Bolehkan Makan Daging Idul Adha?

Dua hal yang paling saya tidak suka ketika tinggal di Indonesia adalah ketika Ramadhan dan Idul Adha.

Pertama, Ramadhan. Umat Kristen seolah-olah dipaksa untuk menghormati orang Islam yg sdg berpuasa. Kita tidak lg bisa makan sembarangan di tempat umum. Apalagi saya kuliah di kampus PTN yg mayoritas mahasiswanya beragama Islam. Saya akan senang ketika Lebaran datang, bukan berarti saya juga senang menyambut hari ‘suci’ itu. Tapi saya senang karena saya akan bisa makan di sembarang tempat tanpa terkungkung kata ‘toleransi’ menghormati orang puasa.

Kedua, Idul Adha. Bau kambing dan sapi dimana-mana. Sayangnya, rumah saya di dekat masjid. Bisa dibayangkan ketika warga menyembelih kambing. setiap perayaan ini, rumah saya masuk dalam daftar pembagian daging kurban. Dan yang saya paling benci, teman Muslim saya selalu mengejek saya dengan nada candaan, “Eh, Idul Adha kan sejarahnya dari Ibrahim. Emang di alkitabmu gak dijelasin ya. Kok cuma Islam doang yg ngerayain”.

yang saya tanyakan ke para members FK:

  1. Bolehkah kita makan daging kurban Idul Adha?
  2. Apakah di Alkitab dijelaskan sejarah nabi Ibrahimnya umat Islam tentang kurban yg menyembelih Ismail?

Terima kasih :char12:

Boleh2 saja kalau suka,
tapi lebih baik diberikan lagi ke org2 yg kurang mampu,
karena sebenarnya hewan2 itu diperuntukan bagi mereka yg kurang mampu

yang ada di Alkitab adalah tt Ishak, anak yg dijanjikan kpd Abraham
yg nayris disembelih, tapi digantikan dgn domba jantan
Kejadian 22:13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.
GBU

  1. Ambil aja, dikasih ya rejeki toh.

  2. Gini sis, klo ditanya lg, ksih counter, tnya kpada mereka siapa yg dikurbnkan? Ismail ato Ishak, jika mereka jwab Ismail, mnta ayat pndukungnya di quran krna di dlm Islam sebenarnya tidak prnah disebut nama Ismail, pihak Islam kepedean dengan mengatakan itu Ismail pdhal tidak prnah ad nma itu di ayat mnapun di dlm quran. Di Bible jlas nmanya Ishak.

Semoga berkenan… :smiley:

Iya, terus bilangin ke mereka nyontek kok nanggung2… :smiley:

wkwkwkwk baru aja di kantor tadi ada pemotongan hewan kurban, di tanya sama semua orang lu ga makan apa ga suka apa kenapa ?
mending gw kerja dari pada ikut serta perayaan pengurbanan binatang yang menolak karya Bapa dalam Mesias

ya boleh saja… sebab tu kambing/domba/sapi/unta… kan milik TUHAN… bila dikasi ke kita berarti itu adalah pemberian dari TUHAN… nah setelah kita terima… tergantung kita mau dimakan boleh atau mau diberikan pada yang lain juga boleh… bila ditolak berarti menolak pemberian TUHAN… nah lohhh…

boleh banget broooo… selama kagak busuk… apalagi gratisan…

mau idul adha, mau ketupat lebaran, mau sembahyang cina, mau sesajen hindu, mau pepunden baduy, mau escargo bekicot, mau daging anjing, dlll…
selama kagak busuk & diberikan dengan ikhklas kepada saya…
wajib hukumnya di embat…

tuhan gue rasa belum pernah mengajarkan agar me-mubazirkan pemberian orang dengan niat baik.

Kalo cuma makan doang aja takut goyah imannya?
wah… kayanya perlu ber-iman lebih substantif bro… ehehe…

salam,

iman yang hebat bravo :afro:…boleh gitu tanpa alasan kita makan persembahan untuk berhala atau tuhan palsu…bravo…bravo…bravo
tolong di baca 1 korintus 8,10, wahyu 2:14,20, kis 15:29 baca dengan teliti… ya beda lah kan situ merasa diri paling bener makan darah pun situ ga merasa salah ya ga brow ? bravo
kelihatan kok bagaimana seorang itu menaroh hormat kepada TUHAN atau tidak…ow lupa gw elu menyembah tuhan palsu mungkin ya tulisan tuhannya kecil si, secara TUHAN yang benar harus di hormati dalam segala hal

dasar hukumnya apa boleh makan persembahan berhala atau tuhan palsu ?
jangan - jangan di pukul rata sama semua makanan boleh di makan lagi kis 10:10-15?
oi manusia yang sangat beriman bisa membedakan arti Firman Tuhan “semua”(jenis) makanan itu halal dengan “tujuan”(maksud) makanan itu untuk apa?

yang lucu lagi "tuhan gue rasa…"mengaku orang beriman tapi “tuhan gue rasa…” setau gw apa yang di ajarkan Yesus itu kepastian Ya dan Amin! bukan rasa atau pemikiran belak-belok! ? ini tuhan yang lu rasa ya ? namanya siapa tolong reply ya…dan ajaran Yesus yang mana tentang mengimani BAPA MAHATINGGI dengan rasa - rasa ?

Kalau dikasih gratis tk sikat. :smiley: Maklum omnivora hihihi…

Share dikit keluarin unek2. OOT. :mad0261:
tadi jalan makan sate kambing, bayar habis lebih 30 ribu.
Habis bayar, ada pasangan karyawan toko bayar juga, 10 tusuk berdua ama nasi dua cuma 20 ribuan. Kupikir, kurang asam juga ini penjual sate, harganya naik turun tergantung orang yang makan. :smiley:

Lain kali kalau makan di tempat yang gak ada daftar harga mesti tanya dulu sebelum makan. :2funny:

GBU

Tentu saja tidak ada, sis. Alkitab tidak mengakui Ismael sebagai “anak perjanjian.” Jadi Ismael mau disembelih atau dimasak kecap ngga ada urusan buat YHWH.

Yang perlu anda herankan, tapi jangan tanyakan secara langsung kecuali anda ingin rumah anda dilempari batu oleh tetangga atau bahkan anda sekeluarga diusir dari sana, adalah:

Kenapa Ibrahim bukan hanya menyembelih tapi “membakar” domba korbannya sementara tetangga anda cuma “menyembelih” doang?

betul!!!
yang perlu di herankan lagi itu “anakdomba” adalah karya YHWH kepada manusia yang di nubuatkan melalui pengalaman abraham…nah ini beli kambing menurut kehendak sendiri untuk di bagi - bagikan sebagai korban santapan kaum duafah jelas sangat jauh melenceng dari tujuan pengorbanan “anak domba”.

ini jelas penolakan dan penghinaan terhadap karya YHWH dalam pengorbanan anakdomba…
memang “dagingnya” buat kaum duafah benar ? tapi ingat “darahnya” yang tertumpah untuk siapa ?

Maklum istri nabi ada yang Kristiani, kerabatnya juga dulu ada yang Yahudi. Jadi mungkin sempat dengar-dengar dari mereka tapi gak lengkap dan kurang mengerti maknanya. Makanya kalau kita baca yang ditulis, semua ceritanya itu cuma cerita sepotong-sepotong, dan kadang suka terbalik-balik dengan sumbernya.

Tapi mereka yakini sumbernya yang terbalik.

GBU

hehehehe…dari dulu saya sering nungguin jatah sisinya…dan bikin sate…ehhh sampe sekarang tuh…seru euy…!!!

Ga ada dosa disitu…!!!

salam…

haloo… mas… saya udah reply lho… hehehe…

Kalo dengan kemampuan iman saya yg masih dangkal ini:
Jelas dong… bahwa apa yang Saya Yakini tentang Sosok Tuhan adalah PERSEPSI SAYA… JELAS ITU…
kan saya cuma manusia biasa…

gak tau ya kalo sampeyan superman atau malaekat.
jadi bisa LANGSUNG PASTI TAHU TUHAN secara AN SICH…
kalo saya sih belum mampu & TIDAK AKAN MAMPU kok…

Tapi yang jelas,
saya makan apa aja yang penting KAGAK BUSUK dan BUKAN HASIL NGERAMPOK atau NYOLONG,
mau bekas sesajen apa lah… teteppppp lezzzzaaaaatttt & tandassssss…

Masa sih mas… masa gara-gara makan doang, bisa me-nyandung iman sampeyan?
katanya sebiji sesawi bisa memindahkan gunung…
masa cuma makan kambing qurban atau babi-lawar sesajen di pura jadi TAKUT GAK MASUK SURGA??? ehehe…

udah ya… udah saya reply lho…

wkwkw kocak…menurut lu iman lu yang menyelamatkan elu ? jelas Yesus katakan kasih karunia sehingga orang percaya dapat beriman + berbuat…kalo cuma denger firman TUHAN ma…analisis pendeta mana mas ? kocak wong di cari kebenaran firman TUHAN tapi ya gpp si keliatan kok dari buahnya … di cari donk kebenarannya

sekarang bagaimana mungkin seorang hamba dapat berkata aku akan melakukan semua pekerjaan dari Majikanku berdasarkan kehendakku sendiri dan bukan kehendak Majikanku ?

skrg gw tanya firman dan ajaran Yesus yang mana coba kasih 1 aja yang mengatakan…boleh makan persembahan berhala ? kalau itu boleh apa guna kita merayakan kematian Yesus dalam perjamuan Kudus ?
tapi ga papa lah secara tuhan lu itu tuhan rasa - rasa kan ?

lhoo… malah ngajak ngobrol…

Iman saya menyelamatkan saya?
idihhhh… ogah banget ah…
Saya BUKAN Penganut HEAVEN-MUPENG THEOLOGY kok…
alias: saya beriman karena saya dijanjikan oleh Tuhan bakal DIANGGAP LAYAK MASUK SURGA…
hehehe… enggak banget deh…

Lha sekarang saya tanya:
coba sebutkan 1 ayat aja yang meyebutkan sampeyan Diperintahkan / diperbolehkan oleh alkitab untuk pakai komputer klak-klik sana sini…

udah ah… wah… banyak pelawak berbakat ya ternyata disini…
ayo… ndaftar juga stand up comedy… biar tambah seru…

stand up comedy aja dulu silakan baca Humor yang satu ini sangat - sangat lucu
wahyu 2:14
Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau diantaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk “menyesatkan” orang Israel, supaya mereka “makan persembahan berhala”.
wahyu 2:20
Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, “yang menyebut dirinya nabiah”, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan “makan persembahan-persembahan berhala”.

lelucon yang paling lucu adalah saat orang berkata “beriman” dan setiap penyataannya adalah menyerang mereka yang dia anggap pagan…namun kelakuannya sendiri sangat pagan karena tidak mau mencari kebenaran dalam firman itu sendiri.

lah elu mengutip tentang “iman lu yang besar bukan?” iman sebeiji sesawi" dengan iman lu apapun yang lu
lakukan akan benar di hadapan tuhan ?
hmmm…itu seperti seorang yang di katakan Yesus tentang orang yang akan…Mesias ada di padang gurun…
jangan…jangan…

ow jadi bohong ya semua nubuatan nabi tentang meledaknya pengetahuan informasi untuk penyebaran Firman Tuhan ?
ow jadi lu ga pernah baca Firman Tuhan tentang…“jadikan semua bangsa murid Ku”?
ow jadi lu ga pernah baca “sampai semua orang mendengar Firman Tuhan”… ?
ow jadi elu ga pernah dengar "Tetapi engkau, hai Daniel, sembunyikanlah segala firman itu dan meteraikanlah kitab itu sampai pada akhir zaman. Banyak orang akan berlari kian kemari dan pengetahuan akan bertambah "
mau gw tambah lagi ?

ketak - ketik aja dulu…“kehendak lu yang jadi bukan kehendak Nya” bener ga ? kebebasan yang tanpa batas.

gw jadi ingat salah satu orang di forum ini berkata…orang yang mengambil firman TUHAN 1 biji atau bahkan hanya sepotong tanpa melihat sebagai satu kebenaran yang utuh, firman menopang firman membentuk menara kebenaran itu seperti…manusia padang gurun

asli serem.

hehehe… emang betul ya… Lucu banget… ehehe…

Kalo emang mbak ini TAKUT makan makanan yang DIANGGAP persembahan Berhala BERBAHAYA bisa MENGGAGALKAN upaya mbak MASUK KE SURGA… ya gak usah dimakan… gitu aja toh beres…

Gak usah kalang kabut gitu ah… biasa aja…

Kalo saya TETAP MAU MAKAN ah… selama kagak BASI dan BUKAN hasil NYOLONG atau NGERAMPOK ehehe…
Walaupun OLEH ORANG LAIN berdasar INTERPRETASI-nya atas kutipan2 tadi, saya DIANGGAP DOSA atau TIDAK BERIMAN atau TERSESAT KE NERAKA atau IKUT JADI BERHALA…
ya mangga wae atuh…
Itu hak nya yang mikir & interpretasi kok… masa dilarang…

Nah, perkara SAYA nanti MASUK Surga/Neraka GARA-GARA makan MAKANAN yang DIANGGAP BERHALA, itu biarin aja saya yang BERTANGGUNG JAWAB SENDIRI nanti…
Kalo udah tahu hasilnya waktu saya udah mati, nanti saya sms ke sampeyan ya… ehehe…

masih mau nambah ngobrol yang lain mbak? eeheehe…

Oiya ketinggalan,
kalo yg tentang Sebarkan Firman sampai ke penjuru dunia itu,
KITA SEBAGAI MANUSIA harus MAWAS DIRI dan TAHU DIRI
bahwa kita ini TIDAK SEMPURNA dan MUDAH TERJEBAK dalam NAFSU DUNIAWI dan EGOISME PRIBADI,
yang ujung-ujungnya BUKANNYA menyampaikan Firman secara SUBSTANTIF,
tapi HANYA jadi JUALAN ORGANISASI aja & timbul rasa BANGGA bila BERHASIL MEMPENGARUHI orang Lain (yang SEOLAH-OLAH dianggap"Menyelamatkan"?? ehehe… hari gini…?)

udah… apa lagi mbak… demen ngobrol ya…? ehehe…
tapi suer… yg post tadi BENER-BENER LUCU lho caranya MeLompat-Lompatkan Logika & Membolak-balik kutipannya… humoris ya sampeyan ini…

emang daging idul adha berdosa ya?

klo saya mah makan makan aja, :happy0062:

Taon2 kemaren si keluarga ane slalu dikasi, tp selalu kita kasi ke mbak d rumah sebelah. nah, pas kemaren, dikasi lg bro daging sapi. 1 kg lebih. eh si mbaknya uda ngga ada, n tetangga ane yang 1 lagi baru aja pindah. ya uda, ane, bokap, ma nyokap kerja bakti deh bkin sop. mantaaaaap. rejeki. ga papa koq.hehe