Bingung ini Pilihan Tuhan atau pilihan saya??

misi… gw bingung apakah langkah gw sesuai rencana dan pilihan Tuhan atau nga…
ini masalah kuliah saya.

gw skrg masuk di jurusan “Z” dan uda semester 5.

jadi awalnya, pas masi SMA, gw tes bakat & minat… sebelum tes tsbt gw berdoa blg: " Tuhan saya ga tau musti pilih jurusan apa… tolong Tuhan berikan jawabanMu sesuai hasil tes bakat & minat nanti"
akhirnya hasil tesnya kluar dan saya di anjurkan masuk jurusan “X”
tp gw mikir… jurusan “X” termasuk jurusan yang mahal,dan gw ga enk ma ortu klo masuk situ tar mahal.
dan akhirnya saya mutusin untuk masuk ke jurusan “Z”.
saat membeli form pendaftaran saya membeli dia form yaitu utk jurusan “Z” & jurusan “X”
dan akhirnya saya di terima di jurusan “Z” & “X”.
krn saya ga enk ma ortu akhirnya saya masuk ke jurusan “Z”

jujur, gw milih jurusan ini kyk pilih kacang… ga berpikir panjang.
ternyata saat mengikuti kuliah gw bner2 merasa kesulitan dan berat.
setiap semester hampir tidak membawa damai sejahtra. ternyata jurusan “Z” jurusan tersulit kata orang & dosen
tp walaupun berat gw tetep berusaha krn ga mau kecewain ortu.
akhirnya nilai gw pun tergolong bagus jujur itu semua berkat Tuhan.
tapi gw merasa ini bgtu berat skali setiap pulang kuliah slalu stress kebawa pikiran truz.

dan akhirnya sem 4 saya memilih peminatan. jujur gw ga tau musti pilih apa… karena semua peminatan tergolong sulit semua.
setelah hasil peminatan keluar saya di terima di peminatan yang bersubsidi orang2 khusus yg masuk ke peminatan ini
tp ternyata semua materi + ujian berbahasa ing gw ga terlalu bisa ing dan semua ny online komputer yang meriksa
waduu… cobaan apa lg TUhan. semester 5 ini bner2 terasa berat. belum lagi dosen pengajar yang jarang skali ngajarin materi.
ngajarin materi pun kyk ga niat cuma garis besar aja itu pun cuma 45 menit. dan waktu yang di kasi tiap pertemuan 3jam 30 menit sisanya cuma maen komputer.
otomatis gw blajar mandiri. semua tmen gw merasa kesulitan ud di sindir2 tp dosenny tetep gt.
apa yang dia ajarin sedikit skali yang kluar d kuis ataupun ujian.
semester 5 ini bner2 penentuan dimana saya lulus cepat atau tidak. ujian tgl 18,21 jan. dan mau dket ujian gini aja dosen nya malah raker, dateng telat, cuma duduk2.

gw merasa cape bgt slama kuliah ini, gw slalu brusaha sangat keras ya walaupun nilai saya bagus tiap semester tapi setiap semester saya selalu stress, merasa ga kuat, dan ga damai sejahtra.
gw pngen kuliah walaupun stres atau gimana tapi bawaanny brsuka cita, dan sesuai hobi jadi tidak terlalu di bawa stress.

gw bngung apakah jurusan “Z” dan peminatan saya yang gw alami saat ini bner2 pilihan Tuhan atau pilihan saya.
tiap malam gw mau nangis, slalu aja tiap semester ngalami hal seperti ini, bner2 ga kuat.

jujur saya lebih menyukati jurusan “X” karena memamg hobi saya dan saya sering memenangkan lomba" di bidang jurusan “X” ini. sedangkan jurusan “Z” bner2 bertolak belakang dan saya kurang tertarik dan tidak mempunyai basic apapun.
saya juga takut bagaimana tar skripsi saya. T-T
rasanya pengen berenti kuliah dan fokus pada hobi saya.

maaf kepanjangan… salam kenal ya… :afro:

Ribetnya… Jalanin aja dulu bro yg skrg, kan syg putus di tengah jalan. Dan ortu pasti akan kecewa.
Ini resiko yg harus km tanggung dan pertanggungjawabkan dr awal memilih.

Ambil sisi positifnya, kamu mempelajari hal yg baru di samping bakat (yg mgkn di jur x tsb) yg kamu miliki. Dan mungkin saja dari hal ini, Tuhan ingin kamu belajar mghadapi tantangan demi tantangan.
Yakinilah pasti ada hikmahnya, dripda kita bersungut-sungut, lbh baik brsyukur :slight_smile:

Semangat bro dan jgn lupa berdoa mohon bimbingan Tuhan, krna kamu tdk sendiri. Tuhan memberkati…

Tinggalkan sekarang kalau memang tidak sanggup. Lebih lama u bertahan lebih parah deritamu.

coba deh cerita ke ortu lu…
pasti deh ortu lu bakal ngasi keputusan yang tepat…
coba lu curhat ke someone yang lu percaya?

hmm…
you can do it bro…
jiayou buat ujian nya… :smiley: :afro:

Saran saya sih cobalah bicara apa adanya dengan orang tua.
Jangan sama orang tua sendiri merasa tidak enak… karena keputusan apapun juga nantinya orang tua terlibat, terutama dalam biaya kuliah kamu itu.

Berdoa dan serahkan semuanya pada Tuhan, jangan sampai kamu stress dan tertekan.
Semua pasti ada jalan keluarnya.
Semangat bro!

Salam

Tambahan lagi,

Bila ternyata orang tua kamu menyarankan kamu pindah ke jurusan X, cobalah juga membantu meringankan beban orang tua kamu dengan bekerja part time (cek kemungkinannya apa yg bisa kamu lakukan).

Dengan demikian beban keuangan orangtua juga bisa berkurang.
Bukan demikian, bro?
Tuhan memberkati!

iy se… tp gw kadang merasa ga kuat… stres sendir bro… gw bingung… apane semua jalan atas keputusan gw dari awal atau ne keputusan Tuhan? bagaimana kita tau ini jalan Tuhan atau ini jalan kita sendiri yg kita pilih?

kemungkinan bwt tinggalin susah bro… pasti ortu ga ijininkan…

iya sebelumnya ortu sempet blg bgtu… tp saya sempet blg dan bdoa… kalo semester dpn nilai saya meningkat brarti ini yang TUhan mau. dan semester lalu nilai saya meningkat.
tp sampai skrg saya bingung. sbnernya ini pilihan Tuhan ato semata cuma pilihan saya yang gegabah?
saya susah utk ngebedakan antara jalan Tuhan ato jalan yg gw pilih sendiri… T-T

thx all komenny ya… ^^ GBU

kenapa disensor sih jurusannya?? ga porno kan? :ashamed0004:

ga d sensor kok ga… Cuma pake inisial… Kwkwkw… Waaa… Klo porno itu laen lg… Kwkw

inisial apaan X-Z gitu… zzz

ad yg bisa ks tau ga gmana cara bedain pilihan Tuhan dengan pilihan ats kemuan kita sendiri?

kalo dulu q punya pergumulan tentang pasangan hidup…ne contoh untuk bedain aja :happy0025:, ada 2 co yg deket ma ku, kalo pinginku seh si A karena pinter, pendiam, aktif di gereja wes tipe aku banget tp ada si B bener2 bertolak belakang ma tipeku cuma menurut temen2 dia ga main2 ma aku alias serius…ak jd kepikiran…trus ak bingung mo pilih yg mana…akhirnya q ga pilih semua…hanya berdoa ma TUHAN…siapapun yg TUHAn pilihkan …dia yg akan bertahan di sekitarku…hehehe… :char11:
setelah lulus SMA ternyata si B tetap bertahan n setia menungguku sampai kita jadian meski dengan jarak yang jauh…dan sekarang jadi suamiku…menurutku itulah pilihan TUHAN…
INTINYA…

  1. berdoa n jalanin aja apa yang didepan loe
  2. lakukan jalan yg udah loe pilih sebaik yg loe mampu lakukan
  3. percaya TUHAN punya rencana yang indah buat hidup loe
    sori kalo muter2 ya… :ashamed0004:

mantepp… :slight_smile:
hmm… jd sbnernya kalo jalannya Tuhan tu kan ktnya damai sejahtra… jd klo gw slama ini ga damai sjahtra brarti gw milih jurusan “Z” itu ngikutin jalan gw sendiri gt?

Bro white_board,
Pernah dengar ga…
Tuhan tdk pernah kita untuk berhasil, tp usaha kita lah yg dihargai olehNya.

Dan saya pernah ntn acara Mario Teguh, ada kalimat yg saya petik dr sana… Begini:
hidup itu merupakan pilihan, di mana setiap pilihan memiliki tingkat resiko nya masing-masing.
kuncilah adalah keberanian. Berani mengambil pilihan. Berani mengambi resiko, dan brtanggungjwb atas pilihan tsb. Lakukan yg trbaik. Selanjutnya biar Tuhan yg bekerja…
Pilihan yg kurang mnyejahterakan akan dituntun oleh Tuhan, dan pilihan yg sudah cukup menyejahterakan akan dibimbing menuju yg lbh baik lg…
Tentunya jgn lupa berdoa…
Semoga membantu… :slight_smile:

yeeeep… thx ya…
gw brusaha sesemaksimal mungkin… dan sisany biar Tuhan yang bekerja =)
bos… ad ym ga? biar bs berbagi gt… heheehe

cb mau sdikit tulis2 disini…(maafkan ak yg awam ini jika pendapatku ga sejalan dng rekan2 dan bro white…ya)

berbicara tentang pilihan…
Ketika kita dihadapkan pd suatu pilihan…
Baik yg tjd di dlm hati maupun pilihan yg memang hrs dijwb ato diwujudkan…ketika kita memikirkannya dng hati dan perasaan,sinyal jawaban dikirim ke otak kita utk di baca,diolah…barulah jwbn yg dihasilkan dikirim ke mulut/bibir(jika hrs diucapkan scara lisan) ato dikirim ke tangan/kaki(jika hrs dinyatakan dng perbuatan).
Terlepas dr benar ato salahnya pilihan yg kita ambil…jika kita mau mengkaji lbh dlm…JADI DI STIAP KEPUTUSAN YG KITA AMBIL PASTI ADA CAMPUR TANGAN TUHAN…dan jika trnyata hasil dr kputusan yg kita ambil ga sesuai dng apa yg kita inginkan,be positive…dan yakinlah Tuhan pst pny rencana besar buat kita…Salam

smoga bs menjadi bhn renungan…
GBU,bro

bisa liat di profil…
Bro white n fay… Teruslah semangat, positive thinking, dan tetaplah berdoa minta petunjuk dr Tuhan… Walau kdang saya jg mengalami jatuh bangun, semua saudara d sini jg pasti begitu…
Tp dlm nama Tuhan kita pasti dikuatkan… :slight_smile:
pandangan-pandangan negatif cukuplah menjadi pemicu utk lbh baik… Tuhan memberkati selalu…

amien…

maap kalo boleh saran, langsung aja to the point jurusan z itu apa, dan jurusan x itu apa. Ini salah satu pertanyaan yang penting utk dijawab, karna curhat yang panjang kalo isinya dibikin seakan-akan misterius gak akan ketemu titik terangnya

ps: gak usah takut ya, kita-kita disini gak akan mengintai kamu kok hehe, cuma mau membantu

next kalo udah dijawab, aku bantu sebisanya :slight_smile:

hehehe… Misterius…
Z : computer engineering
X : dkv