Dimanakah Yesus selama 18thn-Nya..??

kenapa di Alkitab hanya dikisahkan Yesus ketika lahir sabagai bayi kemudian disunat pada hari yang ke8… lalu menjadi seorang anak yang berumur 12thn di Bait ALLAH…dan selanjutnya aktif memberitakan Injil Kerajaan ALLAH sewaktu berumur 30thnan sampai akhirnya ditangkap dan disalibkan pada umur 33thnan…

saya sangat ingin tahu…dimanakah Yesus dan seperti apakah kehidupan Yesus dalam menjalani hidupNya selama rentang waktu dari umur 12thn sampai pada 30thn…

jika ada rekan2 FK disini yang punya informasi ini kiranya sudi untuk mau berbagi dengan saya…terimakasih…

syalom… :slight_smile:

Yesus baru berkarya di Usia 30 tahun karena menurut hukum Yahudi, seorang baru boleh menjadi Imam saat usia 30 tahun.

Sebelum itu, Yesus diam di kampung halamannya dan bekerja membantu ayahNya sebagai tukang kayu, pekerjaan fisik semacam ini melatih tubuhNya untuk tahan menghadapi siksaan hingga akhir.

Bukti bahwa Yesus diam di kampung halamannya dan menjadi tukang kayu ada disini :

Mrk. 6:3 Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

Mrk 6:4 Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya.”

adakah ketika pada masa itu Yesus tiap tahunnya masih pergi ke Bait ALLAH pada tahun perayaan Paskah di Yerusalem dan mewartakan Injil Kerajaan ALLAH seperti yang dilakukanNya pada umur 12thn…??

apa anda punya informasi lainnya mengenai Yesus selain sebagai tukang kayu…??

Setahu saya hanya anak usia 12-13 yang perlu di bawa ke bait Allah untuk semacam perayaan kedewasaan.

Selain jadi tukang kayu, ada yang bilang Yesus pergi ke Nepal untuk belajar Ilmu sihir, bahkan ada kuil Budha disana yang mengaku memiliki kitab yang mencatat kedatangan Yesus.

Tapi saya sih tidak percaya yang semacam itu :slight_smile:

saya rasa ada yang tidak dinyatakan dengan transparan mengenai Yesus dimasa 12thn sampai 30thn…

kerjaannya siapa ya…kok sepertinya ada bagian hidup Yesus yang menghilang tanpa jejak ya di Alkitab…

jadi bertanya…tanyaaa…

ada apa yaaaa…???

SesEoRaNggggGGGG kasih tau sayaAAA…apa yang terjadiiiIII…

Selama 30 Tahun, Yesus tidak banyak atau tidak melakukan Mujizat sama sekali, itu sebabnya saudara2Nya dan orang sekampungNya tidak percaya kalau Yesus Anak Allah.

Hanya Maria yang tahu bahwa anak nya tersebut adalah Anak Allah dan akan mulai berkarya di usia 30.

Yohanes 2:3-5
Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: “Mereka kehabisan anggur.”
Kata Yesus kepadanya: “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.”
Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!”

Semua itu sudah dituliskan di Perjanjian Lama mengenai tata cara hewan kurban, di Imamat 22:

Domba yang dikurbankan harus Domba Jantan, Sulung, Usia Dewasa Puncak, Tidak ada tulang yang patah, tidak bercacad dst…

Itulah syarat2 yang dipenuhi oleh Yesus sebelum Ia menjadi Korban penebusan dosa.

Sebelum Yesus berkarya di Usia 30 (Usia Imam), Ia hanya tukang kayu biasa, tidak banyak yang perlu diceritakan.

dalam tata adat yahudi, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan dan diperhatikan:

  1. setiap anak laki-laki harus disunat sesudah 8hari kelahirannya (lihat di KAMUS-belakang ALKITAB, “sunat” atau lihat di Kej 17:9-14, lalu lihat di Gal 2:7
  2. setiap anak yang menuju akhil baliq (berusia 12-13 tahun) harus ditasbihkan atau dimurnikan atau dikuduskan di bait Allah.
    (karena jaman keaisaran roma yang kejam, sehingga tidak memperbolehkan orang yahudi membangun bait Allah atau kemah kudus, dan sepanjang sejarah asli (find from google nih), hanya ada 1 sinagog (bait Allah) yang berdiri di Bethlehem…
    lain halnya disetiap kota banyak bait Allah, mungkin Yesus bisa tiap hari disana… lagipula jarak nazareth dengan bethlehem itu 3 hari berjalan kaki… kurang kerjaan banget menghabiskan waktu dijalan…
    dan juga, YESUS sebagai Anak manusia, menghormati yusuf dan maria , Dia membantu pekerjaan yusuf dalam membuat meja dan kayu potong.
  3. seorang Imam muda, baru boleh melayani ketika genap berusia 30 tahun, dan menjadi Imam Kudus setelah berusia 33 tahun… proses ini seharusnya menggunakan baju EFOD… dalam kondisi ini seorang imam muda harus kudus dan tidak boleh cemar akan duniawi… proses inilah yang dijalani YESUS untuk “MENGGENAPI” Firman Tuhan “Sebab akan datang waktuNYA” Anak manusia akan disiksa…dsb…

bagaimana? bukti otentiknya di google udah banyak di plesetin oleh kaum MORMON-ANTI KRIST…jadi berhati2 juga sekarang ber google…

Saya pernah membaca sebuah buku dari teman saya yang Katolik berdasarkan dokumen2 Gereja yang mereka miliki, sayangnya saya lupa apa judul buku itu dan siapa penulisnya. Disitu dituliskan YESUS dibawah pergi oleh Yusuf dan Maria mengungsi di Mesir sampai YESUS berusia sekitar 9 tahun kalau saya tidak salah ingat. Di Mesir ini mereka tinggal di Heliopolis. Ada kejadian menarik seputar kehadiran bayi YESUS yang pertama kali di Kota itu. Mesir saat itu menyembah berhala, patung berhala kota itu jatuh ketika bayi YESUS tiba di kota itu dan ini menjadikan perbincangan dikalangan sana.

Selama tinggal di Mesir yusuf bekerja menghidupi keluarga mereka dengan menjadi tukang kayu, Tetapi seringkali tidak cukup untuk membiayai hidup keluarga tersebut sehingga Maria terkadang harus mengemis demi makan anaknya. Mereka benar2 hidup serba kekurangan.

Ketika YESUS sudah mulai tumbuh besar atau berusia 4 tahun dia sangat elok dan tidak ada satu orangpun yang tidak ingin melihat dia. Dengan hanya memandang YESUS kecil banyak sekali orang di kampung itu yang merasakan ketentraman batin.

Ada suatu kejadian menarik, ada seorang kaya di kota itu yang sangat tertarik oleh YESUS. Dia berusaha mengadopsi YESUS dan memintanya pada yusuf

" anak ini sangat istimewa, garis wajahnya menandakan dia bukan anak yang biasa, dia seperti anak seorang bangsawan, bahkan lebih dari itu. Ijinkan aku merawatnya, sebab ia lebih pantas tinggal dalam kekayaan dan kemawahan daripada harus tinggal dalam kemiskinan seperti ini. Aku akan memberi berapapun uang yang kamu minta sebagai gantinya asal engkau mau menyerahkan dia pada pemeliharaanku"

Mendegar itu yusuf menjawab " Engkau keliru, justru dialah satu-satunya sumber kekayaanku dan kebahagianku. Sedetikpun aku tidak ingin jauh daripadanya. Berada bersama dia membuat aku berada dalam kesukaan abadi yang tak terbatas. Tidak aku tidak ingin kehilangan dia!"

“Benar katamu” kata orang kaya tadi. Dan akhirnya dia urungkan niatnya untuk memelihara YESUS.

Itu sih sebagian kisah yang sempat aku baca,

terus pada saat usia YESUS 12 tahun dimana dia berbicara dengan para alim ulama, diceritakan pada saat itu YESUS berbicara dengan banyak orang dari segala bidang. Bukan hanya ahli Kitab tetapi juga ada dokter, ada ahli astrolgi dan ahli apalagi yah… yang jelas mereka semua mau menguji kercerdasan YESUS. Dan YESUS oleh kehendak Bapa di Surga mau menyingkapkan kepada mereka semua hal yang ingin meraka tanyakan sesuai bidang2 yang mereka tekuni. Dan tidak ada satupun orang yang tidak takjub mendengar jawaban2 YESUS. Dan menurut buku itu segala hal yang YESUS katakan pada saat itu dicatat oleh orang2 di bait Allah. Jika memang ada catatanya mungkin hanya orang Yahudi yang tahu rahasia2 yang disingkapkan itu.

oks bung…terima kasih atas informasinya…

Alelluia…baru baca sepenggal itu saja saya sudah sgt senang sekali…alelluia…

maaf bung…kalo anda tidak keberatan…bisakah anda menanyakannya pd teman Katolik anda kembali buku judul buku itu…

sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimaksih atas waktu anda…

syalom…

kira2…tukang kayu disini artinya seperti apa ya…apakah tukang kayu yg pada umumnya membuat meja ,lemari dsb bung Aslan…??

oh ya…terimaksih ya sebelumnya atas waktu anda…

syalom…

Tukang kayu jaman dulu punya banyak sekali pekerjaan, bahkan membangun rumah pun menjadi pekerjaan mereka, bisa membangun kandang, kereta, peralatan rumah tangga dll…

Mengenai kisah2 tentang Yesus yang tidak berasal dari Kitab Suci, boleh2 saja dibaca sebagai tambahan, tapi bukan untuk di imani.

Sejak kecil, Yesus sudah menunjukkan ke-Ilahian-Nya. Ada pendeta yg pernah juga baca dari transkrip kuno yg sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris yang menulis bahwa dimasa kecilnya Yesus sudah bisa menciptakan burung dara dari gumpalan tanah liat. Hebat 'kan?

Luar biasa…Tapi sayngnya anda tidak mengatakan kepada saya judul buku tsb…

ada yg berkenan ngasih info pd saya…???

tidaklah hebat sama sekali bro, kalo cuma sekedar “sulap”

yang paling sangat hebat…

ketia IA “naik” ke atas SALIB, padahal tidak ada sesuatu kesalahan kecilpun yang bisa ditemukan padaNYA

KARYA TERBESAR dalam hidup manusia, pengorbanan MU, yang slamatkan Ku…

I ADORE U JESUS, so MUCH

GBU

Waduh kalo itu sudah jelasz luar biasanya bung Ton…tapi yg saya mintakan adalh informasi keberadaan Yesus selama kurun waktu dari umur 12thn -18thn…

ayo…ayo… lagi informasinyaaaaaa…

Yohanes 21:25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

anda benar bung…Tetapi jikalau Alkitab memang tidak dapat memuat seutuhnya,setidaknya informasi itu dapat disebarkan kepada dunia…

mengapa informasi yg seutuhnya mengenai Yesus hanya diketahui sebagian orang saja…Apakah Yesus hanya milik sebagian orang saja…??

ketidak_transparanan ini tentunya menimbulkan Tanda Tanya “(?)” besar bagi saya secara pribadi…

syalom…

young partizan,

Yang dimaksudkan dengan “sebagian orang saja” itu siapa?

mereka yg pada mulanya menyusun semua catatan2 mengenai riwayat Yesus…dan kemudian menjadikannya sebuah Kitab Suci…sayang sekali ke 18thnan Yesus lenyap ditelan bisunya waktu berlalu…

ini hanya pendapat saya bung Watchmen…