Bunda Maria Co-Redemptrix, apa maksudnya?

Sodara2ku umat protestan yg dikasihi Tuhan, mungkin diantara anda-anda semua masih ada yg punya “kesalah pahaman” terhadap sebutan: Bunda Maria Co Redemptrix. anda berfikir bahwa penyelamat manusia hanyalah YESUS saja, hal itu terjadi akibat pola pikir linear yg sempit… sehingga menempatkan bunda Maria sebagai “kompetitor” ataupun yg setara dengan YESUS.

Maria Co-Redemptrix, memang belum secara definif menjadi DOGMA katolik. namun bagi kita yg telah mengetahui prinsip ajarannya, hal itu tidaklah menjadi penting, oleh karena kita tau bahwa bunda maria memang layak diberi sebutan Co -Redemtrix, ingat… bukan Redemtor.

Menurut arti bebasnya, Co- artinya adalah ‘dengan’. Maka menurut definisinya yang dikenal dalam Mariologi, Co-Redemptrix mengacu kepada partisipasi Bunda Maria yang tidak langsung namun sangat penting dalam karya keselamatan Allah bagi manusia. Dalam arti inilah Bunda Maria bekerja sama dengan YESUS dalam rencana Keselamatan Allah. Namun, partisipasi Maria dalam karya keselamatan ini sepenuhnya tergantung dan berada di bawah peran KRISTUS Putera-Nya.

Sebenarnya, tidak sulit untuk menerima ajaran bahwa Bunda Maria disebut sebagai “Co- Redemptrix” kalau kita dapat menerima pengajaran sebagai berikut:

  1. 1 Kor 3:9: “Karena kami adalah kawan sekerja Allah ….” Jika kita semua saja adalah kawan sekerja Allah dalam rencana Keselamatan, tentulah Bunda Maria yang membawa KRISTUS ke dunia adalah kawan sekerja Allah yang begitu istimewa. Sebab tanpa ketaatannya melalui kehendak bebasnya, maka YESUS tidak lahir ke dunia.

  2. Kolose 1:24: Rasul Paulus mengajarkan, “Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan KRISTUS, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.” Maka dengan penderitaannya, yang dipersatukan dengan penderitaan KRISTUS di kayu salib, Bunda Maria turut mengambil bagian dalam karya keselamatan Allah.

Sekarang kita mengetahui bahwa sebutan Co-Redemptrix ini tidak untuk menyamakan peran Maria dengan peran YESUS, namun di saat yang sama kita juga mengakui dengan rendah hati bahwa memang peran Maria tidak akan pernah sama dengan peran manusia manapun dalam menjadi ‘rekan sekerja Allah’ dalam karya Allah menyelamatkan dunia.

referensi dari:

semoga bisa menjadi “penjernih” bagi ketidak mengertian yg mengakibatkan kesalah pahaman terhadap ajaran ini.

salam.

jadi, kalau memang sudah mengerti tentang maria sebagai co-redemtrix… dan menyetujuinya…

maka sangat diharapkan tidak ada lagi “kesesatan” mengenai pengertian ajaran ini…

sehingga tidak ada lagi komentar seperti ini:

Topik bagus yang menjelaskan ajaran Katolik yang sesungguhnya PASTI sepi hehehehe… ;D

hehehe… iya, ada orang yg pernah bicara tentang CO-Redemtrix, bahkan langsung “menghakimi” dengan yakin…
saya hanya ingin mengajaknya bicara mengenai konsepsi ini?
apa sudah tau atau belum yg ia katakan? dan bagi siapa saja yg merasa keberatan ataupun ingin tau apa maksud pengajaran ini.

Perlu di sundul dulu biar hangat…

(agar orang-orang seperti alacarte dan apples mengerti)

bung Carte yg super PD kalau koment… lugas, tegas, salah dan keluar konteks… anda diundang untuk berdiskusi… :slight_smile:

sundul lagi… :smiley:

sundul lagi… :smiley:

Yang saya bingung, kenapa cuma Maria yang dianggap kawan sekerja Allah yang istimewa?
Bagaimana dengan Paulus yang menulis 2/3 dari PB?
Bagaimana dengan orang majus yang taat kepada malaikat, dengan tidak kembali ke Herodes. Kalau mereka tidak taat bisa-bisa Yesus sudah mati dibunuh waktu bayi.

Kalau mau lebih ekstrem,
Bagaimana dengan Yudas? kalau tidak ada dia, Yesus mungkin gak mati disalib.

Saya sih gak nuduh katolik nyembah Maria, nyembah patung, nyembah orang suci, nyembah Paus, tapi menurut pendapat saya kesemua doktrin-doktrin itu malah berpotensi menjauhkan kita dari Yesus, sang penebus sejati.

Kami juga kok :smiley:

Bagaimana dengan orang majus yang taat kepada malaikat, dengan tidak kembali ke Herodes. Kalau mereka tidak taat bisa-bisa YESUS sudah mati dibunuh waktu bayi. Kalau mau lebih ekstrem, Bagaimana dengan Yudas? kalau tidak ada dia, YESUS mungkin gak mati disalib.
Ini pandangan yang salah :D
Saya sih gak nuduh katolik nyembah Maria, nyembah patung, nyembah orang suci, nyembah Paus, tapi menurut pendapat saya kesemua doktrin-doktrin itu malah berpotensi menjauhkan kita dari YESUS, sang penebus sejati.
Gereja Mula-Mula "menjauhi TUHAN YESUS?

Kis. 19:12 bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Waduh… Cilaka… ;D

Puji Tuhan, Yesus sudah menebus dosa asal.
Jadi jawaban anda yang asal sudah diampuni.

Kamu dan saya saja adalah Kawan Sekerja Allah, apalagi Paulus…

Bagus kalo kamu tidak nuduh katolik seperti itu, KARENA MEMANG KATOLIK TIDAK SEPERTI TUDUHAN TSB…

=====

Sejarah mencatat Yang menjauhak diri dari YESUS justru mereka yang menolak : ‘Theotokos’, ‘Maria tetap Perawan’ dan ‘Maria tanpa Noda’…

ini bukan kata saya tetapi SEJARAH YANG MENCATAT DEMIKIAN, Arius Nestorius dll menolak segala Gelar Maria sehingga mereka tidak mengakui YESUS adalah Allah…

Pada dasarnya Mariologi adalah menegaskan bahwa Anak yang dikandung Maria adalah Allah, karena tanpa YESUS maria tidak akan mendapatkan Gelar2 yang istimewa dalam gereja…

Kamu kok aneh? :mad0261:

Lha kan ada ayatnya?

Kis. 19:12 bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Coba kamu jelaskan ayat tersebut?

Kalo kamu dapat menjelaskan dengan benar, maka saya akan minta dengan berlutut supaya dibaptis sesuai ajaran kamu ;D

Yang saya maksud dengan menjauhkan kita dari Kristus tidak selalu keluar dan menjadi bidat. Tapi seperti bangsa Yahudi yang menanti-nanti kedatangan Mesias, mereka memelihara tradisi, melakukan ritual-ritual keagamaan, berusaha sepenuh hati menuruti taurat, namun ketika mesias datang mereka sendiri tidak mengenalinya. Karena mereka salah mengerti misi Yesus sebagai mesias.

Kalau boleh nanya lebih lanjut, apa relevansinya ‘Maria tetap Perawan’ dan ‘Maria tanpa Noda’ dengan penebusan Kristus?
Juga gelar-gelar istimewa Maria?

kita samakan persepsi dulu, menurutmu batasan2 apa yang dapat dikatakan Bidat…?

Ada Tradisi yang salah dan ada Tradisi yang Benar, bukan MAIN HANTAM => serta merta semua Tradisi adalah salah…
dan terlalu jauh kamu mengaitkan Tradisi yang benar sehingga tidak mengenali Mesias…
karena YESUS mewariskan ajaran bukan dengan Tulisan, melainkan dengan Tradisi…

ini yang saya sayangkan ketika saya NON-Katolik, kenapa digereja2 protestan TIDAK PERNAH belajar tentang sejarah Gereja… apa tidak tau atau memang segaja tidak diberitahu, saya tidak tau alasannya…

=====

yok kita sama2 belajar…
Genesis 3:15 KJV “And I will put enmity between thee and the woman, and between thy seed and her seed; it shall bruise thy head, and thou shalt bruise his heel.”

The Woman => Maria, dan ‘Her Seed => YESUS’, imho baik bapak protestan maupun protestan sekarang tidak menyangkal hal ini mungkin hanya SSY dan bidat2 lain yang tidak mengatakan Genesis 3:15 nubuat tentang YESUS…!

Martin Luther : “Allah telah membentuk tubuh dan jiwa Perawan Maria penuh dengan ROH KUDUS, sehingga ia tanpa segala dosa, sebab ia telah mengandung dan melahirkan Tuhan YESUS.” [Martin Luther, Weimar edition of Martin Luther’s Works (translation by William J. Cole), Vol 52, 39]

’ I will put enmity between thee and the woman’ yang menyatakan ‘Maria Immaculata [i.e tanpa Noda]’ hal ini karena Keturunan maria adalah sang Penebus, dengan menolak Maria tanpa noda maka menolak YESUS yang dimaksud dalam Genesis 3:15…

menurut anda adakah peran yg melebihi maria?
atau gini deh… adakah peristiwa yg lebih membahagiakan, lebih besar dan lebih agung, selain dari menjadi ibu Tuhan? apa ada ide? dan jelaskan mengapa?

hati2… segala hal tentang maria secara otomatis akan terkait dengan siapa yg dilahirkannya…

Thanks, good answer :afro:
Kesampingkan dulu tentang bidat dan tradisi, supaya gak OOT, saya ingin tahu tentang Maria aja.

Memang protestan (termasuk saya) juga setuju bahwa Gen 3:15 adalah nubuatan tentang Kristus. Namun yang masih jadi perdebatan adalah apakah ‘wanita’ yang dimaksud adalah Maria atau Hawa.

Kalaupun yang dimaksud adalah Maria, tidak ada hal yang mengindikasikan bahwa dia adalah tanpa dosa.

Lagipula bila memang Maria sebegitu pentingnya sehingga harus diagungkan, kenapa tidak ada tulisan spesifik mengenai dia di KPR waktu gereja mula-mula. Ataupun dalam surat-surat Paulus.

mohon pencerahannya.

Yang lebih membahagiakan, besar, agung, rasanya itu subyektif.
Bagaimana dengan Abraham? Dia didatangi sendiri oleh Allah dan diberi janji bahwa keturunannya akan lahir Mesias. Bahkan Yesus sendiri berkata “Abraham rejoiced to see My day, and he saw it and was glad”.
Tapi menurut saya dari kesemua itu, peristiwa penebusan oleh Kristus jauh lebih besar dari itu semua. Saya masih belum mengerti mengapa Maria mendapat tempat special.

Lagipula bila memang Maria sebegitu pentingnya sehingga harus diagungkan, kenapa tidak ada tulisan spesifik mengenai dia di KPR waktu gereja mula-mula. Ataupun dalam surat-surat Paulus.

mohon pencerahannya.

Sekedar pembanding saja.

Pernahkah dalam surat CV yang anda sampaikan untuk lamaran kerja anda, anda mencantumkan siapa ibu anda? Atau surat penawaran yang anda buat kepada perusahaan client anda cantumkan juga siapa ibu anda, dan betapa ia mencintai anda?

Tetapi, mana yang lebih penting bagi anda, perusaahn tempat anda bekerja ataukah ibu yang melahirkan anda?

Kej 3:15 : Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Jika perempuan yang akan memiliki keturunan (Yesus) yang akan meremukkan kepada setan memiliki dosa, maka berarti ia memiliki benih kejahatan (iblis). Jika demikian, ayat tersebut akan berbunyi, Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, dan antara keturunanmu dan keturunan dari keturunanmu (perempuan). Perhatikan bahwa perempuan yang disebut pada ayat ini tidak dihubungkan dengan benih kejahatan (iblis). Jesus, sebagai bayi manusia yang lemah dan tak berdaya tidak pernah melakukan dosa, sehingga semua? tidak benar-benar berarti setiap orang.

Mudah mudahan dipahami, dan dimengerti.

Syalom

Ya beda bos,
Saya kenal ibu saya, saya mencintai beliau, tapi saya tidak dalam misi untuk memberitahu semua orang melalui CV saya bahwa ibu saya penting bagi saya, dan semua orang juga harus menganggap beliau penting.

Sedangkan Paulus menginjili dan menggembalakan jemaat. Suratnya adalah surat-surat penggembalaan tentang keutamaan Kristus. Bila Maria begitu penting pasti muncul dalam surat2nya untuk menekankan kepada jemaat tentang Maria. Demikian juga di KPR, bila praktek doa kepada Maria dlsb ada dalam jemaat mula-mula seperti GK sekarang, tentu akan ditulis.


Mengenai Gen 3:15, sori, kurang nangkep penjelasan anda.
Apakah anda ingin menjelaskan bahwa Maria harusnya tanpa dosa, karena bila Maria berdosa maka dia berarti termasuk benih keturunan si Ular?

pertama, maria masuk dalam karya penebusan yesus. jadi include, bukan diluar… jangan di saingkan. harap disadari itu terlebih dahulu… maria bukan kompetitor Allah, melainkan kawan sekerja Allah, namun jelas lebih spesial dari saya dan anda, dan dari siapapun! yg paling spesial!

kalau yesus itu adalah Allah sendiri, maka tidak ada peristiwa yg lebih agung, tiada anugrah yg lebih ajaib, tiada penghormatan yg lebih tinggi, dari pada Allah yg tinggal satu tubuh dengan maria, yg dirawat maria sejak kecil… yg disertai maria sampai wafatNya. adakah manusia yg menyamai peran demikian?

sejarah membuktikan bahwa Kesadaran, saya garis bawahi : Kesadaran" akan siapa yg dilahirkan maria lah yg membuat dan mendasari segala pengajaran tentang mariologi. dan memang hal2 ttg mariologi adalah penyangkalan terhadap bidat2 yg meragukan keTUhanan yesus, manusia yg dilahirkan oleh perawan Maria.