Bolehkah Makan Darah?

Kita boleh makan semua makanan kan? ada ayatnya, bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut tidaklah
najis, tp apa yang keluar dr mulut itu yang dapat menajiskan, nah kalau makan B2, ma Rw, itu gpp, tp kalau makan darah?? kan ada yah makanan yang namanya marus, itu darah ayam yang di bekukan, trus makan RW juga harus hati2 soalnya terkadang pakai darah doggie tsb. Nah bener gak seh kalau makan darah itu dosa? dmn ayatnya yah, ada alasan yang kuat?

aku ngga suka makan darah !!! :rolleye0019:

aku pernah baca bagian dari Alkitab kalo darah itu adalah nyawa! (tapi aku lupa dimana, aku akan cari ayatnya)… tapi di ayat tersebut jelas bilang kalo darah itu ngga boleh dimakan…

whew… ike lagi ngidam darah ya… ? :mad0218:

neeh… aku kasi list beberapa ayat2 alkitab yang menentang untuk memakan darah:

Imamat. 3:17 Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu: janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah."

Imamat. 7:26 Demikian juga janganlah kamu memakan darah apapun di segala tempat kediamanmu, baik darah burung-burung ataupun darah hewan.

Imamat. 7:27 Setiap orang yang memakan darah apapun, nyawa orang itu haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya."

Imamat 17:10 "Setiap orang dari bangsa Israel dan dari orang asing yang tinggal di tengah-tengah mereka, yang makan darah apapun juga Aku sendiri akan menentang dia dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya

Imamat. 17:12 Itulah sebabnya Aku berfirman kepada orang Israel: Seorangpun di antaramu janganlah makan darah. Demikian juga orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu tidak boleh makan darah.

Imamat 17:14 Karena darah itulah nyawa segala makhluk. Sebab itu Aku telah berfirman kepada orang Israel: Darah makhluk apapun janganlah kamu makan, karena darah itulah nyawa segala makhluk: setiap orang yang memakannya haruslah dilenyapkan.

Ulangan. 12:23 Tetapi jagalah baik-baik, supaya jangan engkau memakan darahnya, sebab darah ialah nyawa, maka janganlah engkau memakan nyawa bersama-sama dengan daging.


Ngapain juga sih mo makan darah… mending ke bakso malang … :tongue:

hehe… masa ngidam darah, mang nya aku dracula :angry: hehe, cm penasaran saja, soalnya ada beberapa makanan yang pakai darah.

nah semua ayat itu kan perjanjian lama, perjanjian lama juga yang bilang kalau kita ga boleh makan makanan yang haram, yang berkuku ganjil, dsb (lupa ayatnya)…trus gimana dengan yang paulus bilang bahwa bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan tp apa yang keluar dr mulut itu yang menajiskan, berarti bertentangan donk?

Darah… buset dah; byk dracula juga disini…
Tapikir hanya nyamuk yang doyan darah…

Darah doggie… :undecided:
hah ?! TIDAAAKKKK…
Kaburrr… KEJAMnya dunia … :rolleye0019:

cukup membingungkan jg yahh…
klo sy gak suka makan darah sihh…suka nya mkn ati ampla…
hihihihi… :ashamed0004:

Matius 15:11…
“Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”

Matius 15:17…
“Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban ?”

Matius 15:18…
“Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.”

Matius 15:19…
“Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.”

nah itu dia ayatnya hehehe thx Jun

ayat tersebut diatas, dengan ayat yang adi kasih :

NAh ayat2 tersebut apakah tidak bertentangan yah?, yang buat aku “dilema” ya ayat2 tersebut, ada masukan gak prenz??

@Ik3

ayat2 yang diberikan oleh Jun diambil dari perjanjian baru,sedangkan ayat2 yang diberikan oleh Adi diambil dari perjanjian lama (Taurat).

bukankah semenjak TY mati disalib dan bangkit kembali, segala kutuk huikum Taurat sudah ditanggungnya, dan kemudian kita beralih dibawah hukum kasih karunia

memang betul. …

setuju :afro:

berarti makan darah itu boleh yah (heheheheh…bukan berarti aku dracula lohh), cm mo mastiin aja ada gak makanan yang “najis” bagi umat kristen yang dah terima Tuhan.

menurut saya, semua yang kita lakukan asalkan untuk kemuliaan Tuhan,pasti benar

[quote author=ik3 link=topic=430.msg4834#msg4834 date=1202718248]
berarti makan darah itu boleh yah (heheheheh…bukan berarti aku dracula lohh), cm mo mastiin aja ada gak makanan yang “najis” bagi umat kristen yang dah terima Tuhan.
[/quotehe]

menurut saya asalkan sebelum kamu memakan makanan tersebut kamu berdoa terlebih dahulu dan percaya makanan tersebut telah disucikan oleh Darah Yesus maka tidak ada makanan yang najis

JBU

wkt tu,sy jg perna nanya hal yg sama k tmn sy…krn kebetulan dia senior sy dlm Tuhan…>.<
apakah mkn darah itu gak bole.??
tp kata dia…itu kan perjanjian lama sedangkan sekarang kan uda perjanjian baru…

[tr][td]

Bisa di kasih contoh di ayat mana ya…???

nihhh…yg ad d perjanjian baru…

hmm… kalo aku pribadi memang ngga suka sih makanan dicampur darah gitu… :undecided: aneh

Dari pada makan darah…mandingan donor darah di PMI, ;D ;D AMAL…

Hm… kata siapa di PB gak ada larangan makan darah? :slight_smile:
Kis 15:20 dan 28, 29
tetapi kita harus menulis surat kepada mereka, supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.

Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

Believe it or not, pertanyaan soal darah ini berkaitan dengan doktrin keselamatan! hah koq bisa? :cheesy:

OK. Latar belakang cerita di Kisah 15 itu gini:
Paulus dan Barnabas lagi pelayanan kepada bangsa-bangsa non Yahudi di Antiokhia.
Tapi kemudian ada orang yang datang dari Yudea terutama orang-orang Yahudi Kristen bahwa mereka (bangsa-bangsa non Yahudi itu) gak bisa menerima keselamatan kalau tidak mengikuti adat istiadat orang Yahudi, terutama sunat. Nah ‘ngamuklah’ (maksudnya ngamuk rohani lho… he he he) Paulus dan Barnabas soalnya mereka mengajarkan bahwa gak perlu disunat dsb untuk bisa menerima keselamatan.

Karena mereka adalah rasul maka mereka coba naik banding ke markas para rasul di Yerusalem. Sampai di Yerusalem mereka bersidang. Pihak Kristen eks Farisi bersikukuh mengatakan bahwa untuk masuk Kristen harus sunat dsb… dsb… dsb…

Setelah beberapa lama bersidang maka Petrus kemudian berpidato kira-kira pointnya seperti ini:

  • Allah juga ingin menyelamatkan bangsa-bangsa lain selain Israel (ingat mimpi Petrus)
  • Allah juga mengaruniakan Roh Kudus kepada bangsa-bangsa lain (ingat Kornelius)
  • Nenek moyang kita (Israel) pun tidak sanggup melaksanakan hukum taurat kenapa juga kita membebani mereka dengan hal tersebut
  • Kita diselamatkan oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus

Selanjutnya Paulus dan Barnabas bercerita mengenai pengalaman mereka menginjili di bangsa-bangsa lain.

Akhirnya ditutup dengan Surat Keputusan para Rasul yang dibacakan oleh Yakobus isinya:

  • Allah memang sudah menunjukkan terutama kepada Simon Petrus rencananya dari semula untuk menyelamatkan bangsa-bangsa lain
  • Ini untuk menggenapi nubuatan tentang pembangunan kembali pondok Daud yang roboh (jadi gak ada hubungannya dengan pemulihan pujian dan penyembahan… he he he)
  • Tapi mereka juga harus diberitahu beberapa hal yang dilarang yaitu:
    • Makan dari makanan yang dipersembahakan kepada berhala
    • Makan darah
    • Makan dari binatang yang mati dicekik
    • Percabulan
  • Kalau mereka menuruti hal-hal tersebut maka mereka berbuat baik!

Yudas Barsabas dan Silas kemudian ditugaskan untuk menenami Paulus dan Barnabas ke Antiokia untuk membawa dan menerangkan surat keputusan para Rasul tersebut di sana.

Sebenarnya hal inilah yang menjadi titik utama ‘perbedaan’ antara Paulus dan Yakobus. Paulus bilang “Keselamatan hanya karena anugrah”, sedangkan kata Yakobus “kalau kamu bilang kamu orang Kristen mana buktinya?”

Nah masalahnya ada orang yang menekankan fokus Paulus “Sekali selamat tetap selamat”. Dan ada jgua yang menekankan fokus Yakobus “Elo harus bikin ini itu (sunat, doa, puasa, perpuluhan dll) kalau mau selamat.”

Apakah Paulus dan Yakobus bertentangan? NO!

Paulus melihat keselamatan dari sisi hubungan antara Manusia dan Allah: Manusia gak sanggup menyelamatkan dirinya sendiri.

Yakobus melihat keselamatan dari sisi hubungan antara Manusia dan Manusia: Kalo elo ngaku jadi orang Kristen jangan jadi batu sandungan dong…

Pertanyaannya apakah larangan makan darah tersebut berlaku sampai sekarang? I believe yes.

Tapi apakah kalau dilanggar akan mempengaruhi keselamatan? I believe no, tapi tetap tidak menyenangkan hati Tuhan. Apalagi kalau gara-gara soal makan darah doank kita jadi batu sandungan buat orang lain.

BTW: Makan darah tidak sama dengan transfusi darah.

Cheers! :happy0025:

kenyataan ada yg senang makan darah…
darah diolah sedemikian rupa dan enak mereka santap…
namun ada juga yg sgt menentang…

tapi kalo menurut aq…
yg makan darah juga kalo dia imani itu adlh berkat…
jg qt gak bisa menghakimi mereka…
mungkin mereka berpegang pada pengudusan YESUS…
yg sudah selesai semua di atas kayu salib.

dan juga sebaliknya,dgn org yg gak makan darah…
juga gak salah kalo toh itu lebih sejahtra bagi dia…
silahkan… :angel:

masalahnya skarang…
gimana kalo pas dlm satu pertemuan…
ada 3 org bertemu…
yg satu… paham yg makan darah, gak apa2…
yg satunya… paham yg gak boleh makan darah…
yg satu lagi belum percaya YESUS…
gak mungkin ya kita sama2 percaya Kristus…
harus berdebat pendapat didepannya…
pasti jd batu sandungan ma dia yg belum percaya…

saya pikir,bukan masanya lagi kita saling berdebat…
yg mana kita satu tubuh…
sayang banget…
makanya gak bisa dipungkiri…
terjadi perpecahan yg menimbulkan byk golongan…
sayang skali… :’( :’( :’(
mestinya gak harus ada lagi…
golongan apolos,golongan paulus masa kini… :angel:

peace…(just curhat :angel:…)

nahh,bagaimana klo dgn makan makanan haram.??
kyk babi gtu…ga bole jg yahh.?
klo sy sihh…ga suka mkn babi,gelii…hehe…