Diskusi mengenai akhir zaman

Selamat siang agan-agan sekalian.
Sebelumnya maaf ya kalo saya ada salah atopun trit serupa sudah pernah ada.

Jadi begini ceritanya…
Agan-agan tentunya tahu kan ada firman yang mengatakan bahwa hari kedatangan Tuhan itu seperti pencuri, cuman Bapa yang tahu, bahkan Anak pun tidak tahu(kira-kira inti nya seperti itu, ayat akan saya sertakan nanti, karena sekarang saya onlen lewat hape)

Jadi, menurut agan-agan dimari, bagaimana tanggapan nya? Karena menilik bahwa belakangan ini mulai banyak hamba-hamba Tuhan yang mengklaim bahwa mereka diberi tahu “Tuhan” mengenai kapan hariNya itu akan terjadi.

Kalau menurut tanggapan saya pribadi, saya tentunya tidak akan percaya dengan hamba Tuhan dan nubuatan tersebut, karena firman sendiri berkata begitu. Dan saya lebih memilih daripada harus memusingkan kapan hariNya itu tiba, saya lebih fokus bagaimana saya jaga hidup saya kudus tanpa melihat kapan hariNya.

Mohon berikan pendapat agan, dan no flaming please, kita diskusi baik-baik ya gan.

Sekali lagi maap kalo saya ada salah.

betul sekali,tugas anak2 Tuhan adalah berjaga-jaga & ga perlu ngeributin kapan hari-Nya tiba.kedatangan Tuhan yg seperti pencuri hanya berlaku utk orang2 yg tidak beriman,krn orang yg betul2 takut akan Tuhan pasti akan siap kapanpun Dia datang(biarpun tidak diberi tahu waktu detilnya) & menyambut gembira kedatangan-Nya.

Masalahnya banyak orang sudah rindu terlepas dari keadaan dunia yang makin menakutkan jadi berharap Tuhan cepat datang.

Dan memang Tuhan memberi ciri2 kedatanganNya jadi terkadang orang saking rindunya, terjadi seolah2 mendengar suara Tuhan.

Saya setuju sekali dengan agan nich… Banyak juga teman-teman saya yang tanya, kira2 bener gak ya nubuatan si A ato si B, mengenai kedatangan Yesus yang ke dua, tapi saya selalu jawab, “terlepas bener ato tidak, percuma aja km tau waktunya tapi gak siap” atau kadang juga saya bilang, “ya enak donk kalo tau waktuNya, kalo gitu skrng saya ngerampok aja biar punya duit banyak, bisa seneng2, ntar kalo waktunya deket baru saya tobat”, hahaha

Brrti yang dapat saya tangkap dari comment agan adalah bahwa orang2 yang bernubuat/bersaksi/berkotbah mengenai tanggal terjadi pengangkatan itu cuman “salah dengar” ya gan?

ga yakin juga sih,tp klo dr kasus yg sudah2 kan banyak orang2 yg “salah dengar”.sebelum2 ini sudah banyak kan orang2 yg berusaha meramalkan/menubuatkan kedatangan-Nya(sampe bikin sekte segala) tp ternyata meleset semua tuh(yg sekaligus menggenapkan Firman Tuhan bahwa tidak ada seorang manusia pun yg tahu kapan hari-Nya).

Bener gan, dari yang sudah-sudah sih memang banyak banget orang yang menubuatkan mengenai akhir jaman dan selalu meleset. Pertanyaan saya, udah tahu gitu kok masih banyak aja yang meramalkan hal itu, itu yang bikin saya bingung, entah mereka emang dapet pewahyuan dari Tuhan ato juga “salah dengar”. Dan dengan begini pertanyaan saya yang semula masih saja tersisa, bener gak sih ada yang “dikasih tahu” waktuNya? Hehe

"Tidak ada yang tahu kapan harinya dan jamnya, malaikat-malaikat di surga tidak, Anak Allah pun tidak, hanya Bapa saja yang tahu. (Mat 24:36)

klo Firman Tuhan sendiri udah ngomong begitu sih menurut ane manusia tidak akan tahu menahu persisnya kapan(alias cuma bisa menerka-nerka ga karuan).

Kalau isinya sampai bisa menunjukan waktu ya salah dengar gan, maklumlah gan namanya manusia itu memang penuh kesalahan. Saya juga rindu cepat2 bersama Tuhan gan tapi takut mengalami pengalaman2 yang diceritakan dalam matius 24 dan kitab wahyu.

Salah denger ini masalah serius, trs yang salah pendengarnya atau pembisiknya? Herannya manusia jaman sekarang tidak kunjung jera utk percaya kepada wahyu2 palsu yg sudah berkali2 meleset dan masih saja percaya akan adanya wahyu2 baru lagi terkait akhir jaman?

ah… jangan terlalu dibawa serius mas…

namanya juga orang jualan… namanya orang usaha… yah… rejeki udah ada yang ngatur sih mas…

dimaklumi aja sih mas…

coba mas bayangkan…
kalau saya mem blow up tentang bhw… tgl sekian-sekian bakal akhir jaman / kiamat / armagedon / apa lah yang serem-serm gitu…

terus apa mas lanjutannya?
“inilah kesempatan kalian terakhir untuk bertobat… untuk segera mendekat kepada Tuhan… bla…bla…bla…
jangan sampai mendekat melalui tempat yang salah & tidak murni… hati-hati kejeblos ke neraka…”

terus apa lagi lanjutannya…
“gereja XXX inilah yang paling benar & murni & paling sesuai firman tuhan dalam rangka semakin mendekat”

apa lagi ya…
“menjelang akhir jaman… harta materi sama sekali tidak ada artinya…
buat apa kamu menumpuk uang di bank / di rumah… ketika kiamat semua tak berarti…”
yang intinya…
“sumbangkanlah untuk Alphard agar Tuhan Yesus kalo mau ke gereja kita kagak kepanasan…”
“sumbangkanlah untuk calon generasi penerus penggembala kalian yang perlu belajar di univeristy of Miami atau Hawaii… agar mumpuni semangat penggembalaan dan pengorbanannya…”

yah… gitu lah kurang lebih… udah pada sering denger kan…

btw,
di thread lain yg mirip…
saya sempet ngajakin Tarohan… 1.000 perak juga gakpapa…
“Saya merasa yakin bahwa Kiamat / Armagedon / Akhir Jaman / apalah yg serem-serem itu TIDAK AKAN PERNAH benar-benar SAMPAI”

silakan yang mau bet… pro atau kontra… monggo…

Hehehe… jujur saya tertawa baca penjelasan anda bro! Kok bisa sampai segitunya yah? Kasihan juga mereka yg lemah imannya dan percaya akan wahyu2 palsu.

Saya sering berpikir sebenarnya banyak yg tidak sadar bahwa dirinya juga kerap berprilaku YUDAS, yaitu menjual Firman demi kepentingan diri, mungkin bisa lebih buruk lagi dari YUDAS ISKARIOT meski YUDAS ISKARIOT menjual firman dia tidak menggunakan demi kepentingan dirinya, dia malah jatuh dan menyerahkan diri dalam dosa keputusasaan.

skrng trennya klo orang ngimpi sesuatu tentang armageddon/akhir jaman/bencana langsung diklaim sebagai wahyu dari Tuhan??

itu ayat yang saya maksud gan, hanya itu yang jadi pegangan saya sih, kan semua harus kembali diuji dengan firman nya, hehe

btw multi quote nya gimana nih, mau multi quote kok susah ya, wakaka

Mimpi dan penglihatan adalah sebuah bentuk pelayanan profetik. Keduanya sama-sama dikerjakan oleh Roh Tuhan, bedanya mimpi terjadi di saat tidur, sementara penglihatan terjadi saat terjaga.

Mimpi profetik selalu mempunyai arti rohani. Tuhan juga dapat berbicara lewat mimpi. Justru Firman Tuhan menegaskan bahwa mimpi dan penglihatan adalah pekerjaan ROH KUDUS:

KPR 2:17 Akan terjadi pada hari-hari terakhir–demikianlah firman Allah–bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.

Jadi pelayanan Roh yang dimaksud dalam ayat ini adalah pelayanan profetik. Profetik bisa disampaikan langsung (perkataan nubuatan) ataupun lewat mimpi dan penglihatan. Inti pelayanan profetik, yaitu menyampaikan isi hati, pikiran, kehendak, teguran dan juga rencana Allah atau Visi.

Mimpi profetik memang terkadang mengungkapkan sesuatu yang bakal terjadi atau ramalan. Ambil contoh mimpi profetis dari Yusuf. Yusuf bermimpi sampai dua kali-yang pada intinya adalah sama.

Artinya Allah serius bahwa hal-hal yang disampaikan dalam mimpi itu bakal terjadi.

Orang yang tidak mengalir dalam pelayanan profetik, biasanya menghakimi sebuah nubuatan lewat mimpi jika tidak terjadi… Sama seperti saudara-saudara Yusuf yang berkata “Lihat, tukang mimpi kita itu datang!

Sekarang, marilah kita bunuh dia dan kita lemparkan ke dalam salah satu sumur ini, lalu kita katakan: seekor binatang buas telah menerkamnya. Dan kita akan lihat nanti, bagaimana jadinya mimpinya itu!” Ketahuilah semakin gencar musuh berusaha melenyapkan penggenapan mimpi profetis, semakin mungkin mimpi itu menjadi kenyataan! Itu sudah hukum Surga.

Emang selalu begitu. Tapi mengenai waktu Tuhan, siapa yang tahu? Abraham harus menunggu puluhan tahun dan Yusuf harus bertahan belasan tahun. Abraham sampai tua renta (hampir tidak mungkin lagi janji profetis itu terjadi), sementara Yusuf harus mendekam di penjara (makin memburuk, tidak mungkin lagi).

Semakin tidak mungkin itu menurut perhitungan manusia, semakin memburuk kelihatannya, maka semakin mungkin bagi Allah, semakin segera Allah menggenapi! Namun, tetap, mengenai waktu Tuhan, siapa yang tahu?

Apakah orang yang mendapat mimpi adalah orang yang sungguh dekat dengan Allah? Belum tentu!

Mendapat mimpi profetis sama sekali bukanlah ukuran dari kerohanian. Ingat di alkitab bahkan Firaun dan Nebukadnezar mendapat mimpi yang bersifat ramalan. Darimana mimpi itu berasal? Dari Tuhan.

Tapi bukankah Firaun dan Nebukadnezar adalah orang fasik dan penyembah berhala? Benar. Jadi, mendapat mimpi sama sekali bukan menunjukkan ukuran hubungan dengan Tuhan.

Firaun mendapat ramalan (dari Tuhan) tentang 7 tahun masa kelimpahan dan 7 tahun masa kelaparan hebat… Nebukadnezar mendapat ramalan dari mimpinya tentang masa depan kerajaannya yang diartikan oleh Daniel. Alkitab mencatat bahwa sebelum menerima artinya dia gelisah banget dan mendesak ingin mengetahui artinya. Tahu kenapa? Sebab memang mimpi itu berasal dari Tuhan. Tuhan sedang berurusan dengan Nebukadnezar dan memberikan ramalan tentang masa depan kerajaannya.

Apa tujuan mimpi yang bersifat ramalan?

Peringatan. Jelas itu suatu peringatan supaya kita waspada terhadap apa yang bakal terjadi. Kalau itu musibah, supaya kita menghindarinya. Bicara mengenai kematian, ingatlah satu-satunya alasan kenapa kita masih hidup adalah karena masih ada pekerjaan Tuhan yang harus kita lakukan di bumi.
Persiapan. Supaya kita melakukan persiapan yang perlu menghadapi apa yang telah dinyatakan dalam mimpi. Misalnya Kerajaan Mesir berhasil melalui 7 tahun kelaparan hebat berkat hikmat dari Tuhan melalui Yusuf. Semua ini tadinya diawali dengan mimpi dari Firaun sendiri.

Penginjilan. Allah ingin menyatakan kebesarannya supaya seluruh dunia tahu bahwa Dialah Tuhan semesta alam. Seperti ucapan Nebukadnezar, “Sesungguhnyalah, Allahmu itu Allah yang mengatasi segala allah dan Yang berkuasa atas segala raja, dan Yang menyingkapkan rahasia-rahasia.”

Pertobatan. Saat mendapat ramalan tentang bencana yang harus dilalui, misalnya kematian, jelas sekali bahwa tidak ada jalan lain kecuali bertobat dan datang kepada Tuhan. Allah mau kita berbalik mengasihi Dia. Berserulah kepada Tuhan. Perhatikan, ini rahasianya: Allah memang Maha Besar, namun Dia Maha Pengasih juga, Dia sangat menagsihi kalau ada orang berdosa yang tulus mau berubah dan bertobat, berseru minta tolong kepada-Nya. Pasti Tuhan ampuni. Dialah Allah yang murah hati, penuh kasih setia dan penyayang.

Motivasi, dorongan. Yusuf tahu bahwa suatu hari nanti dia bakal jadi seperti yang diramalkan dalam mimpinya itu. Itulah yang memotivasinya. . Yang pastiItulah yang membuat dia bertahan… Mimpi hanyalah salah satu sarana-Nya kita harus tetap hidup sesuai dengan firman-Nya.

Saya setuju dengan agan…mnurut saya tidak mungkin orang bisa tahu kapan waktuNya… Yang ada itu, orang tau tanda2 akhir jaman…
Tenang aja gan, saya percaya kok saat kita berserah padaNya, everything is gonna be alright. Hehe

Coba baca I Tesalonika 5:1-6
5:1 Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu,
5:2 karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.
5:3 Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman – maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin – mereka pasti tidak akan luput.
5:4 Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri,
5:5 karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.
5:6 Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar.

IMO, Dari ayat2 itu, bagi org2 percaya kedatangan Tuhan tdk spt pencuri, karena sdh dpt melihat tanda2nya dan selallu berjaga2 dan sadar (ayat 6)
Walau waktu hari kedatangan-Nya secara pas tdk bisa tahu, tapi sdh siap, jadi tdk spt kedatangan pencuri.
GBU

Allah itu Allah yang adil…

gak mao kayanya sperti razia Lantas akan adanya Razia dan tilang besar besaran… sehingga setiap sopir dan pengendara motor mempersiapkan surat suratnya…

gak mao, sperti sang empunya Rumah, bersiap siap membawa pentungan karena telah tahu pencuri akan datang…

dan orang orang yang setia harus bahagia kalo ternyata ia didapati setia dalam Iman nya… seprti ibu ibu yang mengandung, dan hendak melahirkan, mereka merasakan sakit yang menyakitkan… hingga akhirnya persalinan itu pun selesai… mereka tetap setia…

itu buktinya Ia Allah dan Tuhan… sebab Ia yang empunya Hukum…

Penting untuk dimengerti mengenai akhir zaman, sebab

  1. bagian penting dalam alkitab, mengenai akhir zaman,

  2. ini adalah kehendak Tuhan. Sudah diingatkan dalam

Mat 24 : 25 Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. Supaya jangan tersesat, bahkan celaka

Mark. 12 : 24 Jawab Yesus kepada mereka: "Kamu sesat, justru karena kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah. Kalau kita mengerti, maka kita tidak akan kuatir atau takut dan tahu, bagaimana bagaimana kita harus menghadapi hari hari yang penuh dengan peristiwa yang dasyat dan berbahaya ini.

Yang perlu diketahui tentang akhir zaman :

Apa yang terjadi??
Rahasia akhir zaman dalam alkitab akan dibuka oleh Roh Kudus dengan jelas, tetapi akan banyak nabi palsu yang menyesatkan dan membinasakan orang yang tidak mengerti.

Mat 24 : 4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!

24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang

24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang

24:23 Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.

24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.