dampak game online dan cara berhenti main

Margaretha Soleman, M.Si, Psi menuliskan dampak buruk secara sosial, psikis, dan fisik dari kecanduan bermain game online dan cara-cara penyembuhannya.

SECARA SOSIAL:
Hubungan dengan teman, keluarga jadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang.
Pergaulan kita hanya di game on line saja, sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata.
Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain.
Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.

SECARA PSIKIS:
Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan game yang sedang kita mainkan. Kita jadi sulit konsentrasi terhadap studi, pekerjaan, sering bolos atau menghindari pekerjaan.
Membuat kita jadi cuek, acuh tak acuh, kurang peduli terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling kita.
Melakukan apa pun demi bisa bermain game, seperti berbohong, mencuri uang, dll.
Terbiasa hanya berinteraksi satu arah dengan komputer membuat kita jadi tertutup, sulit mengekspresikan diri ketika berada di lingkungan nyata.

SECARA fISIK:
Terkena paparan cahaya radiasi komputer dapat merusak saraf mata dan otak
Kesehatan jantung menurun akibat bergadang 24 jam bermain game online. Ginjal dan lambung juga terpengaruh akibat banyak duduk, kurang minum, lupa makan karena keasyikan main.
Berat badan menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang olahraga
Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, kesehatan tubuh menurun akibat kurang olahraga. Yang paling parah adalah dapat mengakibatkan kematian.

Cara menyembuhkan para pecandu game online.

Unsur yang paling penting adalah niat, kebulatan tekad dan kontrol diri untuk dapat terlepas dari kecanduan game online dan kembali menata kehidupan yang terganggu akibat kecanduan itu.
Setelah ada niat, kita pun perlu mengakui bahwa kita tidak berdaya melawan keingian untuk bermain dan mengakui bahwa hidup kita jadi tidak terarah dan tidak teratur akibat game online itu.
Berdoa, minta pertolongan dan kekuatan Tuhan untuk dapat lepas dari kecanduan ini.
Buatlah daftar alasan mengapa ingin menghentikan kecanduan game on-line. Kita dapat bertanya ke keluarga atau teman dekat untuk membantu kita melengkapi daftar itu. Tempelkan daftar ini di tempat yang mudah dilihat oleh kita untuk membantu menguatkan komitmen kita.
Buatlah rencana kapan kita mau berhenti sepenuhnya. Kontrol diri sangat penting dalam hal ini. Kurangi secara bertahap frekuensi bermain game online.
Tuliskan keuntungan yang dirasakan selama mengurangi dan membatasi bermain game online. Ketika kita kembali bermain tanpa mengenal batas waktu setelah kita berhasil berhenti bermain, bukan berarti rencana kita gagal. Hal itu wajar terjadi. Yang terpenting adalah kita belajar dari pengalaman kita agar hal itu tidak terjadi lagi.

Sumber : Bahana

hahaha… kalau minta saksi ttg hal satu ini, aku bersedia jadi saksi hidup hahaha… :char14:
rekor maen game online 48 jam tanpa tidur… paling cuman pulang ke kos untuk mandi dan makan, tapi billing di warnet masih menyala.
sekarang ? udah 6 bulan tidak maen game online hehehe :happy0025:

jadi inget waktu masih addict ma game apalagi Counter strike/ Cham.Manager/Ragnarok/Gunbound…
pernah ga tidur 3 hari (suer)…

udah 2 tahun ga pernah Game lagi… paling cuma game yg kecil2 aja kayak kartu ;D

aq juga udah ga bermain game online lagi…sekarang stop total.

soalnya efek main game online itu banyak buruknya …seperti waktu buat Tuhan Yesus,Keluarga,Sodara,dan lain-lain jadi gak ada karena terfokus ama game online itu maka dari itu…saya Stop total,kembali ke Jalan Tuhan Yesus yg benar,juga hidup benar seutuhnya utk menjalani kehidupan nyata.

Berarti main game itu juga klo kecanduan berarti terintimidasi oleh si iblis…karena iblis paling senang merusak orang juga menghancurkan orang itu.

jgn mau kalah ama si iblis…tp kita harus kalahkan keinginan nafsu duniawi kita dengan bertobat kembali ke Jalan KebenaranNya!

5 Alasan kenapa kita sulit berhenti dari game online:

  1. Penghargaan Di Game Online kita mendapat apa yang kita tidak dapat didunia nyata, misalnya didunia nyata kita hanya pecundang, di Game Online kita klo rajin banget bisa level paling tinggi equipment paling bagus maka kita akan dihargai oleh orang lain, ditambah lagi klo kita jadi dewanya PVP.

  2. Rasa Tanggung Jawab Menjadi Seorang Pemimpin Bila kita di Game Online sudah ngetop kita bisa bikin Guild sendiri, setelah itu Guild kita jadi besar lalu kita yang jadi ketua Guildnya maka kita ada rasa tanggung jawab ngurus Guild.

  3. Jadi Kaya dari Game Online Klo kita udah ngetop kita bisa punya barang2 bagus bisa dijualin dalam bentuk Rupiah, apalagi klo berbentuk Gold bisa kaya kita dari Game Online, ada teman saya yang jualan Gold bisa dapat 9 juta rupiah per bulan.

  4. Abis duit gara2 Game Online Nah buat yang sudah modalin characternya pake Rp kaya dulu pernah teman saya habis 20juta buat game online duh kayanya sayang banget kita bisa ninggalinnya.

Klo saya maen game online juga cuma ak batesin sehari maksimal 3jam saja dan itupun pulang kerja, dari segi uang aku batesin juga buat game maksimal habis 2jt pokoknya barang2 penting aja deh untuk slot tas, bank & kuda, sampe bisa main aja deh udah cukup ndak perlu character dibagus2in equiptnya kaya orang lain ya paling klo lawan monster yg susah nanti minta bantuan orang lain disana, klo habis sampe 20jt kaya teman ak gila banget ya. :afro:

Cara supaya tidak Kecanduan maen Game Online

Buat yang memang hobby Anda harus bisa kontrol diri, saya juga dulu pernah kecanduan game online sampai ndak kerja, tapi sekarang sudah bisa kontrol diri sehari main hanya 3 jam saja, yang penting jangan ada rasa minder klo character loe cupu, karena yg punya character dewa di game online adalah orang2 yg tidak punya kehidupan makanya fokusnya cuma maen game sampe characternya dewa.

Klo saya punya tips & trik klo Anda mau maen Game Online

  1. Jangan kamu sejajarkan level dan equipment character Anda dengan yang generasi Anda, maen santai saja, dan kamu sejajarkan level dan equipment character kamu dengan 3 generasi dibawah Anda pasti deh Anda bisa main dengan membatasi diri.

  2. Ingat disiplinkan diri maksimal maen sehari 3 jam, klo lagi mau raid dungeon yang habisin waktu berjam2 jangan di hari biasa pilih hari libur dan kamu jg batasin maksimal raid dungeon seminggu sekali.

  3. Cari Kegiatan lain selain game online cari kegiatan lainnya seperti olah raga, misalnya: fitness, basket, hokey, dll. Dulu ak kecanduan game online setelah ada kegiatan lain maka bisa membatasi diri ak.

  4. Cari Pacar, nah supaya sabtu ndak maen game online dari pagi sampe pagi lagi, nah tipsnya cari pacar, nah kan pacar kamu klo malam minggu minta diajak kencan jadi kamu bisa deh melupakan sejenak game online kamu di hari sabtu.

  5. Klo kamu lagi sibuk banget sama kerjaan susah ngatur waktu, sebaiknya character kamu jual dulu sampai kamu ndak sibuk dan ada game online baru lagi, baru deh maen lagi. Jual harga dibawah pasaran aja biar cepet laku…

Semoga Tips ini berguna…

cara paling terakhir

Silahkan main sampai boseenn…

pengalaman maen game online dari SMA sampe pertengahan semester kuliah, yang bikin gw berhenti :

  • Warnet yg makin lama makin ancur → Thank GOD :stuck_out_tongue:
  • Temen maen uda berkurang (uda pada kuliah jauh2)
  • Mata kok rada bureemm… -___-" gawatt nih
  • Dompet Bolong…
  • Uda BOSENN…

nah skr kalo mikir2 jaman dulu “duh sayang bener duit gw… mending buat beli gadget deh”… :smiley:

wah…thx bro… qu copas yah :slight_smile:

tinggal uninstall aja game online yang di laptop. hahaha…

Bukan mau self-defense c, tapi ya kembali ke personalnya masing-masing. Intinya, apapun yang berlebihan, itu ga bagus. Tapi klo yang udh kecanduan, coba naek level aja, jangan cuma jadi gamer, tapi coba build dan kelola private servernya, atau sukur2 bisa naek level jadi game developer… Hehehehe…

ane kutip omongannya widianto

Bukan mau self-defense c, tapi ya kembali ke personalnya masing-masing. Intinya, apapun yang berlebihan, itu ga bagus. Tapi klo yang udh kecanduan, coba naek level aja, jangan cuma jadi gamer, tapi coba build dan kelola private servernya, atau sukur2 bisa naek level jadi game developer… Hehehehe…

iya, jadilah setinggi mungkin cita2mu,

jgn lupa doa, krn jalan orang benar semakin rembang hingga rembang tengah hari,
dan Dia meluruskan jalan2mu.
sekalipun nanti banyak saingan game developer lainnya, percayalah, ente itu kalo jalannya dikenan Tuhan,

saingan2 orang jahat lain dilindas sama traktornya Tuhan.

Segala sesuatu yang berlebih tidak baik, saya suka games sih tapi just for fun di waktu santai (berfluktuasi jd tidak bisa dikategorikan addict) dan bukan games online.

Games yang ringan2 aja ┼┼aa┼┼aa…┼┼aa┼┼aa… sukanya.

Pernah mainin “games simulasi cara ngembangin pertanian”, “Simulasi Ngembangin resto” (jd di games itu pemain dituntut menjual dg well manner dalam melayani pelanggan "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ) ato “puzzle” buat fun aja jika tidak ada kesibukan berarti.

Tapi pernah tuh, sangking penasaran dpt games free trial yang cara ngebangun desa di zaman purba berjam2 untuk bisa menyelesaikan games nya hihi fun †αρĭ ngebosanin juga karna lambat prosesnya untung hanya Free Trial, so ada batas pemakaian dan tidak perlu addict.

Sekarang sih uda malas main games di laptop. :pisces:ii​:pisces:i​:pisces:iiº°˚ ˚°º≈=D/ Ya karna kerinduan ingin mendapatkan Kebenaran Kerajaan Allah di sempurnakan dalamku.
Dari jaman skul juga saya uda senang dg hal2 yang rohani hanya saat ini pingin dipertajam aja biar makin pakem, saya dituntut ma BAPA di surga untuk jd serupa seperti DIA.
:onion-head55:

Pesan Moral:
Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Gutguk yaw jadi “penular wabah” dg brtanggungjwb m’nyediakeun “wadahnya” ahahaa :azn:
mati 1 gamer, tumbuh 1000 nu gamers ;D