Cara membimbing orang yg baru masuk Kristen?

Gimana ya caranya membimbing otrang yg ru masuk Kristen? Jujur sih baru x ini untukku…
Aq masih terlalu muda, aq kadang bingung apa yg harus kulakukan
Aq takut apa yg aku katakan itu salah dan malah membuat org itu bingung.
jujur, aq ga mau sampai salah, krn aq mau bener2 membantu org itu mencari jalannya yg benar.

Mohon bimbingannya, thanks… GBU :afro:

biasanya petobat baru akan melihat kehidupan kita yang menjadi kakak rohani/orang tua rohaninya sist

jadi fokus aja kepada kehidupan sist

dan memang disamping harus tetap didoakan, dampingi/awasin terus perkembangan kerohaniannya

biasanya dia akan mempunyai banyak pertanyaan mengenai kekristenan, jawab saja yang kamu pahami, dan jika tidak paham, koordinasikan dengan yang lebih senior

tapi yang paling utama tetap kehidupan kitalah yang akan mengajari dia sist :slight_smile:

yang paling mudah, adalah ajak dia masuk dalam suatu komunitas (berjemaat), dengan demikian komunitas tersebut bisa menopang dan menjadi teladan secara kolektif

selemat menjadi gembala-gembala di akhir jaman dimana tuaian begitu banyak

salut

:slight_smile:

ini ada beberapa hal yang harus anda pelajari

  1. keselamatan
    anda harus memahami apa arti keselamatan dan bagaimana memperolehnya menurut pandangan Kristen

  2. gereja
    anda harus memahami sebuah gereja yang benar seperti apa sifat dan ciri-cirinya, dengan begitu anda memahami bagaimana memberikan petunjuk mencari gereja yang benar agar orang yang anda injili dapat berjemaat disana

  3. akhir jaman
    saat ini banyak gereja dirasuki pengajaran-pengajaran yang tidak berasal dari alkitab, meskipun kelihatannya rohani ternyata salah di hadapan Allah dan dalam hal ini pemahaman akhir jaman membantu anda mengindikasi berbagai kesesatan yang merasuk ke dalam gereja

  4. bibliologi (alkitab)
    ini agak rumit anda harus memahami alkitab, sejarah alkitab, cara menafsirkan alkitab dengan benar… bila anda memahami ini anda memiliki pengertian bagaimana yang benar sesuai alkitab dan anda mengerti bagaimana membuat penafsiran akan alkitab
    ini akan membantu anda bertumbuh di dalam kasih kepada Allah dan membuat anda semakin dewasa rohani sehingga anda dapat mengajarkannya kepada orang lain

Tuhan memberkati

sist grace pst bs…Amsal 3:27 dan Ibrani 7:25…JBU.

Berdoa, Supaya TUhan tarik Dia Datang Beribadah DiGereja, Sarankan Terus Baca Firman, Firman itu yang akan menuntun tiap Orang,…

gampang bro… pertama mulai ajak ke komunitas kyk cell group… trus mulai ajak baca alkitab setiap hari… sehari 1 pasal put cukup hhe… kalo udah mantep ntar ajak pelayanan…

mantep deh hhe :slight_smile:

bisa diberi contoh ayat ayat yg coock dibaca untuk pemula kristen?terutama untuk nomor 2 tentang pemilihan gereja…

terimakasih banyak

Kata tante kos ku baca alkitab mulai dari Yohanes (penjelasan lebih mengenai Tuhan, bahkan dari kalimat pertama)

Pertama, harus dipahami dahulu bahwa gereja sesungguhnya adalah kumpulan orang-orang yang dipanggil keluar pada terangNya yang ajaib (1 Petrus 2:9) bukan gedung. Ayatnya, Ulangan 12. Kita enggak boleh bergereja sembarangan tempat, suka-suka kita, tapi berdasar petunjuk Tuhan. Kita harus nanya, di manakah padang rumput kita dan bisa berguna di sana. :angel:

Perlu mempersiapkan diri sejak awal ,
tdk mungkn dpt memberikansesuatu bimbingan kalau kita sendiri tdk memiliki sesuatu
Jadi kalau sampai saat ini belum mempersiapkan diri, tdk ada salahnya utk mulai
Cranya lengkapi dulu diri sendiri dgn pengetahuan yg cukup tt seluk beluk keselamatan
semua itu dpt diperoleh dari pembacaan Alkitab rutin, dibantu buku2, sumber2 yg ada.

Ikut Pemahaman Alkitab dulu bro… :slight_smile:

Klo di sinu ada alpha course bagus untuk pemula

Shalom,

Kejujuran dalam pengajaran, apa adanya sesuai Alkitab;
Integritas pengajaran (kesesuaian yg diterapkan dgn diajarkan).

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Salam
Tapi kan tetap harus melalui pengajaran karena jika secara gamblang dan jujur,bukankah ntar ada pertanyaan balik ?