah ajaran Gereja Katolik.

Non katolik tidak menyembah benda/ buku alkitab seperti tuduhan anda.

lha ya kan saya mengomentari/mengkritisi orang yg ngomong “dihakimi oleh kitabsuci”

kitabsuci kan buku? mosok dihakimi buku?? nah itu non katolik, bibliotaria tuh??

wah masbro nih kelewat pinter kalau mencerna tulisan ;D

sudah sarapan belum? biasakan sarap- an, supaya pencernaannya sehat… ;D

akoor gan protestan sola scripturalis otaknya udah buntu,bukan bidat si cuma sesat, penyembah alkitab tukang fitnah berhati busuk gan,ada gan temen ane kharismatek klo mo baca kitab suci ,minta petunjuk tuhan gan,kekkkk,ane tanya gan katanya biarlah tuhan langsung bicara melalui firmannya,kekkkkkk ada ada aja gan dasar protestan dodol :char11:

Syallom Xara, boleh tanya sampeyan sendiri kalau baca Alkitab tidak berdoa dulu yah, memangnya sampeyan tidak percaya kalau Tuhan Yesus bisa bicara melalui Alkitab?? :ashamed0004:

I Petrus 3 : 15 :… , tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,

:slight_smile:

tetep… :slight_smile:

iya nih lucu juga. Dimana2 yang bisa menghakimi ya Hakim. Hakim membaca kitab (berbagai macam kitab), melihat realitas, lalu menghakimi.

KUHP, KUHPerdata, Undang2, semua adlah kitab, tapi tidak bisa apa-apa tanpa adanya pengadilan yang “hidup”.
Kalau ada gereja/pendeta yg bisa menghakimi jemaat setelah baca Alkitab, ya tetap saja hakimnya si pendeta atau atas nama gereja.

Salam semua

Mungkin overinterpretasi dan overdevosi, atau juga bib·li·ol·a·try dipengaruhi oleh kepercayaan seperti Muslim, yang memperlakukan Kitab mereka begitu khidmat dan Suci,

Spekulasi saja,

Alkitab bukanlah kitab Sakti, melainkan dokumen yang kebenarannya sangat dapat diandalkan, berguna, dan membangun

Gak tahu apa maksud nya sih TS membuat Trit ini? kehabisan ide? ada2 saja :slight_smile:
Anda mau menghina & membakar Alkitab? silakan, gak akan ada yg marah tuh ;D
GBU Bro