Bisakah st*dycyle.org dipercaya?

Terkesan lebay memang, tapi akhir2 ini koq ada yang sedikit aneh.

St*dycycle.org mengaku Nasrani, padahal ada yang bilang Nasrani = bidat Kristen.

Jadi apa mereka benar2 bisa dipercaya?

Di dunia ini belum ada yang memiliki kebenaran mutlak.
Ada tulisan mereka yang benar, ada juga yang meragukan. Begitu pula pemikiran saya tidak semua benar, ada juga yang keliru.

Mengenai Nasrani, memang ada beberapa definisi. Ada Nasrani yang merupakan sekte Yahudi. Kalau tidak salah, dulu bro Cosmicboy sempat menulis juga tentang Nasrani sebagai “orang Kristen Israel yang masih terikat peraturan bangsa Yahudi”. Coba tanyakan langsung supaya lebih pasti.

Salam

Nah, st*dycycle.org ini menyatakan bahwa Nasrani berasal dari mazhab timur, sementara Kristen dari barat.

Anehnya, mereka malah percaya Alq***n??

Dalam buku:

Kompilasi Tulisan Rabbanim Kepatriakan Jemaat Yerusalem Semitik Kuno
Diterjemahkan oleh, Rabbi (Sh’mashadisha) Hotman Lumbantoruan
Jemaat Yerusalem di Indonesia
Kehilat Nasrani Nestorian Ortodoks +Mar Thoma Indonesia
Dibawah Kepatriakan Bunda Jemaat Yerusalem Kepemimpinan Kursi Mosha dan Tahta Suksesi
Rasuliah Rabban +Mar Ya’aqub Ha’Tzadik Akhi Yeshua

Mengenai Didache versi Nasrani, TUHAN YESUS mendirikan Nasrani berdasarkan:
22:8 Jawabku: Siapakah Engkau, Tuhan? Kata-Nya: Akulah YESUS, orang Nazaret, yang kauaniaya itu.??

Itulah sebabnya, Yeshua Tuhan kita tidak mengangkat Shimon Keipha si Preman itu menjadi [u][b]Ketua Rasul-rasul dan Wakil Tuhan di bumi[/b][/u] sebab Keipha keturunan bani Naftali (Keipha anggota pembunuh bayaran dari mazhab Sicarii, itulah sebabnya ke manapun dia pergi selalu bawa pisau belati pembunuh), melainkan [u][b]saudara sendiri “Ya’aqub ha’Tzadik” suku Yehuda yang mengalir juga darah Harun Lewi[/b][/u].
Dan ini:
Itulah sebabnya mengapa harus [u][b]Ya’aqub Ha’Tzadik dan para penggantinya sebagai Ketua dan Wakil Tuhan di bumi[/b][/u] yang adalah untuk menjaga [u][b]kesinambungan hubungan antara Keimamatan dan Penatalayanan Awam (Non-Imam).[/b][/u]
Jadi memang Nasrani adalah denom Kristen yang memakai Tradisi Yahudi dalam keimamatan, yaitu haruslah Keturunan Lewi :)

studycycle.org memang dapat diasumsikan adalah penganut Nasrani dengan adanya hal ini dalam buku Didache versi Nasrani tersebut:

Mari kita belajar kepada kaum Muslim yang kuat mempertahan budaya Kitab Suci mereka dalam konteks Arabisme, sebab mereka tahu bahwa bahasa itu berkarakter BERUBAH-UBAH untuk menjaga keaslian haruslah tetap pada bahasa awal. Begitupun Buddhisme dan Hinduisme tetap menggunakan bahasa asli mereka dalam bahasa Pali dan Sansikerta. Tetapi yang menjadi aneh adalah kaum Kristen dengan bangganya, menggunakan istilah-istilah Yunani dan Latin, dan bahkan bahasa Inggris. Sejak kapan Tuhan memilih konteks budaya ini untuk memahami Wahyu-wahyu Alaha? Tidak pernah!
Dan saking anti Kristen (terutama Katolik) mereka menghalalkan Alquran demi menolak PB versi Katolik:
Tuhan tidak pernah memilih budaya Yunani ataupun Latin dan lainnya kecuali dua budaya yang bersumber dari satu rumpun Shem, yakni Ibrani – Aramaik, diluar kedua ini hanyalah sebagai bahasa komunikasi biasa bukan sebagai bahasa Wahyu. Kaum Kristen salah besar mengagungkan bahasa Yunani dan Latin sebab Tuhan tidak pernah memilih kedua bahasa itu!!! Kedua bahasa itu adalah bahasa kafir yang merusak dan menjajah budaya Semitisme selama beraba-dabad. Kita tidak melakukan aksi balas dendam setelah mengetahui fakta sejarah ini, budaya Yunani dan Latin itu baik dan etnis mereka juga baik, tetapi yang kita singkirkan adalah tidak boleh kita memakai konsep budaya apapun untuk memahami Kitab Suci di luar Semitisme, entah siapapun anda, dan apapun budaya anda.
Pandangan ini mirip dengan Denom Advent maupun TJC yang mengagungkan Hari Sabat Yahudi:
Orang percaya wajib dan mutlak merayakan Hari Sabat Yudaisme, yakni Hari Perhentian sesuai Torah, pada hari Sabtu. Ini adalah MANDAT. Mereka yang membantah perlunya Sabat dirayakan sudah tegas disebutkan Tuhan, “mereka 23 tidak melihat Bapa atau tidak masuk kedalam Sorga”, dan ucapan Yeshua itu adalah “Ya” dan “Amin” tidak ada argumentasi apapun boleh diucapkan seorang manusia untuk menolak Perayaan Sabat. Jika ada yang kelewat berani mengatakan Sabat adalah Hari Minggu atau Sabat itu hanya untuk orang Yahudi, maka ketahuilah jiwa orang itu berasal dari si Iblis! Sebab Hari Sabat sudah ada sebelum bangsa Yahudi ada (Bereshit 2:1-3). Merayakan Sabat haruslah sesuai Tradisi Lisan dan Tertulis Yudaisme tidak bisa dilakukan menurut tafsir sendiri, sebab kita itu hanya mengikuti apa yang sudah satu kali disampaikan kepada orang-orang kudus (Yudas 1:3): “.... apa bila kamu tidak memelihara Sabat sebagai Sabat, kamu tidak akan melihat Bapa.” -- Besora Mar Thoma. 4:14 Peshitta (Lihat, Markus 2:27; Ibrani 4:1-11)
Jadi, memang Nasrani memberikan inspirasi bagi Advent, TJC dll, mengingat Nasrani sudah ada sejak Gereja Mula-mula, bahkan bersebrangan:
Jemaat Yerusalem Yahudi tetaplah sebagai Yahudi dan jemaah-jemaah Bangsabangsa lain tetaplah menjadi Goyim (setelah menjadi percaya disebut “Gerim”) sebagai anak-anak dari Bunda Jemaat Yerusalem. Hubungan keduanya adalah hubungan keluarga antara Ibu dan anak-anaknya. Ikatan ini tidak bisa dipisahkan oleh siapapun, kecuali oleh sebab anak-anak itu sendiri durhaka kepada ibundanya seperti pepatah mengatakan “air susu dibalas dengan air tuba.” Jemaat itu satu adanya, satu keluarga, tetapi sayang sekali sejarah mencatat bahwa hubungan keluarga ini sejak awal tidak harmonis dan berpisah sejak tahun 318 Masehi akibat kedurhakaan anak-anak Yerusalem, melalui anak tertua yang dituakan oleh saudara-saudaranya, uskup Sylvester I dari Roma telah menyatakan penolakan dan mengusir ibunda yang melahirkan jemaat Roma di Basilika Keuskupannya di Roma. Kedurhakaan anak-anak ini dilanjutkan pada Konsili Nikea tahun 325 Masehi.
Rasanya cukup jelas ya :)

Kalau begitu bisa dibilang, “kalau mau tau tentang kekristenan, st*dycycle.org bukan tempat yang tepat”

@ladesman
Saya kira cukup penting melihat sejarah islam juga. Siapa waraqah dan siapa khadijah dan orang2 dilingkungan itu. Karena mereka2 inilah pembentuk karakter ajaran muh dikemudian hari kalau mau jujur dilihat dari sejarah. Jadi harus sangat hati hati melihat kekristenan sendiri karena sejarah membuktikan bahwa gerejapun berperan akan timbulnya “penentang alkitab”.
Semua orang memang berusaha mendapat julukan “jemaat mula - mula”, tapi jarang ada yang mengejar “kasih akan Kristus mula mula”. Cuman sekedar berusaha menempatkan diri “yang awal atau yang asli”. Udah gak ambil pusing ama “yang dikehendaki Tuhan”.

Shalom. Gbu.

Halo!

Saya baca tulisan anda yang gelisah dan sebel ini sepertinya bingung, ya?
Kalau nanya tentang websitenya pastilah tak bisa dipercaya! Tapi apa isinya? Bisa jadi situs itu copy paste alias nyolong tulisan orang lain lalu dipublikasikan dengan asumsi dompleng jadi pusat perhatian!!!

Masalah NASRANI dan segala istilah yang terkait secara etimologis linguistik sudah banyak yang tulis dan barangkali ada ribuan halaman.

Pada hal iistilah Nasrani itu menurut Jemaat Mula-mula Yahudi adalah “Suku” atau “Pelaku Jalan Torah” dan “Keturunan Yesse” atau “Esseni” (Ossean) yang asal kata dari Ishai ayahnya Daud. Kata Netsr itu dalam etimologi kata umum adalah Tunas tapi bagi pelaku keturunan itu sendiri artinya beda dengan istilah yang umum diketahui. Lebih tepatnya adalah “Suku” atau Keturunan Ishai". Mereka disebut para pengikut Yesus adfalah Yessean/ Ossean/Esseni dan dalam bahasa Timur (Burma-Tibet) di mana kaum Kerabat Tuhan ini mengungsi sejak tahun 135 Masehi, disebut para pengikut Yazaean (pengikut raja). Jadi dalam kita membaca suatu istilah harus hati -hati karena karakter bahasa itu Arbitrer (berubah-rubah) sesuai sipengguna kata itu sendiri. Jadi anda yang mencari pengertian Nasrani dari orang-orang Non-Keluarga Tuhan akan tidak pernah ketemu dengan arti makna Nasrani itu. Kecuali hanya permainan akar kata lingusitik Ibarani saja, bosan saya membaca tulisan para ahli bahasa ini!!!

Para ahli teologi dan sejarah mbalelo yang menulis tentang Nasrani “tak ada satu pun sebagai pelaku nasrani itu sendiri, tapi orang luar yang mencoba menafsirkan apa isi dalam rumah orang yang tak pernah dimasukinya dan tak punya akses langsung pada pelaku Nasrani itu sendiri.” Mereka ini para penjual obat keliling di pinggir jalan. Ntahkah itu tulisan Bapa Gereja Kristen Epiphanius yang mencoba menjelaskan tentang Nasrani itu pada abad ke-4 Masehi dengan tujuan maksud licik dan tersembunyi. Menjelaskan Nasrani itu bagaimana eksistensi mereka untuk mengatakan bahwa Nasrani itu BIDAT/Bida’a dan Kekristenan budaya hellenistik yang memisahkan dirinya dari Yudaisme itulah yang benar. Seolah-olah Kekristenan itu lebih dahulu ada barulah Nasrani. Pada hal terbalik.

Yang lebih kurang ajarnya adalah para bapa gereja kristen kuno yang menterjemahkan kitab Kisah Rasul dari Aramaik ke-bahasa Yunani (Koine Yunani) dengan menyebut pada Kisah 24:5 “SEKTE NASRANI”, ini benar-benar penipuan sejarah sudah berabad-abad! Orang-orang di Timur tahu persis mereka yang memiliki Peshitta tidak ada kata “Sekte” dalam Kisah 24:5, tapi dalam bahasa Inggris disebut “The Way” (Aramaik: Marga, artinya “Jalan Hidup” atau Teachings (Ajaran-ajaran) yang dalam istilah Aramaik adalah “Limudah”; jadi Kisah 24:5 “…Jalan Hidup Nasraya/Nasrani” atau “Ajaran-ajaran Nasrani” atau lebih dikenal dalam bahasa Timur sebagai Halakha d’Meshikha atau “Jalan Tuhan/Jalan Elaha.” Jadi siapa penipu sejarah di sini Kristen Barat atau Kristen Timur?

Ada arogansi budaya di sini bermain di wilayah Barat Kekaisaran Romawi dan oleh terpisahnya secara politis antara Barat dan Timur maka mereka Kekristenan Barat (Greco-Roman) dengan BEBAS menambal sulam isi Alkitab…

bersambung

Orang-orang di Timur tahu persis perbuatan mereka yang di Barat, tapi mereka tidak berani bereaksi karena di Barat ada backing kaisar Byzantium yang siap memenggal kepala siapa saja yang berani mengutik-utik Kekristenan Barat. Kemudian perilaku menyimpang Kekristenan Barat ini disebarluaskan di wilayah Timur (Mesopotamia, India, Cina dan Timur jauh) dan akhirnya saat Islam mulai berkembang mereka mendengar segala kebusukan ini bahwa Alkitab Kristen itu sudah dirombak-rombak dan sampai sekarang Islam mewarisi keluhan kaum percaya Timur. Jangan salahkan jika Islam mendakwa Alkitab Kristen itu palsu!

Mari kita buktikan sendiri dan kumpulkan semua terjemahan dan lihatlah perbedaannya, entahkah itu dalam bahasa Yunani yang sama…Buktikan sendiri. Jika Alkitab saja berani dirusak apa lagi yang lainnya tinggal balikkan telapak tangan saja tuh!

Penulis artikel di situs ini BINGUNG ketika membaca tulisan Rabbi Hilarion Hotman yang dikutip orang lain tanpa ijin dan saya sudah konfirmasi kepada yang bersangkutan ternyata tidak pernah kasi ijin untuk mempublikasikannya. Orang-orang kristen itu mudah kebakaran jenggot sebab merasa selama ini sudah PALING BENAR DAN SEMPURNA AGAMANYA …APA LAGI PEMUJA YESUS KRISTUS YANG MANUSIA ITU diangkat jadi Tuhan dan Allah. Auzubilahi minzalik. kafir dan musryiklah anda!!! Kapan Yesus bilang Aku Tuhan …Aku Allah??? Dia hanya mengatakan Anak Manusia (berarti mahluk ciptaan) dan Anak Allah berarti adopsi seperti biasa Alkitab Kristen bilang mereka yang percaya menjadi Anak-anak Allah (Yohanes 1:12): Apakah otomatis anda juga hakikatnya berubah jadi sejajar dengan Allah Maha Esa? Kafir anda!

Kitab Yohanes menunjukkan Keilahian Yesus? Itu khan tulisan redaktor penulis Injil Yohanes yang dilakukan puluhan tahun berikutnya, siapa yang bisa percaya tidak ditambah dan kurangi? Buktinya wanita berzinah adalah sisipan yang disengaja pada abad ke-4 dan 5 Masehi.

Oh Keilahian Yesus itu dijelaskan pada Yohanes 1:1-3! Tidak ada ayat ini menunjuk hakikat KeilahianNya sejajar dengan Alaha Maha Esa. Ingat, ya! Jika ada Pada mulanya … ini menunjuk ciptaan (baca Amsal 8:22, 30); segala yang memiliki Permulaan pasti punya Akhir! Sehingga tepatlah Yesus katakan "Aku adalah Alfa - Omega (Awal dan Akhir), yakni titik A sampai Z. Ciptaan itu adalah mulai dari A sampai Z. Maka Yesus adalah tercipta! Bagaimana anda mengatakan wahai Kristen Yesus itu Tuhan dan Allah? Weleh-weleh …

Hei bung, kamu orang Saksi Jehova ya? Tidak. Orang Saksi Jehova itu teman-temannya si jahat! Wah, kamu pengikut Arianisme! Tidak. Arius sudah masuk neraka! Kalau begitu Neo-Arianisme? Sudahlah, tidak usah tafsir ini dan itu! Renungkanlah Iman keyakinan Kristenmu itu, jangan main telan saja begitu. Apa lagi main iman seruduk kerbau; yang penting Yesus! Orang Amerika Latin banyak yang bernama Yesus Kristus d’la Hoya.

He, he, he pasti hati penulis situs ini jadi semakin tak karuan. Tapi tenang saja. Saya hanya mengajak anda REKOLEKSI saja terhadap Iman anda itu, mbok ya kritis sedikitlah.

Kemudian, anda juga membahas masalah keberatan anda di mana penulis dari jemaat Nasrani Mar Thoma Nestorian Ortodoks ini menyebutkan tentang istilah Primus Inter Pares (Yang Terutama dari yang sejajar) bahwa Simon Keepa itu bukanlah pemimpin Gereja. Tidak ada Alkitab mendukung kepemimpinan Petrusiah yang digembar-gemborkan oleh Gereja Roma Katolik itu untuk mempertahankan warisan Monarki Kekaisaran Romawi Barat dalam diri Paus sebagai Maximus Pontifex (Imam dan Raja yang adalah gelar Konstantinus sebagai Imam Agama Mithra dan sebagai Raja Romawi. Itulah sebabnya, meskipun ia tak dibaptis tapi boleh mengambil Perjamuan Kudus dalam altar sucinya Gereja Ortodoks Byzantium di Agia Sophia. Siapa yang larang? berani? Maka leher imam akan dipancung! Dan anehnya Gereja Ortodoks Yunani mengangkat dia jadi Rasul Kristus. Wah aneh!). Memang benar, Petrus itu keturunan Suku Naftali dan tidak ada nubuatan mengenai keturunan Naftali akan menjadi Pemimpin umat dalam Israel. Kecuali 2 Suku yakni Yehuda dan Harun/Lewi dan kedua darah keturunan ini memang ada dalam diri Yesus dari garis Maryam yang sepupu dengan Elizabet di mana ibu Maryam dan emaknya Elizabet bersaudara yang darah keturunan Harun. Yoakhim adalah bapaknya Maryam maka dalam darah Maryam itu ada dua jalur darah Raja dan Imam yang melahirkan Yesus! Itu saja kok susah dipahami! Kitab Taurat/Keluaran mengatakan bangsa Israel itu adalah Kerajaan Imamat (Imam-Raja) itulah disebut Kerajaan Mesianik. jadi jangan ada yang coba-coba ngaku jadi Mesias jika tak punya keturunan darah biru raja Daud dan darah merah Imam Harun! Dalam tatanan keagamaan Israel, Harun yang jadi Imam Besar maka Yesus disebut Imam Besar dalam ranah politik, Yesus adalah Raja maka Dia mengaku di depan Pilatus "…KerajaanKu bukan dari dunia ini…(Yohanes 18:36).

Dia disebut “Anak Domba Allah”, yang memang pantas sebab Dia tak berdosa (Ibrani 4:15); Imam Besar dalam hari penebusan doa (Yom haKippurim) mempersembahkan domba yang tak bercacat cela sesuai perintah Taurat. Jadi Yesus memenuhi syarat Taurat; Dia Imam Besar yang mempersembahkan diriNya sendiri di altar Kayu Salib dunia dan sekaligus menjadi Anak Domba. Hebatnya, Imam Besar Dia adalah ganda yakni menurut Imam Besar Harun dan Melkhizedek. Darah keturunan Imam Harun ada mengalir dalam darahNya dan keimamatan Melkizedek Dia dapatkan karena Dia adalah sang Logos itu sendiri Pra-Kekal yang menjadi Imam Besar di Sorga bagi Jemaat Sulung. Sehingga ada dua kodrat Keimamatan; kodrat keimamatan Harun dan Logos itu sendiri. Bumi dan sorga dipersatukan dalam diriNya.

Siapa yang ditebus? Ya. tentu saja, Orang-orang Israel!!! BUKAN Goyim seperti anda dan saya. Sebab Yesus tegas mengatakan “Aku diutus hanya untuk domba-domba Israel yang tersesat” (Matius 15:24). Ini kata Yesus, jangan macam-macam. Lainnya hanya tafsir dan redaksi penyusun Kitab Suci saja.

Mengapa Yesus hanya untuk orang Israel? Memang jelas hanya untuk Israel karena sistem korban itu adalagh syarat yang dipersyaratkan dalam Taurat untuk penebusan dosa. Mereka yang melanggar Taurat maka harus mati. Agar jangan mati dan diperdamaikan maka harus ada korban. Jadi Yesus datang untuk menebus bangsa Israel saja, karena bangsa ini yang diberikan Taurat. Jadi orang Israel yang tak percaya Yesus adalah salah total sebab Yesus adalah anak domba Allah yang memperdamaikan mereka dengan Allah. Salib itu adalah wujud KASIH ILAHI bagi para pelaku Taurat di mana Taurat dasar itu berisi 10 Perintah (Mitzvoth): 6 Perintah bersifat Vertikal naik turun kepada Allah dan Manusia dan 4 Perintah relasi garis horizontal yakni kasih sesama manusia. Maka Kasih Vertikal - Horizontal adalah Salib itu sendiri, Salib adalah Altar dan Altar identik Korban bagi penebusan Dosa. Jadi bagi mereka yang percaya Yesus tapi tidak menjalankan Taurat maka sia-sia iman mereka seperti Yakobus katakan “Iman tanpa perbuatan adalah mati.” (Yakobus 2:26) Mereka yang berani berkata Taurat tak berlaku lagi maka ia meludahi muka Tuhan Yesus sendiri! Yesus katakan “Aku datang tidak menghapuskan Taurat atau Nabi-nabi tapi melaksanakannya…” (Matius 5:17) dan Paulus sendiri katakan …“Malah kami semakin meneguhkan Taurat itu” (Roma 3:31).

Jadi kasihan anda pemuja Yesus saja tanpa Taurat maka jiwa anda MATI!
Lalu apa hubungannya denga Petrus? Jelas ada. Matius 16:18 …Engkau adalah Petrus/Keepa (batu kecil) dan di atas batu karang INI Aku akan mendirikan Jemaat-Ku dan alam sheol tak akan bisa membinasakannya." banyak orang sejak zaman kuno terutama Kekristenan di Barat, matanya buta terhadap kata Denotatif “INI”…yakni kata INI…INI…INI…menunjuk diri sang Batu Karang itu sendiri yakni Yesus (dalam Ibrani:Yeshua). Ingat, Yesus itu selalu mengajar dengan ilustrasi sederhana jika Dia lihat pohon ara tak berbuah karena sudah beberapa kali tak berbuah maka Dia kutuk! Lalu pohon ara itu Dia pakai sebagai ilustrasi "jika kamu seperti pohon ara ini tak menghasilkan buah kamu akan dipotong lalu dibakar! Begitu juga ketika orang-orang katakan; Yesus, Yesus itu emakMu dan saudara-saudariMu…lalu Dia katakan ibuKu dan saudara-saudaraKu adalah yang melakukan Perintah Bapa. Ini kebiasaan Yesus mengajar. Dalam konteks Matius 16:18 sama sekali tidak ada indikasi bahwa Petrus yang dimaksud Batu Landasan Jemaat atau Pemimpin.

Dalam kitab Matius yang sama dikatakan bahwa "Batu karang yang dimaksud adalah “Yesus” (Matius 21:42. Dan Petrus sendiri menjelaskan siapa Batu karang itu, yakni Yesus (Kisah 4:11).

Nah, kenapa kita manut saja dicekoki pikiran kita oleh ajaran Romanisme tentang Supremasi Petrus? Tidak ada dasar kitab Sucinya, bung!

Kenapa kita tunduk pada Roma Katolik yang bukan Yahudi itu. Cuma kopiahnya saja yang Yahudi. Orang-orang keturunan Latin atau Eropa apa hubungannya dengan orang Yahudi? Tidak ada jalan ceritanya dalam kitab suci, tuh! Mungkin, anda yang Katolik gregetan membaca tulisan ini, tapi tunggu dulu, tahan emosi anda dan baca Kitab Suci dengan baik-baik. Anda apa kata Alkitab atau kata Gereja? Kalau Gereja itu cuma kumpulan manusia saja dan kumpulan konsep-konsep teologis yang diformulasi bagi kepentingan eksistensi kumpulan orang. Siapa pun bisa bikin gereja. Anda punya uang, punya bakat pintar ngomong dan akting dan pandai bersandiwara dengan mengatakan "tadi malam saya puasa 3 hari tiga malam karena nggak punya beras. Tapi puji Tuhan mendadak ada orang kirim beras kepada kami. Ya, memang orang kasihan sebelum puasa sudah warta berita dahulu, jadi si orang berpunya kirim beraslah!!!

Tapi heran memang, kenapa otaknya bapa-bapa gereja kuno juga bebal sampai sekarang juga begitu. Kepatriakan Antiokia rebutan daging Petrus alias mau jadi pemimpin Kristen sedunia, memang pernah Petrus melayani di Antiokia selama 1,5 tahun; Kepatriakan Koptik tidak mau kalah dengan mengandalkan anaknya Petrus yakni Markus, maka minta jatah jadi pemimpin Kristen sedunia dan begitu juga Kepatriakan Gereja Ortodoks Yunani Byzantium memakai nama saudaranya Petrus, yakni Andreas menjadi pemimpin seluruh orang Kristen sedunia. Begitu juga Roma Katolik yang paling nggak jelas silsilah suksesi rasuliahnya, merebut semua supremasi pada dirinya. Petrus jadi pemegang kunci kerajaan sorga! Sejak kapan Petrus dinubuatkan? Secara suku pun tidak! Kok, orang Kristen itu suka sekali cerita dongeng 1001 malam ya!

Apa lagi dongeng orang naik turun dari sorga! Wah! Rame-rame kupingnya dilebarin. gejala apa ya ini namanya?

Bapa-bapa Gereja ini memang buta sekali terhadap fakta obyektif bahwa mereka itu bukan yang duimaksudkan Israel Perjanjian Baru. Orang yang hanya dicangkokkan tak tahu diri!!! (Roma 11:17-21).

Kalau begitu kepada siapa Kepemimpinan Qahal ini? Jelas siapa lagi keturunan Imam dan Raja dalam konteks Yudaisme? Kerabat-kerabat Tuhan.

Injil Thomas tegas menyebutkan hal itu: 7 Murid-murid kemudian berbalik kepada Yesus dan berkata: “Kami tahu bahwa Engkau akan meninggalkan kami. Siapakah orang yang akan menjadi pemimpin kami?”

8 Yesus berkata kepada mereka: “Pada kedudukan sang pemimpin yang kamu ikuti, kamu harus datang kepada Yakobus sebab demi dia langit dan bumi menjadi ada…” Thomas 2:7

Bapa-bapa Gereja dan bahkan banyak ahli teologia bencinya sampai ke ubun-ubun akan kitab Injil thomas ini dengan berbagai dalih dilakukan untuk menolaknya! Pasti ada apa-apanya ini. Ini bukan masalah kitab Gnostik karena kebetulan ditemukan diperpustakaan Nag Hammadi sekitar tahun 1945. Pada hal di India abad ke-15 Keuskupan agung Portugis dengan memboncengn pasukan Portugis membakar Injil Thomas di kerala India Selatan. Ini sejarah loh. Jadi Injil Thomas bukan baru saja diketemukan di Mesir itu yang bikin heboh. Dunia Barat aja ketinggalan informasi.

Jawabannya sudah kita tahu sebenarnya, masalah kepemimpinan Gereja itu saja. Kekristenan Barat menghendaki pusat budaya, agama, ekonomi dan politik itu harus di Barat!

Cobalah pikir mengapa Vatikan ibukota Gereja Roma Katolik begitu kuat? Sebab semua harta benda dunia ini ada mengalir ke tahta Kepausan. Coba renungkan berapa mega bilyun uang yang masuk ke tahta Paus sejak zaman kuno hingga sekarang? Mereka sekarang ada 1 milyar anggota x Rp. 1,000, tiap minggu masuk kas ada berapa banyak uang mengalir?

Negara-negara Eropa itu miskin sumber daya alam tapi OTAK mereka dipakai dengan baik sehingga seluruh kekayaan dunia ini bisa mengalir ke Eropa dan akhirnya kekayaan dunia tertumpuk di sana. Mengapa kita orang-orang Timur tidak mau belajar sejarah? Mengapa anda mudah dicekoki dengan peradaban Western tanpa bertanya mengapa mereka bisa begitu?

Mari kita REKOLEKSI IMAN KRISTIANI kita, bersikap terbukalah terhadap segala kritik dan jangan berpikir Iman Kristen sudah sempurna dan absolut benar sebab jika ada absolut ada relatif sisi mana anda berada? Jika anda berkata pasti anda menjustifikasi iman anda sendiri karena pada hakikatnya tidak ada orang yang mau disalahkan iman keyakinannya.

Tulisan ini saya tuliskan untuk menjawab keresahan hati penulis (barangkali orang ini latar belakang Katolikisme) sehingga merasa tersinggung saat membaca Supremasi Kepausan ditelanjangi…

Mohon maaf jika tutur kata kurang berkenan, maklum saya masih jiwa muda, inginnya buru-buru saja.

Salam damai,

Handoko

Naskah Bahasa Asli Perjanjian Baru adalah dalam bahasa Yunani. Dan Lukas penulis Kitab Kisah Para Rasul adalah seorang Goyim (non-Yahudi).

Kisah 24:5 menulis kata "αιρεσις - hairesis bukan dalam makna melecehkan, kata hairesis tidak selalu bermakna negatif.

* Kisah 24:5
LAI TB, Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani
LAI TB (edisi-2), Kami dapati bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari aliran Nasrani.
KJV, For we have found this man a pestilent fellow, and a mover of sedition among all the Jews throughout the world, and a ringleader of the sect of the Nazarenes
NIV, We have found this man to be a troublemaker, stirring up riots among the Jews all over the world. He is a ringleader of the Nazarene sect
TR, ευροντες γαρ τον ανδρα τουτον λοιμον και κινουντα στασιν πασιν τοις ιουδαιοις τοις κατα την οικουμενην πρωτοστατην τε της των ναζωραιων αιρεσεως
Translit interlinear, heurontes {setelah menemukan} gar {karena} ton andra {orang} touton {ini} loimon {seperti wabah (yang membahayakan)} kai {dan} kinounta {menimbulkan} stasin {pertengkaran2} pasin {(diantara) semua} tois {orang2} ioudaiois {Yahudi} tois kata {diseluruh} tên oikoumenên {dunia} prôtostatên {pemimpin} te {dan} tês tôn {orang2} nazôraiôn {nasrani} haireseôs {dari sekte/ partai/ kelompok/ aliran}
The Orthodox Jewish Brit Chadasha , For having found this man a troublemaker and an inciter of riots among all the Yehudim throughout kol ha’aretz, a manhig of the kat, the Natzrati Kat.
HaBrit HaKhadasya (Translit), 'ANAKHNÛ MÂTSÂ’NÛ ‘ET-HÂ’ÎSY HAZEH KADEVER YAHAKHA LOMESYALAKH MEDÂNÎM BÊYT KOL-HAYHÛDÎM BEKOL-HÂ’ÂRETS VEHÛ’ MANHÎG LEMIFLEGET (harfiah : regime, party) HANÂTSRÎM

Naskah Bahasa Asli Perjanjian Baru adalah dalam bahasa Yunani. Dan Lukas penulis Kitab Kisah Para Rasul adalah seorang Goyim (non-Yahudi).

Kisah 24:5 menulis kata "αιρεσις - hairesis bukan dalam makna melecehkan, kata hairesis tidak selalu bermakna negatif.

Jawab:
Ini hanya jawaban seorang kristen Barat, karena sejak lahir ngoek, yang ada hanya teks Yunani. Tapi di Timur teks Yunani tidak laku dan haram dipakai dan dibaca di mimbar kotbah!

Saya tahu teks Yunani karena saya latar belakang penganut Ortodoks Yunani dan tahu teks-teks palsu dan sisipan dari yang kuno sampai modern.

Kata 'haeresis" disusupkan dengan tujuan udang dibalik batu; sama persis seperti ulah Epiphanius abad ke-4 yang mengulas Nasrani yang banyak pakar melihatnya informatif, pada hal sebenarnya mau mengatakan “lihat tuh…Nasrani beda dengan kita, mereka itu bidat kita bukan. Kekristenan itu yang benar dan mereka keluar dari kita dari Iman Perjanjian Baru…” Ini pesan di balik Panarion 29. Ini teori penjungkirbalikan yang sangat kreatif bermain di belakang layar. Itulah sebabnya, informasi tentang ‘kata Nasrani’ yang mereka tuliskan bukan data yang otentik tapi data sampah!

Anda menyebut Teks Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani? Ya. Maklum ajalah karena latar belakang anda dari Kekristenan Barat yang sudah dicekoki berabad-abad …Tapi jangan anda katakan itu kepada orang Assyria Nestorian, nanti anda dilempar keluar! Tidak ada kitab Perjanjian Baru dalam naskah Yunani aslinya, kecuali Aramaik, tapi tulisan kitab Apokrifa yakni Surat Kiriman Paulus ke Barat barangkali dalam teks Yunani.

Anda menyebutkan Brith Chadasha berbahasa Ibrani? Ini hanya terjemahan dari Koine Yunani atau teks sampah Aramaik abad ke-4-6, 11 yang bersumber dari Koine Yunani abad ke-4.

Jadi kata Yunani tidak usah anda sebut-sebut, kita berseberangan jalan. Makan Yunanimu ku makan Ibrani-Aramaikku! Anda mengajukan bahasa Ibrani? Ibrani yang mana dahulu. Teks Ibrani asli hanya milik Jemaat Yerusalem sekarang ada jadi barter untuk mendapatkan lahan di Israel, Kanon tahun 92 Masehi yang disalin oleh Rabban Mar Yosip beserta para Soferim kuno. Sekarang ada dimuseum Israel, IMEA yang tertutup bagi umum.

Maaf, keterangan anda adalah ‘spekulasi’ terhadap kata ‘haeresis’ yang terkait pada Kisah 24:5 …yang penulis sengaja tulis dalam teks yunani haeresis artinya bidat dalam konteks ayat ini!!!

Jika anda bicara menggunakan kitab-kitab Non-Kanonik tahun 92 Masehi, maka semua itu bersifat Khasrati (haram) bagi kami…

Lebih baik anda tidak usah bicara Kitab Suci sebab kami sama sekali tak menghargai sedikitpun kanon Kristen dan kanon Rabbinik Yamnia tahun 90 Masehi, kecuali apa yang kami miliki sendiri. Ini tak bisa dikompromikan sama sekali, maaf kami sangat strict dalam hal ini.

Terima kasih

Saya tidak pernah mendengar tentang mereka, tetapi kalau seperti yang bro katakan, mereka percaya Alq—, itu sudah tidak Alkitabiah.

Kebenaran hanya ada di dalam Alkitab di dunia ini.

Jadi kamu dapat mencek kedalam Alkitab, apakah bertentangan.

tetapi kalau percaya alq–, itu sudah jelas bertentangan.

Karena Wahyu Allah adalah Alkitab, di luar itu tidak ada Wahyu Allah.

Diluar Kristus tidak mungkin ada wahyu Allah.

Anda sedang ngoceh sendiri bro.???

Gal
2:16 Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorang pun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.

3:3 Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?

3:10 Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat.”

3:11 Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: “Orang yang benar akan hidup oleh iman.”

3:12 Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.

3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

3:22 Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.

3:23 Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.

3:24 Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.

KRISTUS adalah Penggenapan Hukum Taurat

Bagi umat Kristen, berdasarkan kepada Firman dari YESUS KRISTUS, Ia menyatakan bahwa TAURAT telah berakhir sampai ke zaman Yohanes Pembaptis :

* Lukas 16:16
LAI TB, Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.

KJV, The law and the prophets were until John: since that time the kingdom of God is preached, and every man presseth into it.

TR, ο νομος και οι προφηται εως ιωαννου απο τοτε η βασιλεια του θεου ευαγγελιζεται και πας εις αυτην βιαζεται

Translit Interlienar, ho nomos {(kitab) Taurat} kai {dan} hoi prophêtai {(kitab) nabi-nabi} hoes {hingga} iôannou {yohanes} apo tote hê basileia tou theou euaggelizetai kai pas eis autên biazetai

Bandingkan :

* Matius 11:13
LAI TB, Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes

KJV, For all the prophets and the law prophesied until John.

TR, παντες γαρ οι προφηται και ο νομος εως ιωαννου προεφητευσαν
Translit Interlienar, pantes {semua} gar {karena} hoi prophêtai {para nabi} kai {dan} ho nomos {hukum [taurat]} heôs {hingga} iôannou {Yohanes} proephêteusan {mereka bernubuat}

Dengan demikian kita mengerti bahwa TAURAT dan Nubuat-nubuat para nabi dalam Perjanjian Lama berakhir pada saat tampilnya Nabi Terbesar, yaitu Yohanes Pembaptis.

Dia disebut “Anak Domba Allah”, yang memang pantas sebab Dia tak berdosa (Ibrani 4:15); Imam Besar dalam hari penebusan doa (Yom haKippurim) mempersembahkan domba yang tak bercacat cela sesuai perintah Taurat. Jadi YESUS memenuhi syarat Taurat; Dia Imam Besar yang mempersembahkan diriNya sendiri di altar Kayu Salib dunia dan sekaligus menjadi Anak Domba. Hebatnya, Imam Besar Dia adalah ganda yakni menurut Imam Besar Harun dan Melkhizedek. Darah keturunan Imam Harun ada mengalir dalam darahNya dan keimamatan Melkizedek Dia dapatkan karena Dia adalah sang Logos itu sendiri Pra-Kekal yang menjadi Imam Besar di Sorga bagi Jemaat Sulung. Sehingga ada dua kodrat Keimamatan; kodrat keimamatan Harun dan Logos itu sendiri. Bumi dan sorga dipersatukan dalam diriNya.

Jackson:

Saya kutip tulisan bro Handoko,

Bro Handoko rupanya tidak mengakui Yesus itu Tuhan yang sejajar dengan Allah Bapa, namun bro Handoko mengakui Yesus tidak berdosa.

Berarti ada manusia yang tidak berdosa? Apa benar demikian bro?

Sanggahan Anda berasal dari pengetahuan sejarah Alkitab yang minim.

Kitab Lukas dan Kisah Para Rasul, ditulis oleh seorang Goyim, yaitu Lukas, dan ditujukan kepada seorang Goyim pula, dengan asal-usul yang berbeda, namanya Teofilus.
Justru lebih masuk akal apabila 2 kitab ini ditulis dalam Lingua Franca dan bahasa internasional kala itu, yaitu Koine Yunani.
Teofilus adalah pejabat tinggi di Kekaisaran Romawi, sedangkan Lukas adalah seorang Non-Yahudi (diperkirakan dari Antiokia). Keduanya adalah Goyim yang percaya kepada Tuhan YESUS KRISTUS.

* Lukas 1:3
MILT, setelah dari semula menyelidiki segala sesuatu dengan teliti, baik jugalah bagiku untuk menuliskannya secara teratur bagimu, hai Teofilus yang mulia,
LAI TB, Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu,
KJV, It seemed good to me also having had perfect understanding of all things from the very first to write unto thee in order most excellent Theophilus
TR,
εδοξεν καμοι παρηκολουθηκοτι ανωθεν πασιν ακριβως καθεξης σοι γραψαι κρατιστε θεοφιλε
[/color]Translit interlinear, edoxen kamoi {aku juga mengambil keputusan} parêkolouthêkoti {setelah menyelidiki} anôthen {sejak lama/ awal} pasin {semua (peristiwa)} akribôs {dengan seksama} kathexês {dengan teratur} soi {kepadamu} grapsai {aku menulis} kratiste {yang terhormat} theophile {ya Teofilus}

Bandingkan

* Kisah 1:1
LAI TB, Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan YESUS,
KJV, The former treatise have I made, O Theophilus, of all that JESUS began both to do and teach,
TR, τον μεν πρωτον λογον εποιησαμην περι παντων ω θεοφιλε ων ηρξατο ο ιησους ποιειν τε και διδασκειν
Translit, ton men prôton {pertama} logon {risalah} epoiêsamên {yang telah aku buat} peri {tentang} pantôn {segala (sesuatu)} ô theophile {o teofilus} hôn {yang} êrxato {mulai} ho iêsous {YESUS} poiein {berbuat} te {dan} kai didaskein {mengajarkan}

Reff: http://www.sarapanpagi.org/teofilus-vt3125.html#p17477

Nama Teofilus dan Lukas adalah nama-nama Goyim. Bukan nama Yahudi.
Theology Perjanjian Baru adalah bersifat Universal, sebab Tuhan YESUS tidak hanya datang bagi Israel tetapi juga untuk Goyim.

Saya juga seorang Goyim, dan Haleluyah saya diberi karunia sebagaimana Lukas dan Teofilus menerima anugerah keselamatan.

Saya melihat orang Kristen yang ke-Yahudi-yahudian, itu ngga’ beda dengan teman Muslim disini yang “ngarab” tidak paham sejarah tetapi merasa lebih paham dan lebih asli.

kata Yunani αιρεσις - hairesis, sebagaimana terdapat dalam Kisah 24:5, semula kata ini bersifat netral, tanpa konotasi negatif, yang sebenarnya berarti ‘pilihan’. Inilah arti yg selalu ada dalam LXX. Kata ini diserap ke dalam bahasa Inggris: ‘heresy’. Muncul 9 kali dalam Perjanjian Baru.

Kita lihat contoh ayat2 lain yang juga menggunakan kata hairesis:

* Kisah 5:17
LAI TB, Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati.
KJV, Then the high priest rose up, and all they that were with him, (which is the sect of the Sadducees,) and were filled with indignation,
TR, αναστας δε ο αρχιερευς και παντες οι συν αυτω η ουσα αιρεσις των σαδδουκαιων επλησθησαν ζηλου
Translit Interlinear, anastas {bertindak} de {lalu} ho arkhiereus {imam besar} kai {dan} pantes {semua} hoi {orang-orang yang} sun {bersama} autô {dia} hê {yaitu} ousa hairesis {mazhab/ golongan} tôn saddoukaiôn {orang-orang saduki} eplêsthêsan {karena dipenuhi} zêlou {iri hati}

* Kisah 15:5
LAI TB, Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: “Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa.”
KJV, But there rose up certain of the sect of the Pharisees which believed, saying, That it was needful to circumcise them, and to command them to keep the law of Moses.
TR, εξανεστησαν δε τινες των απο της αιρεσεως των φαρισαιων πεπιστευκοτες λεγοντες οτι δει περιτεμνειν αυτους παραγγελλειν τε τηρειν τον νομον μωυσεως
Translit Interlinear, exanestêsan {bangkit berdiri} de {tetapi} tines {beberapa (orang-orang)} tôn apo {dari} tês haireseôs {golongan/ mazhab} tôn pharisaiôn {orang-orang farisi} pepisteukotes {yang telah percaya} legontes {berkata} hoti {bahwa} dei {harus} peritemnein {menyunat} autous {mereka} paraggellein {menyuruh} te {dan} têrein {menuruti} ton nomon {hukum} môuseôs {musa}

* Kisah 26:5
LAI TB, Sudah lama mereka mengenal aku dan sekiranya mereka mau, mereka dapat memberi kesaksian, bahwa aku telah hidup sebagai seorang Farisi menurut mazhab yang paling keras dalam agama kita.
KJV, Which knew me from the beginning, if they would testify, that after the most straitest sect of our religion I lived a Pharisee.
TR, προγινωσκοντες με ανωθεν εαν θελωσιν μαρτυρειν οτι κατα την ακριβεστατην αιρεσιν της ημετερας θρησκειας εζησα φαρισαιος
Translit Interlinear, proginôskontes {tyang mengetahui sebelumnya} me {aku} anôthen {sejak lama} ean {jikalau} thelôsin {mereka ingin} marturein {memberi kesaksian} hoti {bahwa} kata {menurut} tên akribestatên {paling akurat} hairesin {mazhab/ golongan} tês hêmeteras {kita} thrêskeias {ritual (agama)} ezêsa {aku telah hidup} pharisaios {(sebagai) orang farisi}