Denom gereja yang khusus saklek mengikuti ajaran yesus di dunia

Buat brother m sister senior,
saya mau tanya tentang adakah denominasi gereja diantara ribuan gereja dgn point2 sbb :

  1. yang ditekankan pada jemaatnya adalah meneladani baik ucapan maupun perintahnya
    sewaktu yesus berada di dunia.,
    misal : cara berdoa,cara berpuasa, cara beribadah yang benar. tetapi disini tepat seperti yang yesus
    ajarkan/lakukan.
  2. tentang tata cara memasuki/ mendatangi rumah Tuhan
  3. bagaimana bergaul dgn sesama
  4. dan hal hal lain dalam kita melakukan kegiatan duniawi, dgn catatan: semua sesuai persis dengan perintah/ apa yang dilakukan yesus selama di dunia.

Ini saya tanyakan mengingat selama ini saya melihat orang kristen dalam hal hal diatas tidak melakukannya
persis /tepat seperti saat yesus ajarkan/ lakukan selama Dia di dunia. Kebanyakan berdasar pemahaman / kreatifitas masing2 dgn alasan yang penting niat kita untuk beribadah kepada Tuhan, dan itu disesuaikan dgn tuntutan perkembangan jaman.
Buat member yang merasa dari denominasi dgn poin2 diatas, mohon sharingnya. Saya terus terang tertarik kalau ada denominasi gereja seperti ini., dan bukannya memandang bahwa denom lain tidak bagus.

Perlu dipahami perbedaan antara umat Yahudi, termasuk Jesus, beribadah saat jaman itu, dan para pengikut Jesus (Kristen) pada jaman itu. Jadi yang mana yang anda maksudkan?

Kalau maksud anda adalah umat Kristen awal, maka mungkin anda bisa menengok cara umat Kristen Orthodox di Jerusalem.

[/quote]

2. tentang tata cara memasuki/ mendatangi rumah Tuhan

Rumah Tuhan nya sudah berbeda bro, dulu sinagoga, sekarang gereja, tentu berbeda tata caranya. Kalau cara Kristen awal yang paling dekat, mungkin bisa tengok situs di atas.

3. bagaimana bergaul dgn sesama 4. dan hal hal lain dalam kita melakukan kegiatan duniawi, dgn catatan: semua sesuai persis dengan perintah/ apa yang dilakukan YESUS selama di dunia.

Ini saya tanyakan mengingat selama ini saya melihat orang Kristen dalam hal hal diatas tidak melakukannya
persis /tepat seperti saat YESUS ajarkan/ lakukan selama Dia di dunia. Kebanyakan berdasar pemahaman / kreatifitas masing2 dgn alasan yang penting niat kita untuk beribadah kepada Tuhan, dan itu disesuaikan dgn tuntutan perkembangan jaman.
Buat member yang merasa dari denominasi dgn poin2 diatas, mohon sharingnya. Saya terus terang tertarik kalau ada denominasi gereja seperti ini., dan bukannya memandang bahwa denom lain tidak bagus.

Kalau cara bergaul seperti jaman Kristen awal, saya rasa sudah tidak ada lagi. Karena cara hidup dan bergaul masyarakat selalu berkembang sesuai perkembangan jaman. Jadi pastilah tidak akan persis/tepat seperti saat Jesus di dunia.

Syalom

Agama adalah sekumpulan perintah dan larangan serta tata cara dalam berhubungan dengan Tuhan dan manusia. Yesus datang tidak untuk mendirikan Agama. Jadi tidak ada sebuah tata cara ibadah yang diajarkan, tidak juga dengan serentetan perintah dan larangan dalam kehidupan sehari-hari, misalkan harus tidur menghadap utara, atau mencuci mulut setelah makan, atau harus mengucapkan salam setiap masuk rumah orang dan sebagainya. Semua itu adalah perintah manusia yang diajarkan dari manusia kepada manusia.

Point 1 sampai 4 semua diajarkan didalam gereja semua denominasi. Mengapa tidak segaram, sebab apa yang diajarkan oleh Kristus adalah roh dan kebenaran, bukan hal-hal jasmani dan lahiriah. Meraka sama didalam roh tetapi berbeda didalam budaya dan tradisi masing-masing. Gereja Katholik diwarnai budaya dan tradisi Yunani Romawi, Gereja Kejawen diwarnai budaya dan tradisi Jawa, Gereja-gereja Protestan diwarnai budaya dan tradisi Eropa, tetapi semuanya memiliki pengajaran Kristus yang Yesus katakan sendiri adalah Roh dan Kebenaran.

yang saya maksud denom itu pada saat ini dan mungkin ada di negara kita. dengan catatan masuk dalam kristen yang mengakui trinitas.
Itulah sebabnya bro, mungkin saja ada denom seperti itu yang tidak banyak umat kristen lain tahu dan ada jemaatnya yang mau sharing di sini

@judas

Bro, jika anda sungguh tertarik, di FK banyak member dari denom Orthodox, walau bukan dari Jerusalem. Bro Roderick adalah satu diantaranya.

Silahkan coba PM beliau.

Syalom

thx bro infonya. akan saya coba pm. mungkin saja member2 tsb nggak mau sharing karena takut dianggap eksklusif, padahal bagi saya eksklusifitas normal2 saja. karena itu bagian dari rupa rupa karunia.

Jadi yg eksklusive gak perlu KUDU dimaki maki , dimarah marahi lalu diikuti untuk mencari SALAH KATA dan SALAH OMONG nya ya Bro !

Itu baru JEMPOLAN ya Bro, aye’ SETUJU banget2 ! :afro:

Buat ngejawab pertanyaan si Bro, kita kudu hati2 dan menyimak beberapa hal ini ya Bro :

  1. Banyak tingkah laku, adat istiadat yg Tuhan Yesus lakukan sebelum mengatakan “Sudahlah Genap” diatas Kayu Salib lalu memberikan Nyawa-Nya…merupakan Ajaran Hukum Taurat, misalnya “Sunat, Paskah ke Bait Allah di Yerusalem, Makan dengan mencuci tangan, Makan makanan Paskah Yahudi, dll”…tetapi saat akan Masuk Dalam Masa Pengorbanan Diri-Nya sebagai Anak Domba Allah (Masa Adven) Tuhan Yesus melakukan Perubahan Drastis dengan memakai Simbol Roti tak Beragi dan Anggur (Perjamuan Paskah Baru) sebagai Pengganti Daging dan Darah Domba yg disembelih (Paskah Yahudi)…maka Tanda2 ditutup bukunya Hukum Taurat makin JELAS saja…apalagi kalau Bro membaca Khotbah2 Tuhan Yesus dalam Seluruh Pasal 5 dalam Kitab Matius yg banyak sekali menggantikan Pasal2 Hukum Taurat, a.l :
  • 21 Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. 22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

27 Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. 28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

31 Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. 32 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

33 Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan.
34 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,
… 37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat…dan seterusnya sampai ayat 48 yg ditutup dengan kalimat…Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Jadi ajaran2 Nya yg KUDU kita LESTARIKAN , bukan adat Istiadat Yahudi dengan Hukum Tauratnya yg kita ikuti…semua ada waktunya…kata Pengkhotbah dalam Kitabnya !

gak ada & blm ada
bikin aja sendiri Bro :slight_smile:
GBU

Sabar, bro. Kristen punya ribuan denom. apa anda sudah yakin mempelajari satu persatu
hingga sampai pada kesimpulan demikian?
Tuh bro bruce menunjukkan salah satu denom yang mungkin sesuai maksud saya.

speechless for this comment… :wink:

Yg salah mengamati itu siapa?masa ky gt aja sp speechless?

YANG SERATUS PERSEN SAMA DENGAN YESUS LAKUKAN PASTI TIDAK ADA. Tetapi yang melakukan apa yang Yesus / aLKITAB Ajarkan tentu ada. Yang mengikuti perintah Yesus apa adanya pasti akan dimusuhi Iblis ( Why 12 :17 ) karena mereka itu mencontoh perilaku orang kudus ( Why 14 : 12 ). Gereja yang mengikuti kedua kriteria di atas hanya GEREJA MASEHI ADVENT HARI KE TUJUH. SILAHAKN PELAJARI. GBU

Sorry bro, kalau anda sibuk dengan hal2 upacara, anda akan jatuh kedalam leglitik kembali, seperti jaman bangsa Yahudi, ahli Farisi.

Allah melihat HATI, apakah anda MNENGASIHI ALLAH DENGAN SEPENUH HATI ?

DIDALAM SEGALA SESUATU TINDAKAN , PERBUATAN, PERKATAAN, MENGASIHI ALLAH DENAGN SEPENIH HATI ???

Perintah itu saja manusia tidak mampu memenuhinya.

Segala sesuatu yang di lakukan , lakukan untuk memuliakan Allah.

Itu saja kita sudah kelabakan, apalagi hal hal lahiriah lainnya.

Yesaya 29
29:13 Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,

PERLU ANDA KETAHUI BAHWA SEGALA TATA IBADAH YANG YESUS LAKUKAN SEMASA IA ADA DI DALAM DUNIA INI BERPUSAT PADA HUKUM TAURAT: ITULAH SEBABNYA YESUS DISUNAT PADA HARI KE-8; PADA USIANYA YANG KE-12 IKUT KE BAIT ALLAH UNTUK MENGGENAPI APA YANG DIPERINTAHKAN OLEH HUKUM TAURAT; TETAPI SETELAH YESUS MATI DI KAYU SALIB DAN BERSERU DI ATAS KAYU SALIB ITU TETELESTAI YANG ARTINYA SUDAH SELESAI MAKA SELURUH HURUF HUKUM TAURAT TELAH DIGENAPI OLEH YESUS YANG MENJADIKAN DIRINYA SEBAGAI ANAK DOMBA PASKAH YANG DIPERSEMBAHKAN BAGI PENEBUSAN DOSA UMAT MANUSIA DAN SEJAK ITU MAKA TATA IBADAH MENDAPATKAN KEBEBASAN PENUH SESUAI DENGAN KEHENDAK BEBAS ORANG2 YANG TELAH BERTOBAT NAMUN YANG TETAP BERADA DI BAWAH OTORITAS KUASA ROH KUDUS, INJIL DAN HUKUM KASIH KARUNIA.
JADI BILA ADA SEBUAH AGAMA YANG MENYEBUT DIRINYA AGAMA Kristen TETAPI YANG MELAKSANAKAN PERILAKU YESUS PADA WAKTU IA ADA DI DUNIA INI MAKA AGAMA ITU SEBENARNYA MENGACU KEPADA HUKUM TAURAT; DAN AGAMA YANG PALING SEMPURNA DI DALAM MENGIKUTI HUKUM TUARAT ADALAH YUDAISME DAN SESUNGGUHNYA ALANGKAH MALANGNYA AGAMA SEPERTI ITU KARENA PADA AKHIR ZAMAN IA AKAN DIHAKIMI MENURUT HURUF HUKUM TAURAT DAN BUKAN BERDASARKAN HUKUM KASIH KARUNIA DAN HASILNYA IALAH BAHWA TIDAK SEORANGPUN YANG DIBENARKAN SEHINGGA JATUH KE DALAM MURKA ALLAH DAN MASUK NERAKA!!!

Adalah sangat tidak sopan berposting dengan menggunakan huruf capital dan di bold, disertai warna merah. Entah apa yang ingin dicapai oleh member di atas saya ini.

Pada intinya saya setuju dengan anda. Hanya saja gak usah teriak…(huruf besar bisa diartikan sebagai teriak)

:slight_smile: Manner please… :coolsmiley:

thank’s bro infonya. akan saya pelajari, sekarang baru pelajari gereja orthodox dari info bro bruce.

Ikut Orthodox lah… Sujud berdoa 7 kali… setiap 3 jam Sholat Bapa Kami + Salam Maria …

Sudah aku jalankan , gak mampu deh… Menyerah …lupa sih … enak yang bebas…hahahahhaha

:onion-head33: Gereja yang seperti apa ya ? yang penting mungkin bukan ? se…per…tiga…jah…!
Yang ada si Gereja adalah Orangnya :rolleye0014: Jadi orangnya "Menyembah dalam Roh dan Kebenaran :coolsmiley:
Salam

thx bro warningnya. ini soal kemantapan hati saja kok. saya tidak menganggap tata cara ibadah di gereja yang sedikit saya ketahui itu kurang religius. jadi sekali lagi ini kemantapan saya pribadi.

thx sis masukannya. mudah2an kalau saya memperhatikan tatacara saya beribadah dari sisi lahiriah, tidak sampai sama dgn orang farisi tsb. kenapa saya memandang penting soal tata cara lahiriah? ini mungkin pengalaman pribadi saya yang pernah “dihajar” oleh Tuhan. puluhan tahun saya mengalami pergumulan itu. bagi sis dan bro yang selama ini kehidupan beragamanya lurus-lurus saja, berbahagialah kalian.
asal saja denom tsb tidak masuk kristen unitarian atau sesat spt COG yg pernah ada di negara kita dulu, setiap info dari sis and bro akan saya pelajari.