Bukti bahwa Minggu tak pernah menggantikan Sabat

Banyak orang berpendapat bahwa Sabat telah berakhir di kayu salib. Tetapi apakah benar demikian? Tentu saja rasul Paulus yang ditugaskan menjadi rasul bagi bangsa non Yahudi lebih mengetahui tentang hal ini.
Setelah Kematian Yesus bahkan sesudah berlangsungnya Konsili Kristen pertama di Yerusalem, yakni dalam Kisah 18:4, ternyata Paulus tetap membiasakan diri masuk ibadah pada hari Sabat, seperti yang dilakukan Yesus(Lukas 4:16).
Itu artinya bahwa Minggu tak pernah direkomendasikan sebagai pengganti hari Sabat…bagaimana menurut pendapat anda…?

Mengapa Paulus dan Jesus ke rumah ibadah pada hari sabat?

Kis 13:15 Setelah selesai pembacaan dari hukum Taurat dan kitab nabi-nabi, pejabat-pejabat rumah ibadat menyuruh bertanya kepada mereka: “Saudara-saudara, jikalau saudara-saudara ada pesan untuk membangun dan menghibur umat ini, silakanlah!

Mrk 6:2 Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?

karena umat Israel beribadah pada hari sabat, dan di tempat ibadah itulah Paulus dan Jesus bisa menyampaikan ajaranNya.

Bagai penganut sabat, mungkin tidak penting apa yang disampaikan Jesus ini :

Mrk 2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Mrk 2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."

Luk 13:15 Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman?

Luk 14:3 Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: “Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?”

Yoh 5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi berusaha menganiaya Yesus, karena Ia melakukan hal-hal itu pada hari Sabat.

Yoh 9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.

Kol 2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;

;D

Jika, sabat merupakan hari yang super penting, mengapa Jesus bagkit pada hari Minggu ?

Mat 28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

Mrk 16:2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.

Mrk 16:9 Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

Mengapa Jesus menampakan diri kepada para rasul justru pada hari Minggu ?

Yoh 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”

;D

Pendapat saya jelas saya bukan orang Yahudi jadi saya tidak punya kewajiban seperti orang Yahudi .
Tetapi sebagaimana para rasul merayakan ekaristi di hari pertama (hari Minggu) maka saya juga senang sekali untuk merayakan ekaristi di hari Minggu hari dimana Sang Juruselamat menang (bangkit dari kematian).

Sebenarnya untuk kalian yang pro hari sabat…kalian merayakan apa sih…?

Hari minggu memang bukan pengganti sabat.
Hari minggu hari dimana orang kristen ke gereja.

Brur Nikolas orang kristen toh ??

Who change Sabbath day to Sunday?

If the Lord and the disciples did not abolish the sabbath, who did?
How did Sunday, often called “the Lord’s day,” come to replace
the seventh-day sabbath?

A. According to the Catholic Church, “The Church of God [i.e., the Catholic Church] has in her wisdom ordained that the celebration of the sabbath should be transferred to the Lord’s day” (Catechism of the Council of Trent, Donovan translation, 1829, p.267).

B. “It was the Catholic Church which, by the authority of JESUS CHRIST, has transferred this rest to the Sunday in remembrance of the resurrection of our Lord. Thus the observance of Sunday by the Protestants is a homage they pay, in spite of themselves, to the authority of the [Catholic] church” (Mgr. Segur, Plain Talk About the Protestanism of Today, p. 213).

C. The Sunday legislation has, dated from the first Sunday edict issued by the Emperor Constantine in March, 321 B.C., been mortified and carried on in Christendom.

D. The term “the Lord’s day” did not appear in any civil legislation concerning Sunday until the year A.D. 387, more than two generations after the first law (“Sunday,” Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge, Vol. 11, p. 147).

E. Sunday observance has been existing in Christianity side by side with Sunday activities regulated by the civil legislation of the secular world.

F. “Is there no express commandment for observing the first day of the week as the sabbath, instead of the seventh day? None whatever.Neither CHRIST nor his apostles, nor the first Christians celebrated the first day of the week instead of the seventh as the sabbath” (New York Weekly Tribune, May 24, 1900).

G. Dr. Edward T. Hiscox (Baptist) commented, “There was and is a commandment to ‘keep holy the sabbath’, but that sabbath was not Sunday. It will, however, be readily said, and with some show of triumph, that the sabbath was transferred from the seventh to the first day of the week…. Where can the record of such a transaction be found? Not in November 16, 1893).

H. “It [the Roman Catholic Church] has reversed the fourth commandment, doing away with the sabbath of God’s word, and instituting Sunday, as a holy day” (N. Summerbell, History of the Christians, p. 418).

I. “Sunday is a Catholic institution, and its claims to observance can be defended only on Catholic principles … From the beginning to the end of the Scriptures there is not a single passage that warrants the transference of weekly public worship from the last day of the week to the first” (Catholic Press, Sydney, Australia, August 25, 1900).

J. “The Catholic Church … by virtue of her divine mission, changed the day from Saturday to Sunday” (Catholic Mirror, Baltimore, September 23, 1893).

K. “Question: Which is the sabbath day?

Answer: Saturday is the sabbath day.

Question: Why do we observe Sunday instead of Saturday?

Answer: We observe Sunday instead of Saturday because the Catholic Church in the Council of Laodicea … transferred the solemnity from Saturday to Sunday”

(Rev. Peter Geiermann,C.S.S.R., The Convert’s Catechism of Catholic Doctrine, 3rd edition, 1913, p. 50, a work which received the “apostolic blessing” of Pope Pius X, January 25, 1910).

L. “The seventh-day sabbath was … solemnized by CHRIST, the apostles, and primitive Christians, till the Laodicean Council did, in a manner, quite abolish the observation of it … The Council of Laodicea (A.D. 364) … first settled the observation of the Lord’s day” (Prynne’s Dissertation on the Lord’s day, pp. 33, 34, 44).

M. “Question: Have you any other way of proving that the Church [Catholic] has the power to institute festivals of precept?

Answer: Has she not such power she could not have done that in which all modern religionists agree with her: she could not have substituted the observance of Sunday, the first day of the week, for the observance of Saturday, the seventh day of the week—a change for which there is no scriptural authority”

(Rev. Steven Keenan, A Doctrinal Catechism, p. 174, New York: Edward Dunigan & Brothers, 1851).

Church history gives ample evidence of the origin of Sunday observance, “a venerated day of the sun,” which has pagan rather than biblical origins. The Catholic Church abolished the sabbath, an act that she has triumphantly declared to the world. Therefore, Christians should not assume JESUS and his disciples substituted the first day of the week (Sunday) for the seventh day (Saturday) just because it is a long-standing tradition. Rather, Christians must return to the truth and observe the true sabbath under the Lord’s grace.

www.tjc.org True JESUS Church

syalom…

jawaban nya simpel bruce,
karena yesus beristirahat pada hari sabat…

Maksudnya apa bro? Ngga nyambung blas

:mad0261:

Maksudnya sister Yuko , Tuhan Yesus sedang bobo “istirahat” di hari sabat dan bangkit di hari Minggu (hari pertama)

Yah beginilah bro…kalau sekedar nggak mau kalah wkkk…padahal sudah jelas di dunia Yesus mengadakan mujijat di hari sabat…:slight_smile:

dan mengenai apakah di after life Yesus beristirahat hehe…alkitab tidak memberi tau apa2…tapi ada ayat yang mengatakan Dia menginjili ke dunia orang mati …hehe

Dalam gambar yang saya lampirkan terdapat bukti bahwa 7th day adventist sekalipun mengakui hari pertama sebagai hari Tuhan.

Judul topik ini ialah Bukti bahwa Minggu tak pernah menggantikan Sabat.

Minggu merupakan kata serapan dari Bahasa Portugis, yaitu domingo, yang berarti Hari Tuhan.
Sementara Hari Tuhan ialah hari pertama dalam suatu pekan

http://www.sarapanpagi.org/hari-tuhan-hari-minggu-kuriake-hemera-vt564.html?#p16211

:slight_smile:


bro kahlil jika adventis tetap mengakui bahwa hari pertama adalah hari TUhan : Dominggo…so apa alasan mereka tidak beribadah di hari Minggu (hari Tuhan) ?

Saya, seorang Kristen, yang beribadah pada HARI TUHAN alias HARI MINGGU alias KURIAKE HEMERA, hari dimana Tuhan saya bangkit!

:slight_smile:

Bila Tuhan Yesus bangkit bukan pada hari Minggu… Maka tidak ada alasan untuk observe “Minggu” menggantikan hari Sabtu yang dipegang sebagai hari Sabat… Benar tidak?

Ada beberapa misteri di sini:

  1. Perhitungan 3 hari 3 malam… Matius 12:39-40 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
  2. Tidak ditemukan Yesus yang “sedang” bangkit pada hari Minggu. Yang ditemukan adalah kuburan yang sudah kosong dan Tuhan Yesus “SUDAH” bangkit.

Markus 16:9. Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.
Mark 16:9 Now when Jesus was risen early the first day of the week, he appeared first to Mary Magdalene, out of whom he had cast seven devils.

Salam.

Ya tanya saja pada mereka. Nanti kalau saya yang jawab, mereka tidak terima :slight_smile:

Salam

syalom…

ini menurut saya yah, bukan menurut doktrin,;alasan tidak beribadah pada hari kebangkitan, karena tidak ada alasan untuk beribadah pada hari kebaktian.

Kis 20:7
Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.

Kis 20:6-7
Tetapi sesudah hari raya Roti Tidak Beragi kami berlayar dari Filipi dan empat hari kemudian sampailah kami di Troas dan bertemu dengan mereka. Di situ kami tinggal tujuh hari lamanya. Pada hari pertama dalam minggu itu

Para murid dalam Kisah Para Rasul 20:7 tidak sedang berkumpul bersama karena hari itu hari Minggu, atau karena mereka telah mengubah sabat ke minggu - mereka berkumpul karena mereka merayakan hari raya hulu hasil Im. 23:10-11, hari sesudah sabat dalam minggu itu (minggu hari raya Roti tidak beragi) & dirayakan hanya 1x setahun. :slight_smile:

Roma
14:1 Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya.
14:2 Yang seorang yakin, bahwa ia boleh makan segala jenis makanan, tetapi orang yang lemah imannya hanya makan sayur-sayuran saja.
14:3 Siapa yang makan, janganlah menghina orang yang tidak makan, dan siapa yang tidak makan, janganlah menghakimi orang yang makan, sebab Allah telah menerima orang itu.
14:4 Siapakah kamu, sehingga kamu menghakimi hamba orang lain? Entahkah ia berdiri, entahkah ia jatuh, itu adalah urusan tuannya sendiri. Tetapi ia akan tetap berdiri, karena Tuhan berkuasa menjaga dia terus berdiri.
14:5 Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.

Kolose
2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah KRISTUS.

memecah roti yang diadakan oleh para murid itu imho adalah memperingati perjamuan kudus :slight_smile:

Jadi ada 3 argumen disini …

  1. hari Minggu yang merupakan hari pertama dimana Tuhan Yesus sudah bangkit
  2. hari Minggu dipergunakan untuk memecah roti memperingati perjamuan kudus dan
  3. Jangan menghakimi orang yang tidak merayakan hari sabat.

Jika hari sabat berlaku universal bagaimana mungkin ada yang no 3 …ayatnya sudah dikutip dengan baik oleh bro terakk :slight_smile:

salam :slight_smile:

syalom…

benar,lalu knpa?

setiap minggu kalian perjamuan di gereja?
sebenarnya mereka memecah2kan roti setiap hari .ini ada ayatnya
Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati kisah 2:46

benar sekali…
tapi untuk mendiskusikannya boleh kan?