Computer Vision Syndrome....

Computer Vision Syndrome mempengaruhi 75% para pengguna computer, terutama mereka yang berusia lebih dari 40 tahun.
Gejala:
• Mata lelah
• Kekeringan pada mata
• Rasa terbakar
• Sensitif terhadap cahaya
• Penglihatan kabur
• Sakit kepala
• Nyeri di bahu, leher atau punggung

Image Penyebab:
1 Menurunnya frekuensi kedipan mata
Saat kita memandang layar komputer, atau ketika membaca, frekuensi kedipan mata kita berkurang. Kedipan mata seseorang akan berkurang 66% ketika kita bekerja di depan computer. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada mata dan rasa terbakar di mata.
Solusi:
• Waspadalah saat kedipan mata Anda mulai berkurang dan cobalah untuk berkedip lebih banyak
• Istirahatkanlah mata Anda setiap 15 menit
• Gunakan air mata buatan

2 Pantulan cahaya
Pantulan cahaya dari monitor dapat membuat mata Anda lelah. Secara tidak sadar, kita sering mencari posisi duduk tertentu untuk menghindari pantulan cahaya yang datang dari monitor. Seringkali posisi duduk yang sama terus menerus dalam satu waktu menyebabkan kelelahan.
Solusi:
• Posisikan monitor Anda agar letaknya tidak berhadapan ataupun membelakangi jendela
• Gunakan gordyn atau vertical blinds pada jendela dekat monitor Anda
• Cahaya lampu juga dapat menyebabkan pantulan cahaya: Gunakan cahaya yang lebih redup atau voltase yang kecil. Lampu berfluoresensi yang umum dijual, memancarkan sinar biru yang menyulitkan mata untuk focus. Anda dapat mengubah warna lampu untuk membuat mata lebih rileks.
• Usahakan agar lampu meja hanya menyinari kertas dari bahan bacaan Anda dan tidak menyinari mata ataupun layer computer Anda.
• Gunakan filter pada layer monitor Anda

3 Layar monitor
Refresh rate pada monitor umumnya adalah 60Hz. Kecepatan ini dapat menimbulkan flicker yang membuat layer computer terlihat bergerak. Flicker merangsang mata untuk berakomodasi (bola mata berkontraksi) yang menyebabkan kelelahan pada mata.
Solusi: Ubahlah refresh rate monitor Anda menjadi 70-85Hz.

4 Posisi monitor
Letak monitor komputer yang kurang strategis akan menyulitkan Anda untuk fokus pada monitor. Pekerjaan seperti apa yang sedang Anda lakukan? Dimana letak kertas yang Anda perlukan? Seberapa besar ukuran monitor Anda? Berapa ukuran dan warna huruf Anda? Periksa kontras layar monitor Anda
Solusi:
• Ukuran monitor yang lebih besar akan lebih mudah dilihat, gunakan huruf yang lebih besar
• Monitor layar datar memberikan pantulan cahaya yang lebih sedikit
• Kontrol kontras layar monitor Anda untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan pada mata
• Bersihkan layar komputer Anda dari debu

5 Ergonomis:
Pengaturan ruangan kerja yang tidak sistematis akan menyebabkan cedera.
Solusi:
• Atur ketinggian monitor Anda. Rendahkan posisi monitor jika Anda menggunakan kacamata bifokal (kacamata baca dan minus yang dijadikan satu). Hal ini akan memudahkan mata Anda untuk fokus. Mendongakkan kepala akan menyebabkan nyeri pada leher dan bahu. Tinggikan posisi monitor jika Anda tidak menggunakan kacamata bifokal.
• Posisikan layar monitor Anda pada jarak 20-26 inchi

Semoga infonya berguna… :afro:

thx infonya,

klo aq sering rasa kekeringan pada mata…

mungkin pake kacamata aja ya :coolsmiley:

tambah keren juga kan, hehe… 8)

waduh gejalanya udah kerasa ke gw, padahal gw masih 17 taun :expressionless:

hiks, kompi m’buat kacamataku makin tebel

jangan lupa berkedip!!