Ceraikan atau tidak?

Permisi, mau tanya ya, jika ada dari agama sebelah yang berpoligami, anggaplah orang itu punya 4 istri, lalu dia masuk Kristen, apakah orang itu harus menceraikan semua istri2nya atau tidak menceraikan istri2nya sama sekali, atau dia hanya menceraikan istri ke-2, ke-3 dan ke-4 nya dan hanya hidup bersama istri pertamanya saja?
kalau bisa dengan bukti ayat dalam Alkitab ya, biar makin jelas.
terimakasih :slight_smile:

Apakah itu kasus anda sendiri?
kalau bukan, gak usah ngurusin istri2 org lain :slight_smile:
Urus saja istri masing2
GBU

bukan, tapi itu persiapan saya jika suatu saat nanti ada yang bertanya seperti itu. kalau saya lebih setuju dia menceraikan istri ke 2 ke 3 dan ke 4 nya, dan hidup baru bersama istri pertamanya. gimana? apakah ada petunjuknya dalam Alkitab? :slight_smile:

Kalau bukan gak usah ber-andai2,
utk kasus spt itu solusinya sangat kasuistik
GBU

Dimana tanggungjawab anda kepada istri dan anak anak anda ?

Anda tetap harus bertanggungjwab kepada mereka yang sudah menyerahkan hidup mereka dibawah pemeliharaan anda.

Kalau anda membuang mereka sehingga hidup mereka sengsara maka iman anda pasti palsu karena tidak ada kasih kepada sesama manusia.

Tugas anda yang lebih penting adalah mempertobatkan mereka semua.

1 Kor.7:17 Selanjutnya hendaklah tiap-tiap orang tetap hidup seperti yang telah ditentukan Tuhan baginya dan dalam keadaan seperti waktu ia dipanggil Allah. Inilah ketetapan yang kuberikan kepada semua jemaat.

Shalom

Jika tidak diceraikan apakah itu tidak termasuk hidup dalam perzinahan om? bukannya istri yang sah cuma 1? :slight_smile:

Berjinah itu kalau anda sudah bertobat tetapi kawin lagi diam diam atau bermain perempuan.

Istri yang sah hanya satu kalau anda sudah bertobat fren,sedangkan kondisi yang anda berikan bukan suatu yang normatif Kristen.

Punya istri lebih dari satu bukan fatal kalau anda lakukan sebelum pertobatan,baik Abraham maupun Daud,Sulaiman juga punya banyak istri.

Shalom

Masuk aja ke kristenyang masih dibawah taurat atau KristenPL
daud juga istrinya 4

GBUr

Kalau tanya ke Musa, beliau bakal bilang begini :

Deu 21:15 Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai,
Deu 21:16 maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung.

Kalau pertanyaan mengenai empat isteri, gw lom tahu apa jawaban Musa :tongue:

GBU

:mad0261: Barangkali dia harus lebih pilih istri yang pertama deh, soalnya diakan istri masa mudanya,teman sekutunya sejak dulu. Jadi istri yang ke-2, ke-3, ke-4 diceraikan menurut agama yang sebelumnya dia anut. Anak-anak dari hasil perkawinannya dengan mantan istri-istrinya jg harus jadi tanggung jawab ayahnya untuk menafkahi.