Dibutuhkan seorang Manager Band (Bandung)

Shalom Saya butuh seorang manajer band handal
Tugas utama dari manager band adalah mengelola band agar pertama-tama bisa survive kemudian berkembang terus agar bisa mencapai apa yang di cita-citakan oleh band tersebut.

Jadi seorang manager harus mampu mencari cara untuk mengarahkan para personel band agar dapat terus berada pada jalur yang telah di cita-citakan bersama. Berbagai cara ini dapat ditempuh melalui 2 jalur. Yang pertama adalah memanage kondisi internal band. Hal ini dilakukan dengan menyusun berbagai macam program internal yang bertujuan agar band dapat terus kompak, berkembang, serta kreatif. Seperti menyusun jadwal latihan rutin, briefing, bikin lagu, dengerin berbagai referensi sampai pada mempertahankan suasana band agar tetap enjoy. Perlu diingat bahwa meskipun pada awalnya suatu band mungkin dibentuk atas dasar hobi dan kesenangan masing-masing personel, tapi bisa saja kondisi band yang stagnan dapat membuat suasana band sudah tidak asik bagi beberapa personel. Maka seorang manajer yang andal harus bisa bertindak sebagai lem perekat agar semuanya bisa tetap bersatu.

Untuk fungsi eksternal, seorang manajer berfungsi sebagai Public Relation dan Promosi. Karena biar bagaimanapun dalam menghadapi lingkungan eksternal ini seorang manager bertindak sebagai bemper dan pembentuk image dari band.

Sebelum berhadapan dengan pihak-pihak luar sebaiknya seorang manager telah memiliki standardisasi manajemen sendiri. Lebih baik lagi jika sang manajer telah memikirkan mengenai image yang akan ditampilkan oleh band tersebut kepada publik. Sehingga semuanya bisa berjalan dalam satu kesatuan, antara lagu-lagu band, karakter serta attitude dan lifestyle personel dengan pola dan program promosi yang akan ditempuh. Kemudian manager tinggal mengkomunikasikan image tersebut kepada pihak-pihak luar tersebut. Kepada publik umum melalui flyer, internet, singel radio, mailing list dls. Kepada pihak media melalui sampel demo, press release, interview, dls. Kepada pihak panitia gigs melalui riders tentang fee, fasilitas serta penjalinan hubungan setelah gigs. Kepada fans dengan memaintain hubungan spesial serta kepada pihak sponsor (jika ada) melalui serangkaian program promosi dari band untuk dapat turut menunjang image sang sponsors.

Berkaitan dengan hubungan ke pihak label records, lebih khusus lagi seorang manager harus band tersebut lebih dahulu secara internal. Jika memang dirasa belum siap mental untuk merilis album mending tidak usah dipaksakan dulu. Jika memang band dirasa telah siap barulah sang manajer memilah berbagai lagu andalan yang akan dijadikan demo untuk label records. Sekaligus dengan berbagai packaging yang menggambarkan image sang band agar pihak label records dapat mengetahui lebih lanjut tentang band tersebut.

Jika sekiranya pihak label records tertarik, maka tugas selanjutnya adalah ikut memberikan nasihat serta petunjuk kepada para personel mengenai kontrak yang akan ditandatangan antara band dengan label records. Karena biasanya sangat jarang terjadi seorang manajer ikut menandatangani kontrak dengan label records.

Sekadar saran, pola promosi band akan lebih terasa nendang jika saja dilakukan dengan cara-cara yang ekstraordinary. Pikirkan saja mengenai hal-hal yang berbau sensasi yang memiliki nilai berita tertentu agar band Belia diliput oleh media ataupun mendapatkan berita gratis mouth to mouth. Lumayanlah buat ngehemat budget promosi.

Tugas Internal Band

  1. Menjaga kekompakan seluruh anggota band.
  2. Konseling untuk mendapatkan personaliti anggota.
  3. Memperhatikan kebutuhan peralatan dan perlengkapan.
  4. Menjadwal latihan dan menyewa tempat latihan.
  5. Mengatur keuangan band dengan baik dan terbuka.
  6. Mengatur jadwal tampil, transportasi, konsumsi. (utk tampil)

Tugas External Band

  1. Mempromosikan band dengan media cetak,elektronik.
  2. Mencari klien / job , Menawarkan job.
  3. Mencari pendukung dana / suport dana dari donatur pencinta musik (bila memungkinkan).
  4. Singkronisasi jadwal tampil dengan jadwal anggota.
  5. Membuat MOU untuk acara tampil.
  6. dapatkan informasi untuk tampil (sktesa panggung, peralatan tersedia, bentuk acara dll)

Sumber :The Other Side of Me: What a Band Manager Must be done...

Band Manager
di Bandung
10-20% dari hasil manggung band
Setiap saat (tidak mutlak)
Ivan 08562066905 [email protected]
ke [email protected]
sampai 31 Agustus 2012
Terima kasih GBU all

bro… sepertinya perlu biaya yg harus di keluarkan ya :slight_smile:
setidaknya bro upload 1-2video atau lagu di youtube sebagai sample…

Gbu semoga sukses… :slight_smile:

OK bro
akan saya usahakan
Terimakasih atas sarannya
GBU

kasian bener manager cuman dapet 10% , wakakakakakaka…

Ga juga kalau managernya bisa dan bandnny kerjasama dan kerja keras dengan baik optimis senaindainnya dapet 1 milyar di dalam 1 M udah dapet tuh 100JT

Jadi jangan bandingin keuntungannya kaya jual gorengan di pasar ;D

:onion-head33: nama bandnya… ragnarok kah ?
:tuzki26:

Masa berlakunya koq 31 maret ? ga di proloooong ? or, maret 2013 maksutnya ? :cheesy:
Gut lak y ^!^

Bukan nama bandnnya sih belum ditentukan itu email saya ;D
Udah tuh sampe Agustus aja mendingan ^^
Gbu

Hihii… kirain imel=nama bandnya, udah ngayalin personil bandnya=char ragnarok smuah getoh :ashamed0004:
Wokey deh, gutlak brow! Pasti dpt sbelum upacara 17an :afro: Merdekaa :tuzki26:

Amin :angel:

1 miliar ? yang boneng lu… offair apa yang 1 miliar ? band sekaliber apaan ? punya nama ? materi menjanjikan ? punya link ?

gak usa mimpi dan berharap 1 miliar masbro. main gratis aja masih nyari2… untung2 dibayar…

sorry, gw bukannya mau mengapakan atau seperti kata lu membandingkan seperti jualan gorengan.,. cuman realistis saja lah… mana ada yang mau manager cuman 10% dari pendapatan manggung offair, dengan seabrek tugas , ngeliatnya juga males… walau lu bener2 dapet 1 miliar. thats jokes. hahahahahaaa…

Liat aja band2 luar negri
Nama itu hasil kerja keras antara band dan managernnya
namanya mimpi boleh saja dong (Warren buffett salah satunnya yang sukses)
ya itu kan anda yg males :afro:
hahaha

koq liat band luar negri… nah di thread starter anda saja belum apa apa sudah bilang 10% buat manager . band anda 90% ,. nah profil band beserta contoh lagu yang akan di pasarkan saja tidak ada… bagaimana ente… bukan nya gak boleh mimpi. cuman harus realistis lah… perbandingan kesuksesan itu sejajar dengan kualitas dan lagu2 yang bisa di pasarkan, bukan menawarkan “kucing dalam karung” … aneh saja terdengarnya… ck ck ck,

got it ? dari pernyataan gw di atas. jika lu yakin dan bermimpi dan ‘BERHARAP’ ada manager yang kecantol untuk band anda. silahkan cantumkan profil band anda beserta contoh2 lagunya… itu masukan dari gw, bukan hanya di ‘hajar’ langsung syarat2 dan ketentuan dan langsung pembagian hasil 10%. wkakwkawkakw… lucu sekali terdengarnya…

iya, terimakasih atas sarannya
saya akan coba