Cinta beda Agama

Syalom Saudara2ku…

Mungkin kisahku bukan satu2nya kisah cinta beda agama… Aku cm salah dari sgt banyak cinta yg kandas karna agama… Aku sekedar ingin berbagi pengalaman untuk sahabat2 yg mungkin saja jg pernah atau sedang mengalami kisah yang serupa…

Aku perempuan 24 tahun… Aku bertemu dgnnya di usia 20 thn. Aku jatuh cinta dr pertama kali aku melihatnya. Dia beda. Aku bs lihat itu detik pertama aku melihatnya. Aku jatuh cinta…
Dia “nembak” aku 3 bulan setelah aku bertemu dy, seminggu setelah berkenalan, dan sehari setelah “kencan” pertama. Aku benar2 bahagia… Walau di satu sisi hatiku takut krn perbedaan itu… Aku menyakinkn diriku klw cinta adalah berkat dr Tuhan. Krn itu aku akan coba jalani ini…

Setiap hari berlalu dgn sgt indahnya… Smakin hari cintaku smakin dalam. Smakin aku menyadari perbedaan kami, smakin aku takut kehilangannya… Aku sangat sangat mencintainya…
Kami mulai sering bertengkar karna perbedaan itu. Aku berdoa, berpuasa, memohon kepada Tuhan untuk menunjukkan jalan. Aku mau pindah agama, jika Tuhan tunjukkan aku jalannya. Hanya jika memang Tuhan tunjukkan jalan menuju ke sana. Aku berdoa, aku menangis dgn sangt sakit, memohon terus. Aku ingin hidup bersamanya. Aku mau dy jd laki2 terakhir untukku.

Setahun terakhir dr hr ini hanya ada tangisan. Permohonanku Tuhan tak acuhkan. DIA tdk menjawab sama sekali. DIA diam…

“Tuhan, aku sudah menemukan laki2 sempurna untukku. Kenapa Tuhan tdk berkenan?? Bukankah Cinta itu Tuhan yg kirimkn?? Knp Tuhan?”

Bulan November 2013 lalu, Aku putuskan untuk mengakhiri hubungan kami. Kami putus, tp aku msh mencintainya. Aku msh berdoa untuknya, untuk kami. Aku msh sangat berharap ada jalan untuk kami bs bersatu. Sampai aku mdengar kabar dia akan menikah…
Aku hancur. Secepat itu dy melupakanku. Aku bertanya2, apa aku benar2 pernah ada di hatinya? Dlm wktu 1 bln dy bs melamar seorg gadis. Aku tdk percaya. Cintanya yg dlu dy pernh berikan untukku tdk bercela sedikitpun. Tp itulah yg terjadi. Dia akan menikah dengn gadis itu. Dy sudah melamar gadis itu hanya 3 hr setelh mereka bertemu.

Aku msh ga ngerti apa alas an Tuhan menulis cerita ini untukku… Muncul rasa dendam dlm hatiku, tp ntah kpd siapa. Stiap aku bernafas, jantungku sakit. Aku ga bs mnahan untuk ga menangis. Aku ga tw sampai kpn aku bs smbuh dr rasa kecewa yg dalam kpd Tuhan maupun kpd laki2 yg aku cintai itu. Aku sgt kecewa…

Tp aku mw tetap ikut Yesus. Aku mw tetap percaya Dia. Walupun Dia telah sangat mengecewakanku, Aku ga bs melepaskan DIA. Seperti DIA telah mengikatku dgn “tali” yg ga bs aku lihat, aku ga bs lepas dr DIA. Aku bertahan dgn rasa sakitku, yg aku percaya akan DIA sembuhkan suatu saat nanti. Amin

karena Tuhan kamu cuma mencintai tubuhnya, tdk dgn jiwanya
shg Tuhan tdk suka itu org2 yg egois spt kamu yg cm pentingkan keselamatan dirinya saja

Kmu benar… Aku ga pernah bertanya pd Tuhan, apakah aku sdh cukup sempurna untuknya…
Aku terlalu egois.

Ya, mudah-mudahan Sylvestris tidak larut dalam kekecewaan tetapi segera sadari dan hidup penuh dengan rasa syukur kepada Dia mulai dari sekarang yah… Karena rencana dan kehendak Tuhan itulah yang terbaik bagi kita anak-anakNya. Sebagai manusia ketika keinginan kita tidak terpenuhi tentu ada rasa kecewa, namun sekali lagi apabila kita berserah kepada Tuhan, Dia akan membuat segala sesuatu indah pada waktunya…

Kalau boleh saran, karena si dianya sudah akan nikah dan karena perjalanan hidup kamu harus berlanjut…Ya lupakanlah dirinya dan fokus untuk melanjutkan hidup dengan baik…Carilah calon PH yang sreg dihati ( kamu cintai dengan setulus hati) yang seiman dan seimbang supaya kelak pernikahan kalian diberkati oleh Tuhan dan diliputi damai sejahteraNya…

Salam

Wah kisah yg menarik, Sis. Ternyata Tuhan diam bukan berarti tidak menjawab namun karena itulah jawabannya.

  1. Tuhan selalu memberikan jawaban yg terbaik buat kita (meski kita sering anggap itu jawaban terburuk)
  2. Tuhan tidak menjawab, sis masih sama Tuhan (pindah agama (bukan kristen katolik / protestan) = meninggalkan Tuhan)
  3. Tuhan tidak menjawab. Anda putus sama pacar anda, you can get someone even way better than Him.
  4. Jgn nanya akan menyalahkan siapa. Soalnya Tuhan dan ajaran-Nha bilang maafin musuh bakan kasihilah musuh mu

Allah senantiasa membuat rancangan2 yg baik bagi anak2nya yg di kasihi NYA, agar memiliki hidup yg penuh dengan pengharapan.
.
Hanya saja yg harus dimengerti dan harus pula dipahami bahwa pengertian yg baik2 dari Allah tdk selalu harus berasa manis ataupun nyaman. Seperti obat misalnya, dikarenakan dalam KASIH Allah terdapat unsur didikan, yg melibatkan proses bayar harga sebelum seseorang mendapatkan apa yang menjadi pengarapannya (kesembuhan).
.
Tembok penghalang dan pintu2 yg ditutup adalah wujud real dari KASIH Allah, agar yang bersangkutan terhindar dari celaka dan derita yg lebih parah serta tragis. Sedangkan rasa pedih, sesak, kecewa, merana, dstnya adalah bagian dari proses bayar harga atas sebuah keputusan untuk melanggar RAMBU2 yg telah Allah pasang sebelumnya.
.
Datanglah kembali kepada Tuhan, memohonlah ampun atas kesalahan keputusan, tanyakan dan pahami apa yang menjadi rancanganNYA atas hidupmu, jalani prosesnya dgn taat, agar kehidupanTS cepat kembali dipulihkan sehingga bisa menjadi ceria dan memiliki banyak pengharapan2 yg baru.

Seperti inikah laki-laki yg mbaksis cintai dan harapkan untuk menjadi pendamping seumur hidup? Yang setelah menerima cinta mbaksis selama kurun waktu 3 tahun, dengan mudahnya membuang cinta berharga itu demi seorang gadis yg baru dia kenal selama 3 hari? Tahukah dia bahwa selama ini demi cinta kalian, mbaksis memendam rasa takut, khawatir, gelisah karena mengerti betul akibat dari hubungan ini?

Inilah JAWABAN Tuhan atas doa-doa mbaksis selama ini. Dia sudah & sedang memperlihatkan sosok sebenarnya pujaan hati mbaksis yg bahkan demi dirinya, mbaksis siap sedia “meninggalkan” Dia yg sudah “mati di kayu salib” demi cinta-Nya kepada mbaksis.

Doa/permintaan kpd Tuhan harus didahului dgn ketaatan pd firman-Nya
ketika kita sdh mulai dgn ketdk taatan maka jangan memaksakan Tuhan utk mengabulkan permohonan kita
karena jawabannya sebenarnya kita sdh tahu seblm meminta kpd Tuhan, yaitu : Tidak!
Sekedar sharing saja utk kedepannya, GBU

Disyukuri saja Sister klo kmu enggak bersatu dengannya. Kenapa ? Karena hidupmu bakal tambah sengsara apalagi (ini yang membuat saya sediiih banget. suerrr!! Bener2 menghancurkan hati saya!) sampe kmu mutusin untuk pindah agama. Contoh: Lulu Tobing, Markus Horizon, Yusuf Iman, Yusuf Subrata, dst. Kmu cuma bakal kawin cerai kawin cerai mulu. Enggak ada anugrah dalam hidupmu. Inilah penggenapan dari Ulangan 6: 3-4. Kedua, kalaupun maksa kawin beda agama ya sama aja. Liat aja kehidupannya keluarga Lidya Kandouw. Enggak bakal langgeng. Akan ada pergumulan dia mengenal Yesus Kristus seumur hidupnya. Mau, kayak gituw ? Salah satu bakalan kembali ke agamanya semula atau sama seperti salah satu anggota keluarga besar saya: terseret pada keyakinan lain.

Karena dia sudah move on, lebih baik kmu juga ikutan move on. Tokh, dia juga sudah jadi milik orang lain ? Rugi di kamu doong… Betul ?! :azn: Pegang prinsip ini: Tuhan enggak pernah ngecewain anak-Nya. Contohnya saya sendiri aja ya… Saya juga pernah ditinggal kawin orang lain. Tapi, DIA kasi saya pengganti yang enggak kalah sama mantan saya yang kurang ajar itu. Tuhan tolong saya, masakan sama kamu enggak ?! Tuhan sayang saya, Tuhan juga sayang sama kamu. Kmu cuma perlu bersabar ajah. Okeh :afro:

saya juga pernah mengalami hal yg sama sis, saya pacaran beda agama selama 3 tahun lebih, saya dan dia sudah merasa nyaman satu sama lain, saya juga pernah berfikir klo pacaran beda agama kaya gini ending’a gmna yah? :mad0261:
trus dia pernah minta saya untuk pindah agama klo tdk mau pindah agama mending putus aja, karna saya sdh terlanjur cinta dengan dia saya sempat blng ke dia klo saya mau pindah (Tapi sampai saat ini pindah agama itu belum terealisasi), beberapa bulan kemudian ada satu hamba Tuhan dari manado menginap dirumah kakak saya (kakak saya dan suaminya adalah hamba Tuhan juga). dipagi hari pertama kakak saya mengundang saya untuk berdoa bersama dikamar keponakan saya, tapi saya jawab gag usah kak aku berdoa sendiri aja dikamarku, lalu dipagi hari kedua kakak saya mengajak saya lagi untuk berdoa bersama lalu saya jawab ia kak, pada saat kami berdoa hamba Tuhan itu menopangkan tangannya ke kami satu persatu, pada saat dia menopangkan tangannya diatas kepala saya, dia menyampaikan tentang kehidupan saya yang kecewa dengan pacar saya sampai hamba Tuhan ini katakan klo saya sempat mau pindah agama (ternyata hamba Tuhan ini punya karunia Penglihatan) pada saat di doakan saya merasakan seperti ada aliran air menyejukan hati saya yang turun dari atas kepala sampai ke seluruh tubuh. pada saat didoakan sayapun sempat menangis atas ucapan saya yang pernah mengatakan mau pindah agama, setelah selesai berdoa hati ini pun terasa sangat tenang.

pada saat saya ktmu dengan pacar saya, saya katakan aku gag bisa pindah agama klo kamu masih mau pacaran dengan saya kamu pindah agama ke kristen klo tidak mau mending kita putus aja, lalu dia blng dia mau pindah agama (Belum sempat dibaptis), stlah itu saya sering ajak dia ke gereja, karna sering ikut gereja tanpa sadar dia sering menyanyikan lagu rohani kristen didepan teman2nya yang non kristen, lalu teman2nya memberikan masukan2 supaya dia gag ikut ke gereja lagi dan memutuskan hubunganya dengan saya, mulai sejak itu saya sering bertengkar dengan dia karna perbedaan agama, akhirnya sampai pada ulang tahunku yg ke 22thn di tahun 2013, saya memilih untuk mengakhiri hubungan ini walau hati ini terasa sakit, setelah beberapa bulan berlalu ternyata rasa sakit ini menghilang dengan sendirinya, dan sayapun melanjutkan hidup saya dengan gembira. Puji Tuhan :slight_smile:
God Bless You Abundantly

Sayang sekali mantan pacar anda tidak jadi ikut Tuhan :’(
Semoga suatu saat ia boleh kenal Tuhan

Memang prinsip tetap berlaku, semakin beresiko justru semakin indah :slight_smile:

Pertanyaannya : Kenapa gak membuka ruang utk tetap paralel pada masing-masing rel keyakinan?

Apakah sifat feminim memang begitu ya? Hanya memberi…

Apa harus selalu memenangkannya ya?
Memberikan pengalaman yg baik soal hidup orang Kristen pada orang lain, rasa nya sudah cukup bagus.

Jadi pacaran dg yg beda agama, oke-oke aja (juga beda ras, status sos/ek). Apalagi ini BARU tahap pacaran. Tapi yah itu, ada resiko! Bukan mau menguji iman sih tapi habis hati mau nya begitu sih…

Loh, kan sangat bagus kalau org percaya Yesus adalah Tuhan dan juru selamat (itu kan satu2nya jalan diselamatkan). So, sayang saja mantan itu sudah hampir mendekatkan diri pada Tuhan namun oleh sebab Tuhan malah balik lagi.
Ya, Tuhan pasti kasih jalan lain buat mengenal-Nya kok

hati yg kesepian bisa berbuat apa saja.

yg dicintai sebenarnya diri sendiri (keinginan)

Kalau kamu cinta Yesus, kamu harus mencintai-Nya lebih dari apapun, bahkan lebih dari mencintai orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan kita.

Lukas 14:26
Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Jangan percaya kepada “cinta pada pandangan pertama”. Itu hanyalah kesenangan sementara. Ingat, jangan pernah bermain-main dengan cinta, apalagi cinta kepada yang tidak seiman.

Beberapa hari yg lalu aku terbangun dr tidur dan langsung menangis… Menangis sampai sesak.
Aku menangis bukn karna patah hati… Rasanya jauh lebih sakit…
Aku ga inget aku mimpi apa mlm itu. Tp aku menangis dan ada sesuatu yg muncul begitu aja dlm pikiranku…

Tuhan bilang, DIA mendengarkanku. DIA menjawab doaku. Tp aku ga dengarkn DIA. DIA bilang kalau DIA sudah memberikan laki2 itu untukku, tp aku gagal menerimanya.

“AKU mendengarkan doamu, tp kmu tdk mendengarkan AKU. AKU sudah memberikannya padamu, tp kmu tdk mengambilnya. Kmu mengikuti hatimu dan memilih jalanmu sendiri, pdahal AKU sdh menunjukkan jalanKU”

Aku merasa selama itu Tuhan bukan menjawab TIDAK. Tp sekarang aku ga tau…
Knapa skrg yg muncul adalah perasaan bersalah. Aku merasa bersalah krn aku ga bs mendengarkan suara Tuhan sebelumnya. Aku merasa bersalh kpd mantanku karna aku gagal membawa nya kpd Tuhan.

Aku gagal menunjukkan KASIH. Aku selalu menuntut, khawatir dan ga percaya. Aku ketakutan, sampai aku lupa menunjukkan KASIH yg TULUS…

Aku gak ngerti apa yg aku rasa sekarang… Kenapa smua itu tiba2 lngsung muncul wktu aku terbangun.

Sebelumnya aku ingin memberi gambaran ttg mantanku…
Dia org yg baik, hatinya sgt lembut. Ga pernah lupa Sholat. aku sering menungguinya Sholat di mesjid. Aku lihat dia dan saat itu aku pasti berkata dlm hatiku, “Dia sungguh2 mencintaiMu Tuhan”
Meskipun aku sering marah2, dia tetap tenang. Dia selalu menjaga jarak dgn teman2 perempuan. Sulit untuk menggambarkannya seperti apa, yg jelas dia sunggh2 sangat baik.

Sayangnya, BAIK saja tidak cukup.
Untuk pacaran sih tidak masalah. Tapi dalam kehidupan pernikahan, Anda akan tahu betapa pentingnya pasangan yang seiman. Silakan baca artikel berikut

Salam

Kemarin aku putuskan untuk menghubungi dia dan mengucapkan selamat. Dia bilang takdirnya mebawa dia bertemu dengan perempuan itu. Perempuan itu jg mengalami kejadian yg sama, klw sebelumnya sudah berpacaran selama 5 thn dgn beda agama dan akhirnya berpisah. Dia bilang dia memutuskan untuk menjalani hidupnya dgn perempuan itu, yg mengalami nasib serupa. Takdir mempertemukan mereka.
Dia meminta maaf krn dia ga bs lagi menjaga perasaanku…

sebelum aku, mantanku itu jg berpacaran dgn perempuan kristen. Tp cuma bertahan 1 thn. 5 bulan setelh mereka putus, Dia bertemu aku.

Re: Cinta beda Agama

Indah dan penuh tantangan sampai2 mempengaruhi keselamatan :afro: