Budi Soehardi

hai bro and sis,

td pas ibadah, pembicara di gereja menyebut sebuah nama Budi Soehardi, ketika dia bahas orang ini, gw cukup terpesona dan terinspirasi dengan kehidupannya…

mgkn Budi Soehardi, cerita lama, dari kalian uda ada yg denger dengan nama ini, bahkan di SP uda ada…tp gpplah, gw tulis spy mgkn ada org yg blum tau atau mgkn uda tau tp utk merefresh lg…

Budi Soehardi, CNN Real Heroes Dari Indonesia

Seorang pilot Indonesia berusia 53 tahun menaungi 50 anak yatim-piatu di bawah asuhannya. Berlokasi di Nusa Tenggara Barat, Budi Soehardi bersama istrinya, Peggy, membangun Panti Asuhan Roslin bagi anak-anak korban konflik Timor Timur pada tahun 1999 lalu.

Mereka memiliki hubungan dekat dengan setiap anak di panti asuhannya, dan menganggap mereka semua sebagai bagian dari keluarga mereka sendiri. Pasangan ini memberi nama langsung sebagian besar anak-anak tersebut semenjak mereka memasuki panti-asuhan tersebut sedari bayi - dimana sebagian besar adalah korban dan pengungsi dari konflik Timor Timur.

Soehardi memiliki tiga anak kandung tetapi ia mengatakan bahwa ia tidak membedakan apapun termasuk perawatan dari anak-anak biologis dengan mereka yang tinggal di panti asuhan. Mereka semua mendapatkan tempat tinggal yang bersih, vaksinasi, makanan, pakaian, dan vitamin-vitamin dari Amerika Serikat.

Budi Soehardi, Gerson Mangi

“Pak Budi sudah seperti ayah saya sendiri,” ujar Gerson Mangi, 20 tahun, seorang penghuni dari Panti Asuhan Roslin. Gerson, yang datang ke panti asuhan semenjak ia berusia 12 tahun, tidak memiliki tujuan untuk bersekolah setelah kedua orang-tuanya meninggal. Sekarang, terima kasih kepada pelatihan pendidikan di Roslin dan seorang sponsor, ia sekarang bersekolah kedokteran dan akan menjadi seorang dokter.

Budi Soehardi, yang ayahnya meninggal ketika ia berusia 9 tahun, bisa merasakan kesulitan-kesulitan yang anak-anak muda ini rasakan. “Makanan begitu sulit didapatkan dan uang sekolah saya sangat sulit,” ujar Soehardi. “Para pengungsi ini benar-benar memukul saya dan saya menginginkan mereka menjadi lebih baik lagi.”

Hati yang tergerak

Ini semua berawal dari berita situasi di Timor Timur pada tahun 1999 yang menginspirasi keluarga Soehardi untuk melakukan aksi ini. Soehardi sedang makan malam dan menonton CNN dengan istri dan keluarganya di rumahnya di Singapore ketika ia melihat kedatangan para pengungsi dari Timor Timur ke Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Keluarga-keluarga itu tinggal di kardus-kardus, anak-anak menggunakan kain usang sebagai pakaian, dan sanitasi tidak ada. “Itu sangat memedihkan,” ujar Soehardi.

Keluarga Soehardi telah merencanakan untuk berlibur, tetapi menonton berita itu membuat mereka berpikir kembali mengenai rencana-rencana mereka. “Saya dan istri saya saling menatap dan kami memiliki pikiran kami masing-masing… ‘Hey, mari lakukan sesuatu yang lain. Mengapa kita tidak mengunjungi tempat tersebut… untuk melakukan liburan yang berbeda,’” ujar Soehardi.

Aksi Budi Soehardi dengan Panti Asuhan Roslin-nya ini ditangkap oleh CNN dan akhirnya profilnya masuk sebagai finalis dari event tahunan CNN, Real Heroes. Budi Soehardi masuk ke dalam 10 besar finalis bersama dengan finalis-finalis lain dari berbagai Negara yang juga bergiat demi kemanusiaan. Penilaian akan dilakukan berdasarkan voting online untuk menentukan siapakah the real heroes di tahun 2009 ini. Anda bisa mem-voting pada laman web CNN di: http://edition.cnn.com/SPECIALS/cnn.heroes/vote/

Sumber :
cnn.com/Tmy
http://www.jawaban.com/news/news/detail … 1012154547

http://www.sarapanpagi.org/budi-soehardi-cnn-real-heroes-dari-indonesia-vt3115.html

utk alamat webnya panti asuhannya dan dapat liat updateanya.smoga topik ini menginspirasi kan FKer utk bangkit dan jadi terang ditengah dunia

http://www.roslinorphanage.org/

http://www.roslinorphanage.org/blog

Jbu

tidak ada yg tertarik ama topik inspirational yah…haha

nice info bro steavan :afro:

benar2 mau berkorban meninggalkan kehidupan yang sudah nyaman di singapura untuk kemanuasiaan :afro:

Btw, thread kyk gini pasti sepi lah bro :smiley: yang rame kan yang saling menyerang aliran lain :smiley: hehehe … memang sudah akhir-nya akhir zaman

Sebenarnya sih mungkin bukan sepi ya, tetapi setelah baca, lantas mau dikomen apa? Masa kemudian kita diskusikan? Ujung ujungnya malah jadi OOT.

:smiley:

Saya pernah liat youtube nya sekitar 2 taun yang lalu,

part 1 : Asian of the Year 2009 PART 1 of 2 - Captain Budi Soehardi
part 2 : Asian of the Year 2009 PART 2 of 2 - Captain Budi Soehardi

Dia adalah sosok ‘real hero’ di zaman modern sekarang ini.

Proud of him :slight_smile:

thanks zeroman buat videonya…
pas dia speech pun terlihat orng ini humble n cinta Tuhan…

Indonesia butuh org seperti itu bukan org yg hanya sekedar pinter theologi dan pengetahuan Alkitab aja

Banyak bro, cukup banyak, walau masih sangat kurang untuk negara kita tercinta ini. Saya hanya bisa menyampaikan tokoh atau orang Katolik yang saya kenal saja sebagai contoh.

Romo mangun, mengangkat harkat kaum terpinggirkan yang tinggal di kali Code, Yogya.
Romo Sandy ketika kasus Mei '98
Anne Avanty, dia mengkoordinir kegiatan sosial yang melibatkan berbagai RS untuk memberi kamar gratis untuk para kaum papa.

mantaps neh…

bagaimana dengan kita??
apakah kita hanya bisa terpesona dengan prestasi/kehebatan orng lain??

ayoo FKers maju…

Saya jadi terpikir bro, bagaimana kalau tiap member/gereja menampilkan tokoh yang layak dicontoh yang berasal dari gerejanya, agar menjadi contoh nyata dan berkat bagi kita semua? Bukan untuk memuliakan manusia, tetapi menjadi inspirasi kita dalam berbuat bagi sesama, seperti yang telah anda sampaikan di awal.

Syalom

ide bagus tuh…tp lbh baik tanpa sebut nama sih…dan kl bisa diri kita sendiri bukan org lain :slight_smile:
gw kyknya uda buat 1 topik ttg history maker…hmm ntar gw carikan linknya deh…
it’s not about us, its not about church but it is about HIM

Sebenarnya, sama juga seperti pada kesaksian, seharusnya sih lengkap juga identitasnya bro. Bukan untuk menonjolkan prean pribadi atau gereja, tetapi untuk menghindarkan tuduhan ‘aaaah, hanya karangan saja’. Karenanya identitas atau sebutlah inisial tetap diperlukan untuk kesaksian.

Syalom :afro: