DISKUSI SOAL ARWAH ORANG MATI DI BUMI

Shallom FK’ers

Saya buka thread ini bukan mau membahas doctrine purgatory atau mendoakan orang mati.

Saya ingin bertanya tentang arwah orang mati yang bisa merasuki tubuh manusia atau gentayangan. Singkatnya apakah arwah orang mati yang gentayangan itu sama dengan setan?

Di layar tipi, kan banyak tu acara yang serem2. Misalnya ada penjara bekas Belanda. Di situ dibilang banyak arwah2 yang mondar mandir, lalu menangis, dll. Pokoknya yang seram2.
Kadang ada yang sampai kesurupan.

Di Alkitab ada larangan untuk memanggil arwah dan bertanya2 kepada mereka soal ramalan. Apakah itu bearti arwah orang mati bisa dipanggil? Atau arwah mereka gentayangan karena tidak diterima di surga ataupun neraka?
Di PB, kita sering membaca Yesus mengusir roh jahat/ roh iblis yang masuk ke dalam tubuh manusia. Apakah roh iblis/ roh jahat itu sama dengan arwah orang mati yang penasaran?

Lalu di Indonesia kan akrab banget tuh sama hal2 yg magis.
Seperti : rumah ini ada "penunggu"nya lho, atau wanita yang dibunuh di jalan ini sampai sekarang masih menghantui jalan ini, dll. Dan kadang memang ada rasa seram kalau lewat jalan atau rumah bekas pembunuhan. Itu cuma perasaan atau memang keberadaan “arwah” yang tak terlihat itu menimbulkan perasaan ngeri/ takut?
Dan saudara kita (agama seberang) suka banget bikin acara di tipi tentang hal2 magis itu. Dan mereka banyakan bilang itu arwah yang masih penasaran, jin, pocong, atau siluman.

Apakah arwah penasaran itu ada di ajaran Kristiani?
Apakah praktek exorcist di Kristen itu mengusir arwah gentayangan atau roh iblis?

Saya bingung membedakan roh jahat/ iblis dengan arwah penasaran atau setan…

Mohon pengarahan dari para sesepuh di sini…

P.S saya menanyakan ini karena adik saya yg br Kristen bertanya ttg acara2 di tipi tentang “setan” tsb. Apakah di Kristen hal2 magis itu dipercayai atau tidak.

Thanks.

setahu saya roh manusia kalo sudah mati kembali pada Allah,
jiwa orang mati berada di Dunia Orang Mati, saat kebangkitan nanti jiwa2 orang mati ini akan diberikan roh kembali namun bukan menggunakan tubuh yang sekarang melainkan Tubuh Kemuliaan, jiwa2 orang mati yang dibangkitkan inilah yang tetap tidak berubah sehingga kita masih mengenal siapa2 saja teman dan keluarga kita saat dibumi (reff. Lasarus dan Orang Kaya)

dalam Alkitab, Tuhan Yesus mengusir roh jahat tidak pernah mengatakan roh itu adalah roh seseorang, dari situ saya mengambil kesimpulan roh jahat itu adalah antek2 nya si ular minyak, bukan roh manusia

Salam :slight_smile:

jadi arwah gentayangan itu cuma “produk” cerita rakyat ya?
Kalau di Kristen, istilah “arwah gentayangan” itu tidak pernah ada kan?

Kalau misal ada penampakkan “arwah” mirip si korban terbunuh (dari cerita), dan disertai misalnya, ketawa “kunti” atau tangisan, apakah “mahluk” itu?
Di Indonesia kita kenal ada setan pocong (bukannya yang dipocong itu manusia yg mati kan ya?), tuyul, gendruwo, dll… apakah itu masuk sebagai Roh Iblis?

Maaf saya agak penasaran soal hal ini.
Soalnya dibilang ga ada, tapi ada. Dibilang ada tapi ga ada.

Misalnya dari kisah kesaksian seseorang (maaf saya tidak mau sebut nama) yang convert dari agama seberang ke Kristen. Dulunya dia seorang yang suka ilmu gaib. Dia bisa pergi ke alam siluman, gendruwo, dan setan, dengan melepaskan roh dari jasadnya (semacam “babi ngepet”).
Dan saat jalan-jalan ke alam yang “di luar hidup manusia” tsb, dia tiba di suatu alam yang sangat indah, yang sama sekali beda dengan alam-alam mahluk di atas. Di situlah dia bertemu Yesus.
Saya tidak akan menceritakan kisah kesaksiannya.
Tapi, dari kesaksiannya tersebut, bearti adanya mahluk “seram” di luar dunia manusia itu ada bukan?
Kalau dikaitkan ke Alkitab, golongan “mahluk” apakah mereka?

seharunya begitu

Kalau di Kristen, istilah "arwah gentayangan" itu tidak pernah ada kan?
banyak juga yang percaya hal itu
Kalau misal ada penampakkan "arwah" mirip si korban terbunuh (dari cerita), dan disertai misalnya, ketawa "kunti" atau tangisan, apakah "mahluk" itu? Di Indonesia kita kenal ada setan pocong (bukannya yang dipocong itu manusia yg mati kan ya?), tuyul, gendruwo, dll.. apakah itu masuk sebagai Roh Iblis?

Maaf saya agak penasaran soal hal ini.
Soalnya dibilang ga ada, tapi ada. Dibilang ada tapi ga ada.


jangankan nyamar jadi si korban atau almarhum orang tua kita, mereka bahkan bisa nyamar jadi malaikat terang loh non :wink:

Misalnya dari kisah kesaksian seseorang (maaf saya tidak mau sebut nama) yang convert dari agama seberang ke Kristen. Dulunya dia seorang yang suka ilmu gaib. Dia bisa pergi ke alam siluman, gendruwo, dan setan, dengan melepaskan roh dari jasadnya (semacam "babi ngepet"). Dan saat jalan-jalan ke alam yang "di luar hidup manusia" tsb, dia tiba di suatu alam yang sangat indah, yang sama sekali beda dengan alam-alam mahluk di atas. Di situlah dia bertemu Yesus. Saya tidak akan menceritakan kisah kesaksiannya. Tapi, dari kesaksiannya tersebut, bearti adanya mahluk "seram" di luar dunia manusia itu ada bukan?
mungkin memang ada ilmu gaib yg bisa melepaskan roh, saya pernah dengar itu dari Daud Tony persisnya saya tidak tahu, tapi saya percaya jika sudah mati(ulangi : jika sudah mati), roh tidak gentayangan melainkan kembali pada Allah
Kalau dikaitkan ke Alkitab, golongan "mahluk" apakah mereka?
roh jahat

Salam

@kk Manwell

Thanks a lot buat jawaban yang super jelas tersebut.

Jadi jelas acara di tipi soal arwah yang merasuki jasad manusia hidup sampai manusianya loncat2 ga karuan. itu hanya akting dan mau promosi kalau mereka bisa berbicara dengan dunia “mati”, bahkan menjadikan “mahluk” tsb layaknya pembantu.

Another story :
Dulu Kakak tiri saya (laki-laki) suka sekali berguru sama dukun. Dan oleh dukun tersebut, kakak saya dikasi “penjaga” 2 ekor. Tiap jam 7 malam, kakak saya meditasi sendirian di kamar, lalu terdengar dia mengobrol.
Pernah pada suatu malam, adik saya (waktu itu dia masih kelas 1 SD) langsung membuka pintu kamar kakak saya (saat itu saya sedang berada di depan kamar kakak saya dan menonton tipi) saat kakak saya menjalankan "ritual"nya. Kakak saya langsung mendorong adik saya sampai adik saya keluar, lalu langsung membanting pintu.

Nah di sinilah keanehan terjadi. Tiba-tiba tangan adik saya seperti ditarik “seseorang” (padahal tidak ada siapapun, kecuali saya yang lagi duduk), tubuhnya terseret dengan tangan kanan menjulur. Saya segera berdiri dan akan menarik tangannya yang satu lagi. Tapi adik saya tiba-tiba langsung seperti dibanting, dan kepalanya membentur ubin dengan sangat keras, dan pingsan dengan busa keluar dari mulutnya.
Saya langsung teriak dan menggendong adik saya (sampai saya tidak peduli dengan tubuh cungkring saya, sedangkan adik saya cukup gemuk :D) ke mobil dan meminta kakak saya (yg suka ritual tsb) untuk mengantar ke RS.

Sampai di RS, adik saya masuk ICU (masih tak sadar), dan saya dengan menangis bercerita hal yang “aneh” tsb kepada dokter. Dokter dan suster jelas tidak percaya cerita saya. Dokter hanya bilang : “Adikmu kena epilepsi sepertinya.”

Kalau kejadian itu berhenti di situ, saya tidak kuatir. Tapi setelah kejadian tsb, adik saya bisa kadang-kadang “membatu” dan seperti di alam lain (tak sadar). Misal dia lagi bercanda sama saya dengan posisi tubuh berdiri, tiba-tiba dia “membatu” dlm posisi tsb, lalu jatuh dan tak sadar (tidak mengeluarkan busa di mulut).
Jadi adik saya sering keluar masuk rumah sakit, dan dokter sama sekali tidak menemukan penyakitnya.
Pernah hari itu sampai adik saya tidak bernafas. Dan saya langsung teriak2 (bersama Mama) memanggil namanya dalam tangis. Saya berdoa : “TUHAN, ambil saja nyawaku. Jangan adikku.” dengan kesedihan yang sangat mendalam. Dan Puji TUHAN, adik saya bernafas kembali saat di RS dan menangis keras.

Waktu itu saya belum Katolik, dan hanya memeluk Protestan secara setengah-setengah.
Saya lebih terpengaruh dengan “keadaan” keluarga yang Buddhist dan Khong Hu Cu.
Karenanya saya juga ikut2an memakai jasa dukun, ustad, dll kecuali Pendeta atau Pastur.
Karena Papa saya tidak percaya Kristen bisa mengatasi masalah “gaib” begini, dan saya manut.
Setelah banyak menempuh jalan dengan berbagai ahli, adik saya tetap tidak sembuh, salah seorang teman Mama menyarankan untuk dibawa Pastur X yang katanya terkenal mengatasi masalah “aneh” ini.
Dengan pengharapan yang tipis, Mama saya membawa adik saya ke sana (saya tidak ikut).
Sepulang dari sana, Mama saya bilang bahwa selama 1 bulan adik saya harus dibawa ke sana setiap hari.
Selama 1 bulan tsb, saya tidak pernah ikut mengantar adik, karena saya menghadapi ujian dan tidak diijinkan Mama mengantar.

Dan setelah 1 bulan tsb, adik saya memang tidak pernah mengalami keadaan “aneh” tsb hingga sampai detik ini. Saya tidak tahu apa yang diperbuat Pastur tsb, dari cerita Mama : Pastur tersebut seperti memakai doa-doa dan “ritual” setiap sesi “healing”. Sebenarnya saya tidak peduli dia Pastur atau Pendeta, yang pasti adik saya terselamatkan.

Pertanyaan saya : apakah roh iblis bisa “menyentuh” fisik manusia (misal : seperti tangan adik ditarik/ diseret)?
Sampai sekarang kakak tiri saya selalu “memelihara mahluk”, apakah hal tsb bisa berakibat fatal pada hidup kakak saya?
Apakah dukun benar2 memiliki kemampuan mengusir dan memanggil “mahluk halus”?

Yesus pernah menjelaskan seperti apa hantu

Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."Luk 24:39

Kalau menurut saya pribadi (bukan doktrin gereja), hantu adalah arwah dari mereka yang mati secara tidak wajar, seperti bunuh diri, dibunuh kecelakaan. Roh mereka masih terikat oleh dunia dan belum berpindah ke alam oang mati sampai waktu mereka tiba.

Jika iya,maka iblis dengan senang hati sudah melakukannya dan banyak kita yg sudah binasa dimangsa oleh setan seperti Harimau yg memang bisa menyantap manusia.Setan tidak mampu melakukan itu kecuali atas seijin TUHAN dan alasan lain seperti oleh karena kehendak sendiri, orang tersebut menggadaikan diri dan bersekutu dengan Setan. Dalam kasus2 tertentu atas seijin TUHAN beberapa orang memang mengalami hal demikian. Biasanya untuk menunjukkan Kuasa-Nya. Dibawah ini ada contoh kasus pengusiran Setan untuk membuktikan kebenaran HOSTI adalah tubuh TUHAN YESUS

http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?p=89840

The Exorcism of Emily Rose

REALLY SCARY!!!THE REAL EXORCISM OF EMILY ROSE

Kakak anda jangan bersekutu dengan sesuatu yang jahat yang dalam ini adalah musuh TUHAN. Berdoalah Rosario bagi dirinya. Banyak kasus mereka yang telah mengikatkan diri dengan Iblis dapat tebebaskan setelah mendaraskan Rosario.

Yah mampu karena Iblis juga memiliki pengikut, karena dukun tsb menjadikan diri sebagai perpanjangan tangan Iblis.

Ipar teman saya bekas kong hucu. Keluarganya dulu berdagang temakau. Empeknya yang ahli tembakau mati.
Lalu keluarga ini setiap saat tanya pada empeknya di kuburan. Apakah tahun ini bagus untuk simpan tembakau?

Musim panen tembakau, biasanya harga lebih murah sedikit, lalu pedagang membeli dan menyimpannya Terkadang tembakau panenan tahun tertentu bisa disimpan lama tidak rusak, terkadang rusak, entah karena tahun itu banyak hujan atau apa saya tidak tahu.

empek ini bisa tahu karena pengalaman yang sejak kecil. Jadi waktu mati keluarga ini setiap tahun tanya ke kuburan dengan sembayangan membawa sesajen dll.

Suatu ketika keluarga ini kenal orang kristen dan diajak untuk ikut Tuhan Yesus.

Lalu setelah mendalami mereka diajar untuk tidak tanya sama iblis. dan bahwa arwah empek itu bukan benar2 arwah empek.

Lalu terjadi suatu persetujuan. Mereka mengajak penginjil ke kuburan untuk menyaksikan upacara ini dan penginjil akan berdoa supaya Tuhan menunjukan bahwa itu adalah iblis bukan arwah empeknya.

Jadi mereka datang ke kubur dan mulai upacara itu.

Pertama empek itu datang lalu rupanya penginjil tidak lihat tapi si keluarga lihat. Dan penginjil mengusir roh itu dalam nama Tuhan Jesus. Lalu keluarga bilang roh itu berubah seperti kabut hitam. Lalu penginjil mengusir lagi dan menyuruh menunjukan jati dirinya. Lalu keluarga itu mengatakan kabut berubah jadi ular naga.

Lalu penginjil mengusir lagi ular naga itu. Dan keluarga bilang ular itu menghilang.

Jadi sebenarnya roh itu bukan roh empeknya tapi adalah iblis yang menyamar sebagai arwah empeknya.

huufffffff… :tuzki10:

akhirnya selesai juga saya baca :char14:

merasuki tubuh saja bisa, apalagi cuman megang :azn:
namun megangnya bukan pake tubuh, melainkan energi jahat, soalnya setan itu tidak punya tubuh untuk disentuh.

tentu saja,
semoga kakak anda bisa bertobat dari hal itu, saya akan bantu dalam doa

ada beberapa cara yg digunakan para dukun dalam menyadarkan dari kerasukan. saya juga tahu akan hal ini dari Daud Tony sewaktu beliau datang kedaerah saya, sebenarnya masih ada 2 cara lain namun saya sudah lupa, ini 3 cara yang saya ingat :

cara pertama :
mengembalikan kesadaran.

cara ini bisa juga digunakan oleh orang awam sekalipun.
saat kerasukan, orang tsb tidak sadar/pingsan sehingga yang menguasai tubuhnya adalah roh jahat. cara 1 ini adalah sama seperti menyadarkan seseorang dari pingsan, bisa dengan bau-bauan atau menekan bagian tertentu pada tubuh yg merupakan bagian sensitif, semisal kuku atau siku tangan yg kalo terbentur sesuatu kita merasa seperti tersetrum, dan cara lain yg digunakan untuk menyadarkan orang pingsan. namun cara ini bukan mengusir roh jahat, hanya mengembalikan kesadaran.

cara kedua :
Tingkatan Kesaktian

cara ini hanya bisa digunakan oleh dukun2 yang sakti,
dalam dunia gaib, ada yang namanya tingkatan setan, maksudnya ada setan yg pangkatnya lebih rendah dari setan lain. Dalam kepangkatan setan (roh jahat) maka setan yg pangkatnya rendah tunduk pada yang pangkatnya tinggi, pangkat yg tertinggi dari mereka adalah si iblis, dalam kerajaan iblis, iblis mempunyai kaki tangan untuk mengawasi setiap bangsa/negara. itulah sebabnya setan di Indonesia berbeda dengan setan di China :smiley:
nah mereka (dukun sakti) ini memiliki “penjaga” yg adalah setan (roh jahat) itu, semakin sakti dukun maka setan yang menjadi “penjaga” mereka semakin tinggi tingkatan/pangkatnya. setan yg tinggi pangkat ini dapat memerintahkan yg rendah pangkat. jadi jika si dukun menggunakan cara ini maka otomatis si setan yang merasuki manusia akan keluar karena diperintahkan oleh yg lebih berpangkat.

itulah sebabnya orang2 Farisi mengatakan begini :
Matius 9:34 Tetapi orang Farisi berkata: “Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan.”

namun ini bukan berarti roh2 jahat ini saling serang atau saling menghancurkan, karena Tuhan sendiri sudah berkata :
Matius 12:26 Demikianlah juga kalau Iblis mengusir Iblis, iapun terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri; bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan?

lebih tepatnya roh-roh jahat ini, tunduk pada setan yg lebih tinggi karena ada perjanjian dengan manusia (dukun), hal ini sudah terjadi sejak dahulu oleh dukun2 Mesir zaman Musa, bahkan mungkin sebelum itu sudah ada. orang2 Farisi tahu betul hal ini.

Cara ketiga
Mantra

cara ini merupakan cara yg bisa dilakukan oleh orang awam juga asalkan tahu mantra2 untuk mengusir setan.
mantra2 inilah yang sudah digunakan sejak zaman dahulu, dan orang2 Farisi mengira Yesus menggunakan cara ini. namun lihatlah saat Yesus mengusir setan, Yesus tidak menggunakan mantra2 melainkan Kuasa.
jangan tanya mantra2 itu seperti apa, karena saya tidak tahu

Note : Mantra adalah doa yang di ucapkan berulang-ulang.

Salam

Maaf kalau blh ikut menanggapi,

Anda menjadikan Daud Tony dan pengajarannya sebagai refrensi, bagaimana tanggapan anda akan tulisan yang datang dari sesama umat Protestan tentang Daud Tony di situs ini: Daud Tony vs hai hai – Pertarungan Ilah Zaman Ini | SABDA Space - Komunitas Blogger Kristen

Jujur saja, saya agak kurang sreg dengan kesaksian atau model2 penginjilan2 Daud Tony yang menonjolkan tema2 goib. Model penginjilan seperti itu sebenarnya tidak membuat orang bertumbuh dalam iman, karena menjauhkan diri dari hukum kasih dan malahan menggiring orang kepada kesombongan rohani. Jika memang benar ada orang2 yang dikaruniai TUHAN kharisma2 tertentu seperti mampu mengadakan mukzizat, itu tidak selayaknya dipertontonkan atau “dijual”. Kalau boleh saya bandingkan dengan figur2 Santo Santa dalam Gereja Katholik yang memiliki kharisma2 khusus sebagai anugrah yg mereka terima dari TUHAN umumnya mereka menerima dng kerendahan hati dan cenderung utk menyembunyikan dan tidak menjadikannya sebagai suatu tontonan.

tambahan untuk sodari nonik,

dalam pelepasan roh jahat, Tuhan Yesus ataupun para murid-Nya tidak pernah melakukan ritual2 namun semuanya dibebaskan dari kuasa roh jahat dengan Kuasa Allah, bukan dengan ritual !

bandingkan link kesaksian di page sebelah itu dengan yg disini http://www.kisahnyatakristen.com/2009/04/28/20-tahun-aku-dirasuki-roh-jahat/

manakah kuasa Tuhan Yesus yg bekerja ? :slight_smile:

oh iya, saat Tuhan maupun para murid-Nya melepaskan seseorang dari roh jahat, orang tsb tidak pernah dirasuki lagi. jadi kalo ada roh jahat yang keluar-masuk, keluar-masuk, keluar-masuk, keluar-masuk … dst… itu biasa dilakukan para dukun. dan kemungkinan besar (hanya menurut saya) pelepasan yang roh jahatnya keluar-masuk, keluar-masuk, keluar-masuk, keluar-masuk… dst. itu bukan atas kuasa Allah. itu yg terjadi di tivi-tivi itu loh… :wink:

silahkan direnungkan

Salam

Saya juga tidak merasa Daud Tony itu salah satu penginjil yang benar, tapi kalau anda bandingkan sama si Hai Hai ya sama aja, si Hai Hai itu bukan hanya suka mengkritik orang Kristen lain, tapi juga menghina cara pandang mereka.

Hai Hai penganut calvin keturunan Tiong Hua yang punya gaya diskusi menyerang tanpa melihat siapa lawan diskusinya. Banyak yang seperti Daud Tony, bukan cuma dia saja.

Kita masing-masing punya bagian, sudahkah kita melakukan bagian kita, tidak usah ribut dengan bagian orang.

Salam… :slight_smile:

:smiley:

saya sudah tahu, pasti akan ada member yang mempermasalahkan hal ini.
kalo anda bermasalah dengan Daud Tony, itu urusan anda. saya hanya menceritakan kembali apa yang saya dengar dari ybs (yang bersangkutan). ada beberapa penjelasan Daud Tony yg kurang sreg juga bagi saya. tapi kalo masalah pengusiran roh jahat, saya rasa tidak bertentangan dengan Alkitab.

kalo anda membanggakan tulisan @hai hai, maka anda harus bertanya kembali pada diri anda sendiri, anda itu beriman pada Tritunggal atau tidak ?
soalnya bagi @hai hai, YHVH adalah “lawan” yang haus darah.

saya menyertakan nama Daud Tony agar para netter bisa tahu reff tulisan saya itu dari Daud Tony, bukan untuk menonjolkan sosok ybs.
sama saja jika saya menuliskan di akhir tulisan saya seperti ini :

Reff. Daud Tony
semoga dimengerti :)

Salam

Ada-ada saja dech :tongue:

GBU

Pengkotbah12:7
dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya

Ibrani 9:27 menyebutkan satu kali kita mati dan setelahnya kita dihakimi. Jadi roh manusia tidak gentanyangan, tetapi menunggu hari penghakiman.

Dunia roh, bukan mengacu kepada roh manusia yang gentayangan, tetapi kepada kehidupan mahluk rohani seperti malaikat dan setan atau iblis. Iblislah yang sering kali meyamar dan mendustai manusia, sebab Iblis adalah bapa pendusta dan ia berbicara ngelantur atas nama orang-orang mati untuk memperdaya manusia (Yohanes 8:44). Seperti halnya arwah Samuel, bukanlah Samuel nabi Allah Yang Maha Tinggi, tetapi pendusta dan pembunuh manusia yaitu iblis yang menyamar. Jangankan menyamar menjadi arwah manusia, setan juga menyamar menjadi malaikat terang kata 2 Korintus 11:14, "Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang."

Praktek pengusiran setan itu mengusir setan yang menggangguh manusia atau yang merasuki manusia. Bukan arwah gentayangan, jika iblis itu berdusta mengaku dirinya arwah manusia, ia memang adalah pendusta dan penipu sejak semula.

Masalahnya saya juga tidak pernah tahu atau mendengar tentang si hai hai, tapi thx infonya. GBU

Thanks a lot buat informasi dan ayat2 Alkitabnya buat kk2 dan cc2.

Kalau di Alkitab, saya penasaran tentang kebangkitan badan, baik di PL maupun PB.
Yesus mengatakan orang mati = tidur.
Dan Yesus memanggil kembali jiwa/ rohnya, lalu orang tsb hidup.

Roh orang mati tsb di mana waktu dia “tertidur”?
Kalau di Surga, dan Roh tsb pastinya sudah bahagia, kenapa Yesus memanggil dia untuk hidup lagi hanya karena keluarganya belum rela lepasin?
Kalau di neraka, Roh itu memang menderita tp sudah tidak ada pengampunan lagi. Kalau Yesus memanggil dia kembali, seperti memberi kesempatan org tsb bertobat, dan saya rasa hal tsb sulit diterima.

Setelah mengadakan penilitian sedikit :smiley: dengan membaca Alkitab dan Sarapanpagi, roh orang yang baru mati tidak langsung ke neraka ataupun surga, tapi ke SYEOL (di PL; arti : dunia orang mati) atau HADES (di PB; artinya sama dgn Syeol). SYEOL atau HADES ini bukan purgatory. Karena baik roh manusia yang jahat dan mati berkumpul di sini (belum bisa ke Surga ataupun Neraka).
Baik Yahudi, Katolik dan Protestan mempercayai adanya INTERMEDIATE STATE (masa antara) pada roh orang mati. Namun ketiganya berbeda konsep dan penafsiran (saya juga lagi belajar).

Nah apakah roh orang mati yang berada di SYEOL atau HADES ini (Intermediate state), bisa gentayangan?

Kita mengenal istilah mati suri (mati/ tidak bernafas tapi dlm jangka waktu tertentu hidup kembali). Teman saya (beragama seberang) waktu itu kecelakaan dan meninggal. Tapi saat disembahyangi, tiba2 dia bangun. Dan yg paling mengejutkan lagi, dia bilang mau menjadi Kristen (org tuanya smp pingsan. Karena mereka sangat membenci Kristen), langsung saat dia bangun tsb kata2 itu diucapkan.
Teman saya bersaksi bahwa dia bertemu dengan TUHAN yg benar ketika dia “mati”, dan dia mengenal-Nya sebagai TUHANnya umat Kristen.
Saya tidak mau membahas kesaksiannya.
Tapi fenomena “mati suri” ini menunjukkan bahwa roh orang mati tidak langsung pergi ke Surga ataupun Neraka. Sekali lagi, saya tidak akan membahas PURGATORY. Ini beda konteks.
Kita bicara ROH YANG BISA KEMBALI KE JASADNYA SAAT JASADNYA SUDAH MATI.

Bukankah itu bearti arwah orang tsb masih “bergentayangan” sekalipun bukan di bumi?

Kk2 dan cc2 yang ganteng dan cantik, jangan mengaitkan topik INTERMEDIATE STATE dengan PURGATORY (walaupun Purgatory memang termasuk dalam Intermediate State, menurut Katolik). Udah banyak pembahasan soal Purgatory, saya nda niat memperpanjangnya di topik saya.
Panas mata saya baca Protestan dan Katolik berantem mulu.

Kita bicara soal arwah yang gentayangan (ntah ada atau tidak), arwah yg bisa kembali ke jasadnya, roh iblis/ setan yang mengganggu manusia sampai sebesar apa kekuasaannya, dunia orang mati (exclude Purgatory).

Bagi yg membenci Katolik atau Protestan, simpan dulu berantemnya.
Baik doktrin Protestan maupun Katolik soal hal2 “gaib” dan dunia orang mati (exclude Purgatory) dipaparkan saja di sini. Karena sekalipun berbeda, saya yakin doktrin Katolik dan Protestan ttp bentuk dr iman Kristiani.

Insyaallah kita semua bisa saling melengkapi, daripada saling menuding.

Salam Damai.

kalo roh orang tsb, sudah kembali kepada Allah, jiwa orang tsb lah yg ada didunia orang mati.
dalam peristiwa kebangkitan tsb. analisis (caeelaaahhh analisis) saya adalah jiwa orang tsb dikembalikan (diangkat dari dunia orang mati) kemudian diberikan roh untuk hidup.

Setelah mengadakan penilitian sedikit :D dengan membaca Alkitab dan Sarapanpagi, roh orang yang baru mati tidak langsung ke neraka ataupun surga, tapi ke SYEOL (di PL; arti : dunia orang mati) atau HADES (di PB; artinya sama dgn Syeol). SYEOL atau HADES ini bukan purgatory. Karena baik roh manusia yang jahat dan mati berkumpul di sini (belum bisa ke Surga ataupun Neraka). Baik Yahudi, Katolik dan Protestan mempercayai adanya INTERMEDIATE STATE (masa antara) pada roh orang mati. Namun ketiganya berbeda konsep dan penafsiran (saya juga lagi belajar).

Nah apakah roh orang mati yang berada di SYEOL atau HADES ini (Intermediate state), bisa gentayangan?


setahu saya tidak,

I Samuel 2:6 TUHAN mematikan dan menghidupkan, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana.

dari ayat itu jelas, hanya TUHAN saja yang mengangkat dari dunia orang mati. kagak bisa keluar sesuka hati, kalo gentayangannya di dunia orang mati ya boleh saja :slight_smile:

Kita mengenal istilah mati suri (mati/ tidak bernafas tapi dlm jangka waktu tertentu hidup kembali). Teman saya (beragama seberang) waktu itu kecelakaan dan meninggal. Tapi saat disembahyangi, tiba2 dia bangun. Dan yg paling mengejutkan lagi, dia bilang mau menjadi Kristen (org tuanya smp pingsan. Karena mereka sangat membenci Kristen), langsung saat dia bangun tsb kata2 itu diucapkan. Teman saya bersaksi bahwa dia bertemu dengan TUHAN yg benar ketika dia "mati", dan dia mengenal-Nya sebagai TUHANnya umat Kristen. Saya tidak mau membahas kesaksiannya. Tapi fenomena "mati suri" ini menunjukkan bahwa roh orang mati tidak langsung pergi ke Surga ataupun Neraka. Sekali lagi, saya tidak akan membahas PURGATORY. Ini beda konteks. Kita bicara ROH YANG BISA KEMBALI KE JASADNYA SAAT JASADNYA SUDAH MATI.
kalo menurut saya, itu bukan roh tetapi jiwa. saya mendasarkan pada peristiwa Kain membunuh Habel, dimana yang berteriak pada Allah bukanlah roh Habel, melainkan darah Habel.

juga pada ayat ini :
Wahyu 6:9. Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki.
6:10 Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: “Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?”

Bukankah itu bearti arwah orang tsb masih "bergentayangan" sekalipun bukan di bumi?
saya melihat itu bukan roh, melainkan jiwa. kalo jiwa tempatnya di dunia orang mati. tempatnya saya tidak tahu. tapi dari Wahyu 6:9, dikatakan jiwa2 tsb berada di bawah mezbah. namun apa yang dimaksud dengan mezbah saya tidak tahu :ashamed0004:

kembali ke pertanyaan, menurut saya kalo gentayangan di dunia orang mati itu sudah pasti bisa, masalah dimananya saya tidak tahu. kalo mau tahu cari saja mobil dalam kecepatan 80km/jam kemudian tabrakkan diri sodari, pastilah akan tau tempatnya. nanti bisa sodari ceritakan di FK. OK. (becanda ya :D)

Salam

Iya saya setuju bahwa hanya TUHAN yg sanggup menaikkan dan menurunkan roh dari Surga atau dunia orang mati.

Saya juga berasanya jiwa dan roh itu berbeda, walaupun berasa sama (sama2 bukan “bentuk” yg padat, bisa dilihat dan tidak, pokoknya absurd gitu).

Menurut kk Manwell jiwa itu apa dan roh itu apa? Saya belum nemu definisi yang pas.
Apakah manusia bisa hidup kembali tanpa rohnya walaupun jiwanya sdh balik?
Arwah itu roh atau jiwa?

Mohon bimbingannya sesepuh kk Manwell :D…
Supaya saya bisa menjelaskan sm dedek perihal “dunia” di luar dunia manusia. Hehehehe.