Dengan makin banyaknya gereja bertambah, kemiskinan harus makin berkurang?

Dengan makin banyaknya gereja di dunia bertambah, logika mengatakan bahwa kemiskinan dan kelaparan dunia harus makin berkurang. Tapi apa?

Menurut saya, idealnya, uang gereja harus dialokasikan sebagian besar utk keperluan orang2 miskin, sakit, cacat dan berkekurangan. Ya, tentu saja orang miskin akan selalu ada, dan gak ada habisnya, tapi untuk itulah salah satu kegunaan orang kristen itu ada, yaitu utk memberi makan orang2 miskin dan juga memberitakan injil.

gereja adalah seperti organisasi nonprofit, harus berbelas kasihan kepada orang2 yg miskin dan lapar. itu adalah target gereja yg paling utama menurutku.

amin bro, Puji Tuhan…
mulia sekali hatimu bro, memperhatikan orang orang Miskin…

saya memiliki Referensi untuk anda, dimana anda bisa mempraktekkannya di gereja anda…

apabila se-Persepuluhan digunakan dan dikelola dengan baik… maka sebenarnya perpuluhan itu bisa menjadi berkat bagi umat manusia, para janda, anak yatim dan negara negara miskin…

referensi yang menggunakan Persepuluhan dan persembahan umat dengan benar adalah: Gereja Masehi Advent Hari ke 7… Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

  1. melalui Persembahan dan Persepuluhan gereja ini memiliki satu organisasi sosial bernama: Adventist Development and Relief Agency Adventist Development and Relief Agency - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas oleh karena Kinerjanya: ADRA telah diberikan status Penasehat Umum oleh United Nations Economic and Social Council di PBB

  2. melalui Persembahan dan Persepuluhan gereja ini juga mengoperasikan sistem kependidikan Protestan yang terbesar di dunia. Mereka memiliki 7.598 sekolah, akademi dan universitas; dengan jumlah total pendaftaran lebih dari 1.545.000 orang mahasiswa dan sekitar 80.000 orang tenaga pengajar. Program pendidikan Advent menekankan pendidikan “mental, jasmani, sosial, dan kesehatan rohani” dengan mendorong “pertumbuhan intelektual dan pelayanan pada umat manusia”

  3. melalui Persembahan dan Persepuluhan gereja ini mengorganisasi media keagamaan terbesar dalam pelayanan televisi dan radio di dunia…, diantaranya adalah:

  • The Hope Channel: saluran televisi resmi Gereja Advent.
  • Three Angels Broadcasting Network
  • The Voice Of Prophecy
  • The Quiet Hour
  • It Is Written
  • Amazing Facts
  • Breath Of Life
  • Omaha Cox Channel 23
  1. melalui Persembahan dan Persepuluhan, Gereja dapat membangun banyak Rumah Sakit, Sanatorium, Rumah Sehat, pelatihan kesehatan, dan lingkungan untuk pemulihan kesehatan…

Apabila Persembahan dan Persepuluhan di Kelola dengan baik, maka Persembahan dan Persepuluhan itu akan memberkati Dunia ini, menjadikannya lebih baik…
Gereja akan berfungsi dengan fungsi yang sebenarnya:

  1. memberi makan orang miskin,
  2. mencerdaskan bangsa.
  3. memelihara para Janda dan Yatim Piatu…
  4. membantu korban bencana…
  5. dan diatas semuanya, mempersiapkan satu umat yang Kudus menanti kedatangan Yesus yang ke 2 kali…

salam
TYM

[b]GBU all

Alkitab Hari Ini - 16 Agustus 2019[/b]
Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan,
sebab korban2 yg demikianlah yg berkenan kpd Allah. - Ibrani 13:16

Artinya,
Org2 yg menjadi korban itu sungguh pergi kpd Allah
Menangis memelas, berharap meratap diri yg lemah
Berilah! Sebab yg demikian yg berkenan kpd Allah

Rasul Paulus dalam upayanya membantu umat2 miskin di Yerusalem tidak pernah meminta perpuluhan tetapi ia hanya meminta seberapa uang jika bisa dihemat dari perolehannya, untuk disumbangkan.

1 Kor 16:1 (1) Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu berbuat sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada Jemaat-jemaat di Galatia.
(2) Setiap hari minggu, hendaklah kamu masing-masing menabung uang seberapa yang dapat kamu hemat sesuai dengan yang kamu peroleh. Dan simpanlah itu pada suatu tempat sehingga kamu tidak perlu mengumpulkan uang setelah aku datang.
(3) Apabila aku datang, aku akan mengirim beberapa orang untuk mengambil pemberianmu untuk Yerusalem, yang kamu setujui untuk pergi. Aku akan mengutusnya dengan surat pengantar.

Sedang dalam versi bahasa Inggrisnya adalah AS HE MAY PROSPER = sesuai kemapanan

First Corinthians 16:1-3 Now concerning the collection for the saints: as I directed the churches of Galatia, so you also are to do. On the first day of every week, each of you is to put something aside and store it up, AS HE MAY PROSPER, so that there will be no collecting when I come. And when I arrive, I will send those whom you accredit by letter to carry your gift to Jerusalem.

lakukan sesuai imanmu saja bro…

tapi kalau kita cermat dan kembali kepada apa kata Firman, maka sebenarnya pengembalian PERSEPULUHAN itu adalah ajaran Firman Tuhan, dan diajarkan oleh Yesus Kristus…

Luk 11:42
Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

menurutku ayat ini bunyinya sama saja seperti kalimat berikut ini:
celakalah kamu, hai orang orang yang mengaku pelajar Alkitab, mengajarkan Keadilan dan Kasih Allah tapi tidak memperaktekkan ajaranmu, mengembalikan Persepuluhan saja tidak pernah, bagaimana mungkin engkau setia dalam perkara besar apabila dalam perkara kecil saja engkau tidak setia.. ? Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan…

salam
TYM

tiap gereja, setahu saya, pasti ada namanya diakonia, persembahan yang dikhususkan untuk yang tidak mampu

Yang lain jangan diabaikan : Perhatikanlah bahwa ajaran Perpuluhan adalah salah satu dari 613 Mitzvot dan berlaku TAKE ALL OR LEAVE ALL.
Yakobus 2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

Jadi jika anda cuma menjiplak satu saja anda akan dicap berdosa terhadap seluruhnya.

HUKUM TAURAT KETIKA DITURUNKAN ITU MENUNGGU PENGGENAPAN.
Matius 5: (18) Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu huruf atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya digenapi.

DAN TELAH DIGENAPI DENGAN KEDATANGAN YESUS KRISTUS :
Matius 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya

YESUS KRISTUS TELAH MENGGENAPI HUKUM TAURAT DAN MENGGANTINYA DENGAN PERJANJIAN BAHARU
YANG MENCAKUP SEMUA HUKUM TAURAT DAN KITAB NABI2.
Mat 22:(37) Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.(38) Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
(39) Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. (40) Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Oleh karena itu Paulus perlu menjelaskan hal ini kepada orang2 Gentile di Kolose yang tidak mengerti Hukum Taurat dan tidak menjalankan hari Sabat atau makanan halal atau hari2 raya Yahudi, karena mereka bukan orang Yahudi, sebab semua itu hanya bayang2 yang sudah diwujudkan dalam Kristus.

Kolose 2:(16) Sebab itu janganlah membiarkan orang menyalahkan kalian mengenai makanan atau minuman, atau mengenai hari-hari raya keagamaan, atau perayaan-perayaan bulan baru, ataupun mengenai hari Sabat.
(17) semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.

kARENA BAHKAN BILA ADA ORANG YANG BISA MELAKUKAN 613 MITZVOT TAURAT pun tidak dibenarkan oleh HUKUM TAURAT.
Galatia 2 (16) Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorangpun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.

JADI SAYA MAU BERTANYA KEPADA ORANG2 YANG INGIN MENGCOPY IBADAH PERPULUHAN INI, TAURAT YANG MANAKAH YANG DITURUNKAN KEPADA ANDA ? TAURAT HANYA DITURUNKAN KEPADA BANGSA YAHUDI DAN TELAH DIGENAPI OLEH YESUS KRISTUS.

amin…

Perhatikanlah bahwa ajaran Perpuluhan adalah salah satu dari 613 Mitzvot dan berlaku TAKE ALL OR LEAVE ALL.

saya kurang paham ya bro apa itu 613 Mitzvot… jarang dengar, dan belum pernah ku baca di Alkitab kata Mitzvot…

saya ber-Iman bahwa Alkitab yang terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, 66 Kitab adalah Sabda Allah, yang diilhamkan kepada para hamba hamba-Nya Nabi dan Rasul…

selain mengilhami para Nabi, ada juga bagian dari Alkitab itu dimana Tuhan Allah sendiri yang menuliskan-nya…
yaitu 10 Hukum Tuhan…
10 Hukum Tuhan ini, tidak diilhamkan atau diinspirasikan kepada para Nabi atau Rasul, tapi Jari Allah langsung menuliskan 10 Hukum itu…

jadi selain ditulis oleh para Nabi dan para rasul, ternyata diantara tulisan tulisan Kudus itu ada juga sebagian tulisan dimana penulisnya adalah Tuhan Allah sendiri…

Jari Jari Allah-lah, yaitu Jari Jari yang sama menciptakan Manusia dan Alam semesta yang menuliskan diatas loh batu 10 Hukum Tuhan…

Yakobus 2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

Yes bro, menurut Tuhan tidak boleh setengah setengah,…

Jadi jika anda cuma menjiplak satu saja anda akan dicap berdosa terhadap seluruhnya.

betul sekali, Standard Moralitas dalam Firman Tuhan itu sangat tinggi, jangankan perbuatan bahkan motifpun harus diselaraskan kepada Firman Allah… patokan kita dalam menilai segala sesuatu adalah Tabiat atau Karakter Allah sendiri yaitu Kasih…
Mat 5:48
Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.

HUKUM TAURAT KETIKA DITURUNKAN ITU MENUNGGU PENGGENAPAN. Matius 5: (18) Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu huruf atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya digenapi.

amin…

DAN TELAH DIGENAPI DENGAN KEDATANGAN YESUS KRISTUS : Matius 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya

amin…

YESUS KRISTUS TELAH MENGGENAPI HUKUM TAURAT DAN MENGGANTINYA DENGAN PERJANJIAN BAHARU YANG MENCAKUP SEMUA HUKUM TAURAT DAN KITAB NABI2. Mat 22:(37) Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.(38) Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. (39) Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. (40) Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

menurutku, kalimat bro @Ashes to Ashes diatas adalah kalimat salah paham…
dari Zaman dahulu sampai selama lamanya, Hukum Allah tidak berubah… Hukum Allah adalah Kasih, Kasih-lah yang menjadi dasar pemerintahan Allah…

hukum apakah di dalam Taurat YANG BUKAN merupakan Hukum Kasih… ?
coba bro @Ashes terangkan…

bersambung…

Melakukan 10 Perintah Allah tanpa Kasih adalah Percuma…
Melakukan Kasih tanpa mengetahui/menghafal 10 Perintah Allah, no problemo…
Jadi Kasih adalah yang utama dan abadi…
Kalau sudah tahu Point/intinya, ngapain mau dipusingkan dengan hal yang lain ?
Mengenai Persembahan, Perpuluhan, dll…Hal itu semua harus kembali berpedoman kepada Kasih…Kasih kepada diri sendiri dan sesama yang membutuhkan (harus seimbang), jangan maksain perpuluhan padahal anak istri susah makan, dan juga ingat hasil Perpuluhan untuk orang susah (bukan untuk memperkaya diri sendiri).

Salam Damai Temans…
Tuhan Memberkati…

Oleh karena itu Paulus perlu menjelaskan hal ini kepada orang2 Gentile di Kolose yang tidak mengerti Hukum Taurat dan tidak menjalankan hari Sabat atau makanan halal atau hari2 raya Yahudi,

orang Kristen mula mula adalah Pemelihara Hari Sabat, bukan pemelihara Minggu… dan bukan Pemakan segala…

karena mereka bukan orang Yahudi, sebab semua itu hanya bayang2 yang sudah diwujudkan dalam Kristus.

Semua Kisah di dalam Alkitab adalah Pantulan atau bayang bayang dari Tabiat Yesus Kristus…
Pohon Kehidupan, Manna, Bahtera, Kurban, Kota Pelarian bagi Pendosa, para Penjaga Pintu Gerbang, Bait Suci, semua itu adalah bayangan yang memantulkan secaraa samar samar mengenai Sifat atau Karakter Allah…

sekarang kita tidak hidup di dalam Lambang dan Simbol, segala sesuatu sudah di wujudkan dan di genapi dengan sempurna di dalam diri dan kehidupan Yesus Kristus…

tidak perlu potong potong kurban untuk minta ampunan dosa, kita langsung saja datang kepada Yesus, beriman kepada Tuhan dan bertobat… dan pengampunan dan penyucian menjadi bagian orang percaya…

Kolose 2:(16) Sebab itu janganlah membiarkan orang menyalahkan kalian mengenai makanan atau minuman, atau mengenai hari-hari raya keagamaan, atau perayaan-perayaan bulan baru, ataupun mengenai hari Sabat. (17) semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.

Firman itu bukan larangan untuk tidak menyucikan Sabat atau perintah meniadakan Sabat Tuhan…
tapi artinya adalah: Jangan menyucikan Sabat dengan ketakutan, rayakanlah Sabat Tuhan dengan sukacita,
begitu pula dengan hal makan dan minum, lakukanlah semua Perintah Tuhan dengan sukacita, jangan dengan ketakutan atau ancaman masuk neraka… atau ancaman tidak masuk surga…
jangan lakukan Firman Tuhan dengan ketakutan…

kARENA BAHKAN BILA ADA ORANG YANG BISA MELAKUKAN 613 MITZVOT TAURAT pun tidak dibenarkan oleh HUKUM TAURAT. Galatia 2 (16) Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat.

Yes, sangat betul dan sangat sepakat…
manusia manusia di Perjanjian Lama dan di Perjanjian Baru, semuanya dibenarkan oleh karena Iman…
Adam dan Hawa, Abraham, Nuh, Ayub, Ishak, Yakub, Daud, Rahab mantan Perempuan Sundal itu, Daniel, para Nabi, Para Rasul, Para Reformator, semuanya diselamatkan karena Iman… bukan karena perbuatan…

tapi jangan salah paham bro, mereka mereka itu, sekalipun diselamatkan oleh Iman, bukanlah manusia manusia tanpa Hukum, yaitu makhluk yang hidupnya sembarangan, mereka Setia kepada Tuhan, menaati Hukum Tuhan, melakukan kewajiban dengan setia, Warga negara yang baik, bersosial, tidak menutup diri dengna masyarakat, rajin, sungguh sungguh…

Salib Yesus tidak melepaskan umat yang beriman pada salib untuk melepas tanggung jawabnya…

JADI SAYA MAU BERTANYA KEPADA ORANG2 YANG INGIN MENGCOPY IBADAH PERPULUHAN INI, TAURAT YANG MANAKAH YANG DITURUNKAN KEPADA ANDA ? TAURAT HANYA DITURUNKAN KEPADA BANGSA YAHUDI DAN TELAH DIGENAPI OLEH YESUS KRISTUS.

semuanya harus dituruti, satu titikpun dari Hukum Tuhan itu tidak boleh dilepaskan, dibuang atau dimodifikasi…
kita harus Sepenuh-nya taat kepada hukum Allah, kepada Hukum Kasih…

salam
TYM

sepaham…

Melakukan Kasih tanpa mengetahui/menghafal 10 Perintah Allah, no problemo...

tidak sepaham bro,
kita harus ingat, bahwa Kasih kepada Tuhan adalah yang pertama dan terutama, sementara Kasih kepada sesama manusia itu adalah no. 2…
Kasih kepada Tuhan adalah Prioritas Pertama dan Kasih kepada manusia adalah Prioritas ke dua…

artinya adalah:
lebih baik kita berpisah dengan orang tua, dengan anak istri, dengan tetangga, dengan gereja, kalau pada akhirnya persahabatan dan Kasih dengan dunia ini memisahkan kita dari Tuhan…

  1. kita tidak dapat dikatakan Mengasihi meskipun kita sering menderma, memberi sumbangan, mendirikan panti asuhan, mengucurkan kredit murah untuk memajukan dunia usaha, tapi disaat yang sama kita Tidak menguduskan Sabat Tuhan…

  2. bahkan sekalipun kita adalah sorang Filantropi kelas kakap, yang setiap bulan mendonasikan hartanya untuk mendirikan universitas unviersitas, Rumah sakit, membantu negara negara miskin, membantu penilitan… tapi tidak menghormati Tuhan dengan menyebut Nama Tuhan yang Kudus dengan sembarangan, membuat patung patung lalu menyembah patung patung itu gantinya Tuhan…

  3. atau Sebaliknya, seseorang menjadi sangat Strik dalam pengudusan Sabat Tuhan, sangat berhati hati dalam menyebut Nama Tuhan, tidak menyembah Dewa dewa lain, tapi disaat yang sama, menutup diri kepada orang lain, sangat pelit dan tidak pernah membantu orang lain, kejam dan bengis…

itu semua tidak berkenan bagi Tuhan,…
Pengikut Yesus harus Sempurna dalam segala aspek, setia dan taat dalam segala sesuatu, yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan…

Jadi Kasih adalah yang utama dan abadi....

Yess…
Kasih kepada Allah sebagai yang Pertama… dan
Kasih kepada sesama manusia yang kedua…

Kalau sudah tahu Point/intinya, ngapain mau dipusingkan dengan hal yang lain ?

menurutku Firman Tuhan ini sangat unik, berbeda dengan ilmu ilmu pelajaran yang lain…
ilmu pelajaran lain apabila menguasai suatu materi tertentu maka akan mentok, maka untuk memuaskan keingintahuan kita, kita harus mempelajari yang lain lagi…

beda dengan Firman Tuhan, sekalipun ayat yang sama, atau pasal yang sama atau kitab yang sama dipelajari dan diulang ulangi, apabila disertai dengan Doa, dan kesungguh sungguhan, maka setiap hari kita akan menemukan permata permata baru…

Khususnya topik mengenai Kasih, saya yakin Ilmu pengetahuan yang tidak akan ada habis habisnya, adalah topik mengenai Kasih, bagaimana mungkin seorang Penguasa Semesta, Pencipta segala seseatu datang merendahkan diri ke dunia yang berdosa, dan menjadi sama dengan manusia, lalu di dalam kemurahan-Nya mengangkat manusia yang berada di dalam lumpur dosa, naik setinggi tingginya, dan diundang masuk ketempat dari mana Dia berasal…
topik mengenai Kasih Allah adalah topik yang tidak akan ada habis habisnya, sampai zaman kekekalanpun tidak akan cukup untuk menjelaskan Betapa Besar-Nya Kasih yang dinyatakan Allah kepada manusia…

jadi menurutku, tidak masalah bro, untuk berulang ulang, terus menerus mempelajari Kasih Allah ini…

Mengenai Persembahan, Perpuluhan, dll....Hal itu semua harus kembali berpedoman kepada Kasih...Kasih kepada diri sendiri dan sesama yang membutuhkan (harus seimbang), jangan maksain perpuluhan padahal anak istri susah makan, dan juga ingat hasil Perpuluhan untuk orang susah (bukan untuk memperkaya diri sendiri).

menurutku mengembalikan Persepuluhan, bukanlah bukti Kasih kita kepada sesama…
tapi bukti kesetiaan kita kepada Tuhan…,

apalagi kalau kita memberi dari kekurangan kita, maka menurutku sekalipun jumlahnya kecil, tapi persembahan itu karena di khususkan buat Tuhan, maka menurutku sama seperti Tuhan yang menghormati Perempuan janda yang hanya dapat memberi dua peser, Tuhan juga menghargai setiap pemberian tulus yang dikhususkan bagi-Nya dan bagi pekerjaan-Nya…

Salam Damai Temans... Tuhan Memberkati...

salam damai juga.
TYM

tul

tapi orang yang benar-benar melakukan kasih, tidak akan menentang 10 perintah Allah

itu prinsipnya
gak mungkin ada orang menghidupi PB sembari menentang PL