"BUAH ROH"

Tulisan Paulus kepada jemaat di Galatia antara lain berisi teguran2 kepada jemaat yang mudah tertipu (Gal. 1:6; 3:1; 4:19-20). Surat ini juga berisi sebuah daftar BUAH ROH dan daftar yang lengkap tentang Tabiat Dosa.

Yang kita soroti pada kesempatan ini adalah daftar yang berisi BUAH ROH dalam Galatia 5:22-23, dan konsekuensinya bila kita memilih hidup di dalam Kristus dalam Galatia 5:24-26.

Galatia
5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
5:26 dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Pengertian KASIH seringkali disalah artikan dengan arti toleran. Oleh sebab itu banyak kali kita mendapati teman2 khususnya di FK ini yang tersinggung ketika ditegur, diperingatkan, diberi tahu bahwa pemahamannya itu salah karena tidak sesuai dengan Alkitab.

Tindakan menegur, memperingatkan, memberi tahu ini sangat erat kaitannya dengan tindakan KASIH. Kalau kita mengasihi seseorang tentunya tidak akan membiarkan orang tersebut binasa dalam kesalahannya. Hal itu sesuai dengan perintah Tuhan yang tertulis dalam Kitab Yehezkiel 3:18-19 sbb:

Yehezkiel 3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! – dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
3:19 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu

Ayat-ayat di atas inilah yang menjadi acuan mengapa kita harus saling menegur,memperingatkan, dan memberi tahu. Jadi bukan semata-mata karena sok tahu dan merasa diri paling benar.

Kita sadar bahwa perbuatan KASIH yang satu ini tentunya memiliki resiko yang paling tinggi untuk dibenci, akan tetapi apapun resikonya kita harus rela menanggungnya karena kita adalah milik Kristus. Itu sesuai dengan apa yang dituliskan Paulus dalam suratnya yang lain kepada jemaat Korintus, di dalam I Korintus 13:7 Maka ia tahan menanggung segala sesuatu, dan percaya akan segala sesuatu, dan harap akan segala sesuatu, dan sabar akan segala sesuatu (LAI – TL).
Semuanya agar kalau bisa jangan ada yang binasa, seperti yang tertulis dalam I Petrus 3:9 berikut : . . . . . . . , karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
GBU all.

Biasanya orang lebih senang mengambil sikap TOLERAN sbg wujud kasih (yang palsu :)),
karena teguran kasih dapat berakibat fatal, sampai kehilangan nyawa spt Yohanes Pembaptis
Matius 14:4 Karena Yohanes pernah menegornya, katanya: “Tidak halal engkau mengambil Herodias!”
14:5 Herodes ingin membunuhnya, tetapi ia takut akan orang banyak yang memandang Yohanes sebagai nabi.
14:6 Tetapi pada hari ulang tahun Herodes, menarilah anak perempuan Herodias di tengah-tengah mereka dan menyukakan hati Herodes,
14:7 sehingga Herodes bersumpah akan memberikan kepadanya apa saja yang dimintanya.
14:8 Maka setelah dihasut oleh ibunya, anak perempuan itu berkata: “Berikanlah aku di sini kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam.”
14:9 Lalu sedihlah hati raja, tetapi karena sumpahnya dan karena tamu-tamunya diperintahkannya juga untuk memberikannya.
14:10 Disuruhnya memenggal kepala Yohanes di penjara.

Untuk berbuat kasih memang kita harus membayar harganya, itu lebih baik daripada harus menanggung dosa orang lain.
Yehezkiel 3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! – dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
Jadi jangan ragu2 menegur org lain agar bisa berbalik kepada jalan yg benar sesuai dgn Firman Allah.
GBU all

BUAH BUAH DARI ROH ROH TUHAN YESUS :
Takut kepada TUHAN
Tobat Tobat Tobat
Iman Percaya YESUS
Kasih TUHAN
Kasih keluarga
Kasih sesama
Kasih yanglain
Kasih sendiri
Hidup Kasih
Hidup Kudus
Hidup Benar
Pikir Baik
Lihat Baik
Dengar Baik
Bicara Baik
Buat Baik
Hikmat
Pengetahuan
Pengertian
Bijak
Bijak sini
Bijak sana
Cerdik
Cerdas
Jenius
Pandai
Pintar
Ingat
Sadar
Sehat
Kuat
Lembut
Semangat
Pengendalian Diri
Rendah Hati
Murah Hati
Baik Hati
Peduli
Penolong
Pelindung
Penghibur
Pengampun
Pemaaf
Sabar
Tabah
Tahan
Tegar
Tenang
Damai
Sukacita
Bahagia
Berani
Jujur
Adil
Tegas
Hormat
Pimpin
Bersih
Tekun
Rajin
Giat
Taat
Setia
Disiplin
Tanggung Jawab

buah buah dari roh roh iblis setan :
kebalikan terbalik
tidak baik
jahat

Kalo munafik mengatasnamakan kesucian padahal disikap kehidupannye dia kudu menjaga diri ame orang2 di lingkungannye? Ape bisa dibilang berbuah gak ye? ;D

yang namanya berbuah itu sifatnya nature/alami,
gak ada paksaan, dan bkn supya dilihat & dipuji orang lain,
tapi semata2 utk membuktikan bahwa Yesus ada di dlm ku
Yohanes 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
GBU

ok juga mang, gak ada paksaan ye, sifat nature/alami yee ame kagak supaye dilihat ame dipuji juga yee… mmmm…

Mengapa Penekanannya pada KASIH?
Alkitab mengatakan dalam
I Korintus 13:8 Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Artinya sampai berada di dalam surga pun KASIH itu masih tetap ada, bahkan di dalam surga itu yang ada hanyalah KASIH, karena semua kebencian, kesusahan, kesengsaraan, dan semua air mata telah lenyap, bahkan karunia2 Roh Kudus yang lain pun telah lenyap.
Kalau kita tidak pernah berani menyatakan KASIH di dlm tindakan kita maka tdk akan layak berada di surga, walaupun utk bertindak KASIH itu ada harga yg harus dibayar, karena KASIH berarti memberi/berkorban.
GBU all.

Hanya yang hidup dalam Roh, baru bisa berbuah roh

BROO…??

Banyak amir buah Roh nya…!! jualan nih…?? hehehhe

Ada sembilan saja BUAH-BUAH ROH yang di ceritakan dalam Alkitab…dan itu semua prioritas…

Tapi kalau kebanyakan…?? jualan kale ya…?? hahahaha

Salam

Koreksi, yang dicatat adalah buah Roh, bukan buah-buah Roh, jadi singular, satu buah sembilan rasa.

HAHAHAHAHA…

Jika seperti itu pengajaranya : only "buah roh "…wahh…?? emang ALKITAB ITU ADA BERAPA AYAT SEH [email protected]??
Sangat tidak relevanlah…jika yang dikejar hanya disebutkan satu saja " BUAH-ROH " Padahal ALKITAB mengajarkan
harus di hasilkan buah-buah roh…jumlahnya ada sembilan loh. Itu kata Alkitab loh , bukan kata saya…loh… hehehehe

Jadi janganlah menambahi dan mengurangi dng apa yang dikatakan Alkitab…dng alasan yang di keluarkan oleh si manusiany karena memiliki sisi kepentingan disitu.
Kalau mau didalami lagi buah-buah roh yang berjumlah sembilan itu ada cara nya masing masing untuk mendapatkannya…Jadi bukan hanya satau saja “buah roh” yang akan kita capai dan kemudian satu buah dianalogikan seperti satu gerbong / kontainer saja…??? dan berisi buah -buah roh yang lain…??? HAHAHAHHA
Padahal manusia diduniai ini hidup dengan perbagiai jenis pergumulan hidup…dan disitulah simanusia diuji buah roh apa yang akan dia dapatinya dari jenis pergumulannya tsb.

Mosok satu buah untuk semua persoallan dikarenakan satu buah roh tsb dapat dikatakan kontainer yang berisi buah-buah roh yang lainnya…??? HAHAHAHH
Menurut saya mungkin itu darai pengajaraan di KARISMATIK YA [email protected] ALPH…
Tapi di denom saya jelas ga seperti itu pemahamannya…

Salam GBU

Bropur,
Postingan anda kebanyakan HAHAHA-nya…coba brenti dulu ketawanya, mingkem bentar, lalu cek aja alkitab anda, tercatat “buah Roh”, bukan buah-buah Roh. Bahasa linggisnya fruit of the Spirit.

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus untuk semua.

Galatia ayat lima diawali dengan pemberitahuan rasul Paulus bahwa ada orang-orang bersunat yang hendak meninggikan diri atas mereka yang tidak bersunat. Dan Paulus menguatkan saudara-saudara supaya jangan mereka memiliki keinginan; dari diri mereka sendiri, untuk bersunat secara jasmani.

Karena jika mereka memiliki keinginan dari diri sendiri untuk bersunat secara jasmani; sekalipun dengan alasan bahwa dirinya melakukan itu dalam nama Kristus, maka hal itu tidak berfaedah bagi dirinya.

Malahan orang tersebut; yang menyunatkan dirinya sendiri; walaupun sunat itu dia lakukan dengan alasan untuk Kristus, maka orang itu dibawah kuasa hukum Taurat.

Dan buah Roh itu diberitahukan adalah sebagai lawan dari buah hukum Taurat.

Karena dari antara orang-orang yang mengharapkan kebenaran dalam hukum Taurat, ada yang memang telah menjadi hamba dosa; dan orang-orang demikian tidak lagi memiliki mengasihi sesama seperti diri sendiri menurut Dua Kasih Terutama.

Dan sebagai lawan mereka maka buah Roh justru membuat seseorang hidup dihadapan Allah juga dihadapan manusia.

Tetapi ada sunat kepada anak, yang bukanlah sunat yang berasal dari keinginan diri sendiri, tetapi memang sesuai dengan ketetapan Allah.

Beritakanlah sampai kepada Israel, hiduplah di dalam Dua Kasih Terutama.

Sayangnya anda lebih suka menjadi pihak yang menegur daripada pihak yang ditegur.

dan anda merasa mampu menegur shg pantas ditegur :slight_smile:

hahahahahahaha…

Sudah saya katakan, bukan?

Terima kasih sudah membuktikannya.

Thx 4 komen,
btw mana itu denominasinya, kok disembunyikan?
takut jadi sasaran tembak?
GBU

Saya tidak punya dan tidak mengikuti denominasi mana pun, bro. Tidak ada yang perlu disembunyikan mengenai hal itu.

Buah Roh Kudus : satu buah dengan sembilan ekspresi,
apakah anggur yg tepat menggambarkan Buah Roh Kudus itu?

http://img801.imageshack.us/img801/8200/grapeer.jpg

Yohanes 15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
GBU all.