dipanggil jadi nabi

nih bos… beberapa mgg yg lalu saya di panggil TUHAN dan diurapi dengan karunia nubuatan alias kenabian…
awalnya g ragu, tapi eh beneran tiap kali g bdoa bagi teman2 g selalu bisa bernubuat buat mereka.
tapi bro kadang g merasa g takut dan ragu dengan kemampuan saya untuk “memikul” tanggung jawab ini karena g merasa g orannya lemah banget, gampang jatuh dalam dosa apalagi g tidak pinter bicara…

teman2 kan tau jadi seorang nabi tanggungjawab gak gampang, saat kita doakan orang kita harus kudus 100% kalo gak kita bisa kena sendiri alias kita jadi makanan si jahat (serangan balik) dan blm lagi kita bisa2 nubuatkan yg gak bener. makin parahlah keadaan orang yg kita doaakna… uhh pusing dehhhhhhhh

“Dipanggil jadi nabi.”
Nabi ~ itu menurut sy sebutan sebelum Yesus lahir yah :coolsmiley:(tlg dikoreksi kalau salah :coolsmiley:)
Dimana “biasanya” mereka menyampaikan nubuatan yang harus digenapi, terutama hal2 yang menyangkut kedatangan Mesias

Ttp setelah itu sebutannya bukan lagi sbg nabi melainkan rasul ,murid murid Yesus.

Dan menurut saya ( hasil penyerapan FT yang sy baca) kususnya kitab Wahyu, dimana tidak ada tambahan nubuatan lagi yang ada hanyalah peneguhan nubuatan yang ada dlm Alkitab.

Re 22:18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.

Menurut panggilan, bahwasannya setiap orang percaya memang dipanggil dr kegelapan menuju terang Tuhan tujuannya spy “memberitakan” perbuatan Tuhan yang ajaib.

1Pe 2:9-10 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

awalnya g ragu, tapi eh beneran tiap kali g bdoa bagi teman2 g [i][u]selalu bisa bernubuat [/u] [/i] buat mereka.

Seorang nabi Tuhan di zaman dulu, apakah itu dr Tuhan ato bukan diciri cirikan oleh Tuhan demikian :coolsmiley:

De 18:22
apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."

.......dan blm lagi kita bisa2 nubuatkan yg gak bener. makin parahlah keadaan orang yg kita doaakna.. uhh pusing dehhhhhhhh

Mendasar pada ayat De 18:22 jika “nubuat” itu ngga bener berarti bukan nubuat donk
ttp “lubuat” (he…he… tolong koreksi kalo salah :coolsmiley:)

intinya sih bukan nabi tapi karunia nabi gt…

ingat kan dengan 5 jawatan gereja :
NABI, GURU, GEMBALA, RASUL, PENGINJIL

NAH itu dia maksud g, jadi g diberi karunia nubuatan, kadang2 untuk nubuatkan seseorang suara dari TUHAN bisa kecampuran suara hati kita sendiri, nah itu dia yang bermasalah kalo salah bedakan

@ alice : lubuat ? hehehe… istilah bagus tuh buat para nabi yang telah bernubuat namun…

Nubuatan atau ramalan? menurut black ant kalau tidak berguna untuk membangun iman semua orang percaya apa gunanya?
dan itu bukan nubuat tapi nur buat eh salah ramalan

hebat euy seekor semut bisa menulis hingga sebesar gajah ^^

… makanya alice bilang lubuat, gimana se ?

Sebuah firman ketika dsampaikan harus mnimbang :

  1. Arti
  2. Kapan
  3. Strategi

Semuanya itu datang dr Tuhan.

Bila Bro dbri nubuat sbg nabi,
Yg plu dpikirkan adl :
Nabi dlm hal apa, dmana dan kapan.

Daud saat diurapi mjadi raja tidak lgs mjadi raja.
Ia tunggu puluhan tahun sblm benar2 jadi raja.

Bgitu juga Abraham dan Yusuf.

Tuhan Yesus mberkati…

Karunia Nabi masih berlaku sampai saat ini :slight_smile: orang2 yang memiliki karunia ini kadang disebut org2 profetik, aku pernah dan sedang mengikuti pelatihannya sampai saat ini, mungkin bisa sedikit share :wink:

Nabi /kenabian, memiliki sifat sbb:

  1. mendengar, melihat dan berbicara seperti nabi
    2 mempunyai kehidupan/pengalaman seperti nabi
  2. seperti nabi, yang dikhususkan Tuhan untuk maksud dan rencanaNya

Namun panggilan nabi bukanlah panggilan yang bisa dibuat2 oleh manusia/direkayasa, panggilan seseorang atas jawatan nabi haruslah melewati peneguhan sbb:

  • Oleh Tuhan Sendiri (Yer 1:5, Gal 1:15)
  • Seiring Waktu (Amos 1:1, I kor 3 :13)
  • Diteguhkan melalui doa dan menumpangan tangan ( 1 Tim 1:18, 1 Tim 4:14,15)
  • Disaksikan olh mereka yang ada dlm jawatan pelayanan (Gal 1:22,23;Gal 2:1-9)

Jadi apabila kamu diteguhkan itu baik adanya… tp yang hrs di awasi adalah kalau kamu sendiri yang mengaku-aku berkarunia sebagai nabi tanpa adanya peneguhan, biasanya org yang tidak maulah yang terpilih sebagai nabi…

Orang yang berkarunia nabi harus bekerjasama dengan jawatan lain…dia tidak bisa berjalan sediri, exclusive, tidak mau bergaul dan terpisah, dia juga harus orang yang sudah dewasa…bukan orang yang masih muda dalam usia…sebab… karunia ini diasah sepanjang waktu… dan timbul pada saatnya Tuhan tentukan, dengan peneguhan dan syarat2 diatas.

GBU :slight_smile:

aku pernah dan sedang mengikuti pelatihannya sampai saat ini
sis pelatihan apa nih? bisa di perjelas?

Kingdom Army Profetic school :wink:

Hati-hati Bro

Kalau anda mengaku Nabi dan ternyata salah , konsekwensinya tidaklah ringan. Tidak perlu mendiskusikan sesuatu yang tidak dapat dijustifikasi. Toh Seorang Nabi juga tidak butuh “pengakuan” dari member forum ini jika Tuhan sudah menentukan.

Memang kalo pengakuan dr member forum ini mah ga perlu :char11: … tp karena apa yang dari Tuhan haruslah diuji untuk mencegah penyesatan…gitu loh Bro yang siiimmmpleee bgt :tongue:

Ingat ini juga, semakin besar tanggungjawab kita semakin senang kita menyimpang dari tanggungjawab itu. Samalah seperti semakin tinggi kita daki semakin senang kita jatuh. Dan kalau dah jatuh memang parah. Oleh itu berdoa sentiasa minta pertolongan oh Kudus dalam nama Yesus. Nescaya anda akan mampu bertahan.

wew nabi… saya penegn jadi orang biasa aja…yang 100% percaya sama Tuhan kita Yesus Kristus sang penyelamatku…

[quote author=alice link=topic=7254.msg75111#msg75111 date=1239095622]

aq kasih saran…gmn kl kamu bw doa puasa…ambil wktu lbh banyak u brtanya tentang Karunia yg ada padamu…kl kamu serius mau dipakai Tuhan…sebaiknya persiapkan semuanya dari sekarang…JBU

Sila komen 'guebuat’di bahagian coret coret ya? :smiley:

jujur, gw g gtu perduli dgn “sebutan2 apalah namanya”. sbab mnurut gw yg terpenting bagaimana qt hidup seturut dgn firmanNya.

sebaiknya jangan ngaku2 nabi, coz itu g guna * g bermanfaat positif, hanya akan menciptakan pikiran yg melambung tinggi, bhakan bisa saja kesombongan. so, berbuat baiklah yg terlebih dr sekedar pengakuan. semua pasti akan d’nyatakan kelak.

God bless Us…

Karunia untuk bernubuat bukan berarti “diberikan” jabatan Nabi loh… dan untuk jabatan Nabi itu sendiri ga maen2 butuh proses juga yg panjang, dan butuh konfirmasi juga dari Nabi lainnya, mungkin di Indonesia jabatan itu sedikit banget…

gini aj sis…spya kmu ga bingung… pasti kmu punya otoritas rohani kan? konfirm aja ke dia mengenai kondisi kmu… kalo pun kmu sekarang “termasuk” dalam kegerakan “kenabian” yg membawa suara kenabian…ikuti aja dinamikanya dan memang ada tanggung jawab yg lebih… dan ada Tuhan yg mengerti, Ia tidak akan membuat kita bingung kok… seiring waktu kmu pasti nemuin jwbanya sndiri sis…

dan buat kita semua…lebih berguna bagi sis Shu…jika kita tidak menghakiminya… terlepas dari kebelumpahaman kita ttg ini…baiknya kita saling mendukung, menguatkan, kalaupun kita harus menegur…tidak dalam forum terbuka seperti ini… baiknya 4 mata saja…

JLU

Shalom,

Boleh beri uraian yang lengkap/komprehensif, teratur dan jelas berdasarkan Alkitab bahwa setelah zaman para rasul masih ada nabi atau nubuat-nubuat?

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

Kalau bisa beri kesaksian sis tentang nubuatan2 yang Tuhan berikan pada sis, dan kapan dan siapa saja yang menyaksikan nubuatan itu, supaya kita2 bisa memberikan pertimbangan2. Karena alkitab mengatakan nubuat harus diuji, apakah sesuai dengan alkitab atau tidak.