BUAH Karya ROH

Buah Karya ROH

Seseorang bisa menghasilkan BUAH hidup yang BERKENAN dihadapan ALLAH , Oleh Karya ROH KUDUS , anugrahNya saja “ Bukan oleh kuat dan gagah manusia “ Zakharia 4 : 6 .

Galatia 5 : 19 - 21 , Kalau sebagai umat Tuhan hidup tidak mau dipimpin Roh Kudus maka ia hanya menghasilkan buah daging saja yaitu ; Percabulan , kecemaran , hawa nafsu , penyembahan berhala , sihir , perseteruan , perselisihan , iri hati , amarah , kepentingan diri sendiri , percideraan , roh pemecah , kedengkian , kemabukan , pesta pora , dan sebagainya . Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu , ia TIDAK AKAN MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN ALLAH .

Sebaliknya kalau ia mau dipimpin ROH terus menerus ia akan menghasilkan buah ROH seperti ; Kasih , sukacita , damai sejahtera , kesabaran , kemurahan , kebaikan , kesetiaan , kelemah lembutan , penguasaan diri , Galatia 5 : 22-23 .

Memang dalam dunia ini kita sering melihat seseorang yang bukan KRISTEN tetapi memiliki juga BUAH HIDUP seperti yang tertulis dalam Gal 5 : 22-23 ini ? Untuk itu kita harus tahu Manusia umum adalah Ciptaan ALLAH yang serupa dengan gambaranNya ( Kej 1 : 26 ) Jadi pada dasarnya setiap manusia memang memiliki sifat ALLAH tetapi hanya bersifat temporer dan buah hidup tersebut tidak menyelamatkan hidupnya dari HUKUMAN KEKAL kalau ia diluar KRISTUS ( Yoh 14:6 )

Karena begitu besar KASIHNYA Tuhan merencanakan KESELAMATAN bagi manusia dari hukuman dan KEMATIAN kekal menjadi HIDUP kekal ,Rencana tersebut diwujudkan dengan menyerahkan ANAKNYA YANG TUNGGAL , Yohanes 3 : 16 , Anak yang dimaksud hanya GAMBARAN akan kasihNya ( sebab Allah tidak beristri ) anak untuk mengambarkan pada umumnya yang paling dicintai dalam sebuah keluarga adalah anak , Kalau rela diberikan sebagai korban betapa besar pengorbanan ALLAH bagi keselamatan manusia !

Keselamatan mulai dilaksanakan pada saat ,

FIRMAN menjadi manusia , Yohanes 1 : 1 dalam diri pribadi YESUS yang diurapi ( kristus ) , Yohanes 1 : 14 . Karya Keselamatan di masa Perjanjian baru ini dikerjakan oleh ROH KUDUS .

Panggilan Tuhan untuk menerima ANUGRAH KESELAMATAN digambarkan di Matius 22 : 1 - 14 .

Pada awalnya undangan khusus bagi bangsa Israel , Roma 11: 14-18 , Tetapi karena menolak maka undangan diberikan kepada semua bangsa , Bagi mereka yang sudah masuk PERJAMUAN , tetapi tidak berpakaian pesta ( tidak berpakaian Kebenaran Wahyu 19 : 8 ) orang tersebut akan diusir keluar , Ini berbicara banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang diselamatkan ! apa sebabnya ?

Dalam melaksanakan PANGGILANNYA lewat 2 cara ;

  1. Panggilan umum melalui pemberitaan Firman lewat ; Radio , T.V , buku rohani , Kotbah – kotbah , K.K.R atau lewat Alkitab yang dibagikan ( The Gideon ) Saat mendengar , membaca hati orang tersebut DITERANGI ( Oleh Roh Kudus ) sehingga tahu dirinya dihadapan Allah berdosa , kotor ( gelap ) dan akan menerima hukuman kekal . Disini ada beberapa sikap orang ;

• Sadar akan dosanya , tetapi ada yang hanya menyesal , contoh , Matius 27 : 3 Maka menyesallah ( metamellomai ) Yudas …bunuh diri . Yudas Iskariot baru diterangi Roh Kudus ia tidak TAAT akan tuntunan TERANG ( FirmanNya yang didengarnya ) karena mencintai hidup lamanya yang gelap , maka dia sebetulnya belum diselamatkan ( menjadi anak Tuhan ) . Yohanes 3 : 18-19 . Karena ia hanya sebatas menyesal saja , belum BERTOBAT ( berbalik dari jalan hidupnya yang lama ) Jatuh dalam dosa yang sama terus menerus , itu menunjukkan ia sebetulnya belum BERTOBAT dari dosanya !

• Ada yang diterangi ROH KUDUS , ia Percaya tetapi memilih pemberitaan MEMENUHI KEBUTUHAN hidup , kesuksesan , kesembuhan penyakitnya tetapi setelah didapatkan tidak mengakui YESUS sebagai juruselamat hidupnya maka ia merupakan orang yang paling malang , ( sebab kedatangan Tuhan Yesus sebagai Juruselamat bukan untuk perkara yang FANA saja , melainkan untuk memperoleh hidup kekal . ( BAKA ) 1 Korintus 15 : 19 .

Bersambung …


Sambungan… Buah karya ROH

Orang seperti itu sebetulnya belum dimeterai ROH KUDUS . Efesus 1 : 13 .

Ia belum berbalik dari jalan hidupnya yang lama , ( belum bertobat ) ia baru diterangi tetapi tidak mau tunduk kepada terang hidup , ia lebih senang hidup dalam dunia lamanya ! Yohanes 3 : 18-19 .

• Sebab belum sujud menyembah YESUS sebagai RAJA dalam hidupnya , hanya menjadikan YESUS pemenuh kebutuhan , keinginan hatinya saja .
• Karena belum menjadikan YESUS sebagai RAJA ia tidak TAAT kalau TAAT akan mengubahkan hidupnya ! Itulah sebabnya Tuhan belum memberikan anugrah KESELAMATANNYA kepada orang seperti itu . Yohanes 2 : 23 - 24 .
• Alkitab mengambarkan orang seperti itu sebagai Kambing ( keras kepala ) bukan Domba . Matius 25 : 31- 46 .

Tetapi mereka setelah DITERANGI dan sadar akan dosa-dosa dan akibatnya , dan ia bertobat ( Metanoeo ) berbalik dari CARA HIDUPNYA YANG LAMA dan TAAT akan FirmanNya , maka ia akan dimeterai ROH KUDUS , Efesus 1 : 13 ; 2 Korintus 1 : 22 ; Roma 8 : 16 . Ia sujud menyembah YESUS sebagai RAJA junjungan hidupnya , sehingga lewat proses waktu ( taat , percaya terus menerus ( Pisteuon ) ia akan menghasilkan buah karya ROH KUDUS dan ia menerima hidup yang kekal . Yohanes 3 : 36 .

Proses menghasilkan buah karya ROH KUDUS Tergantung Saat ia mendengar Firman Tuhan , ia sedang membangun MANUSIA ROHANINYA itu menentukan mutu ROHANINYA bahannya dari apa , Apakah dari ;

• Kayu , rumput dan jerami , GAMBARAN kebenaran diri sendiri , yang dicari berkatNya saja .
• Emas dan batu mulia , GAMBARAN umat yang taat kebenaran Firman seutuhnya .

Mutu rohani akan diketahui saat diuji dengan berbagai COBAAN HIDUP ini ( 1 Pet 1 : 6-7 ) apakah ia tetap konsisten MENGANDALKAN Tuhan atau mundur , disinilah akan nampak MUTU bangunan manusia rohaninya selama ini bahannya dari apa , Kalau dari kayu , rumput dan jerami semua akan terbakar IBADAHNYA SELAMA INI sia-sia ( tetapi ia tetap akan diselamatkan ) Kalau membangun bahannya dari Emas akan membuat hidupnya makin bersinar ( Menghasilkan BUAH ) walau harus melewati berbagai pencobaan hidup ! 1 Korintus 3:10-15 .

Disini muncul banyak fenomena , orang yang kelihatannya sudah diselamatkan menjadi anak Tuhan , setia datang kegereja sekian tahun lamanya dan sudah PELAYANAN , tetapi dari buah hidupnya ternyata DAGING , ( sombong , popularitas diri , kekayaan yang dikejar ) karena ia belum TAAT atau sujud MENYEMBAH YESUS sebagai junjungan hidupnya , sebab dagingnya masih kuat , dominan , belum dimatikan . Roma 6 : 3-10 ,
Mungkin dalam pelayanan bisa mengusir setan , membuat MUJIZAT demi nama TUHAN YESUS , tetapi Tuhan mengatakan tidak mengenalnya . Matius 7 : 15-23 . Sebab buah dalam hidupnya adalah daging yang memalukan nama Tuhan !


Mengapa Mujizat bisa terjadi kalau ia belum diselamatkan , mujizat dalam pelayanan terjadi bukan karena perkataan orang tersebut yang diurapi , tetapi karena kuasa NAMA YESUS yang merupakan nama diatas segala nama yang mendatangkan Mujizat ! Markus 9 : 38-40 ; Filipi 2 : 9 -11 .

Jadi ROH KUDUS diberikan hanya bagi mereka yang MENGASIHI dan sujud menyembah YESUS WUJUDNYA TAAT akan FirmanNya , Yohanes 14 : 15 maka ROH KUDUS akan diam didalam hidupnya selama-lamanya . Yohanes 14 : 16-17,26 untuk mendorong , menuntun dan mengajarkan hidup dijalan-jalanNya sampai mengerti kehendakNya , sebaliknya kalau ia tidak mau TAAT maka ia menduka citakan ROH KUDUS dalam hidupnya , Efesus 4 : 30 .

ROH KUDUS yang didalam hidup umat Tuhan juga mengajarkan hal-hal yang akan datang sehingga tahu KEHENDAKNYA karena tahu akan kehendakNya umat Tuhan mau memberikan dirinya dipakai menjadi alat KEMULIAAN NAMANYA . Yohanes 16 : 13-14 .

Seperti perumpamaan saudagar yang tahu di sebuah LADANG ada PERMATA yang INDAH ia akan rela menjual seluruh kekayaannya untuk mendapatkan ladang tersebut yaitu masa depan yang menjanjikan . Matius 13 : 44-46 .Umat kalau tahu AJAIBNYA KESELAMATAN ia pasti berusaha menggali sampai menemukan kehendakNya yang sempurna !

Itulah sebabnya Umat Tuhan yang tumbuh juga bisa dianalogikan seperti Pohon yang tumbuh sehat ia pasti akan berbuah dan dari buah akan didapatkan biji dari biji tersebut kalau ditanam akan menjadi pohon dan seterusnya …, artinya karya ROH KUDUS bukan berhenti menyelamatkan SESEORANG , tetapi Tuhan punya rencana agar umat yang sudah diselamatkan bisa menjadi berkat , terang , Menghasilkan buah-buah bagi KEMULIAANNYA !

Bersambung …


Sambungan … BUAH kaarya ROH

Bandingkan dengan Keselamatan yang Tuhan berikan kepada manusia di Perjanjian Lama , melalui KETAATAN akan HUKUM TAURAT , Siapa yang TAAT tidak kena hukuman , sebaliknya yang tidak TAAT kena hukuman dan manusia ternyata dengan kekuatanya sendiri tidak mampu melakukannya ! jadi betapa muliaNya anugrah Keselamatan yang Tuhan berikan kepada kita manusia diera perjanjian baru ini karena ROH KUDUS tinggal dalam hidup kita !

2. Panggilan Tuhan lewat pemilihan khusus , ditentukan sejak dalam kandungan Ibu , Yesaya 49 : 1 , Yermia 1 : 4 ; Roma 8 : 29 - 30 , Galatia 1 : 15 , Efesus 1 : 4 . Momentum Tuhan memanggil bisa berusia muda , bisa juga berusia tengah baya , Yang jelas ia tidak bisa lari ketika Tuhan sudah MEMILIHNYA , ia akan dikejar dengan berbagai peristiwa agar tahu diluar Tuhan ia tidak ada apa-apanya sampai ia mau taat , takluk akan kehendakNya , Contoh ;

Yunus , walau ia melarikan diri tidak bisa , Sampai ia taat , takluk akan KEHENDAK TUHAN .
Yermia , hatinya menolak tetapi ada sesuatu dalam dirinya seperti api yang menyala-nyala , mengejar terus hidupnya , Yermia 20 : 9 .

Setelah dipanggil , diselamatkan dan menjadi anak-anakNya secara KHUSUS, sangat penting untuk TETAP hidup bergantung kepada POKOK KEHIDUPAN secara terus menerus , ( intim dengan Tuhan ) sebab kalau melepaskan ketergantungan hidupnya dari POKOK KEHIDUPAN ia pasti akan tersesat ! Sebab ia mulai tidak TAAT akan PIMPINANNYA , ia tidak lagi SUJUD menyembah YESUS sebagai RAJA dalam hidupnya , kembali hidup menuruti dagingnya .

Umat Tuhan bisa jatuh dalam dosa lagi tetapi Roh Kudus yang ada didalam dirinya mengingatkan sehingga ia akan cepat bangkit lagi . 1 Yohanes 3 : 6 , 9 .

• kalau ia mengeraskan hatinya tidak mau kembali hidup dijalan yang Tuhan tetapkan , maka Tuhan mengijinkan iblis mencobainya dengan berbagai pencobaan hidup , Yakobus 1 : 13 sampai ia bertobat ( berbalik dari jalan hidupnya yang salah ) seandainya sedemikian keras hatinya tetap tidak mau bertobat ia MATI , tetapi Rohnya diselamatkan . 1 Korintus 5 : 5 .

Itulah sebabnya Tuhan mengambarkan umat Tuhan sebagai DOMBA bukan kambing , salah satu ciri domba adalah ; sangat bodoh kalau tersesat ia tidak bisa menentukan arah untuk kembali lagi ! Ini juga berbicara walau seseorang punya ilmu dan pengetahuan sampai S - 3 tanpa pimpinan ROH KUDUS ia tidak akan bisa tahu jalan KEBENARAN DAN KEHIDUPAN hanya Roh Kudus yang bisa memimpin umat menuju kepada rencana keselamatan Tuhan bagi manusia !

Kalau umat Tuhan dipimpin ROH KUDUS terus menerus , ia pasti akan menuju RENCANA DAN KEHENDAK TUHAN dan hidupnya akan menghasilkan BUAH , sebaliknya kalau umat Tuhan tidak mau dipimpin ROH KUDUS secara KONSISTEN dalam perjalanan hidupnya ia akan meraba-raba , tidak jelas arti hidup dan tujuan hidupnya maka ia pasti ;

• Salah menafsirkan kebenaran Firman , ( dulu saat intim benar setelah jauh pasti salah )
• Salah memilih , membagi waktu untuk Tuhan dan untuk kepentingan lain ,
• ia pasti salah memilih makanan yang sehat dan yang tidak sehat asal makan saja ,
• Ia salah menemukan pekerjaan yang cocok , sesuai bagi dirinya ,
• ia pasti salah memilih jodoh yang dilihat hanya sebatas fisik saja bukan rohaninya ,
• Ia hanya melakukan kehidupan sebagai orang kristen dan mugkin sudah pelayanan tetapi secara RUTINITAS dan tidak menghasilkan buah-buah !

Demikian juga kalau anak Tuhan yang sudah dipilih dan dipanggil menolak hidup dalam kehendakNya untuk menghasilkan buah-buah hidup maka cepat atau lambat ia akan kering dan akhirnya pasti mati !

Ibrani 6 : 4-8 Mengatakan ; “ Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya , yang pernah mengecap karunia sorgawi , dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus , dan yang mengecap Firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang , namun yang murtad lagi , tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian , hingga mereka bertobat , sebab mereka menyalibkan kembali Anak Allah bagi diri mereka sendiri dan menghinanya dimuka umum . Sebab tanah yang menghisap air hujan yang sering turun keatasnya , , dan yang menghasilkan tumbuh-tumbuhan yang berguna bagi mereka yang mengerjakannya menerima berkat dari Allah ; tetapi jikalau tanah itu menghasilkan semak duri dan rumput duri , tidaklah ia berguna dan sudah dekat pada kutuk , yang berakhir pada pembakaran “ . Amin .