Bolehkah mengkultuskan Yesus?

Halo teman saya punya pertanyaan nih, kadang orang kristen terlalu mengkultuskan Yesus. Berdoa juga kepada Yesus, bahkan sampai ada teologi Jesus Only dari Oneness Pentecostal.

Padahal konsep ketuhanan orang Kristen adalah Trinitas, yang seharusnya disembah secara lengkap ketiga pribadi tersebut. Kira-kira berapa persen kita menyembah dan berdoa kepada Yesus saja dan kepada Trinitas, lebih sering yang mana?

sharing dong

grace

judulnya kog kurang pas ya

(kŭlt) n. A religion or religious sect generally considered to be extremist or false, with its followers often living in an unconventional manner under the guidance of an authoritarian, charismatic leader. The followers of such a religion or sect. A system or community of religious worship and ritual. The formal means of expressing religious reverence; religious ceremony and ritual. A usually nonscientific method or regimen claimed by its originator to have exclusive or exceptional power in curing a particular disease. Obsessive, especially faddish, devotion to or veneration for a person, principle, or thing. The object of such devotion. An exclusive group of persons sharing an esoteric, usually artistic or intellectual interest.

[Latin cultus, worship, from past participle of colere, to cultivate.]


http://www.answers.com/cult

hmm , bingung juga jawabnya !

Sbb hanya nama Yesus … yang oleh Nama tersebut manusia selamat

Ac 4:11-12
Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan–yaitu kamu sendiri–,namun ia telah menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

wkwkwk
kayanya aku masi harus belajar agama lg nih !
Wkwkwkwkwk
gbu.

Percaya, mnyembah dan taat kpd Yesus sama saja taat kpd Bapa dan Roh Kudus.

Allah tidak saling iri dan tidak itung-itungan.

Yoh 5:23
supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.

Anak layak dhormati dg kadar hormat yg sama sbgmn Bapa dhormati.
Siapa yg mhormati Anak, brarti dia mhormati Bapa.
Makin besar phormatan sso thd Anak, sbesar itu pula phormatan dia kpd Bapa (yg mngutus Anak).

Kalau saya, setelah memahami perbedaan Ketuhanan dan Keilahian Yesus, memilih untuk menyembah, menyebut, berdoa secara lengkap, Bapa, Anak, Roh Kudus.

http://www.4shared.com/file/104572348/17c4e607/iscs01.html
http://www.4shared.com/file/108765070/1aab59d9/iscs02.html
http://www.4shared.com/file/110415515/f1a1287c/iscs03.html

Ini bukan masalah ritual, tapi memang esensi dari Teologi kekristenan memang demikianlah adanya.

Shalom

setuju sama @siip

justru dari Tuhan Yesuslah kita bisa sampai atau mengenal Allah yang benar
jika tidak demikian maka tidak perlu Allah berinkarnasi

jika ada orang yang mencoba datang kepada Allah dan tidak melalui Tuhan Yesus juga akan gagal, yang dijumpai pasti allah2 yang lain dari Allah Trinitas

dan sebenarnya Tuhan Yesus itu sendiri adalah pribadi Allah sendiri

Allah sendiri sesara keseluruhan juga sudah mengaruniakan kepada Yesus nama segala nama dan tekut lutut semua manusia serta memberikan pujian tertinggi kepada Yesus

dan itu juga sejalan dengan “bagi kemuliaan Bapa”

artinya jika kita memberikan pujian dan pengagungan tertinggi kepada Tuhan Yesus maka disitu juga include Bapa dan Roh Kudus

Filipi 2:9-11
9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,

10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

11 dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Kalau saya lebih sreg seperti yang diajarkan Yesus sendiri, yaitu doa Bapa Kami. Doanya sendiri lebih diarahkan kepada Bapa, kemudian diakhiri dengan, dengan perantaraan/dalam nama Yesus dan persekutuan dengan Roh Kudus. Maksud saya lengkap seperti itu.

Mirip doanya Polycarpus (murid Rasul Yohanes), ketika akan mati sebagai martir, juga diakhiri begini :

[b]He ever-truthful God[/b], hast foreordained (Bapa), hast revealed beforehand to me, and now hast fulfilled. Wherefore also I praise You for all things, I bless You, I glorify You, along with [b]the everlasting and heavenly Jesus Christ[/b], Your beloved Son, with whom, to You, [b]and the Holy Ghost[/b], be glory both now and to all coming ages.

Tapi really tidak salah berdoa kepada siapapun dari 3 pribadi Allah tersebut. Tapi paling tidak, kita adalah kaum Trinitarian, dalam keseharian juga tidak ada salahnya dengan tulus mengungkapkan ke-Trinitarian-an itu. Bukan untuk sok-sok-an seperti orang Farisi.

Shalom Aleikhem

Shalom, konsep Trinitasnya harus di luruskan dulu, baru kita bisa memahami maksudnya. Ketika kita menyebut Kristus maka ketiganya sebenarnya kita sertakan. Bukankah kita mengenal Allah dalam nama Kristus Yesus? Dan Allah pun selalu ada dalam ketiganya, ketika penciptaan, ketika ada di bumi bahkan kini dalam Roh Kudus pun, Mereka selalu bersama saling huni dan tidak pernah terpisah.
Mari kita buktikan dalam ayat-ayat berikut;

Roma 6:3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

Yohanes 14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

Teman-teman, terima kasih atas sharingnya, semuanya baik. Moe, melissa, samuil, murukh, siip, fantioz. Terima kasih semuanya.

@Mods, thread ini boleh ditutup

Salam

Onlygrace