Debat Spektakuler Muallaf VS Pendeta: Who is Jesus? God or Prophet?

Saya menyaksikan debat antara wakil Islam dan Kristen dalam Youtube ini :
Siapakah Yesus? Tuhan atau Nabi? | Debat Spektakuler Muallaf VS Pendeta
Debat antara Muallaf VS Pendeta: Who is Jesus? God or Prophet?
Muslim: Ustadz Insan LS Mokoginta, Ustadz Syamsul A. Nababan
Kristen: Pdt. Luga Tambunan, Pdt. Yohanes Tampubolon.
Membaca presentasi Ustadz Insan LS Mokoginta yang hijrah dari Kristen ke Muslim saya berkesimpulan bahwa ustad ini rajin membaca Alkitab dan pandai memutarbalikkan dan memotong ayat-ayat serta menafsirkan untuk kepentingannya sendiri. ini adalah presentasinya :
Lukas 24:19
Kata-Nya kepada mereka: “Apakah itu?” Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi , yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.
Yohannes 9:17
Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu: “Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?” Jawabnya: "Ia adalah seorang nabi.
Yohannes 5:30
Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
Yesaya 45:5-6
Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; p kecuali Aku tidak ada Allah. q Aku telah mempersenjatai engkau,r sekalipun engkau tidak mengenal Aku supaya orang tahu s dari terbitnya matahari sampai terbenamnya,t bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. u Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,

Menurut saya pembicara Kristen tidak pernah membaca kitab mereka sehingga sulit membuktikan dan menjelaskan kepada kaum muslim bahwa Yesus adalah Tuhan.berdasarkan kitab mereka. Padahal dalam Al Quran banyak kesaksian tentang siapa Isa putera Maryam itu.

Menurut kesaksian Ustad Firdaus yang percaya Yesus adalah Tuhan dalam presentasinya dikatakan :
Kafirkah Kristen? Tidak menurut Ustadz Firdaus
Kafirkah Kristen? Tidak menurut Ustadz Firdaus. Malah beliau dibaptis
Tetapi Isa terjadi atau muncul dengan pernyataan Kalam Maupun ROH KUDUS

  • Al Quran menyatakan :
  • Isa Almasih Utusan Allah
  • Isa Almasih kalam Allah
  • Isa Almasih Roh Allah

Didukung Oleh Hadits Shahih Bukhari 1496 dan Hadits Anas bin malik hal 72

  • Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan kalam Allah

Muhammad SAW sendiri yang bersaksi tentang Isa
Isa memiliki kedudukan terkemuka didunia dan akhirat

Diedit karena mencantumkan ayat kitab suci keyakinan lain

Mestinya wakil-wakil dari kristen buka situs www.sarapanpagi.org pas debat.

Biar udah buka situsnya bro SarPag, kalo dibawain parang atau clurit gimana donk?

wasalam aza deh bro. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk.

Ya iyalah, bgmana begitu ehhh… istilahnya sebelum bertinju tu tangan dan kaki lawan sdh diikat duluan… wkwkwkwkwkwkwkkk

Kalo debat gituan, apalagi yang sekelas Mokoginta, sebagian besar yang ikutan kan adalah orang-orang yang punya permasalahan emosional, namun dengan titel S.Ag biar modal keren?

Saya pernah ikutan nonton debat antara Frans Donal, pengarang buku Islam Hanif yg dari Advent (saya lupa namanya), dengan si Mokoginta ini, dan bahkan moderatornya saja tidak tahu apa makna moderasi.

Kalo saya bilang, bodoh lah orang Kristen yang mau ikutan debat kelas embek seperti ini.
Abis biaya, abis waktu, hasil nol.
Jauh mendingan ikut seminar-seminarnya Bambang Noorsena buat tambah wawasan.

Keyakinan kok di perdebatkan, gak nalar banget. Paling kalau gak cari duit ya cuma propaganda iklan agama sebelah. Aneh2 aja.

Mungkin wakil-wakil kristennya punya prinsip : “Lu jual, gue beli”. BTW, kalo yg debat dua-duanya “murni” alias bukan kw trus level tingkat dewa, ane demen banget, masbro. Pasti keren tuh. Tapi kayaknya ga mungkin ya. Kan debat-debat kayak gini biasanya karena emosi masa lalu.

Siapa Pdt. Luga Tambunan itu? Sosok yang tidak jelas, jika ada yang dapat memberikan informasi lebih silahkan di share dari pada membahas tentang debat sandiwara itu, lebih baik menguak siapa dia yang disebut Pdt. Luga Tambunan.

Ini blog dari Pdt. Luga Tambunan yang mengarah kepada topik debat tersebut ada disini Blogger: User Profile: Lugahon Tambunan Sosok yang disebut pendiri King of kings International ministry.

Pelayanan King of kings Internasional situsnya disini http://www.kingofkings.ug/ pendirinya Pastor Silas. Kalau gereja King of kins Internasional situsnya ini http://www.kingofkingsministry.org keduanya tidak menunjuk kepada Ryan Luga Tambunan. Tetapi kalau mau tahu situsnya King of kings Internasional Ministery versi dia disini situsnya http://kingofkingsinternationalministry.blogspot.com/ Lihat isinya hanya menjelekan Kekristenan dengan berbagai berita dan ulasan. Apakah ia pendeta??? Sinode mana yang memberi gelar pendetanya?

Juga Pdt. Johanes Tampubolon, yang disebut direktur Ora Et Labora International ministry. Apakah ada data yang jelas? Nama Johanes Tampubolon itu banyak, tetapi yang dibicarakan itu adalah sosok yang disebut direktur ministery yang tidak pernah punya kantor dan pelayanan. Apakah ia juga Kristen???

Bayak organisasi yang dibentuk bertujuan untuk mengumpulkan sumbangan dari orang-orang Kristen lugu yang mudah sekali menaruh belas kasihan dan mudah juga mengeluarkan uangnya untuk melegakan perasaannya.

Silahkan ditelusuri link Luga Tambunan yang ada dan apa isi dari tiap link yang disertakannya. Apakah mereka pantas disebut seorang pengikut Kristus? Jangan dibodohi… Disini juga banyak yang dibodohi dengan cara menyatakan ungkapan atau perkataan OKNUM seakan itu pernyataan sebuah sinode atau denominasi sehingga terjadilah keributan antar denominasi di FORUM INI yang sejatinya di dunia pelayanan nyata mereka bersatu padu saling bahu membahu. Tetapi mengapa disini saling hujat? Siapa dalangnya???

Apakah anda tidak dapat menandai siapa-siapa saja yang dengan sengaja mengkaitkan pernyataan oknum sebagai pernyataan ajaran sebuah denominasi atau sinode gereja di forum ini?

Jangan beri kesempatan kepada Iblis sebab kita tahu apa maunya. Alkitab berkata tentang anak-anak Allah dan juga anak-anak Iblis. Anak Iblis bukan gondoruwo, jalangkung, kuntilanak, pocong, tuyul dan teman-temannya.

Saya tidak percaya akan debat-debat seperti di share terserbut yang dihadiri oleh muslim seluruhnya, itu bagi saya seperti cara muslim, dari muslim, oleh muslim dan untuk muslim. Jika anda memiliki Roh Allah, maka anda akan tahu apakah ia saudara atau bukan. Ingat banyak saudara palsu ditengah-tengah kita. Galatia 2:4, “… saudara-saudara palsu yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup ke dalam untuk menghadang…”

Cukup banyak perdebatan Islam VS Kriten di dunia maya (Youtube) dan pembicaranya/wakil umatnya memang tidak jelas atas dasar apa acara tersebut digelar dan atas dasar apa wakil 2 tersebut ditunjuk dan siapa yang upload di ineternet ,ini adalah link 2 yang beredar di internet :

Debat Paling Seru : Islam vs Kristen Indonesia
samakah nama Tuhan menurut Islam dan Kristen"
Debat Paling Seru : Islam vs Kristen Indonesia

Debater 3 lawan 3 Islam Kristen TANPA SENSOR di BPPT Jakarta
Samakah nama Tuhan di Islam dan Kristen
Mantan pendeta vs Mantan Ustadz, seru abizzz
Debater 3 lawan 3 Islam Kristen TANPA SENSOR di BPPT Jakarta

Dialog Seru Islam vs Kristen di Bandung 3 jam TANPA Sensor
Membagung karakter bangsa dalam perbedaan
Ustad LS Mokoginta (mantan katolik) vs Pendeta Saifuddin Ibrahim (mantan Guru Besar Al Quran)
dan Pdt. Luga Tambunan
Dialog Seru Islam vs Kristen di Bandung 3 jam TANPA Sensor Non STOP
Menyaksikan debat tersebut kayaknya pihak Muslim menguasai dan hafal luar kepala ayat 2 Alkitab dan pandai menjungkirbalikkan FT menurut tafsirannya mereka sendiri. Cukup banyak perdebatan Islam VS Kriten di dunia maya (Youtube) dan pembicaranya/wakil umatnya memang tidak jelas atas dasar apa acara tersebut digelar dan atas dasar apa wakil 2 tersebut ditunjuk dan siapa yang upload ,ini adalah link 2 yang beredar di internet :

Insan Mokoginta (ex Kristen) vs Saifuddin Ibrahim (ex Muslim)
Insan Mokoginta (ex Kristen) vs Saifuddin Ibrahim (ex Muslim)dan Pdt. Luga Tambunan
Mokoginta masuk Islam karena Yesus, Saifuddin masuk Kristen karena Muhammad.

Debat Paling Seru : Islam vs Kristen Indonesia
samakah nama Tuhan menurut Islam dan Kristen"
Debat Paling Seru : Islam vs Kristen Indonesia

Debater 3 lawan 3 Islam Kristen TANPA SENSOR di BPPT Jakarta
Samakah nama Tuhan di Islam dan Kristen
Mantan pendeta vs Mantan Ustadz, seru abizzz
Debater 3 lawan 3 Islam Kristen TANPA SENSOR di BPPT Jakarta

Dialog Seru Islam vs Kristen di Bandung 3 jam TANPA Sensor
Membagung karakter bangsa dalam perbedaan
Ustad LS Mokoginta (mantan katolik) vs Pendeta Saifuddin Ibrahim (mantan Guru Besar Al Quran)
dan Pdt. Luga Tambunan
Dialog Seru Islam vs Kristen di Bandung 3 jam TANPA Sensor Non STOP
Menyaksikan debat tersebut kayaknya pihak Muslim menguasai dan hafal luar kepala ayat 2 Alkitab dan pandai menjungkirbalikkan FT menurut tafsirannya sendiri.
mereka terus menerus menyerang dengan Cukup banyak perdebatan Islam VS Kriten di dunia maya (Youtube) dan pembicaranya/wakil umatnya memang tidak jelas atas dasar apa acara tersebut digelar dan atas dasar apa wakil 2 tersebut ditunjuk dan siapa yang upload ,ini adalah link 2 yang beredar di internet :

Insan Mokoginta (ex Kristen) vs Saifuddin Ibrahim (ex Muslim)
Insan Mokoginta (ex Kristen) vs Saifuddin Ibrahim (ex Muslim)dan Pdt. Luga Tambunan
Mokoginta masuk Islam karena Yesus, Saifuddin masuk Kristen karena Muhammad.

Debat Paling Seru : Islam vs Kristen Indonesia
samakah nama Tuhan menurut Islam dan Kristen"
Debat Paling Seru : Islam vs Kristen Indonesia

Debater 3 lawan 3 Islam Kristen TANPA SENSOR di BPPT Jakarta
Samakah nama Tuhan di Islam dan Kristen
Mantan pendeta vs Mantan Ustadz, seru abizzz
Debater 3 lawan 3 Islam Kristen TANPA SENSOR di BPPT Jakarta

Dialog Seru Islam vs Kristen di Bandung 3 jam TANPA Sensor
Membagung karakter bangsa dalam perbedaan
Ustad LS Mokoginta (mantan katolik) vs Pendeta Saifuddin Ibrahim (mantan Guru Besar Al Quran)
dan Pdt. Luga Tambunan
Dialog Seru Islam vs Kristen di Bandung 3 jam TANPA Sensor Non STOP
Menyaksikan debat tersebut kayaknya pihak Muslim menguasai dan hafal luar kepala ayat 2 Alkitab dan pandai menjungkirbalikkan FT menurut tafsirannya sendiri. mereka mempresentasikan ayat 2 Alkitab dan menyerang terus dengan ayat 2 tsb.
Sementara pihak Kristen menjawab menurut pemikiran teologia yang mereka tidak pahami samasekali.
Seharusnya pihak Kristen juga menjawab siapa Isa Almasih berdasarkan kitab mereka sehingga mereka juga tidak bisa membantah karena memang ditulis dalam Al Quran.

Ibarat Israel sebelum menyerang musuhnya pasti mengirimkan agen Mossad untuk mempelajari peta musuh terlebih dahulu dan prinsipnya menyerang lebih dahulu adalah pertahanan yang terbaik.

Tidak butuh debat untuk menyatakan Yesus itu Allah, sama seperti kita tidak perlu berdebat untuk menyatakan bahwa api itu panas, karena memang faktanya seperti itu. Jika ada yang tidak percaya api itu panas, ya itu keputusan mereka sendiri untuk tidak mempercayai fakta yang ada.

Debat itu bukan kebiasaan umat Kristiani, jadi jika anda mengerti kehendak Allah, maka anda tidak akan berdebat. Semua debat yang ada adalah rekayasa diantara mereka sendiri meminjam nama saja.

Debat yang berkualitas TETAP DIPERLUKAN.
Kristus berdebat, para Rasul berdebat, para Bapa Gereja juga berdebat.
Orang yang tidak berani berdebat untuk mempertanggung jawabkan imannya, patut dipertanyakan kualitas imannya.

Setuju. Justru dengan debat yang berkualitas dapat menjadi jalan menunjukkan kebenaran.

Kalau debat satu agama masih masuk akal, tetapi kalau dah debat antar agama sudah tidak masuk akal.
.
Sebab agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu.

imho bro…
yang level pengetahuannya tingkat dewa, baik yg Kristen maupun Muslim, malah udah MALES banget debat yang engga mutu begini…
ehehe…

Saya sengaja menayangkan video tersebut untuk dinilai bagaimana kualitas para pembicara yang mewakili umatnya, bagaimana mereka mempertahankan kebenaran Yesus sebagai Tuhan , tapi yang saya rasakan adalah sedih dan kecewa karena mereka justru debat kusir tanpa sasaran yang tepat dan memutarbalikkan FT menurut selera mereka. Seharusnya pembicara yang dipilih harus benar2 teruji kwalitasnya dalam debat lintas agama karena mempertaruhkan eksistensi keyakinan umat masing 2 :ashamed0004: :ashamed0002: :char11:

Kenyataan bahawa Yesus adalah Tuhan tak bisa diubah.
Orang agama lain sibuk membuktikan bahawa Yesus adalah manusia… loh? Yesus memang manusia jugak kok, ya kan kk ?
;D

Kata “debat” terkadang identik dengan hal2 yg tak baik seperti: saling marah, saling menghina, saling menghujat, de-el-el

Nurut KBBI, Debat ialah :
Pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dng saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing

Jadi berdasar KBBI, debat lebih menekankan pada “alasan tuk mempertahankan pendapat”
So, debat yang sihat iaitu perdebatan yang saling memerikan alasan2 yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kalau ada debat isinya cuma saling mengejek, menghina, memaki, menghujat dan hal2 negatif lainnya, maka debatan mcm ini bernama “Debat Kusir” dan bisa menjurus ke “Debat Celurit” iaitu debat saling lempar Celurit… ;D

Debat tuk Berapologi:
1 Petrus 3:15-16 Tetapi dengan tulus hormatilah Kristus sebagai Tuhan dalam hidup kamu. Hendaklah kamu sentiasa bersedia memberikan jawapan {Apologian (ἀπολογίαν)} kepada sesiapa sahaja yang meminta kamu menjelaskan harapan yang kamu miliki. Tetapi lakukanlah hal itu dengan lemah lembut dan hormat. Hendaklah hati nurani kamu murni, supaya apabila kamu difitnah kerana hidup dengan baik sebagai pengikut Kristus, orang yang memfitnah kamu itu akan menjadi malu.

Apologian dari kata dasar Apologia secara singkat beerti sebuah pertahanan secara lisan. (Strong Concordances)
Sedangkan kata “Apologetika” pada KBBI: uraian sitematis untuk mempertahankan suatu ajaran

Maka Frasa “…memberi pertanggungan jawab…” merupakan ajaran bagi orang2 Kristian tuk memerikan uraian yang sistematik dan dapat dipertanggung jawabkan untuk mempertahankan Iman Kristen, dan hal ini bisa dilakukan dalam suatu perdebatan atau saat menjawab tuduhan2 kepada Kristen.
Misalnya, nurut orang nonK, paul itu musuhnya Kristus… lalu kan dorang tuduh… dan kita berikan pandangan berdasarkan pengharapan terhadap Kristus dengan cara seorang Kristen; (1 Petrus 3:15-16)

Lalu terpulang kepada dorang hendak menerima atau menolak.
Toh tak mengubah kenyataan bahawa Yesus adalah Tuhan baik kita menolak debat maupun debat mati2an mau membuktikan…
ya kan ?

:wink:

Untuk berdebat secara bermartabat, perlu ada pijakan yang netral.
Nah kalau Kristen berpegang pada Alkitab, sementara orang Muslim anggap Alkitab sudah dirubah rubah (walau tidak bisa membuktikan atau menunjukan yang asli), sementara orang Islam berpegang pada Alquran (yang bagi orang Kristen, Alquran itu cuma kutipan tidak lengkap dan karangan otak atik Muhamad saja), lantas apa yang dijadikan dasar pijakan? Bagaimana menyatakan yang situ salah karena anu dan yang sini benar karena ini?

Kalau dasar pijakannya saja tidak ada, lantas apa yang mau diperdebatkan? Selain omong kosong berbalut emosi dengan tujuan menunjukan pihak lain tidak mampu jawab? Padahal pertanyaannya yang salah?

Betul seperti ada yang tulis di atas, biasanya debat kelas ecek ecek seperti ini memang hanya menarik bagi yang kelas ecek ecek pula, tidak untuk yang kelas tinggi dan yang sudah tahu lebih dalam lagi.

Syalom

Biasanya acara debat seperti ini kebanyakan diselenggarakan siapa, sponsornya siapa, dan tujuannya apa kan sudah kelihatan :azn:

Nah itu yang saya deb.
Karena mereka ngotot bin ngeyel dengan cara berpikirnya sendiri, bawa mau sendiri, dengan logika yang cocok untuk dirinya sendiri. Tujuannya hanya untuk membuat pihak Kristen ‘tidak bisa menjawab’ mereka. Tidak peduli bahwa tidak bisa menjawab itu karena tidak mampu atau terpana karena logika yang aneh. Yang pasti akan dipancar luaskan ke seluruh dunia, bahwa pihak Kristen kalah debat, titik.

Nah, terus buat apa debat konyol seperti itu?

:mad0261: