Bunda Maria Co-Redemptrix, apa maksudnya?

kitab suci adalah kabar keselamatan. fokusnya adalah pribadi sang mesias yaitu kristus. tokoh2 lain termasuk maria juga di ceritakan dalam kitab suci… namun tentu saja, tetap FOKUSnya, pemeran utamanya adalah kristus.

so, tokoh2 lain di dalam kitab suci bukankah juga boleh, ataupun layak, atau bahkan harus kita hormati?
demikianlah termasuk bunda maria. bunda maria yg terhormat.

saya menangkap kata “peng-agungan” dari anda mengindikasikan bahwa peng-agungan yg anda maksud adalah peng-agungan layaknya kristus Tuhan. tentu saj atidak demikian, namun dengan segala kerendahan hati, Bunda Maria, manusia paling terberkati di muka bumi ini (sadari yg dilahirkan, dan seberapa agung yg dilahirkan)… yg juga adalah Bunda umat beriman(murid kristus) sungguh layak mendapat tempat dihati umat beriman sebagai yg terhormat dan tercinta.

Oke…

Adalah hal yang ‘ironi’ jika kamu mengaitkan 'her seed’ dengan YESUS, tetapi ‘her’-nya bukan maria… :mad0261:
Memang YESUS itu dilahirkan oleh siapa…?

Genesis 3:15 KJV “And I will put enmity between thee and the woman, and between thy seed and her seed; it shall bruise thy head, and thou shalt bruise his heel.”

perlu diketahui bahwa “her seed” [Ibr: zarah , Yun: spermatos] itu dituliskan dalam arti orang ke-tiga tunggal, dan her disini adalah ‘posesive pronoun’…
kalau “Her/ The Woman” tsb BUKAN MARIA, lalu siapa orang ke-tiga tunggal tsb…?

lha, kamu nga tau arti Genesis 3:15 KJV “And I will put enmity between thee and the woman,…”

Jelas2 wanita tsb bermusuhan [TIDAK BERSENTUHAN] dengan Iblis/Dosa, mosok EXPLISIT dalam Alkitab kamu bisa tafsirkan lain…?

Kamu baca 2 Tesalonika 2:15, dan Yohanes 20:30

FYI, mengumpulkan buku2 menjadi satu buku pun tidak pernah ada di surat2 rasul dan injil…

Salam,

Hawa

lha, kamu nga tau arti Genesis 3:15 KJV "And [i][b]I will put enmity between thee and the woman[/b][/i],…"

Jelas2 wanita tsb bermusuhan [TIDAK BERSENTUHAN] dengan Iblis/Dosa, mosok EXPLISIT dalam Alkitab kamu bisa tafsirkan lain…?


Saya tahu, tapi beda pendapat dengan anda, makanya ada diskusi ini.
Bisa jelaskan darimana anda menafsirkan,
enmity = bermusuhan = tidak bersentuhan
Iblis = dosa
Jadi digabung-gabung = si wanita (Maria) tidak berdosa?

Kamu baca 2 Tesalonika 2:15, dan Yohanes 20:30

FYI, mengumpulkan buku2 menjadi satu buku pun tidak pernah ada di surat2 rasul dan injil…

Salam,


Baca Yoh 20:31, dijelaskan, yang tercatat itu supaya kita bisa baca dan percaya, bukan fokus kepada pernyataan ‘ada yang tidak tercatat’ untuk membenarkan doktrin semau kita.

Tapi kalau memang anda percaya hal-hal di luar alkitab, ya memang dasar kita berbeda.

Yang melahirkan YESUS adalah Hawa…??
Patut di ingat bahwa Ketururan Hawa Bermilyar2 banyaknya, apakah artinya Kamu dan Saya adalah Penebus…?

coba kamu perhatikan :
perlu diketahui bahwa “her seed” [Ibr: zarah , Yun: spermatos] itu dituliskan dalam arti orang ke-tiga tunggal, dan her disini adalah ‘posesive pronoun’…
bukan mengacu pada Jamak [Keturunan Hawa]…

Betul…

[ol]- Iblis adalah identik dengan Dosa, Imho tidak ada yang menyangkal ini dan Alkitab pun mengatakan demikian…
1 Yoh 3:8 “barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya.”

  • Maria adalah Tabut Allah [i.e dimana Allah bersemayam selama 9 bulan dalam Rahimnya, sebab Allah adalah kudus (Is 6:3) maka “Tidak akan bersatu dengan sesuatu yang najis” (Why 21:27)"[/ol]

makanya saya anjurkan supaya kamu belajar sejarah Kekristenan yang tidak mungkin kamu dapat dalam denommu, ini pengalaman saya… itu utk kebaikan kamu…!

Alkitab mengajarkan banyak hal yang tidak tertulis, dan berpegang pada ajaran lisan dan tulisan…
dan ‘Tulisan’ dalam 2 Tesalonika 2:15 bukan mengacu pada Alkitab [Alone] melainkan pada Tulisan2 rasul yang tidak masuk kanon, liturgy2 awal etc…

harusnya jika kamu mau bersola scriptura => Kamu cari kebenaran ajaran Lisan [2 Tes 2:15], kemudian kamu imani hal tsb… ini baru alkitabiah, bukan memotong ajaran lisan karena paranoid ‘ajaran lisan pasti salah’ SESUNGGUHNYA KAMU TELAH MELANGGAR ALKITAB…!

sampai disini ngerti nga…?

biar pikiranmu jangan dimanjakan dan diistirahatkan terus,
sekarang saya tanya: Dalam 2 Tesalonika 2:15 ada dua pondasi pegangan jemaat Lisan dan Tulisan, sekarang apa yang dimaksud paulus dengan Tulisan…?
A. Alkitab 39+27
B. Septuaginta, Liturgy2 awal, surat2 paulus lainnya [termasuk yang musnah dan tidak masuk kanon]

silakan…

Kalau menghormati dan kagum saya rasa wajar saja. Seperti kita kagum pada Paulus yang dengan gigih memberitakan injil, kagum pada Daud yang mengenal hati Allah, kagum pada Yosua yang begitu percaya pada Allah, demikian juga Maria yang mau menerima rahimnya dipakai sebagai yang melahirkan messias.

Tapi kalau sampai berdoa kepadanya, apakah itu tidak berlebihan? Kalau dikatakan sebagai perantara saja, bukankah di I tim 2:5 dikatakan :
Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

Sudah pernah dengar Doa Salam Maria ?

Salam Maria, penuh rahmat,
Tuhan sertamu;
terpujilah engkau di antara wanita,
dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus.
Santa Maria, bunda Allah,
doakanlah kami yang berdosa ini
sekarang dan waktu kami mati
Amen.

Coba tunjukan dimana salahnya?

:coolsmiley:

orang katolik tidak hanya berdoa pada Maria, tapi juga pada orang kudus yg lain… sebagai satu keluarga besar Allah… kami bersama memuliakan Allah, kami mohon mereka juga bersyafaat bagi kami yg masih berziarah. bahkan bukan hanya pada para kudus, namun pada semua saudara seiman yg telah meninggal (bukan mati) dalam kristus.

akan tetapi jelas Bunda Maria mempunyai ke-spesial-an yg tak tertandingi.
oleh karena pengagungan, dan keheranan yg sadar terhadap yg dilahirkan maka, sungguh sebuah anugrah tak tertandingi melahirkan, merawat, sampai wafatnya bersama Tuhan. sungguh…

disamping itu secara eksplisit bunda marialah yg di tunjuk sebagai ibu kita umat beriman… bagaimanakah seharusnya kita memperlakukan ibu?

umat protestan mengaku menghormati bunda maria? namun saya yakin umat protestan tidak akan bisa memberi contoh bagaimana bentuk penghormatan mereka pada Ibu umat beriman, yg juga Ibu Tuhan kita…

Sama seperti Abraham dijanjikan bahwa dari keturunannya, bangsa-bangsa akan mendapat berkat. Seolah-olah “keturunannya” adalah banyak orang, tapi sebenarnya mengacu pada satu orang yaitu Kristus.
(Gal 3:16)

Pada waktu Allah berbicara pada Abraham, kata “keturunan” bukan berarti anak langsung dari Abraham. Sama seperti Hawa, keturunannya bukan berarti harus dia yang melahirkan. Dan bukan mengacu pada seluruh keturunannya yang bermilyar-milyar, tapi satu saja yaitu Kristus.

Paham?

Betul..

[ol]- Iblis adalah identik dengan Dosa, Imho tidak ada yang menyangkal ini dan Alkitab pun mengatakan demikian…
1 Yoh 3:8 “barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya.”

  • Maria adalah Tabut Allah [i.e dimana Allah bersemayam selama 9 bulan dalam Rahimnya, sebab Allah adalah kudus (Is 6:3) maka “Tidak akan bersatu dengan sesuatu yang najis” (Why 21:27)"[/ol]

Hmm, I see,
Saya masih melihat pemaksaan cuplik-cuplik ayat keluar konteks untuk bikin doktrin. Sambung-menyambung kemudian keluar pemikiran sesuai yang dikehendaki.
makanya saya anjurkan supaya kamu belajar sejarah Kekristenan yang tidak mungkin kamu dapat dalam denommu, ini pengalaman saya.. itu utk kebaikan kamu..!

Alkitab mengajarkan banyak hal yang tidak tertulis, dan berpegang pada ajaran lisan dan tulisan…
dan ‘Tulisan’ dalam 2 Tesalonika 2:15 bukan mengacu pada Alkitab [Alone] melainkan pada Tulisan2 rasul yang tidak masuk kanon, liturgy2 awal etc…

harusnya jika kamu mau bersola scriptura => Kamu cari kebenaran ajaran Lisan [2 Tes 2:15], kemudian kamu imani hal tsb… ini baru alkitabiah, bukan memotong ajaran lisan karena paranoid ‘ajaran lisan pasti salah’ SESUNGGUHNYA KAMU TELAH MELANGGAR ALKITAB…!

sampai disini ngerti nga…?


Terharu saya melihat betapa anda memikirkan kebaikan saya…
Konsep anda dan saya dalam mengerti kebenaran alkitab berbeda, saya sudah coba jelaskan di thread sebelah. Jadi anda teriak-teriak bilang “MELANGGAR ALKITAB” itu teriakan kosong…samakan dulu konsepnya.

biar pikiranmu jangan dimanjakan dan diistirahatkan terus, sekarang saya tanya: Dalam 2 Tesalonika 2:15 ada dua pondasi pegangan jemaat Lisan dan Tulisan, sekarang apa yang dimaksud paulus dengan Tulisan..? A. Alkitab 39+27 B. Septuaginta, Liturgy2 awal, surat2 paulus lainnya [termasuk yang musnah dan tidak masuk kanon]

silakan…


Ini rasanya sudah saya jawab di thread lain.
“Tulisan” tentu mengacu pada kitab suci bangsa Yahudi yang dipakai pada waktu itu. Kalau mau cari setepat-tepatnya yang versi gimana, saya ikutin aja penemuan, perdebatan dan diskusi yang ada. Tapi saat ini untuk pegangan hidup yang menunjuk pada Kristus sang kebenaran sejati, kitab 39+27 cukup bagi saya.

Apakah bila sekarang anda mengucapkan doa Maria mendengar doa anda?

Apa anda menganggap kalau anda berdoa maka akan sia sia? Kasihan amat bro

:mad0261:

Loh, anda tanya apa salahnya dengan doa salam Maria. Saya tanya dulu doktrin anda tentang Maria itu gimana. Apa Maria sekarang lagi di Surga atau bagaimana…

Kok malah kesian-kesianan…

Kasihan, karena pertanyaan yang tidak cerdas menunjukan siapa penanyanya.

Siapa Maria?
Apa peran Maria dalam Karya Penebusan?
Siapa yang dikandung Maria?
Siapa selain Maria yang menerima anugrah seperti itu?

Dan masih bertanya Maria di sorga atau dimana?
Kasihan sekaleee.

:coolsmiley:

Ya sudah deh, anda pinter, cerdas, jenius…
Puas…??

Kalau itu sih sudah dari dulu tahu bro, dan bukan kepuasan bagi saya pribadi.
Saya puas kalau ada orang lain yang juga bisa menjadi pandai dan cerdas.

:coolsmiley:

Wuih, mantap bener bro bruce ini…
Salut deh. Dua jempol bro…

“Vanity is my favorite sin.” (John Milton - Devil’s Advocate (1997))

Apakah Perempuan tsb adalah Hawa…?
Kecil kemungkinan bahwa Perempuan ‘The Woman, Gen 3:15’ adalah Hawa…
Kita bahas secara Ilmiah :

  • KJV, NIV etc menerjemahkan ‘The Woman’ BUKAN ‘This Woman yang mengacu pada hawa’…

  • Seandainya dipaksakan The Woman => Hawa, apakah Hawa bermusuhan dengan Dosa/Iblis…??
    Malah Hawalah yang menyebabkan dosa sehingga manusia menjadi bersahabat dengan Iblis/Dosa…

Paham…?

mana bantahannya…? kamu cuma ngegerutu doang bukan diskusi…

silakan kamu bantah…

lah Alkitab mengajarkan Berpegang Teguh pada Lisan dan Tulisan, sedangkan anda hanya berpegang pada Tulisan, dan Tulisan yang dimaksud Alkitab itu pun BUKAN hanya 39+27…

jadi namanya apa kalo bukan melanggar…?
Ibu : Nak, Abis bangun tidur kamu Mandi dan Sikat Gigi, Lakukan yah…
Anak : ah… aku sikat gigi ajalah nga usah mandi [dan sikat giginya pun hanya gigi atas saja]…

menurut kamu Tindakan si anak ini pembangkangan atau apa…?

Betul… Septuaginta [didalamnya ada deuterokanonika] adalah Kitab Suci Yahudi pada Jaman YESUS, berbeda dengan Jaman Luther yang membuang sebagian kitab2nya…
dan utk wawasan kamu, Paulus mengacu pada Septuangita + Liturgy2 awal + Surat2 paulus lainnya…

sekarang kenapa kamu katakan sejati yang 39+27, padahal itu bukan ajaran kitab suci yang digunakan oleh YESUS dan paulus…?

Dari mulai ayat 1 ditulis “the women” banyak kali, semuanya mengacu kepada Hawa, kenapa tiba-tiba ayat 15 anda tafsirkan “the woman” artinya Maria? Kata “the” memang menunjuk pada sesuatu tertentu dalam konteks pembicaraan. Di sini gak ada Maria disebutkan. Kenapa tau-tau muncul penafsiran Maria?

Bandingkan ayat 15 dan 17 dari Septuaginta misalnya, perhatikan kata yang digunakan sama.

thv {<3588> T-GSF} gunaikov {<1135> N-GSF}

Dan, apakah Hawa bermusuhan dengan iblis? Ya, iblis yang menyebabkan Hawa diusir dari taman Eden. Dan iblis membenci Hawa (mother of all living) beserta keturunannya, yaitu semua manusia. Buktinya sudah jelas, banyak tragedi dan kehancuran di dunia ini yang disebabkan oleh iblis.

Hmm, I see, Saya masih melihat pemaksaan cuplik-cuplik ayat keluar konteks untuk bikin doktrin. Sambung-menyambung kemudian keluar pemikiran sesuai yang dikehendaki.

mana bantahannya…? kamu cuma ngegerutu doang bukan diskusi…
silakan kamu bantah…


Saya gak bisa bantah karena saya gak ngerti kenapa anda bisa seenaknya ambil ayat keluar konteks. Seperti misalnya I Yoh 3, adalah sedang menjelaskan penebusan Kristus, anda templokan jadi iblis=dosa, jadi permusuhan dengan iblis=tidak berdosa (suci). Di Why 21 sedang menggambarkan Yerusalem baru, kemudian seenaknya anda tempelkan “maria” kedalamnya.

Tolong jelaskan lebih detail lagi, kenapa anda ambil ayat-ayat itu, baru saya bisa mengerti dan memberikan argumen.

Daripada templok ayat seenaknya mendingan jelaskan kata “permusuhan”, dimana kata yang sama dipakai di alkitab yang mempunyai arti yang sama dengan tafsiran anda.

Lagipula kalau Tuhan bisa membuat seseorang (Maria) menjadi suci, kenapa Yesus harus mati disalib? Dibikin aja semua orang jadi suci kayak Maria. Atau paling tidak kasih syarat, yang taat akan dibuat jadi kudus, yang tidak, dibiarkan binasa. Tapi Yesus gak perlu mati disalib.

lah Alkitab mengajarkan Berpegang Teguh pada Lisan dan Tulisan, sedangkan anda hanya berpegang pada Tulisan, dan Tulisan yang dimaksud Alkitab itu pun BUKAN hanya 39+27..

jadi namanya apa kalo bukan melanggar…?
Ibu : Nak, Abis bangun tidur kamu Mandi dan Sikat Gigi, Lakukan yah…
Anak : ah… aku sikat gigi ajalah nga usah mandi [dan sikat giginya pun hanya gigi atas saja]…

menurut kamu Tindakan si anak ini pembangkangan atau apa…?

Betul… Septuaginta [didalamnya ada deuterokanonika] adalah Kitab Suci Yahudi pada Jaman YESUS, berbeda dengan Jaman Luther yang membuang sebagian kitab2nya…
dan utk wawasan kamu, Paulus mengacu pada Septuangita + Liturgy2 awal + Surat2 paulus lainnya…

sekarang kenapa kamu katakan sejati yang 39+27, padahal itu bukan ajaran kitab suci yang digunakan oleh YESUS dan paulus…?


Sudah berkali-kali saya bilang cara anda dan saya memandang alkitab berbeda. Kalau anda melihat alkitab sebagai daftar perintah-perintah yang harus ditaati. Seperti ibu memberi perintah pada anaknya, harus mandi, harus gosok gigi, gosok giginya harus bagaimana, beol harus bagaimana, jongkok atau berdiri, cebok pake tisu atau aer…

Kalau saya melihat alkitab seperti sebuah album foto, dimana disitu kita bisa melihat bagaimana dulu ibu kita merawat kita, mengasihi kita dan melindungi kita. Melihat kenyataan dari foto-foto tersebut, kita bisa tahu bahwa ibu kita sudah dan terus mengasihi kita.

Alkitab juga sama. Di dalamnya kita melihat bagaimana Allah mengasihi manusia melalui pengorbanan Yesus. Dengan melihat itu kita bisa menjalani hidup kita dengan iman. The just shall live by faith.

Sekarang kita bisa terus argue mana yang paling sempurna, Septuaginta atau 39 kitab (+27), atau yang kanon yang lain. Tapi yang lebih penting, yang paling sempurna adalah yang ditunjuk oleh kitab itu, yaitu Kristus.

Paham?

Kamu menyebabkan semua Bapa Gereja Perdana salah :mad0261:

Lagipula kalau Tuhan bisa membuat seseorang (Maria) menjadi suci, kenapa YESUS harus mati disalib? Dibikin aja semua orang jadi suci kayak Maria. Atau paling tidak kasih syarat, yang taat akan dibuat jadi kudus, yang tidak, dibiarkan binasa. Tapi YESUS gak perlu mati disalib.
Lha bukankah TUHAN tinggal BERSABDA dan semua dosa hilang? :mad0261:
Sudah berkali-kali saya bilang cara anda dan saya memandang alkitab berbeda. Kalau anda melihat alkitab sebagai daftar perintah-perintah yang harus ditaati. Seperti ibu memberi perintah pada anaknya, harus mandi, harus gosok gigi, gosok giginya harus bagaimana, beol harus bagaimana, jongkok atau berdiri, cebok pake tisu atau aer... Kalau saya melihat alkitab seperti sebuah album foto, dimana disitu kita bisa melihat bagaimana dulu ibu kita merawat kita, mengasihi kita dan melindungi kita. Melihat kenyataan dari foto-foto tersebut, kita bisa tahu bahwa ibu kita sudah dan terus mengasihi kita. Alkitab juga sama. Di dalamnya kita melihat bagaimana Allah mengasihi manusia melalui pengorbanan YESUS. Dengan melihat itu kita bisa menjalani hidup kita dengan iman. The just shall live by faith. Sekarang kita bisa terus argue mana yang paling sempurna, Septuaginta atau 39 kitab (+27), atau yang kanon yang lain. Tapi yang lebih penting, yang paling sempurna adalah yang ditunjuk oleh kitab itu, yaitu KRISTUS.
Kalo cuman sebagai Album foto, pantesan banyak aliran sesat seperti ssy dkk :char11: :tongue:

@ Aleph,
Sorry, baru bales, karena tadi saya wara wiri keluar…

The Woman dalam Genesis 3:15 tidak terlepas dari phrase ‘bermusuhan dengan Iblis’…

adalah Konyol pernyataan bahwa Hawa bermusuhan dengan Iblis karena mereka berantem Gara2 Iblis ataupun Hawa maka keduanya diusir dari taman eden… ;D

bermusuhan dengan Iblis dalam Genesis 3:15 bukan seperti kamu diusir oleh orang tua-mu… :smiley:
ketika kamu durhaka kepada orang tuamu, dan engkau diusir bukan artinya gara2 iblis yang yang membuatmu durhaka maka selanjutnya kamu bermusuhan dengan Iblis…! dilain hal kamu tetap bersahabat dengan Iblis dengan ‘iri dengki atau contoh yang lain…’ Ngerti…?

Iblis adalah DOSA, dan Alkitab pun mencatat EXPLISIT Bahwa Iblis => Dosa 1 Yoh 3:8 “barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya.” ngerti…?

biar lebih ngerti lagi saya kutip dari denom kamu : “Ef 6:11-18 Setiap hari kita semua berperang dari iblis, kita berperang melawan dosa.” GBI Ruko Gunung Sahari: Amanat Agung
“Sumber dosa adalah iblis yang menipu dan memperdaya serta mengikat manusia”

Jadi bukan seperti kamu yang diusir oleh orang tuamu kemudian kamu bermusuhan dengan iblis karena menyuruh kamu durhaka, kemudian berteman dengan iblis lagi ketika kamu Iri hati…

Paham…?

Pertanyaan kamu ini betul kalo Allah itu di lahirkan berulang2, sehingga setiap Rumah/ Tabut Allah selama 9 Bulan menjadi kudus…!
Tetapi apakah Allah dilahirkan berkali2 semau kamu…? :mad0261:

Sekarang saya tanya Apakah Rumah Allah dimungkinkan Najis…???

Silakan…

Pandangan kamu ini sama sekali TIDAK MENCERMINKAN bahwa kamu seorang sola scripturist…!!
liat :
2 Tim 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Apa kamu pikir Tulisan => Album Photo yang hanya utk dilihat tanpa harus dijalankan…??

Jangan bawa2 sola fide lah, karena Luther pun harus mengkorup Alkitab dulu sehingga sola fidenya mentereng…!
dan tidak ada yang menyangkal Bahwa YESUS tidak sempurna… :mad0261:

Sudah dari pada kamu nge-grutu nga karuan lebih baik kamu jawab pertanyaan saya yang kamu hindari :
“sekarang kenapa kamu katakan sejati yang 39+27, padahal itu bukan ajaran kitab suci yang digunakan oleh YESUS dan paulus…?”
Ibu : Nak, Abis bangun tidur kamu Mandi dan Sikat Gigi, Lakukan yah…
Anak : ah… aku sikat gigi ajalah nga usah mandi [dan sikat giginya pun hanya gigi atas saja]…

menurut kamu Tindakan si anak ini pembangkangan atau apa…?

silakan kamu tanggapi, senen saya liat tanggapan kamu…