Denominasi harus dihilangkan, prinsip Gereja lokal dipulihkan

1Co 1:10 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir. 1Co 1:11 Sebab, saudara-saudaraku, aku telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada perselisihan di antara kamu. 1Co 1:12 Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus. 1Co 1:13 Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?
1Co 3:4 Karena jika yang seorang berkata: "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata: "Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani? 1Co 3:5 Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya. 1Co 3:6 Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. 1Co 3:7 Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.

Gereja adalah tubuh Kristus, tubuh tidak mungkin terpisah-pisah.

teladan yg ada di Alkitab memperlihatkan Gereja lokal, seperti Gereja di Efesus, Gereja di Korintus, dll
jadi denominasi tidak tepat dan harus dihilangkan, alkitab melarang denominasi ttp Gereja pada saat ini malah memiliki sistem denominasi yg dilarang dalam Alkitab.

Apakah kalian setuju dengan saya ?

Betul, 100 % benar.

Saya sangat setuju, akan tetapi tidak mungkin.

Berbicara mengenai denominasi,
Kita harus menyelidiki lebih dahulu,
dari mana bisa muncul denominasi yang begitu banyak ?
Mohon dijawab !

nah mulai lagi deh…

pasti ujung2nya muncul nama lagi nih :smiley:

Salam

Dari beberapa jemaat yang mungkin merasa Gereja awalnya tidak Alkitabiah lalu memisahkan diri dari Gereja awal.

Simple kan bro… :smiley:

Berbicara mengenai denominasi, Kita harus menyelidiki lebih dahulu, dari mana bisa muncul denominasi yang begitu banyak ? Mohon dijawab !

pertama jika dilihat dari alkitab, denominasi mulai terjadi karena orang2 yg dilayani oleh Paulus dan orang2 yg dilayani oleh Apolos terjadi perselisihan (1Co 3:4-5), masing2 hanya mementingkan golongan sendiri

penyebab utama denominasi = persilisihan,

sumber gambar : wikipedia

1Korintus 1:10 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

pasti ujung2nya muncul nama lagi nih :D
saya tidak mau membuat nama gereja baru, saya hanya ingin mengembalikan sistem gereja lokal

Saya nda setuju kalo denominasi dihilangkan. Walaupun memang yang terjadi di FK ini kebanyakan pada perang antar denom, tapi saya tetep nda setuju kalau misalnya digabung tumplek blek jadi satu.

Di Katolik saya mengenal misa yang tenang (dan kadang kalau ga konsen, bikin terkantuk-kantuk :D), "seru"nya mengikuti katekumen selama 1 tahun (ujian diri sendiri supaya ga malas datang), cara hidup selibat dengan TUHAN yang dilakukan Romo dan suster (walaupun itu tidak menjamin mereka tidak berdosa).
Di Protestan saya mengenal puji-pujian yang semangat, kepedulian Pendeta terhadap hidup jemaat (tergantung gerejanya sih, tapi kebanyakan Pendeta sangat peduli), dll.
(maaf saya cuma kenal Katolik dan Protestan :ashamed0004:, soalnya pernah memeluk kedua agama tsb)

Baik Katolik maupun Protestan memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Dan itu lebih saya lihat sebagai “kelengkapan” anggota tubuh Kristus (karena mereka sama-sama meyakini Tritunggal Maha Kudus)

Tubuh memang 1, tapi anggotanya banyak.

1 Korintus 12:12

Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

1 Korintus 12:14-20
14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
15 Andaikata kaki berkata: “Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
16 Dan andaikata telinga berkata: “Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?
18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.
19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh?
20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.

Menurut saya ayat-ayat tsb sangat bagus untuk permasalahan banyaknya denom :slight_smile:
Yang terpenting di dalam anggota-anggota tubuh tsb didiami oleh SATU ROH, yaitu ROH KUDUS.
Dan yang ini untuk kerukunan antar denom :

1 Korintus 12:23-26
23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus.
24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,
25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.
26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.

Makanya saya nda pernah mau masalahin perbedaan yang ada. Yang terpenting kita sama-sama hidup di dalam Tritunggal Maha Kudus.

Shallom

1 Korintus 12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

1 Korintus 12:14-20
14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
15 Andaikata kaki berkata: “Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
16 Dan andaikata telinga berkata: “Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?
18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.
19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh?
20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.

Menurut saya ayat-ayat tsb sangat bagus untuk permasalahan banyaknya denom :slight_smile:
Yang terpenting di dalam anggota-anggota tubuh tsb didiami oleh SATU ROH, yaitu ROH KUDUS.
Dan yang ini untuk kerukunan antar denom :

1 Korintus 12:23-26
23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus.
24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,
25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.
26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.

Makanya saya nda pernah mau masalahin perbedaan yang ada. Yang terpenting kita sama-sama hidup di dalam Tritunggal Maha Kudus.

Anda salah pemahaman ayat2 tersebut tidak mendukung denominasi, memang benar banyak anggota ttp satu tubuh dan Yesus sebagai kepalanya. Yang dimaksudkan ayat2 tersebut tidak perduli apa ras, kebangsaan, ataupun tingkat sosial kita berbeda, kita adalah satu di dalam Tuhan.

Dalam denominasi memiliki ajaran berbeda-beda yg menyebabkan pola pikir yg berbeda, pola pikir yg berbeda tdk akan bisa disatukan (@noninoniek seperti yg sedang terjadi di thread ini, antara anda dengan saya, inilah hasil denominasi).

1Co 1:10 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

Bukankah kitab kita sama, Tuhan kita sama, tetapi mengapa memiliki ajaran yg berbeda. Doa Bapa Kami saja bisa berbeda padahal dari kitab yg sama. Ada juga denominasi yg memiliki tingkatan2 untuk pengikutnya, ada yg menjadi pemimpin, ada juga yg menjadi bawahan.

Didalam Kristus kita semua bersaudara, jd tdk ada yg menjadi pemimpin, hanya satu kepala kita yaitu Yesus. Hanya satu nama yg boleh ada di dalam kaum beriman adalah Yesus. Untuk menjaga kesatuan didalam Tuhan dan menghindari perpecahan, semua nama selain Yesus harus ditolak.

2

Hahahah sampulny interdenominasi…
Isinya yah pasti orang2 itu juga…

Udahlah ga usah sok2 ketakutan sama denominasi…yg menciptakan denominasi itu siapa dulu…

Wong gereja dari jaman Kristus udah berdiri, kok tiba2 ada yg baru lahir kemaren sendiri ngajar2in Gereja yg udah pengalaman

Isep jempol aja kalle hahahahaha

Saya rasa Anda yang tidak tepat menafsirkannya. Memang dikatakan :

1 Korintus 12:13
Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

Anda hanya menafsirkan 1 perikop di 1 Korintus 12:12-31 untuk orang yang berbeda-beda ras?
Terlalu sempit. Karena di dalam 1 perikop itu dijelaskan juga siapa anggota tubuh tsb. Dan saya lampirkan beberapa ayat yang memang berhubungan dengan denom2 (yang saya maksudkan denom di sini hanyalah denom yang mempercayai Tritunggal, karena ada yang mempercayai Yesus tapi tidak mempercayai YHWH, atau sebaliknya)

1 Korintus 12:28-30
Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.
Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat,
atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh?

Mungkin ayat di atas bisa ditafsirkan hirarki dalam 1 gereja. Tapi saya pikir : kedudukan rasul, nabi, dan pengajar hampir sama. Kecuali Paulus bilang : Ada yang jadi Nabi dan ada pula yang menjadi Wakil Nabi (seperti Musa dan Harun). Rasul pun bisa melakukan mukjizat layaknya Nabi. Jadi saya lebih memandang ayat tersebut lebih mengungkapkan : banyak pimpinan (dengan anggotanya sendiri) tapi tetap beediri dalam 1 Tubuh Kristus (Jemaat). Jadi bukan hanya sebatas ras ya :smiley:

1 Korintus 12:4-6
Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

Roma 12:4
Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama,

Roma 12:7-8
[i]Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;
jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati
. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.[/i]

Mungkin di dalam 1 gereja kita bisa menemukan orang dengan kemampuan melayani, mengajar, dan menasehati. Tapi bisa juga bearti, misal (saya bilang misal nih yaaa) Kristen lebih terfokus pada pelayanan, sedangkan Katolik terfokus pada pengajaran. Bisa juga toh?

Nanti dilanjut… gambar saya masih banyak ;D

Idealnya memang kekristenan tidak ada denominasi, semuanya “satu Tuhan, satu iman, satu baptisan” (Efesus 4:5).

Namun realitasnya denominasi muncul karena ketidaksetujuan satu dengan lainnya dalam hal doktrin. Jujur saja, kita mengaku sebagai pengikut Kristus, tetapi pada kenyataannya kita mengikuti ajaran suatu aliran yang merupakan penafsiran tentang ajaran Kristus. Misalnya, ada kelompok yang menyatakan orang Kristen harus memelihara hukum kosher (makanan halal) sehingga memisahkan diri dari gereja adalah yang tidak mengajarkan doktrin tersebut. Karena perbedaan penafsiran itu kemudian diformalkan menjadi struktur organisasi gereja yang berbeda maka berkembang lah yang kita sebut denominasi.

Mereka yang ingin menghapuskan denominasi, sebenanrnya sedang membangun suatu doktrin tersendiri yang menolak (baik sebagian atau seluruh) ajaran-ajaran denominasi yang telah ada. Pada akhirnya, gerakan mereka berkembang menjadi denominasi juga, karena mereka memisahkan diri dari gereja asal, membentuk suatu organisasi tersendiri, dan akhirnya diformalkan.

Roma 12:7-8 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.[/i][/color]

Mungkin di dalam 1 gereja kita bisa menemukan orang dengan kemampuan melayani, mengajar, dan menasehati. Tapi bisa juga bearti, misal (saya bilang misal nih yaaa) Kristen lebih terfokus pada pelayanan, sedangkan Katolik terfokus pada pengajaran. Bisa juga toh?

2 hal berbeda tidak bisa disatukan, seperti api dan air. Kristen dan Katolik saja memiliki pengajaran yg tidak sama, lalu bagaimana bisa disatukan. Padahal sama2 menggunakan Alkitab

Intinya seperti ini: Jika masih ada perbedaan maka tidak mungkin bersatu, jika mau menjadi satu tubuh Kristus, maka harus 100% sama. Bukan membuat denomiasi baru, Tetapi memulihkan kembali sistem Gereja Lokal seperti di Alkitab

@bryan0967

Bro, anda berjemaat di gereja apa?

Kita adalah anggota tubuh, dan tubuh bersifat universal. Tubuh yg universal ini hanya memeiliki satu ekspresi di sebuah kota, Kemudian, disana hanya akan ada sebuah gereja di satu kota. Seperti yang terjadi di Jerusalem, Antioch, dan juga Ephesus.

Kita harus menyadari bahwa Paulus tidak memperhatikan masalah yang timbul antara saudara di Korintus dan saudara-saudara di Efesus, atau antara saudara-saudara di Korintus dan saudara-saudara di Kolose. Dia tidak menunjukkan masalah antara saudara di Korintus dan saudara-saudara di Laodikia, atau antara saudara-saudara di Korintus dan saudara-saudara di Filipi. Paulus hanya memperhatikan perpecahan antara saudara-saudara di Korintus.

ini awal mula pemulihan gereja lokal, yg sampai sekarang terus diperluas keberadaanya:
silakan baca baik-baik :happy0062:
http://www.local-church-history.org/local-church-Corinth.htm

Bro, anda berjemaat di gereja apa?
Gereja Lokal, bukan denominasi

@racik: pertanyaannya kurang tepat klw seperti ini: anda berjemaat di gereja apa?
karena gereja adalah satu, gereja yg saya maksud disini bukan tempat, bangunan, atw nama2 denominasi. Gereja adalah kaum beriman sebagai tubuh dan Yesus sebagai Kepala

Hehehe… ok deh, siapa anda sy paham sudah.

Berarti anda tdk berjemaat di suatu denom yg ada… atau tempat ibadah anda namanya Gereja Lokal…

Atau malah pemimpin dari (cikal bakal) denominasi baru :smiley:

Salam

Berarti anda tdk berjemaat di suatu denom yg ada... atau tempat ibadah anda namanya Gereja Lokal...

ya, saya tdk ada hubungan dengan denominasi

misalnya saya tinggal di Jakarta berarti, Gereja di Jakarta, klw di Bandung disebut Gereja di Bandung, karena menggunakan prinsip lokalitas seperti di Alkitab (Gereja di Efesus, Gereja di Korintus, dll)

pemulihan gereja lokal, yg sampai sekarang terus diperluas keberadaanya:
silakan baca baik-baik :happy0062:
http://www.local-church-history.org/local-church-Corinth.htm

Denom Gereja Lokal ? :onion-head33:

Salam

Biar saya jelaskan lagi. Gereja yg saya maksud disini bukan tempat, bangunan, atw nama2 denominasi. Gereja adalah kaum beriman sebagai tubuh dan Yesus sebagai Kepala.

karena bumi ini luas dan jumlah manusia yg banyak maka tidak mungkin semua orang berkumpul pada satu tempat. Oleh karena itu menggunakan prinsip gereja lokal seperti di Alkitab

Ohh berarti anda tidak berjemaat di salah satu gereja lokal di tempat anda tinggal ya?

Gereja Pantekosta Pusat Surabaya - Jemaat Jakarta, misalnya, apakah ini bukan gereja Lokal di Jakarta?

Gereja Pantekosta Pusat Surabaya - Jemaat Jakarta, misalnya, apakah ini bukan gereja Lokal di Jakarta?

Kata Pantekosta sudah menunjukan denominasi, sedangkan gereja lokal tidak ada hubungan dengan denominasi. Dalam satu kota seharusnya hanya ada 1 gereja lokal

Ohh berarti anda tidak berjemaat di salah satu gereja lokal di tempat anda tinggal ya?
saya ikut berjemaat di gereja lokal, 1 kota = 1 gereja lokal (tdk mengandung unsur2 denominasi)

gereja lokal itu bukan nama, tapi prinsip lokalitas yang membagi-bagi gereja sesuai dengan dareah masing2.
1 kota = 1 lokalitas

1Co 1:2 Unto the church of God which is at Corinth, to them that are sanctified in Christ Jesus, called to be saints, with all that in every place call upon the name of Jesus Christ our Lord, both theirs and ours:

Dalam perjanjian baru dijelaskan, misalnya di daerah korintus ada gereja lokalnya (gereja di korintus). Kata ‘church of God which is at Corinth’ menunjukan bahwa disana hanya ada 1 gereja di daerah korintus