Boleh gak minum minuman beralkohol?

Boleh gak kalo orang Kristen minum-minuman yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, XO, dll?

Boleh, asal jangan “mencintai anggur dan pesta pora”

kalo jadi mabuk kan bisa parah tuh…

ya jangan mabuk…

Minuman2 yanga da di toko juga beralkohol hanya kadarnya ringan.

Jangan sampai mabuk & kecanduan aja.
ti ati… alkohol baik ringan / kadarnya pekat pemicu pecahnya pembuluh darah di otak :slight_smile:
kalo sudah begini …ngrepotin orang
mending hindari saja untuk kesehatan…krn yang jelas mencegal lebih baik dr ada mengobati :afro:

:slight_smile: seMua yang berLebiHan itu tiDak baiK…

1Ti 3:8 Demikian juga diaken-diaken haruslah orang terhormat, jangan bercabang lidah, jangan penggemar anggur, jangan serakah

1Ti 5:23 Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

artinya apa?

jika untuk alasan kesehatan karena pencernaan, air putih yang dicampur sedikit anggur untuk menjaga kesehatan, itupun jika untuk iklim tropis seperti di Indonesia menjadi aneh

jika untuk “sosial drink” saya pribadi, walaupun pernah “terjebak” tetap saja hati nurani saya menolaknya, dan saya berketetapan untuk tidak minum yg beralkohol sebagai bentuk menjaga kesehatan sekaligus menyenangkan hati Tuhan

jika untuk sekedar menikmati, hati-hati dari yang kecil-kecil bisa jadi kecanduan

apalagi jika jadi pengemar…namanya sengaja merusak diri

GBU

berarti kalo minum alkohol itu tidak salah jika hanya sekedarnya saja atau untuk kesehatan, gitu ya? Jadi masih boleh cicipin donk?

Imamat 10 : 9 Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun.

Kalau berdasar ayat ini kan nggak boleh???

Iya tuh, gak boleh ya?

Kalo cuma sekedarnya juga gak boleh ya?

mohon diterjemahkan di dalam arti:
jangan menyembah atau tunduk kepada apapun selain hanya kepada TUHAN…

kalau alkohol tidak bisa, lalu kenapa YESUS menggandakan anggur di Kana?
atau kenapa Perjamuan Kudus menggunakan Anggur?

apapun berguna, dan apapun diperbolehkan, tetapi tidak semua berguna, dan jangan sampai semua menjadi penghalang kepada TUHAN.

apa gunanya tinja di perut? toh tinja adalah kotor?, janganlah makan apapun kalau tidak mau ada tinja di tubuh Anda, tetapi kalau Anda tidak makan Anda akan mati. Tinja di tempat yang benar (di usus yang bagus) tidak akan berdampak buruk kepada tubuh manusia, tetapi itu menjadi sesuatu yang najis kalau berada bukan pada tempatnya.

Ingat Roh TUHAN adalah KUDUS dan Ia tidak mau hadir jika ada kotoran (baca Ulangan 23:13-14), tetapi adakah Roh TUHAN mundur dari seseorang karena tinja yang ada di usus sang manusia? TIDAK, melainkan karena si manusia itu menyembah atau tunduk kepada sosok yang disamakan dengan TUHAN padahal bukan.

Atau Anda sedang mengatakan bahwa Roh Kudus tidak ada pada setiap orang yang percaya?

jadi klo cuman dikit aj gpp kan??

kebiasaan… baca ayat semuanya, coba liat yg saya bold. itu maksudnya jangan minum minuman beralkohol kalau mau masuk ke kemah pertemuan (mungkin kalo zaman sekarang gereja). bagaimana kalau selain mau masuk ke kemah pertemuan? yang pasti ayat ini tidak mengaturnya dan tidak bisa dijadikan acuan.

jadi, kalau berdasarkan ayat ini, tidak boleh minum minuman beralkohol sebelum pergi / masuk ke gereja

wah itu dulunya minuman favorit saya. tapi sekarang saya sdh sdr kalo itu tetap saja dosa.

o ya…? emang ada ayat yg bilang kita bisa mengkonsumsi alkohol ya? baru tahu saya. tolong donk di post ayat2nya biar jelas.

tapi kalo menurut saya yang namanya mengkonsumsi alkohol dgn tujuan apapun tetap saja dosa.
TUHAN YESUS saja selama di bumi tdk pernah tu mengkonsumsi/minum anggur.

^^^

bisa minta ayatnya juga, yang dikatakan kalau minum anggur iu dosa?

btw, Tuhan YESUS gak pernah naik mobil. kalau begitu, naik mobil itu dosa yach?

coba dicek ayat ini:
Luk. 21:34
"Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

apakah ada larangan untuk minum minuman beralkohol?

seringkali kita sebagai anak Tuhan terjebak dengan boleh atau tidak ;

1Co 10:23 “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

padahal sudah jelas

2Ti 2:7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

untuk hal-hal ;

Col 3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,

kemudian kita masih merasa “diperbolehkan” karena tidak tertulis dengan jelas, namun jika bukan untuk kepentingan kondisi kesehatan, harusnya kita dapat bersikap

Php 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan KRISTUS YESUS, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh KRISTUS,

karena ;

Eph 5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.

sehingga

Eph 4:20 Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal KRISTUS.

agar kita

Rom 15:6 sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, YESUS KRISTUS.

GBU

Jadi sebenernya boleh nggak sih mabuk-mabukan?

Soal pernikahan di Kana itu mungkin, anggurnya seperti sirup (kalau jaman sekarang gitu) makanya dibolehkan.

Kalo menurut aku, mabuk-mabukkan itu tidak boleh.

Tapi yang aku mau tahu itu, apakah boleh kalo hanya sekedar minum bir jika ada perayaan atau ada acara makan2 bersama.

Maksudku kalo cuma minum dikit, bukan untuk tujuan mabuk-mabukkan, berdosa gak sih?

sedih sekali iman seorang mantan pemabuk harus di pertanyakan :’(

@chirpy: saya sdh mengenal minuman keras sejak saya masih SMP dan bukan itu saja, saya juga terjerumus dalam sindikat obat2an terlarang yang terkenal di sini yatu sejenis daun2 berkomposis bius yang sangat tinggi atw kita di papua sering menyebutnya dengan nama sayur/ganja. namun itu merupakan masalalu yang tidak ingin saya ingat lagi. karena saya adalah seorang yang takut akan TUHAN. dan menurut saya apa yang TUHAN YESUS larang itu haruslah kita ikuti.

oke kalo saudara/ri chripy ingin menanyakan tetang ayat2 yang melarang minuman anggur/ minuman berakohol saya akan berikan sekaligus dengan efek2 nya yang TUHAN larang:

coba saudara/ri chripy buka di amsal. kitab yang mengajarkan tentang hukum, aturan dan tatakrama. nie sebagian ayatnya:

amsal 23:20 Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging.

amsal 3:29 Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera tanpa sebab? Siapa merah matanya?(mabuk/flay)

amsal 23:30 Yakni mereka yang duduk dengan anggur sampai jauh malam, mereka yang datang mengecap anggur campuran.

amsal 23:31 Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat,

amsal 23:32 tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak.

amsal 23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.

amsal 23:34 Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal.

amsal 23:35 Engkau akan berkata: “Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit. Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan mencari anggur lagi.”

gimana? sdh jelas belum? kalo belum saya akan bersaksi mengenai kehidupan saya sebelum mengenal YESUS seperti sekarang! di koment saja, pasti akan saya balas. :happy0025: :ashamed0004: :smiley:

Kalo cuma minum dikit waktu acara makan2, boleh gak?