Bolehkah Kita BERHUTANG???

Terkadang situasi memaksa kita untuk berhutang :rolleye0014: tp FirTu bilang kita gak boleh berhutang :undecided:

APakah KMu saat ini sedang terlilit hutang? baik itu kecil atau pun besar? :rolleye0019: Kenapa bisa berhutang?

dan menurut Kalian boleh gak sih kita berhutang? dan pendapatmu ttg Ayat dibawah ini, gimana?

Roma 13 : 8 → Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

Let’s share :wink:

Km bisa memberi 5 pilhan sekali vote tergantung, Hutang kmu masuk kategori mana :slight_smile:

diusahakan jangan…

aku selama ini ngutang paling dalam 1 hari ajah (karena ngga ada uang receh buat bayar angkot)… :smiley: paling ngga enak kalo punya utang ke orang lain deh… bawaannya ngga tenang… nah kalo ada yang ngutang ke aku malah aku yang sering lupa… :ashamed0004:

BOLEH BGT TUH… kita ngutang buat perluasan usaha/bisnis kita… :afro: :afro:

ah ga mau utang ah coz takutnya ga bisa dibayar. tapi utang sama ortu dan terlebih sama Tuhan ga akan pernah bisa di bayar. ya ngga…

Rm 13:6-8
Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah.
Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.
Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

Itulah yang dimaksud jangan berhutang.
Hutang disini luas pengertiannya, termasuk sampai rasa takut dan hormat.
Berkaitan dengan uang, kalo meminjam, harus dibayar.
Jangan sampai udah meminjam lalu tidak membayar (itu baru namanya hutang).

Meminjam sendiri tidak pernah dilarang di alkitab.

Mzm. 37:21
Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali, tetapi orang benar adalah pengasih dan pemurah.


=ik3 link=topic=786.msg8982#msg8982 date=1205301769]
Terkadang situasi memaksa kita untuk berhutang :rolleye0014: tp FirTu bilang kita gak boleh berhutang :undecided:

APakah KMu saat ini sedang terlilit hutang? baik itu kecil atau pun besar? :rolleye0019: Kenapa bisa berhutang?

dan menurut Kalian boleh gak sih kita berhutang? dan pendapatmu ttg Ayat dibawah ini, gimana?

Roma 13 : 8 → Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

Let’s share :wink:

share ya,
dasar firman kita kan:roma 13:8
judul bacaan:kasih adalah kegenapan hukum taurat. :angel:

berkat rohani yg jessie dapatkan disitu:
mengajarkan bahwa jessie harus benar2 hidup dalam kasih.
ketika dalam hati ada dendam,iri hati,dll…
seiring dgn itu berarti jessie punya hutang kasih(kasih=harta rohani).
so,jgn sekali2 berhutang kasih. :angel:

soal hutang materi juga gak boleh…
karena malah akan nyusahin orang laen… :char11:
pengalaman jessie… :ashamed0002:
pernah ngutang lho… :ashamed0004:
bikin hati gak sejahtra… :angel:

Yupz, setuju banget sama km Jess

Waduh nyindir gw bgt nih…hehehe…bnyak hutang ke bank…ke supplier,etc,tapi gw bayar pada saat jatuh tempo.klu gicu gimana?
ada pernyataan BAYARLAH KEPADA SEMUA ORG APA YG HARUS KM BAYAR,
Jadi boleh aja sih hutang tapi harus di bayar,misal nya sekarang kita hutang make air,tlp,dan listrik kenegara,tetapi kita kan akan membayar itu semua pada saat jatuh tempo ,sedang kan Roma 13:8 menurut gw itu lebih menekan kan kepada hal mengasihi.

Wah kl itu casenya beda lg pak Sigar

Yups. trus gimana donk?bingung jg sih… ;D ;D

Sigar ma kaya aku heheheh, aku juga pernah punya hutang KTA, tp puji Tuhannya dah selesai, ga pernah telat juga bayarnya :wink: tp, sempet kesandung ma ayat Roma 13:8 , makanya Biun :tongue:

Makanya terkadang sikon yang buat aku ngambil tindakan seperti itu :rolleye0014:

=sigar link=topic=786.msg9126#msg9126 date=1205377775]
Yups. trus gimana donk?bingung jg sih… ;D ;D

keputusan ada dipihak anda… ;D ;D

diusahakan jangan ngutang ah, tapi kalo pinjam boleh… :ashamed0004: sama ajah ngga sih? :char14:

emm,
'kan d Roma 13 : 8 ditulis,klo kita hrs saling mengasihi…
nahh,maksud sy,klo seandainya kita lg gak pny sesuatu yg kita lg butuhkan,'kan kita boleh pinjem dulu dongg k tmn2 ato ortu ato sapa keq,nahh…contohnya,lg gak pny uang aj dehh,biar gampang…hehe…
klo 'tu org yg kita minjem duit nya,brarti itu sbg bentuk klo dia mengasihi kita dong maka nya dia mo minjemin kita sbagian yg ia miliki,tanpa memungut bunga dr yg kita pinjem,bgitu jg sebaliknya…
nahh,klo k ik3 pny 'kan berdasarkan PB,klo sy dpt nya d PL…

Ulangan 15 : 7-8
7. “Jika sekiranya ada diantaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati atau menggegam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu.”
8. “tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan.”
nahh,mnurut kalian gi mn.?
kadang2 klo sy perhatiin,PB dan PL itu bertolak belakang…hehe… :smiley:

boleh, asal di bayar. Kalau gak bisa dibayar, jangan ngutang lagi.

boleh asal tidak ngemplang

Bro, kalaupun kita ngutang atau minjam di Bank, kita juga harus “menitipkan” surat berharga yang nilainya lebih drpd yang kita utangi/pinjam.

Jd praktisnya kalaupun barang dari surat berharga tsb. kita jual, kita akan mendapatkan sejumlah uang yang cukup juga, ttp kan kita belum ada maksud untuk menjual…
Bgmn bro…

Tapi kalau hutang (persepuluhan) ke gereja, seperti pada option ke 4 sangat tidak boleh. Karena persepuluhan adalah hak Tuhan. Tidak boleh ditawar-tawar.

Sekalian aku mau tanya nih, jika ada orang punya hutang yang banyak, boleh gak mendoakan orang lain?

Contohnya mendoakan orang yang sakit, usir setan, dll.

Apakah doanya bisa terkabul?

Saya merasa berhutang banyak nih (walau katanya gratis)… soalnya TUHAN jauh-jauh dari Surga trus berkorban buat saya… bagaimana ini? Tidak mungkin sanggup bayar ini sampai mati pun…