Define these word pliss..

syalom all FK’ers

langsung aja yah …
gmana tanggapan kalian soal kata2 ini

  1. iman
  2. percaya

apa kedua kata tersebut sama menurut kalian … n kasih contoh pliss buat masukan juga :slight_smile:

terus yang ni

  1. hikmat
  2. pengertian

apa hikmat=pengertian ??

getu aja … GBU

Keduanya “beti”
Ttp kalo mau ditelaah bisa , orang yang beriman pasti percaya
ttp orang yang percaya belum tentu beriman.

Karena:
Iman berkaitan erat dengan “Pemilik hidup”
sedang percaya lebih bersifat general ex kita menaruh kepercayaan kepada orang orang di sekitar kita (thd suatu hal )

3. [b]hikmat[/b] 4. [b]pengertian[/b] apa [b]hikmat=pengertian[/b] ??

Hikmat itu berasal dr Tuhan
sedang pengertian = pengetahuan

Hikmat Tuhan = Pengertian Tuhan = cara pandang Tuhan
Hikmat manusia = pengertian manusia = cara pandang manusia

Hikmat Tuhan # hikmat manusia

Kapan diperoleh hikmat Tuhan??

Ketika kita percaya dan takut kepada Tuhan , serta tidak mengandalkan pikiran/pengertian kita :coolsmiley:

Amsal 3:5-6
Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Pr 9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

Percaya adl salah satu unsur yg mbangun iman, tetapi iman lebih dari skedar percaya.
Iman membutuhkan percaya akan janji Tuhan dan ketekunan utk menanti penggenapannya.

Pengertian adl bagian dari hikmat ttp hikmat tidak hanya mcakup pngertian.
Hikmat adl mengerti apa yg terjadi dan memahami apa yg harus dilakukan pada waktu yang tepat dengan cara yg benar.

Itu pendapat pribadi gue aja.

Silakan yg lain.

Sama ajah bro, cuma soal rasa terhadap bahasa ajah…

Aq dan saya sama, cuma kadang lebih enak pake aq, kadang lebih enak pake saya. Soal rasa ajah… :happy0025:

haha, kya cinta ama sayang dunk… cuman beda rasa ^^

iman n 1 kepercayaan (yg berkenaan dng agama); keyakinan dan kepercayaan kpd Allah, nabi, kitab, dsb: – tidak akan bertentangan dng ilmu; 2 ketetapan hati; keteguhan batin; keseimbangan batin;
ber·i·man v mempunyai iman (ketetapan hati); mempunyai keyakinan dan kepercayaan kpd Tuhan Yang Maha Esa;
ber·i·man·kan v percaya kpd;
meng·i·mani v meyakini dan mempercayai: sampai mati ia tetap ~ agamanya;
ke·i·man·an n keyakinan; ketetapan hati; keteguhan hati: kita wajib memperkuat ~ kita kpd Allah

per·ca·ya v 1 mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata: – kpd ceritanya; – akan kabar itu; 2 menganggap atau yakin bahwa sesuatu itu benar-benar ada: – kpd barang gaib; 3 menganggap atau yakin bahwa seseorang itu jujur (tidak jahat dsb): beliau tidak – lagi kpd Amir; 4 yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu (bahwa akan dapat memenuhi harapannya dsb): – kpd diri sendiri;
– angin percaya yg sia-sia;
me·mer·ca·yai v 1 menganggap benar atau nyata; mengakui benar atau nyata: ia tiada ~ segala kata dan keterangan saksi itu; 2 mengharapkan benar atau memastikan (bahwa akan dapat memenuhi harapannya dsb): ia ~ anak buahnya untuk membayar biaya pemasangan telepon;
me·mer·ca·ya·kan v menyerahkan dng sepenuh kepercayaan (supaya dijaga, diurus, dsb); mengamanatkan: pengusaha itu ~ hartanya kpd adiknya; ia ~ kesehatannya kpd dokter itu;
te·per·ca·ya a 1 (paling) dipercaya; 2 dapat dipercaya;
ke·per·ca·ya·an n 1 anggapan atau keyakinan bahwa sesuatu yg dipercayai itu benar atau nyata: ~ kpd makhluk halus masih kuat sekali di lingkungan petani; 2 sesuatu yg dipercayai: bagi mereka hal itu bisa menghilangkan ~ rakyat kpd para pemimpinnya; 3 harapan dan keyakinan (akan kejujuran, kebaikan, dsb): hal itu dapat menghilangkan ~ rakyat kpd pemimpinnya; 4 orang yg dipercaya (diserahi sesuatu dsb): pemimpin itu sedang berunding dng orang-orang ~ nya dr daerah; 5 sebutan bagi sistem religi di Indonesia yg tidak termasuk salah satu dr kelima agama yg resmi: tokoh itu adalah penganut aliran ~

hik·mat n 1 kebijakan; kearifan; 2 kesaktian (kekuatan gaib)

Ya begitula kira-kira…

Aq sayang kamu that means aq cinta kamu… :*

Akan jadi beda kalo mau mengacu kepada kamus bahasa Indonesia… :smiley:

Kalo mau mengacu ke kamus bahasa Indonesia, engga perlu ada diskusi lage pan? Tinggal searching, ketemu dah… :azn:

@alice

thanks sis alice …

aq argumen boleh ya …

sis alice bner “orang beriman pasti percaya” saya setuju banged n ini mank udah di dapet dri para pngajar greja
tapi …
beriman = punya iman = punya percaya = mempercayai ( koreksi kalo salah ya pls )
percaya = ( … ) << gak punya apa"
maka nya yang saya ajuin
cuma kata “iman” n “percaya”

kalau agak bikin bingung muph …

Hikmat itu berasal dr Tuhan sedang pengertian = pengetahuan

Hikmat Tuhan = Pengertian Tuhan = cara pandang Tuhan
Hikmat manusia = pengertian manusia = cara pandang manusia

Hikmat Tuhan # hikmat manusia

Kapan diperoleh hikmat Tuhan??

Ketika kita percaya dan takut kepada Tuhan , serta tidak mengandalkan pikiran/pengertian kita :coolsmiley:

Amsal 3:5-6
Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Pr 9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.


kalo liat amsal … itu mank ayat favorit saya … coba ya kita liat lagi
kenapa yang bikin amsal gak pake kata iman/faith …tapi malah pake ( mungkin tepatnya minta kpada pembaca amsal ) kata percaya/trust

final nya buat sharing y … kalo salah koreksi lagi pls

menurut saya
iman = punya landasan/dasar
percaya = tanpa dasar/landasan

karena pada kebanyakan orang umumnya percaya kepada TUHAN … tapi gak punya landasan
gitu ja dulu moga bisa di lanjut …mau baca yang dari bro petra dulu …

shalom …JBU