Dinamika Dunia Sejarah: Komunis =/= Ateis Diterima, Kristen =/= Penjajah Ditolak

bila Anda yg ngomongin sejarah pasti sering merasakan hal ini

seperti yg kalian semua tau bahwa 2 golongan di negeri ini memiliki 1 stigma sejarah yg buruk di tengah masyarakat
Ateis disebut Komunis
dan Kristen disebut Penjajah

tentu saja akibat dari stigma tersebut Ateis & Kristen segera membuat sangkalan2 terkait hal tersebut
contohnya
Ateis menyatakan bahwa ada pula golongan komunis beragama macam Aidit & Tan Malaka yg dikatakan masih menganut Islam
sementara Kristen menyatakan bahwa ada pula tokoh pahlawan dr golongan Kristen macam Uskup Soegija dan Pattimura

herannya kedua golongan tersebut mengalami nasib yg berbeda

bantahan dari Ateis diterima bahkan hingga umat beragama (bahkan Krispus pernah membenarkan bantahan tersebut)
namun bantahan dari Kristen ditolak besar2an

ditambah lagi, tuduhan Ateis=Komunis lebih sering kita temui bahkan di pelajaran Pancasila & sejarah mengenai Revolusi Indonesia
berbeda dgn tuduhan Kristen=Penjajah yg baru ditemui di sejarah mengenai Kolonialisme (itu pun kebanyakan baru mengenai gold, glory, gospel)

tentu saja seperti ada kemunafikan dalam hal ini

bagaimana tanggapannya saudara2 sekalian ?

silahkan kalo ada mau berargumen tentang sejarah

Ini bukan tentang sejarah, anda tidak paham apa itu sejarah.

Komunis sama dengan atheis adalah salah kaprah tidak ada dalam literatur sekolah.
Kristen sama dengan penjajah itu hanya sebuah caci maki didunia olok-olok Islam Kristen, bukan didunia nyata sehari-hari.

Anda bicara tentang hal apa sebenarnya?

Anda liat aja sendiri buktinya, silahkan cek 2 link yg saya kasih diatas sebagai contoh

ADA umat beragama yg membenarkan bantahan Ateis ≠ Komunis
tapi TIDAK ADA non-Kristen (apalagi Ateis) yg membenarkan bantahan Kristen ≠ Penjajah

Non Kristen maksud anda Islam??? Apakah ada Islam yang memuliakan Kristen dalam forum apa saja?

Bijaklah dalam melihat, menganalisa dan menyimpulkan.

Tidak ada athis yang tertarik dengan topik agama, tidak juga agama seberang mengakui peran dan pengaruh Kristen mewarnai dunia menjadikan dunia lebih baik. Penjajahan Eropa adalah bagian dari politik kerajaan Eropa. Apakah umat Hindu dan Budha tertarik membahas agama Kristen dan penjajahan? Tidak juga. Kalau tidak percaya cari dan tanyakan…

ISSUE DAN RUMOR DALAM SEJARAH KEHIDUPAN ORANG DUNIA MAU DI BONGKAR ATAU DITELANJANGI DI TRIT INI KAH…??

Apakah ada urgensinya bagi kehidupan orang beriman atau tidak beriman…??? Toh ujungnya sangat berbeda dan bertolak belakang loh antara atheis dan bukan atheis…

Jadi kayaknya ga penting-penting amat di telaah …wong.semuanya itu hanya rumor dan issue belaka…Tidak dapat dibuktikan secara ilmiah…bahkan hanya fitnah memfitnah disitu…!!

Salam…

Atheisme dan komunisme adalah dua hal yang berbeda, walaupun dalam hal tertentu ada kaitannya. Tidak semua atheis adalah komunis (di Amerika banyak artis, ilmuwan, dan tokoh2 penting yang atheis namun mereka sama sekali bukan komunis). Sebaliknya pun tidak semua komunis adalah atheis. Tan Malaka, yang disahkan sebagai pahlawan nasional, pernah berkata, “Di hadapan Tuhan aku seorang muslim, di hadapan manusia aku seorang komunis.” Gennady Zyuganov, ketua Partai Komunis Federasi Rusia, adalah seorang anggota gereja Ortodoks Rusia, dan kini partai yang dipimpinnya menjalin hubungan baik dengan Gereja Ortodoks Rusia.

Penyebaran kekristenan dan kolonialisme Barat memang dua hal berbeda namun terjadi bersamaan. Semboyan 3G (Gold, Glory, and Gospel) merupakan semboyan imperialis Portugis dan Spanyol, namun penjajahan Inggris, Belanda, Perancis dll tidak menggunakan semboyan tersebut. Namun perlu disadari, kekristenan disebarkan di negeri2 Timur, termasuk Indonesia, oleh misionaris Barat berkulit putih. Orang pribumi yang menjadi Kristen sedikit banyak berubah menjadi seperti orang Barat, misalnya dalam hal berpakaian, menamai anaknya, dan juga status hukumnya disamakan dengan orang Barat. Maka itu terkesan menjadi Kristen = menjadi orang Barat. Dan karena orang Barat sudah identik dengan bangsa penjajah, maka kesan berikutnya menganut agama Kristen = menganut agama penjajah.

Waktu pun berjalan dan banya orang Kristen yang turut serta berjuang untuk kemerdekaan bangsanya. Namun kesan sebagai agama penjajah itu tidak hilang dengan sendirinya. Pengidentikan kekristenan dengan penjajahan sudah begitu tertanam di hati anak2 bangsa yang beragama non Kristen, bahkan sadar atau tidak, mereka mewariskannya hingga generasi berikutnya.

@TS kalau mau bahas tentang sejarah apalagi sejarah yang tidak ada sangkut pautnya dengan Kekristenan
tempatnya bukan di FK ya

(dalam pantauan)

emangnya apa yg salah dgn trit ini ?
bukannya kemaren2 mbah.Sam bikin trit tentang komunisme yg disangkut-pautin ama Kekristenan juga boleh: Komunisme Rusia & China adalah buah dari bentrokan kekristenan di Europa. - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Non Kristen ya maksudnya org yg tidak menganut Kristen secara keseluruhan (tak hanya Islam, termasuk Ateis, Buddha, Hindu, dlsb)
nih, saya kasih contohnya dari orang Buddha: Pojokan Wirajhana: Gold, Glory and Ghost-Spell
dari orang Ateis juga ada: Christianity: History, Beliefs, Customs

Saya katakan bijaklah dalam melihat, menganalisa dan menyimpulkan.

Copas dan dimuat di blog bukan berarti itu pemikiran global semua umat Budha. Artikel yang disediakan merupakan materi ribut debat Islam Kristen sejak jaman lampau. Mencobasnya bukan artinya membahasnya dalam kaitannya dengan keyakinan agama Budha. Mengenal Budha, anda harus bertemu dengan orang Budha yang beribadah dengan sepenuh hati. Berbincanglah degannya dan dapatkan pandangan yang benar tentang Budha dan kepedulian mereka terhadap Kristen sebagai agama penjajah. Sebab ada sejarahnya juga agama Budha ikut menyebar karena perang penaklukan, demikian juga Islam disebarkan dengan pedang juga bukan olokan sebab tertulis dalam kitab-kitab mereka. Tidak ada satupun agama yang lepas dari politik.

Link pandangan atheis adalah tentang agama secara umum, dan secara khusus agama yang terbanyak disekitar dimana sang penulis hidup. Atheis itu bukan ada untuk memusuhi Kristen atau khusus memaki Kristen adalah agama para penjajah, tetapi atheis itu menolak konsep ketuhanan dan karena konsep itu dapat dijadikan kendaraan politik para penguasa.

Apa kaitannya topik ini dengan keimanan Kristen??? Kita semua sejatinya tahu apa jawabannya…

nah, itu dia yg saya permasalahkan
masalahnya meskipun dikatakan banyak tokoh pahlawan nasional beragama Kristen tetep aja mereka blunder dgn mengatakan “Udah segitu doang ? Sisanya yg jadi penjajah ribuan… sampe jutaan… selama 350 tahun…

& jg pernyataan yg justru dr yg bikin trit mengenai Ateis Bukan Komunis

nah, menurut lu Belanda = penjajah (yang lu pahami adalah semua jenis orang Belanda, bukan lembaga negara, bukan pula suatu kelompok) sementara menengok istilah "penjajah" dalam definisi tekstual sejarah kita adalah Hindia-Belanda, yang merupakan colonial state yang bertanggung-jawab langsung pada Pemerintah Pusat, yaitu Kerajaan Belanda...

jika, dan hanya jika, kita hendak membuktikan bahwa Kristen bukan agama penjajah dengan mengambil contoh 1 orang Belanda pro-Pribumi vs negara kolonial Hindia-Belanda, tidak akan memungkiri bahwa keduanya memang Kristen, individu dan badan berbeda indikator, kita tak bisa menyamakan kedua jenis indikator tsb, karena memang parameternya beda…
sehingga analisis harus dikenakan pada negara kolonial Hindia-Belanda…

kita sudah temukan asumsi bahwa penjajah adalah Hindia-Belanda, bukan Giovanni Van Bronkhorst ataupun Marco Van Basten yang dianalogikan seperti Franciscus Xaverius, apalagi Soegija, walaupun semuanya sama-sama Kristen…

padahal sama aja dgn ungkapan Ateis≠Komunis

kita juga bisa mengungkapkan pernyataan yg sama terhadap pernyataan mengenai komunis bukan Ateis:

“Udah, cuman Gennady Zyuganov, Tan Malaka, & Aidit doank. Selebihnya ratusan bahkan ribuan Ateis jadi dedengkot Stalin, Lenin, Mao Zedong, Kim Il-sung, Kim Jong-il, dan Kim Jong-un yg menganiaya umat beragama karena analisisnya BUKAN dikenakan pd individu macam Tan Malaka & Aidit doank, tapi juga negara macam Korut, Uni Soviet, & RRC, walaupun semuanya sama2 komunis”

maka dari itu saya katakan kalo org2 yg membenarkan ungkapan Ateis≠Komunis adalah munafik krn pd kasus yg sama (penyataan Kristen≠Penjajah) justru mereka tolak

Topik yang terkait Mengapa kekristenan identik dengan Barat? - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Penjelasan mengapa ada pandangan Kristen sama dengan Penjajah di Indonesia, silahkan lihat juga disini Mengapa kekristenan identik dengan Barat? - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

ngomong2, atas hal apa pula member2 kristen disini ngebelain bantahan Ateis≠Komunis ?

bukannya sebagai org kristen kalian jg sering ngeliat tentang penganiayaan komunis terhadap org kristen terutama di Laos, Korut, & RRC yg tentunya sangat membuat sakit hati. tp herannya kalian masih aja ngebelain sangkalan Ateis tersebut.

Apakah anda Kristen???

Ini dasar kami:

Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Tulisan anda sangat provokasi sekali!

lu tanya sama orang bule jerman deh…
apakah lu percaya sama tuhan? maka jawab si bule jerman, “Hari gini masih percaya kepada TUHAN”, bukankah “TUHAN itu hanya untuk orang miskin”. wahahaha… “TUHAN itu buat mujizat buat orang miskin dan membutuhkan pertolongan”. Masuk akal juga pandangan orang atheis yang modern. Mau apa? pergi tinggal naik pesawat sampai, mau apa lagi tinggal ini itu dengan teknologi dapet.

lu balik tanya kepada si miskin …
apakah lu percaya sama TUHAN? maka jawabnya “dari dulu sampai sekarang gue teriak2 minta Tolong sama TUHAN sama saja gue tetep gini”. gak ada seorang kristenpun yang menolong saya.

masuk akal juga … orang menjadi atheis karena kebanyakan akal.

==========================================================================

suatu ketika perjalan melalui perkebunan, sangat lapar sekali. ada banyak pohon mangga, tapi sangatlah tinggi mangganya. Aduh … tinggi sekali … males manjatnya.
eh … liat disekeliling banyak mangga matang jatuh. ternyata monyet yang makan tidak sampai habis.
sangking laparnya tidak kuat makanlah mangga yang dimakan monyet tersebut.

sangat puas dengan makan mangga. walaupun bekas monyet.

mangga =/= monyet. identik dengan kristen =/= penjajah.