Bingung. Apa yang sebenarnya terjadi.?

Saya mempunyai dua orang sepupu.
Dua-duanya cewe.
Dua-duanya aktif mengikuti kegiatan di gereja.
Dua-duanya pandai berdoa.
Dua-duanya pandai berkotbah.
Dua-duanya cantik.
Dua-duanya hamil diluar nikah.
Dua-duanya menikah.
Dua-duanya pindah agama.
Salah satunya pernah merantau sampai ketanah batak.
Pulang-pulang kekampung halaman sudah berubah logatnya seperti logatnya orang batak. Pernah menginjili saya.

Sebenarnya, apa yang terjadi dengan sepupu saya.? Mengapa mereka berubah? Apakah mereka mengalami krisman ( krisis Iman?). Hamil diluar nikah hingga berakhir pernikahan dan agama dikorbankan apakah itu keputusan yang sudah tepat.? Dan jika harus memilih, keputusan seperti apa yang sebenarnya yang sangat bijak untuk di ambil jika andaikata kita mengalami hal seperti sepupu saya alami?

  1. Menikah dan mengorbangkan agama.?
  2. Aborsi
  3. Atau tidak menikah juga tidak aborsi?

Benar-benar bingung. Diatas dasar apa sih kedua sepupu saya membangun Imanya?

Saya selalu tak enak hati kalau ketemu sama mereka…
Mau bicara ini itu tak sebebas dulu lagi. takut menyinggung perasaan mereka.
Pengetahuan saya tentang alkitab masih sangat minim sekali. Mau bertanya ini itu sama yang sudah senior malah sudah keluar jalur. masih mending kalau cuman keluar jalur ini sih keluar jalur plus tabrakkan sama saya. kalau bicara masalah FT ya tidak nyambung lagi.

Benar-benar tidak dapat dimengerti sekali mengapa bisa terjadi seperti itu.
Kenapa hanya sekali gebrak saja imannya langsung runtuh seperti itu. Apa sih yang ada dalam pikiran mereka…hemmmmmmm…sangat sulit sekali untuk di selami
Apakah ini suatu musibah? Kecelakaan karena tidak melihat lampu merah?

Bagaimanakah kita mesti harus bersikap?
Menerimanya?
Atau menolaknya dan tidak mengakuinya sebagai sepupunya lagi?

Akhir kata
Saya tidak punya sulosi untuk yang satu ini. Terlalu rumit.
Saya benar-benar bingung dibuatnya.

Berdoa? Tentu saya selalu berdoa agar mereka kembali percaya bahwa hanya Tuhan Yesuslah satu-satu Juruslamat slamat dunia.

Tolong Sharenya
Barangkali Teman FKers punya pengalaman sepupunya pindah agama. Dan penyebabnya adalah seperti kisah/uraian saya diatas.

@lomeru

kita tidak bisa berbuat apa2 atas keputusan sesorang
yang masih bisa kita lakukan adalah berdoa buat mereka2

ada banyak sebenarnya spt itu dimana hanya dengan sesuatu hal, mereka menjual hak kesulungan mereka kpd yang lain

dan itu adalah kehendak bebas dari manusia itu sendiri yang tidak bisa kita apa2 in lagi

saya pernah juga juga melihat teman saya sepelayanan dulu yang menyebrang agama hanya karena materti dan seorang perempuan
tapi untungnya memang akhirnya dia kembali kpd Tuhan, setelah dengan sabar saya terus menjalin pertemanan dengannya karena kami memang sama2 kuliah di PT yang sama

jadikan sj itu menjadi peringatan atas kita, bahwa jangan pernah mau meninggalkan Tuhan Yesus hanya karena hal2 demikian

Tuhan Yesus memberkati :slight_smile:

Bro Murukh

Saya hanya tidak bisa percaya mengapa begitu mudahnya mereka berubah…
Mereka jadikan alasan sudah terlanjur mengambil jalan pintas dan keyakinannya dikorbankan…sebegitu hebatkah tekanan dunia ini menghimpit mereka…
Tidak ingatkah dengan apa yang mereka ucapkan ketika mereka mejandi pengikut Tuhan Yesus. Dimana iman mereka. Masakan hanya oleh satu persoalan saja lansung tergelincir kesimpang jalan.

Saya bandingkan dengan diri saya, kegereja saja malasnya minta ampun.
berdoa juga tidak pernah nyambung, kalimatnya kesana kemari.
Kothbah juga tidak bisa. mungkin saya yang terlalu bodoh, atau dibodohi oleh mereka. :mad0261: cuma jalan-jalan disitu-situ saja. cendrung mudur.

Cuma kalau nyampe berbalik arah, saya katakan NOT.

Impossible.

Saya salut dengan artis Shiella Marcia :coolsmiley:

Oh iya ya…Shiella Marcia dikabarkan hamil diluar nikah ya…?
Salut juga…
Tapi bagaimana ya akhirnya nanti.
tentu berat perjuangannya.
Membesarkan anaknya dengan tampa seorang pendamping hidup.

Cobaan yang kita hadapi tentu ada maksud dan tujuannya.
Kesenangan dunia hanya sementara. sukacita dan damai sejahtera yang Tuhan
Yesus berikan kepada kita kekal adanya.

Krn bingung apa yang harus dilakukan … nasi sudah menjadi bubur

1. Menikah dan mengorbangkan agama.? 2. Aborsi 3. Atau tidak menikah juga tidak aborsi?

Yang ke -3 pilihan yang paling baik…yi dengan menerima keadaan yang telah ditaburnya.
berat… memang :mad0261:

Benar-benar tidak dapat dimengerti sekali mengapa bisa terjadi seperti itu. Kenapa hanya sekali gebrak saja imannya langsung runtuh seperti itu. Apa sih yang ada dalam pikiran mereka...hemmmmmmm...sangat sulit sekali untuk di selami Apakah ini suatu musibah? Kecelakaan karena tidak melihat lampu merah?

Bisa jadi…
atau sudah tau lampunya merah … ttp ngga tau kalo harus berhenti (buta warna) :smiley:

Bagaimanakah kita mesti harus bersikap? Menerimanya? Atau menolaknya dan tidak mengakuinya sebagai sepupunya lagi?

Akhir kata
Saya tidak punya sulosi untuk yang satu ini. Terlalu rumit.
Saya benar-benar bingung dibuatnya.

Kalo sungkan mengingatkan mereka dengan muka ketemu muka…
selain di doakan …SMS-lah … bukan ngga dibuka uusan dia dengan Tuhan.

good… :afro:

saya percaya Roh Kudus akan memampukan kita ketika kita mempunyai komitmen

disitulah sebenarnya kehendak manusia itu ada sebelum dan sesudah menerima Tuhan Yesus
jika kehendak kita menurut kepada kehendak Tuhan yaitu Firman-Nya maka kita akan tetap bertahan

tapi jika kehendak kita maunya lain, Tuhan tidak bisa memaksa, karena Tuhan tidak menjadikan kita robot tapi segambar dengan Dia dimana kita mempunyai kehendak juga

contoh bahwa kehendak manusia tidak bisa dipaksa Tuhan : kill yourself, pasti Tuhan tidak bisa berbuat apa2, contoh lain anak yang digugurkan itu kehendak siapa, bukankah kehendak manusianya terlepas dia belum/sudah mengenal Tuhan Yesus

klo kita bertanya apakah mereka ( sepupumu ) sudah selamat sebelumnya?
saya yakin sudah
hanya banyak yang terpanggil sedikit yang terpilih, dan dari yang terpilih itu juga sedikit yang setia

jadi siapa yang bertahan sampai akhirnya Dia lah yang memperoleh keselamatan tsb

so ada FT

Flp 2:12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,

Tuhan Yesus memberkati… :slight_smile:

Masa sih tidak bisa berpikir secara jernih…lha dulunya tiap hari penggang alkitab , kothbat kok bisa mentok sih pikirannya.

Sedikit orang yang memilih no 3…karena cobaan dan rintangan bakal di hadapinya
Kebanyakkan yang no.1

Hehehe sudah kubilang berkali-kali carilah pacar yang seiman, jangan suka pacaran ditempat gelap karena semuanya tidak kelihatan merah atau hijaunya
Saya juga tidak habis pikir kemana sih polisi polantasnya…kok tidak di tilang…
peran orangtua terhadap anaknya terlalu melempem. anak perempuan semata wayang malah dibiarkan keluyuran malam-malam.

Tapi saya pikir lucu banget lho Sis/bu alice…
Masa saya yang jadi negur dia sekarang…
wong saya itu jalannya saja sudah jatuh bangun loh
apa saya ini masih ada gunanya buat mereka.
sebenarnya saya yang butuh bimbingan, bukan mereka.

Bro Murukh

kenapa ya bro murukh hati orang beda dengan yang diucapkannya? Saya pribadi sudah banyak memberikan posting di FK ini. Sudah saya beberkan baik buruknya keadaan saya berdasarkan realita kehidupan yang saya alami. saya merasa buat apa saya menyembunyikan keburukkan saya. seperti orang yang kuat padahal hati saya lemah. saya berjalan dengan terpincang-pincang. kadang oleng kekiri ataupun kekanan. tapi tidak satupun kurasa yang dapat merubah keyakinan saya. pengharapan saya hanya kepada Tuhan Yesus. Tapi kalau seperti kasus yang diatas rasanya sangat sulit sekali untuk diterima. Saya mengasihi orang terdekat saya. saling berbagi dengan kerabat dekat adalah suatu sukacita tersendiri buat saya. tapi sekarang saya mersa kecewa dengan ulah dan keputusan yang mereka ambil. Sepertinya mereka lebih memilih hidup senang didunia daripada hidup susah didunia.

Lomeru,

Pindah agama ke agama sepupu ya?
Kalau iya, gini…
Saia pernah baca (lupa di mana dan ini bukan hoax), bahwa mereka mempunyai strategi untuk sebisa mungkin memacari cewe Kristen, mengejar mereka sampai mereka jatuh cinta, dihamili dulu supaya mereka mau nikah, dan akhirnya dipaksa pindah agama.
Itu salah satu strategi mereka yang banyak kali tidak disadari oleh anak2 Tuhan, terutama cewe.

Saia juga kenal satu temen yang asalnya adalah seorang pendoa syafaat di gereja.
Dia kehilangan figur ayah saat masih kecil, bahkan ayah tirinya juga sering melecehkan dia.
Ketika ada seorang pria dari agama lain mencintai dia setulus hati, dia menerimanya.
Dihamili dulu, trus akhirnya terpaksa nikah dan dia tidak boleh lagi beribadah.

Usaha apapun dilakukan utk menolong dia, but to no avail.
Jadi, utk sepupu Lomeru, kita hanya bisa berdoa buat mereka.

Salam
Pieq

@lomeru

memang mereka pindah agama apa kalau boleh tahu bro…?

Itu lho bro, yang diatasnya ada bulan bintangnya.

ow… itu…

Bagaimanakah kita mesti harus bersikap? Menerimanya? Atau menolaknya dan tidak mengakuinya sebagai sepupunya lagi?

menurut saya, terima saja.
soal menginjili, jangan,… sebab jika ingin jadi nabi jangan di tempat tinggal :smiley:
(Yesus aja ditolak oleh saudara2Nya)

lalu bagaimana?
bersikaplah baik, tunjukkan kasih kepada mereka,
masa orang kristen kalah dengan bulan bintang (emang partai ;D )

injil tidak selalu harus “diucapkan”, nanti kalau mereka terasa… mereka akan bertanya sendiri… (kan mereka juga bekas kristen )

nah waktu itulah Injil tersebut diberitakan :smiley:

Ingat doakan mereka selalu (ketekunan dan kasih) yach… doa tengah malem sebelum tidur

percayalah doa itu adalah kekuatan kristiani… dan Tuhan sudah berjanji
(kalau meminta dengan terus-menerus, masa Bapa di surga membiarkan)

salam :happy0025:

Aku kok malah tidak melihat postnya Sis Piepieq Tjhoa tadi
Malah bro liberty yang post sedikit yang saya lihat…
Kacau nih mata saya…
Kok bisa nyampe serem begitu…?
kurasa itu sih bukan cinta namanya tapi tuntutan agamanya…
teganya orang seperti itu ya…dimana sih rasa kemanusiaannya…
masa kita ini disamakan dengan hewan dan binatang yang tidak punya aturan.

Haduh sebenarnya saya tidak terlalu
bisa bhs inggris
Kalau ada pun postingan saya yg berbhs inggris
tentunya saya transtle dulu di google…

Ga papa hehe…

Iya, kalau melihat kasus sepupu Lomeru, sptnya itulah yang mrk lakukan.
Target mereka memang anak Tuhan yang sungguh2.
Saia tidak tahu alasan mereka, mungkin saja karena anak Tuhan yang sungguh2 bisa membahayakan mereka (?)

Aduh, sorry, itu tadi dikit kebablasan nulis… maaf.
maksudnya kami berusaha menolong dia utk balik lagi, tapi ga ada hasilnya.
Hanya bisa berdoa spy mrk balik.

Yg teman saia ini, skrg benar2 terhilang… :’( :’( :’( :’(

Memang sulit rasa menerima kenyataan orang terdekat kita serasa hilang dari kasih Tuhan. Saya sih bisa menerimanya tapi orang tuanya yang tidak mengakuinya sebagai anaknya lagi. bukankah itu tragis bukan.

Kalau perang dibumi atau perang dunia lain pun kita pasti menang bro liberty…

Heh…buru-buru mau berdoa untuk orang, buat diri sendiri saja tidak bisa heh…
Yah tapi tak apalah asal berdoalah yang penting tulus dang dengan kerendahan hati dihadapan Tuhan…

Aduh, kenapa orang tuanya tidak mengakui mereka sbg anak lagi :’( :’( :’(
Bukankah selalu ada kemungkinan mereka balik lagi?

Kalau terus ditolak begitu, takutnya mereka nanti benar2 terhilang karena tertolak, apalagi orangtua sendiri.
Hiks…
Lomeru, saranin dong ke ortunya untuk tetap membawa mrk dalam doa.
Takutnya dalam kehidupan RT mereka, mrk ada masalah, trus anaknya ga bisa lari ke siapa2.
huuuaaa… :’( :’( :’(

Jangan patah semangat dong, Lomeru… :happy0062:

Tidak tahulah sis. Memang orangtua mereka sangat taat akan agamanya
Seperti tertampar saja wajah mereka melihat musibah yang dialami oleh anak-anaknya.

He apalah daya seorang lomeru sis Piepieq Tjhoa.
Imannya juga hampir runtuh. tersandung berbagai problema kehidupan dunia yang keras ini.

Lomeru,

Saia jadi ingat kotbah yang saia dengar ttg KRISIS.
Dalam bahasa Mandarin, Krisis itu adalah 危机
Dibaca WEIJI (Indo: weici).
Wei = weixian = bahaya
Ji = jihui = kesempatan

Setiap kali kita mengalami krisis yang adalah bahaya, kita punya masalah, yang membuat kita marah, kecewa, frustrasi dst.; maka di saat yang sama kita mempunyai kesempatan untuk mengalami KEKUASAAN TUHAN.

Jadi kalau Lomeru sering mengalami problema (krisis/kemelut) dalam hidup, itu adalah kesempatan Tuhan membuktikan kekuasaannya dalam hidup kamu.
Krisis itu normal, utk pertumbuhan kita, jangan panik…

Ayub 23:10 - Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

1 Kor 10:13 - Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Semangat, semangat, semangat yaaaa…
(semoga saia tidak terkesan menggurui) :slight_smile:

Doa saia buat Lomeru dan sepupunya serta klg mereka.
Salam
Pieq

@lomeru

sangat membingunkan memang klo itu terjadi disekeliling kita, apalagi disaat kita juga merasa kritis

tapi saya percaya dengan semua kejadian yang bro alami, dan yang aku lihat dari hati bro yang begitu ingin menolong persoalan keluarga, saya percaya ada sesuatu yang Tuhan mau buat bro lomeru

saat2 spt itu adalah saat dimana kita menjadi orang yang sangat diperhatikan Tuhan
dimana dengan meningkatnya kejahatan maka anugerah Tuhan juga akan sangat melimpah untuk meneguhkan hati orang2 yang mau berserah kepada-Nya

jangan pernah lelah untuk menanti Tuhan dalam, dan jangan pernah kecewa atas segala kejadian2 yang sungguh tidak sesuai dengan hati kita

yesaya 40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

kami hanya bisa menuliskan kata2 untuk menghibur, tapi kami yakin bahwa Roh Kuduslah penghibur dan akan memampukan lomeru untuk tetap bertahan

buatlah kejadian diatas untuk mengerakkan @lomeru kuat di dalam Tuhan dan mempunyai beban bagi para mualaf

tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya

Tuhan Yesus memberkati… :slight_smile: