Bukti Hukum Taurat Batal dan Tidak Batal

http://www.cute-factor.com/images/smilies/missbone/miss-bone-243.gif
Setelah menyimpulkan disini ada banyak orang bilang hukum Taurat telah dibatalkan, dan tidak dipakai lagi. Juga ada pihak lain disini menyatakan hukum Taurat harus dipelihara seperti sediakala. Maka saya mencoba melempar pertanyaan kepada mereka tentang balada kehidupan rumah tangga berikut ini: (Maaf hanya untuk yang sudah 18 tahun keatas)

Sebut saja Ricky, seorang pemuda yang menikahi Mawar (nama samaran). Mereka hidup bahagia, Mamanya Mawar dan adiknya tinggal satu rumah dengan mereka. Ayah Mawar baru meninggal setahun sebelum mereka menikah. Setelah lewat empat tahun pernikahan, mulailah terlihat gelagat aneh dari mamanya Mawar, Anggrek (nama disamarkan). Tujuh tahun telah lewat dan terjadilah hal besar, saat terbongkarnya aib dalam keluarga tersebut, ternyata Ricky selama tiga tahun terakhir ini melakukan hubungan selayaknya suami isteri dengan Anggrek. Hampir saja mereka bercerai, sampai akhirnya Anggrek, mamanya Mawar menuturkan kondisinya yang membutuhkan kebutuhan biologisnya berhubung kelainannya. Mendengar penuturan ibunya Mawar akhirnya memahami betapa menderitanya ibunya setelah ditinggal ayahnya dan sejak saat itu ia merelakan suaminya untuk berbagi dengan ibunya.

Datanglah pendeta ABC ke rumah mereka untuk melayani seperti sudah-sudah dan betapa terkejutnya melihat kondisi keluarga seperti itu. Saat pendeta ABC menyatakan hal itu tabu dan dosa, Anggrek membela diri dan menunjukan ayat sebagai berikut.

Ulangan 27:20-23
20 Terkutuklah orang yang tidur dengan isteri ayahnya, sebab ia telah menyingkapkan punca kain ayahnya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
21 Terkutuklah orang yang tidur dengan binatang apapun. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
22 Terkutuklah orang yang tidur dengan saudaranya perempuan, anak ayah atau anak ibunya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
23 Terkutuklah orang yang tidur dengan mertuanya perempuan. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!

Kemudian lanjutnya, “hukum Taurat sudah batal pak pendeta, kutuk hukum Taurat sudah ditanggung oleh Yesus di kayu salib” Maka teringatlah pendeta ABC tersebut dengan ayat Galatia 3:13. Dia diam seribut bahasa… Disaat itu Ricky menimpali, “Bukankah hukum Taurat itu sudah lewat masanya? Kita sudah tidak lagi hidup mengikuti aturan hukum Taurat.”

Lalu teringatkan pendeta ABC dengan ayat Matius 7:12, segera dibukanya dan dibacakan, “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Tetapi Rikcy menjawab, “Justru itu, kalau saya memiliki kebutuhan khusus, tentu saya juga berharap akan ada yang membantu saya” Anggrek mengangguk-angguk tanda setuju. dan pedeta tersebut malah bingung tujuh keliling. Lantas ia teringat dengan Mawar, dan katanya, “Bagaimana dengan istrimu pak Rikcy, dan juga anakmu ibu Anggrek, bukankah dia yang dikorbankan?” Sambil membuka Alkitabnya lagi mencari kitab Matius 22:39-40, dan dibacaknnya untuk mereka, “Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.” Mawar mulai membuka mulut untuk ikut bicara, katanya, “Aku mengasihi mamaku pak pendeta, karena itu aku rela dan bersenang hati dapat membantu mamaku”

Sambil mengambil napas panjang, penedeta itu akhirnya bangkit berdiri dan katanya, “Besok aku kembali lagi, aku akan tanyakan kepada senior-senior di Forum Kristen .(dot) Com”

http://www.cute-factor.com/images/smilies/missbone/miss-bone-40.gif
Jangan tegang, semua diatas tidak terjadi sungguhan, hanya ilustrasi saja dari kejadian yang mirip yang terjadi sungguhan.

Pertanyaan buat kaum ekstrimis kiri dan kanan, yang dengan lantang menyatakan bahwa hukum Taurat itu sudah dibatalkan alias sudah tidak dipakai lagi, digantikan hanya hukum kasih, dan diatas mereka semua melakukan dengan dasar kasih dan saling mengasihi, bagaimana tanggapannya?

Buat yang ekstrim satunya, yang menyatakan hukum Taurat itu harus dilakukan seperti orang Farisi, bagaimana dengan ayat kitab Ulangan tersebut, bukankah kutuk hukum Taurat sudah ditanggung Yesus, apakah boleh kalau begitu melakukan hal tesebut?

Dosakah mereka melakukan hal itu??? Tolong dibantu pendeta ABC untuk menemui mereka besok dalam eposode berikutnya.


Aku ternyata bisa juga berperan jadi bad guy…

wahahhahaahhahahahhahahhahaha
bro Krispus ini spesialis kejadian2 disekitar kita, menarik untuk disimak.
betul bro, namanya FirTu harus ada aplikasi nyata kalau tidak itu namanya fantasi. :afro:

tapi kayaknya kog ini buat pertanyaan yang pro TAURAT batal ya ?
saya melu nyimak dulu lah :azn:

Seperti baca majalah Intisari di bagian quiz, hanya kurang kupon untuk ditempel di kartu pos. ;D

  1. Hubungan sex dengan ibu mertua: salah, karena tidak diikat dalam pernikahan/pemberkatan (mau di dalam Perjanjian Lama / Perjanjian Baru diatur jelas, jadi tidak berhubungan dengan Hukum Taurat sudah ditanggung Tuhan Yesus di Kayu Salib)
  2. Jawaban kulo di atas (mungkin) menihilkan arah yang diinginkan TS dimana ada ayat Alkitab yang menyatakan Perjanjian Lama masih berlaku, namun dari kasus di atas hanya jawaban tersingkat yang saya berikan.
  3. Kirim kartu pos ke mana mas?
  4. Bad guy” itu yang lagu girlband 7icons ya?
  5. Hal-hal lain akan didiskusikan dengan seksama dan dalam waktu se-online nya

HAHAHAHAAHA…PASTILAH YANG DATANG SI PENDETA ABAL-ABAL SEPERTI PENDETA ABC TSB…BROO…BROO…

KALO MAU DITELITI LAGI PASTILAH ALKITABNYA BERSIH…KARENA JARANG DI JELAJAHI OLEH TANGAN SI.PENDETA TSB…

EEHHH…AYAT-AYAT YANG DI BUKANYA JUGA ANEH DAN ASAL BUA SAJA…

maaff…perkataan saya diatas ilustrasi saja [email protected] kripus…sama seperti cerita yang anda sajikan adalah ilustrasi saja bukan…??

Jadi kalua mau di ambil poin dari cerita itu walaupun ilustrasi samata…?? tapi disitu jelas menggambarkan bahwa merka bukanlah dari keluarga yang bermoral apalagi dikatakan beragama…Wah…kalau mau dikatakan sbg keluaraga kristen…ya sangatlah jauh dan samasekali tidak menandakan tanda-tandanya disitu. Tapi mungkin saja punya ALKITAB DAN MEMBACANYA…TAPI SAMASEKALI TIDAK MENGETAHUI MAKNA DAN ARTINYA. aPAKAH MEREKA BERIMAN…?? WALAHUALAM BINSAWAB LAH…( pinjam kata dari tetangga sebelah ) .

Apakah cerita ilustrasi diatas bisa mewakli mengenai suatu pemahaman Ajaran Alkitab…?? tentang Taurat telah dibuang dan tentang Kasih…?? Saya rasa tidak sama sekali…KARENA INI BUAH PEMIKIRAN YANG SEMPIT DAN
KURANG CERDAS SERTA MENDIDIK UNTUK SEMUA PIHAK.

UNTUK ITU, SAYA SARANKAN SUPAYA YTH MOMOD dapat mempertimbangkannya lagi apakah POST ini pantas untuk dilanjutkan atau stop sampai disini saja.
MENURUT SAYA SIH, DI STOP SAJA YA…MOHON MAAF YA [email protected],menurut saya loh…!!

Salam

mungkin maksudnya bro Krispus itu dosa-memang dosa tapi kan hukum Kasih …gitu loh gimana tanggepannya ?

@SP
bro ini saya yakin ada kejadian real, incest itu ada beneran dan saya pun sudah pernah menyimaknya bukan cuman sekali, bukan berandai-andai tapi base on true story, gimana tanggapannya gitu loh…

Hukum Kasih yang inikah?

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Kulo tidak melihat adanya celah pada Hukum Kasih di atas untuk dosa berada/mengambil bagian didalam pelaksanaannya.

hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." Mawar mulai membuka mulut untuk ikut bicara, katanya, "Aku mengasihi mamaku pak pendeta, karena itu aku rela dan bersenang hati dapat membantu mamaku

quote…
ini bisa jadi menjadi benar dalam kehidupan nyata lho…

orang menyangka kasih itu, bisa jadi seprti diatas…

jadilah kaum yang mesum kalau orang dunia bilang…

ini ayat yang hampir sama dengan cerita diatas…

Mat 26:41
Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."

bagaimana lagi dia berdoa dan berjaga2, kalau ternyata semua itu udah dihapuskan oleh hukum kasih…

roh memang penurut akan firman Allah, namun daging punya lemah, disenggol dikit, roh nya gak bekerja lagi, yang ada kemauan daging saja…

memangnya kamu akan berkata apa sama keluarga tersebut purba?? bukti kalau kamu bukan pendeta abal2…??

dan bagaimana tanggapanmu akan keluarga tersebut??

HAHAHA…SUNGGUH TIDAK BERMORAL…!!..MOSOK ILMU BINATANG DIPAKE DALAM KELUARGA SEH…??

SIPA YANG TIDAK SANGGUP PIKUL SALIB MU SENDIRI BUKAN DARI MURIDKU…!!! mOSOK ADA PENDETA LANTAS SI BINATANG ITU MELAKUKAN PEMBELAANDANG AYAT ALKITAB DARI PERJANJIAN LAMA…??HEHEHHEHE

SUDAHLAH…CONTOH ILUSTRASI TSB GA PERLU DI KUPAS LAGI DALAM KASANAH PENGETAHUAN ALKITAB…!!

kALU BUKAN BINATANG…MAKA WALAUPUN DIKETAHUI PENDETA ABAL ABAL YANG DTANG…YA PASTI ADA SEDIKIT PUNYA RASA MALU DAN MNTA DIAJARI BERTOBAT GIMANA…?? EHHH.KARENA CERITA ILUSTRASINYA MENGAMBARKAN BINATANG YANG BERUJUD MANUSIA… YA…SEPERTI ITU RESPON SEMUA REKAN HEHEHEHE…SENENG CERITA KOMIK KAYAKNYA…

SALAM AHH DAMAI YA…

kalo buat saya lebih bermutu ini thread daripada mbaca thread perpuluhan atau judul lain : perjanjian lama udah tidak berlaku lagi dsbbb dengan motivasi biar ga pungutan perpuluhan, udah bosen.

this is more interesting :azn:

dimana nuranimu purba…

untuk itu berbuahlah, tunjukkan lah kemuliaan Allah melalui perbuatanmu…

namun kamu kerjaannya hanya menghujat…, pendeta yang fiksi aja kamu dah hujat dengan kebencian kamu, bagaimana yang asli??

dengan melampirkan binatang lagi… busyet, jorok banget hati anda…

jawab tuh… yang di trit sebelah : bahwa pemahaman anda lebih dari bro sarpag

salam damailah…

lah wong Kristus adalah damai bagi kita semua…

Simpel aja jawabnya

Ibrani 10:25-26
10:26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.
10:27 Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.

TUHAN YESUS itu menjadi ‘IMAM BESAR’ yang tugasnya mendamaikan dosa manusia dengan Allah (tidak berubah dengan Imam Besar PL sewaktu mendamaikan dosa umat israel)

TUHAN YESUS sebagai IMAM BESAR tentu tau mana manusia2 yang mempermainkanNYA dan mana yang tidak . Kasih karunia-NYA tidak tertumpah untuk orang2 yang sengaja hidup dalam dosa

Jadi TUHAN YESUS sebagai IMAM BESAR hanya menanggung ‘kutuk’ orang2 yang betul2 bertekun di dalamNYA bukan menanggung’ kutuk 'orang2 yang mempermainkanNYA

[b][i]'Jadi orang2 yang mempermainkaNYA akan menanggung kutuknya sendiri ( TUHAN YESUS ogah menaggung kutuk orang2 yang sudah sesat hati seperti contoh kasus di atas)

Pahamilah apa itu tugas IMAM BESAR sehingga tidak terjebak dengan pemahaman kutuk itu sudah ditanggung semuanya oleh TUHAN YESUS tanpa pemahaman yang benar’[/i][/b]

Tidak percaya ? Silahkan buktikan sendiri sodara hidup layaknya orang2 yang sesat hati (berbuat dosa sebebas-bebasnya)

Salut kalo sodara tidak kena kutuk (saya beri acungan jempol)

Pasti orang2 yang sengaja hidup dalam dosa hidupnya ngaco dan dirongrong berbagai macam masalah yang aneh2

Tidak percaya ? Buktikan saja sendiri

Masih bisakah berkata kutuk ditanggung olehNYA ? Pahamilah dengan benar tugas KRISTUS sebagai IMAM BESAR sehingga tidak terjebak oleh doktrin akal2an manusia

Lukas 13:2-5
13:2 Yesus menjawab mereka: "Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu?
13:3 Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.
13:4 Atau sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang lain yang diam di Yerusalem?
13:5 Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian."

Galatia 6:7-8
6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.
6:8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Buktikan saja sendiri kalau tidak percaya (many false teaching today)

Dalam 1 post menggunakan 4 kata “BINATANG”, dynamite combo itu mas. ;D

Yo wis tho mas, ojo misuh-misuh neng kiye, ora apik mas.

untung saja bukan di forum-kristen sebelah, bisa kena banned “mod-wannabe” jenengan mas.

yang sering kecele adalah apa definisi dosa menurut hukum kasih :smiley:

yang dimaksud hukum kasih adalah mengasihi Tuhan bukan karena ketakutan atau ancaman hukuman neraka, inilah kasih yang sejati.

sama halnya jika seorang wanita mau melayani pria dengan ancaman golok, wanita itu bukan melayani dengan kasih.
yang ini ilustrasi 18th keatas gaya Krispus ;D

mengasihi Tuhan dimulai dari pengenalan akan Tuhan, dan pengenalan akan Tuhan itu dimulai sejak dari perjanjian lama. Tuhan Yesus tidak berubah toh?

kenal akan Tuhan belum tentu mengasihi Tuhan bro…
seperti contohnya dalam cerita komik bro Krispus, si ibu itu kenal akan Tuhan, tau juga tentang keselamatan, tp tidak mengasihi Tuhan.

Tuhan Yesus tidak berubah, dari PL sudah mengajarkan kita tentang dosa, dan di PB mengajarkan kita tentang pengampunan.

yang bilang pasti itu siapa?
tapi kita kan ga mungkin mengkalim diri mengasihi Tuhan kalau kita ternyata tidak mengenalNya.

Makanya kalau yang PRO PL masih berlaku supaya bisa “CLEAN” alias “BERSIH”
Harus mau mengakui bahwa : ADAM MEMANG MANUSIA PERTAMA DI TAMAN EDEN (FIRDAUS)
TAPI BUKAN MANUSIA PERTAMA DILUAR FIRDAUS,
maka ketika ADAM DIUSIR DARI FIRDAUS TERNYATA DI LUAR SANA TELAH BANYAK MANUSIA LAIN

SUPAYA TIDAK INCEST LHO

GBU